Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan fake gps untuk driver gojek dan resikonya

Fake gps adalah aplikasi terlarang tetapi sangat di gemari oleh driver online, baik itu gojek ataupun Grab.

Fake gps merupakan aplikasi yang tidak di perbolehkan untuk di gunakan oleh driver online. Bahkan pemakaian Fake gps di berikan sanksi yang berat.

Bahkan dapat berujung pemecatan atau Putus Mitra jika nekat tetap menggunakannya.

Lalu kenapa driver online tetap nekat menggunakan fake gps ?

Mungkin pertanyaan diataslah yang menyebabkan saya tertarik untuk menerbitkan artikel ini.

Pertanyaan diataslah yang mendorong saya membuat artikel ini dan ingin membahas dari berbagai sudut penggunaan fake gps ini.

Mulai dari kegunaan fake gps, kerugian pemakaian fake gps, resiko pemakaian fake gps dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan fake gps.

Pengertian Fake gps


Fake artinya palsu

GPS adalah global Position system

Fake gps adalah sebuah aplikasi yang dapat memanipulasi keberadaan seseorang pada system GPS. Jadi fake gps adalah pemalsu titik lokasi seseorang dalam sebuah aplikasi yang memerlukan akses gps.

Misalnya seorang driver online bisa membuat seolah-olah mereka berada dalam sebuah mall. Padahal mereka berada jauh dari lokasi tersebut. Tujuan penggunaan fake gps seperti ini agar driver bisa mendekati titik order yang di inginkan tanpa perlu repot-repot mendatangi tempat tersebut.

Kasus diatas merupakan salah satu contoh kegunaan fake gps dan jawaban kenapa banyak driver gojek yang tetap ingin menggunakan fake gps.

Fake gps lebih sering di sebut tuyul oleh para driver gojek. Fake gps atau tuyul adalah aplikasi yang sangat di larang untuk digunakan oleh driver online.

Bahkan pihak aplikator memberikan hukuman yang berat bagi driver yang ketahuan menggunakan fake gps.

Hukuman bagi driver yang ketahuan menggunakan fake gps sangat beragam tergantung tingkat pelanggaran yang mereka lakukan.

Mulai dari dapat notifikasi peringatan di aplikasi mereka, tidak turun bonus harian, suspend dalam jangka waktu tertentu dan bahkan bisa menyebabkan Putus Mitra atau di pecat oleh pihak aplikator.

Selain hukuman seperti yang saya sebutkan tadi, penggunaan fake gps dapat berujung di jeruji besi jika di gunakan untuk melakukan orderan fiktif.

Pihak aplikator memberikan sanksi yang tegas terhadap driver mereka yang menggunakan fake gps. Tapi mengapa driver gojek tetap banyak yang menggunakan fake gps ?

Fake gps memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri bagi driver online yang memakainya. Itulah jawaban dari pertanyaan di atas.

Apa saja ke keuntungan dari Pemakaian fake gps ?


Fake gps bisa mendekati titik order tanpa harus datang langsung ke lokasi

  • Menghindari Parkir sembarangan saat menunggu order
  • Mendapatkan orderan lebih cepat
  • Mengelabui Customer yang Bawel
  • Menjalankan orde piktif
  • Bisa berpindah spot dengan cepat tanpa harus repot membawa kendaraan
  • Menghindari zona merah
  • Mendekati Spot Orderan


Pemakaian fake gps dapat mendekati titik order tanpa harus bergerak dari posisi sebenarnya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab driver online suka menggunakan fake gps.

Nongkrong di warung, ngopi dan Ngobrol bareng teman-teman sambil menunggu orderan. Setelah dapat orderan baru bergerak ke lokasi sebenarnya. Dengan bantuan fake gps hal ini tentu saja bisa kita lakukan dengan mudah.

Fake gps sangat membantu untuk menghindari mangkal atau parkir di area pusat keramaian.

Untuk area yang di larang mangkal atau parkir sembarangan, fake gps sangat membantu.

Misalnya depan pusat perbelanjaan dan mall. Demi menghindari kemacetan dan pengusiran oleh pihak berwenang, penggunaan fake gps tentu menjadi pilihan yang dapat di lakukan oleh driver online.

Mendapatkan orderan lebih Cepat


Tidak di pungkiri lagi, pemakaian fake gps sangat mempengaruhi kinerja akun dalam mendapatkan orderan. Semakin dekat dengan spot order, semakin besar untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan orderan.

itulah sebabnya pemakaian fake gps menjadi primadona sebagian besar driver.

Apalagi untuk driver pemain gofood atau driver yang bermain di satu area misalnya stasiun. Pemakaian fake gps merupakan hal yang wajib untuk mendapatkan orderan yang di inginkan.

Memang untuk saat ini fake gps bukan segalanya untuk mendapatkan orderan, Kondisi kesehatan akun lebih menentukan dalam mendapatkan orderan.

Akun yang tidak pernah melewatkan apalagi cancel orderan akan mendapatkan kesempatan. Karena saat ini gojek lebih mengutamakan sistem rangking.

Dalam sistem gojek saat ini, driver yang rajin dengan jumlah penerimaan pekerjaan semakin tinggi, maka kesempatan mendapatkan orderan semakin besar.

Driver dengan jumlah poin yang banyak dan performa penerimaan selalu bagus setiap hari, makan akun semakin gacor atau lebih mudah dalam mendapatkan orderan walau tanpa fake gps.

Apalagi jika driver rajin dan memakai fake gps, kesempatan untuk tutup poin setiap hari akan lebih mudah.

Mengelabui Customer Yang Bawel


Ada sebagian customer yang rewel dan bawel dengan driver yang agak lama dalam menjalankan orderan terutama dalam jenis orderan antar makanan atau gofood. Ada customer yang bawel dan memonitor keberadaan driver, sudah sampai ke resto atau belum.

Customer tersebut selalu memperhatikan driver melalui aplikasi dengan mengecek keberadaan driver. Titik gps driver yang masih jauh dari resto tentunya akan menjadi pertanyaan bagi customer tersebut.


Disinilah salah satu alasan kenapa driver banyak menggunakan fake gps untuk mengelabui customer tersebut biar mereka tidak bawel tentang keberadaan driver.

Yang perlu customer ketahui, ada sebagian resto tertentu yang dapat melakukan pemesanan tanpa driver harus datang ke resto tersebut. Jadi driver bisa memesan lewat telpon terlebih dahulu baru datang ke resto jika makanan sudah jadi.

Jadi di sinilah driver banyak menggunakan fake gps untuk mengelabui customer agar terlihat driver sudah sampai di restoran, padahal mereka sebenarnya masih di tempat tongkrongan.

Seharusnya ini bukanlah masalah yang besar, toh driver sudah memesan makanan lewat telpon. Tetapi kadang ada customer yang menanyakan keberadaan driver yang masih jauh dengan resto tersebut. Padahal driver bisa melakukan pemesan lewat telpon.


Fake gps di pakai untuk menjalankan orderan fiktip


Dengan adanya fake gps yang bisa memanipulasi keberadaan titik gps driver, besar kemungkinan orderan fiktip dapat di jalankan oleh driver.

Itulah sebabnya pihak aplikator tidak memperbolehkan pemakaian fake gps dan merupakan pelanggaran yang di anggap serius jika driver berulang kali ketahuan memakai fake gps.


Pindah spot ngebid dengan Mudah


Dengan memakai fake gps, driver dengan mudah pindah spot ngebid. Fake gps sangat membantu dalam hal ini. Jika orderan tak kunjung dapat di area A, maka dengan bantuan fake gps driver bisa berpindah spot ngebid ke area C dengan cepat tanpa repot-repot parkir motor, tanpa mengeluarkan biaya dan tentunya ga perlu cape kepanasan untuk hanya berpindah spot ngebid.


Hanya berdiam diri di basecamp tetapi pindah spot ngebid kesana kemari untuk mendapatkan orderan. Hal seperti ini tentunya mustahil di lakukan tanpa bantuan fake gps.

Itulah sebabnya masih banyak driver memakai fake gps walaupun sudah di larang oleh pihak aplikator.



Menghindari Zona merah ojek online


Ojek online sudah menjamur dimana-mana dengan jumlah driver puluhan ribu.Walau jumlah driver online sangat banyak dan ada dimana-mana,masih ada saja zona merah yang harus di hindari driver.


Zona merah adalah area dimana driver tidak di perbolehkan mangkal dan mengambil orderan di daerah tersebut dengan radius yang telah di tentukan dan di sepakati.

Biasanya area seperti ini terdapat pada kawasan industri,stasiun dan area pangkalan ojek tradisional.


Biasanya zona merah adalah area yang ramai orderan.Namun driver online harus mematuhi aturan yang telah berlaku di area tersebut.Misalnya tidak boleh mangkal di area pabrik tertentu,driver online harus berada 500 meter dari area tersebut.

Nah dalam kondisi seperti inilah driver online menggunakan fake gps untuk mempermudah mendapatkan order di daerah tersebut.Setelah mendapatkan order,biasanya mengarahkan customer agar bergeser ke tempat tertentu agar keluar dari zona merah.

Dampak negative penggunaan fake gps


Selain berbagai keuntungan yang sudah saya jelaskan di atas,ternyata fake gps memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi driver itu sendiri,customer dan aplikator.

Driver online yang menggunakan fake gps akan rentan terkena suspend,hilangnya bonus harian dan bahkan putus mitra jika sudah beberapak kali dalam jangka waktu tertentu terindikasi menggunakan fake gps.


Fake gps dapat menghilangkan bonus harian driver online jika terditeksi oleh server melakukan pelanggaran beberapa kali dalam jangka waktu tertentu.

Jika sudah seperti ini sebaiknya teman-teman menghentikan penggunaan fake gps.Jika teman-teman tetap nekad menggunakan fake gps,maka dapat menyebabkan teman-teman di berhentikan oleh aplikator atau kata lain Putus Mitra.


Selain dampak negative di alami driver,kadang fake gps memberikan dampak langsung kepada customer atau pemakai ojek online.

Misalnya terlambatnya di jemput oleh driver karena driver berada di lokasi cukup jauh dari keberadaan customer.

Customer tidak mengetahui posisi driver yang sebenarnya karena driver menggunakan fake gps.

Driver kadang terlihat dekat di aplikasi,tetapi driver agak telat menjemput.Kemungkinan hal seperti ini terjadi karena driver menggunakan fake gps atau tuyul.

Selain driver dan customer,pemakaian fake gps juga dapat merugikan pihak aplikator.Pemakaian fake gps dapat memperbesar kemungkinan driver online menjalankan orderan piktif yang sangat merugikan pihak aplikator.

inilah sebab utama aplikator tidak membenarkan pemakaian fake gps.

Selain itu,pihak aplikator mengkhawatirkan kehilangan pelanggan karena driver sering terlambat menjemput customer karena posisi driver agak jauh dari lokasi order.

Terlihat fekat di aplikasi dan driver sebenarnya berada jauh dari lokasi tersebut.Terlihat dekat di aplikasi karena driver menggunakan fake gps atau sering di sebut tuyul.




Jenis-Jenis fake Gps


Fake gps sangat banyak macamnya.Mulai dari fake gps yang di playstore ataupun fake gps yang hanya di sebar di internet.Baik itu situs pribadi ataupun melalui group-grop telegram yang bisa di download secara gratis.

Untuk driver online biasanya lebih suka menggunakan fake gps yang sudah terdapat spot gofoodnya.Jadi lebih praktis di gubakan jika sedang ingin mencari orderan gofood.

Berikut ini fake gps yang sering di gunakan oleh driver online.

  • Hago
  • Driver maps
  • Blackberry
  • Tjk 
  • XMGI
  • Fake GPS location
  • FGL pro
  • Fake gos run
  • Dome advanced
  • Blouethooth
  • BSH maps
  • FGPS
  • ANTUTU
  • Pocong
  • Aspalt
  • Dan masih banyak lagi fake gps lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.



Penyebab Aplikator melarang Penggunaan Fake Gps


Pemakaian fake gps merupakan pelanggaran berat yang di lakukan oleh driver online.

Fake gps merupakan aplikasi yang terlarang dan tidak di perbolehkan oleh pihak aplikator.


Yang menjadi pertanyaan,Kenapa pihak aplikator sangat melarang penggunaan fake gps ?


Pihak aplikator melarang pemakaian fake gps karena fake gps sangat mempermudah oknum driver online untuk menjalankan orderan fiktif.

Menurut saya inilah yang menjadi sebab utama kenapa fake gps tidak di perbolehkan digunakan oleh driver online.


Seluruh kasuh ordetan fiktif yang telah terungkap oleh pihak berwajib rata-rata pelakunanya menggunakan fake gps untuk menjalankan orderan.

Untuk memberantas orderan fiktif inilah pihak aplikator tidak membenarkan pemakaian fake gps.Selain untuk memberantas orderan piktif,penggunaan fake gps merugikan customer pemakai ojek online.

Karena pemakaian fake gps sering menyebabkan terlambatnya penjemputan pelanggan.Pelanggan bisa di rugikan waktu sehingga di khawatirkan para pelanggan pindah ke aplikator lainnya.


Pemakaian fake gps juga merugikan driver polosan (driver tanpa fake gps).Sehingga pihak aplikator mengkhawatirkan dapat menimbulkan perpecahan diantara mitra mereka.



Ciri-Ciri driver online menggunakan fake gps

Untuk para customer,bagaimana cara membedakan driver yang memakai fake gps dan driver yang tidak memakai fake gps.

Sebenarnya hal ini agak sulit untuk di bedakan dan ga terlalu penting untuk para customer.tetapi sekedar gambaran bolehlah kalian tau sedikit gambaran untuk membedakan mana driver yang memakai fake gps dan mana driver yang tidak menggunakan fake gps.
  • Waktu jemput agak lama padahal jika di lihat dari aplikasi,keberadaan driver sangat dekat dengan titik order.ini merupakan salah satu kemungkinan driver memakai fake gps.
  • Titik gps driver berada tepat di titik order.misalnya titij jemput di stasiun atau titik order gofood.
  • Gps driver tidak bergerak sedikitpun dalam jangka waktu yg lumayan lama.
  • Titik gps tidak bergerak saat melakukan penjemputan
  • Titik gps driver langsung berpindah dengan cepat tepat di titik order.Untuk driver yang tidak memakai fake gps biasan berjalan pelan menuju titik jemput secara perlahan.
Saya rasa cuma itu saja yang dapat membedakan mana driver pemakai fake gps dan mana driver yang tidak memakai fake gps.

Samapailah di penghujung artikel tentang fake gps ini.Sebelum saya menutup artikel ini,perlu saya tegaskan bahwa pemakaian fake gps dapat merugikan semua pihak.Baik buat customer,pihak aplikator ataupun driver itu sendiri.

Semua tergantung individu masing-masing saja,mau menggunakan fake gps sebagai aplikasi tambahan dengan segala resiko atau mulai berhenti atau tidak menggunakan fake gps.

Saya rasa sampai disini saja dahulu attikel tentang fake gsp ini,semoga bermanfaat dan dapat di jadikan pemikiran untuk menggunakan atau tidak aplikasi yang sudah di larang oleh pihak aplikator tersebut.Semoga bermanfaat dan SALAM SATU ASPAL.

Silahkan share dan tinggalkan komentar teman-teman untuk membangun dan memperbaiki kekurangan blog driver online ini.wassalam


Baca juga artikel lainnya : Cara membuat PIN gopay dan cara upgrade akun gojek

Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.