Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Hp Android lemot agar proses Ngebid kamu tidak terhambat

Cara mengatasi Hp Android lemot

Hp android saat sudah menjadi kebutuhan dan merupakan teman setia yang selalu dibawa kemanapun kita pergi. Apalagi buat kamu yang berprofesi sebagai ojek online, ponsel adalah modal utama untuk bisa mendapatkan orderan. Dan admin membahas cara mengatasi hp lemot agar bisa membantu dalam proses mendapatkan orderan.


Hp lemot dan panas tentunya menjadi masalah besar sebagian orang. Apalagi untuk pengguna android yang memiliki spek yang belum memadai.


Untuk para driver ojol, Hp yang lemot dapat menjadi masalah besar. Karena Hp android yang lemot dapat menjadi penyebab aplikasi gojek driver tidak berfungsi dengan baik. Sehingga orderan menjadi jarang masuk.


Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi Hp lemot dan panas, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Hp Android menjadi lemot 

Saat in, hp android sudah dibekali dengan kapasitas RAM dan memori eksternal yang cukup besar. Walau demikian, bukan berarti hp android tidak akan mengalami masalah lemot. Tentu saja hp android yang lemot masih bisa saja terjadi jika kamu tidak memperhatikan kapasitas memori eksternal dan ram. 


Beberapa hal berikut ini dapat menjadi penyebab hp android kamu menjadi lemot.


1. Terlalu Banyak Install Aplikasi

2. Ram Hampir habis

3. Banyak Menyimpan File besar

4. Penumpukan cache aplikasi

5. Terlalu banyak widget dan animasi

6. Penggunaan Aplikasi


Dari beberapa point diatas, mari kita bahas satu persatu

Hp lemot karena Terlalu banyak install aplikasi

Hp lemot karena Terlalu banyak install aplikasi
Saat ini pengguna android banyak ditawarkan berbagai macam aplikasi tambahan yang sangat menarik sehingga kita terpancing untuk menginstal aplikasi tersebut.


Dengan banyak memasang aplikasi pada Hp android tentu akan memakan banyak memori . Ruang penyimpanan Hp akan semakin sedikit dan bisa saja memori ponsel menjadi penuh.


Ponsel android yang banyak memiliki space memori penyimpanan lega akan membantu meringankan kinerja ponsel sehingga selalu tetap beroperasi dengan lancar tanpa ada kendala.


Sebaliknya, Hp android yang terlalu banyak di install aplikasi akan menyebabkan memori Hp semakin sempit dan sesak sehingga Hp menjadi lemot, panas dan bisa saja mendadak mati sendiri.


Jika ingin menjadi normal kembali, sebaiknya hapus sebagian aplikasi yang jarang digunakan untuk membantu melegakan memori penyimpanan agar hp tidak menjadi cepat lemot.

Hp lemot Karena RAM Hampir Penuh


RAM berfungsi sebagai penyimpanan file yang mudah diakses dan semua aktivitas aplikasi yang digunakan pada HP android.


Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka RAM akan semakin penuh. Dan hal ini bisa saja menjadi penyebab hp kamu menjadi lemot. Bukan hanya itu, masalah ini juga sering menyebabkan hp menjadi panas dan mati dengan sendirinya.


RAM yang lega sangat dibutuhkan oleh Hp android untuk dapat beroperasi dengan baik dan cepat.


Media sosial dan game online merupakan aplikasi yang paling banyak menghabiskan Ram. Kedua jenis aplikasi ini sangat banyak menjadi penyebab utama Hp menjadi lemot dan panas. Apalagi game online yang kamu mainkan seharian penuh…

hmmzzz…. Jangan kaget jika hp terasa sangat panas. 


Chace bekas pemakaian kedua aplikasi ini akan cepat menumpuk karena sangat sering kita gunakan.


Sebaiknya gunakan aplikasi media sosial hanya seperlunya saja agar tidak mempersempit RAM. Atau dapat menghapus chace kedua jenis aplikasi tersebut setelah digunakan. Baik penghapusan cache secara manual maupun dengan bantuan aplikasi.


Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi untuk membantu meringankan kinerja RAM ponsel dengan cara menghapus cache aplikasi secara otomatis dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar ponsel.


Aplikasi untuk membersihkan cache ponsel dapat di download secara gratis di Playstore. Tinggal pilih saja yang mana yang cocok buat di gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Banyak aplikasi yang belum di update menjadi penyebab Hp Lemot

Aplikasi yang dipakai pada android banyak mengalami perubahan, penambahan fitur ataupun untuk mengurangi bug pada aplikasi.


Maka dari itu pihak penyedia aplikasi sering melakukan update.


Pemakaian Aplikasi yang sudah usang dapat menjadi salah satu penyebab Hp menjadi lemot dan panas. Aplikasi yang sudah lama tidak diupdate terkadang banyak menimbulkan bug.


Periksa pembaruan aplikasi di playstore secara berkala untuk menghindari pemakaian aplikasi yang sudah usang. Jangan biarkan Hp menjadi lemot dan panas cuma gara-gara tidak update aplikasi demi menghemat kuota internet.

Menyimpan banyak file yang berukuran besar menyebabkan hp lemot

Menyimpan banyak file yang berukuran besar menyebabkan hp lemot


File yang berukuran besar seperti video, aplikasi game dan sebagainya dapat menyebabkan ruang penyimpanan pada Hp android menjadi sempit Sehingga Hp android menjadi lemot dan panas.


Untuk mengatasi Hp android menjadi lemot dan panas karena terlalu banyak menyimpan File berukuran besar, sebaiknya menggunakan penyimpanan online sebagai solusinya.


Banyak aplikasi yang tersedia untuk menyimpan File berukuran besar secara online.


Saya paling suka menggunakan google drive sebagai tempat menyimpan File atau aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan agar penyimpanan memori Hp semakin lega.


Selain google drive, aplikasi Media Fire juga dapat digunakan sebagai media penyimpanan file secara online dan dapat kita akses saat kita perlukan sekaligus mengatasi Hp lemot dan panas.


Telegram juga bisa kita manfaatkan untuk menyimpan file berukuran besar serta membagikan file dengan orang-orang yang memerlukan file tersebut.


Penyimpan online ini sangat membantu melegakan ruang penyimpanan pada Hp android. Sehingga Hp selalu dapat bekerja maksimal karena ruang penyimpanan menjadi lebih besar dan lega.


Cara yang saya sebutkan diatas adalah salah satu cara untuk mengatasi Hp lemot dan panas dengan memanfaatkan media penyimpanan online.


Cara diatas sebaiknya dilakukan dengan trik juga agar lebih maksimal. Setelah semua file kita upload di aplikasi online, sebaiknya aplikasinya kita simpan di USB agar memori Hp semakin lega. Aplikasi di install kembali jika sedang diperlukan saja.

Penumpukan Cache aplikasi akan menyebabkan hp menjadi lemot

Aplikasi yang kita gunakan pada Hp android sebagian besar meninggalkan cache atau sampah setelah kita gunakan.


Chace aplikasi ini tergolong kecil namun terus menerus ada. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menumpuk dan menjadi besar dan menghabiskan banyak memori Hp android.


Jangan remehkan penumpukan cache aplikasi pada Hp android.cache yang tidak pernah kita bersihkan dapat menyebabkan memori Hp android menjadi sesak sehingga Hp menjadi lemot dan panas.


Coba cek aplikasi untuk browsing internet misalnya chrome,Uc browser, Bing atau aplikasi lainnya. Tentunya cache aplikasi tersebut sangat banyak.


Sebaiknya bersihkan ponsel secara berkala, misalnya 3 hari sekali atau seminggu sekali untuk membantu melegakan memory Hp dan mengatasi beban Hp yang kita gunakan agar terhindar dari masalah Hp lemot atau lelet.


Gunakan aplikasi pembersih cache otomatis yang sudah banyak tersedia di playstore ataupun Appstore. Atau bersihkan cache ponsel secara manual untuk hasil yang lebih maksimal.


Cara pembersihan cache ponsel secara manual juga tergolong mudah. Sobat driver online dapat masuk ke menu pengaturan ponsel kemudian pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache nya. Cari penyimpanan aplikasinya kemudian hapus cache nya.


Baca Juga : Cara cek Hp sebelum download Gooogle kamera


Jika diperlukan, sobat bisa menghapus data aplikasi tersebut untuk lebih memaksimalkan kinerja aplikasinya sehingga Hp menjadi bebas dari masalah ponsel lemot dan lelet.

Terlalu Banyak pasang Widget dan Wallpaper bergerak akan membuat hp android menjadi Semakin Lemot

Membuat banyak Widget dan screensaver ataupun Walpaper merupakan hal yang sering kita lakukan untuk mempercantik tampilan ponsel.


Jika hal ini dilakukan dengan tidak tepat, dapat menyebabkan Hp menjadi lemot dan lelet.


Bayangkan jika layar depan dipenuhi dengan puluhan widget dan di tambah animasi-animasi lainnya yang kita pakai untuk mempercantik tampilan ponsel.


Besar kemungkinan ponsel bekerja terus menerus dan menyebabkan Hp yang kita gunakan menjadi lemot dan lelet atau bahkan Hp menjadi panas.


Salah satu cara mengatasi Hp lemot dan panas dengan cara menghilangkan sebagian widget di layar depan ini sering saya lakukan dan cukup berhasil.


Walau kadang sangat ingin menggunakan screensaver yang menawan, tapi saya memilih untuk lebih mementingkan kinerja ponsel agar selalu optimal. Jadi saya lebih memilih tanpa screensaver. Biarkan ponsel tampil apa adanya.

Penggunaan aplikasi secara bersamaan menjadi salah satu penyebab hp lemot

Penyebab Hp menjadi lemot yang berikutnya adalah penggunaan aplikasi secara bersamaan. Entah sadar atau tidak, hal seperti ini sangat sering terjadi. Dan aplikasi ini tetap berjalan dibelakang layar meskipun tidak kita gunakan.


Saat selesai membuka aplikasi satu terus kita langsung berpindah ke aplikasi lain tanpa menutup dahulu aplikasi yang pertama. Biasanya langsung ke menu home ponsel kemudian membuka aplikasi lain lagi.


Hal seperti ini tentunya akan sangat memberatkan kinerja Hp android karena aplikasi masih berjalan di layar belakang secara bersamaan. Apalagi jika dilakukan sampai banyak aplikasi. Ponsel akan menjadi panas, lemot dan bahkan sangat lamban.


Setelah mengamati hal-hal yang menyebabkan Hp menjadi lemot dan panas, tidaklah sulit untuk kita mengatasinya. Yang bikin bingung, kadang kita tak menyadari hal ini sehingga kita bingung saat Hp tiba-tiba menjadi lemot.

Cara Mengatasi Hp android lemot

Cara Mengatasi Hp android lemot
Berikut ini trik sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengatasi Hp yang lemot dan panas

  1. Hapus atau nonaktifkan aplikasi yang jarang dipakai

  2. Hapus data aplikasi

  3. Gunakan penyimpanan file online

  4. Gunakan satu sim card

  5. Hapus widget

  6. Tutup aplikasi jika sudah tidak digunakan

  7. Logout sosial media atau hapus jika tidak diperlukan.

Menonaktifkan sebagian aplikasi untuk mengatasi hp android lemot

Ponsel android yang baru dibeli dan masih baru sekalipun sudah sangat banyak terinstall aplikasi. Belum lagi aplikasi tambahan yang kita download sendiri di playstore ataupun Appstore.


Banyaknya terinstall aplikasi seperti ini tentunya menjadi penyebab utama hp menjadi lemot dan panas.


Nonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan jika bisa dihapus saja sekalian. Tapi ada beberapa aplikasi yang tidak bisa kita hapus.


Masuk menu pengaturan pada Hp untuk menghapusnya. Kemudian scroll ke bawah dan cari APLIKASI. Kemudian klik, sobat driver online akan dibawa ke menu berikutnya dimana terdapat banyak aplikasi yang sudah terinstal.


klik aplikasi yang mau dihapus. Kemudian pilih hapus memori dan datanya lalu klik hapus instalan atau menonaktifkan aplikasi tersebut jika tidak bisa di hapus.


Langkah ini cukup membantu untuk mengatasi jumlah memori Hp yang semakin sedikit.

Gunakan penyimpanan file online untuk Mengatasi hp Android Lemot

Sebelum lanjut, ada baiknya sobat menonton video berikut ini :



Menyimpan file besar di dalam ponsel seperti photo, video atau file lainnya menjadi salah satu penyebab ponsel menjadi lemot.

Gunakan media penyimpanan online untuk memperluas ruang penyimpanan ponsel dan mengatasi hp lemot dan panas.


Aplikasi penyimpanan online seperti google photo, google drive, mediaFire ataupun telegram merupakan cara untuk mengurangi pemakaian memori Hp yang kita gunakan dan dapat dijadikan solusi untuk mengatasi Hp lemot dan panas.


Selain meringankan beban ponsel, media penyimpanan online sangat mempermudah kita untuk melihat file yang kita simpan dengan catatan Hp tersambung dengan internet.

Gunakan satu sim card agar hp tidak lemot


Ponsel android saat ini hampir sebagian besar menyediakan dual slot SIM card untuk memanjakan para pemakainya.


Penggunaan dua sim card yang aktif keduanya dapat menyebabkan Hp menjadi bekerja lebih keras dan membuat Hp menjadi agak lemot.


Sebaiknya menonaktifkan saja satu SIM CARD jika sedang tidak digunakan untuk mencegah Hp lemot dan panas.


Jangan memakai banyak widget agar hp tidak lemot

Tampilan ponsel android akan tampak lebih menarik jika dipasang berbagai jenis widget di halaman depan ponsel.


Pemakaian widget yang berlebihan merupakan salah satu penyebab Hp menjadi lemot dan panas.


Sebaiknya hapus widget yang berada di layar depan ponsel jika dirasakan kecepatan ponsel mulai berkurang atau bisa dikatakan ponsel mulai lemot.


Pada saat selesai menggunakan atau membuka suatu aplikasi pada ponsel, sebaiknya kita langsung menutup atau menghentikannya jika pemakaian sudah selesai.


Lupa menutup aplikasi dan menggunakan aplikasi secara bersamaan merupakan salah satu yang menjadi penyebab ponsel menjadi lemot dan panas.


Banyaknya aplikasi yang beroperasi di layar belakang dapat menyebabkan ponsel menjadi lemot dan panas.

Jangan terlalu banyak install medsos untuk mengatasi hp lemot

Penyebab ponsel menjadi lemot berikutnya adalah pemakaian aplikasi sosial media. Apalagi jika pemakaian sosial media secara global.


Tau sendirilah kebiasaan penggunaan android saat ini lebih besar digunakan untuk bermain sosial media.


Jika selesai menggunakan media sosial, sebaiknya langsung di logout agar aplikasi tersebut tidak berjalan di belakang layar ponsel agar ponsel terhindar dari kata lemot.

Gunakan Aplikasi Serbaguna 

Sebagai pengguna android, sebaiknya kita memperhatikan apa saja fungsi aplikasi yang kita gunakan. Sebagai contoh, untuk ponsel yang sudah di-root. Kamu bisa menggunakan aplikasi Apps2SD. Kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk partisi kartu memori, pemindahan aplikasi kartu memori dan backup aplikasi.


Contoh lainnya adalah penggunaan chrome untuk semua menggantikan semua aplikasi media sosial seperti facebook, instagram, twitter, linkedin dan medsos lainnya. Ini sangat membantu untuk mengurangi jumlah aplikasi yang kita install.

Update Aplikasi untuk mengatasi Hp android Lemot

Sesekali cek aplikasi yang kamu gunakan di Playstore. Aplikasi apa aja yang perlu kamu update. Developer aplikasi memiliki tujuan tertentu saat memperbarui aplikasi mereka. Selain menambahkan fitur, biasanya update versi bertujuan mengurangi bug yang terdapat pada aplikasi sebelumnya.


Oleh sebab itulah, kamu juga harus memperhatikan hal ini. Karena penggunaan aplikasi dengan versi yang sudah ketinggalan dapat menjadi salah satu penyebab hp android kalian menjadi lemot.

Gunakan fitur Auto Kill

Untuk kamu yang sering menggunakan multitasking di android, pasti akan banyak menemukan aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel. Hal ini tentu saja akan menyebabkan hp kamu menjadi lemot.


Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan auto kill untuk menghentikan aplikasi yang berjalan otomatis layar belakang hp. 

Matikan Auto-Sync

Untuk terhubung dengan semua aplikasi android, kamu bisa menggunakan auto-sync. Sehingga semua aplikasi secara otomatis dapat terhubung. Hal ini tentu memberikan kemudahan buat kamu.


Selain memberikan kemudahan, auto-sync juga dapat memberikan dampak yang kurang menyenangkan. Yaitu dapat membuat hp android kamu menjadi lemot. 


Kamu dapat menggunakan manual-sync sebagai solusinya. Tapi sedikit ribet karena kamu harus mensinkronkan setiap aplikasi kamu secara satu-satu. Tapi tergantung kebutuhan, kamu bisa menentukan tindakan yang mana yang ingin kamu gunakan.

Gunakan Aplikasi Berbayar

Kenapa harus bayar kalau ada yang gratis. Mungkin kita memiliki prinsip yang sama. Dan yang perlu kamu ketahui adalah aplikasi yang gratis yang kita download di playstore adalah aplikasi percobaan. Untuk aplikasi yang sudah berhasil melalui tahap percobaan biasanya akan menjadi berbayar.


Aplikasi yang berbayar tentu lebih banyak fitur dan kelebihan lainnya. Selain itu, tentu saja aplikasi berbayar memiliki kualitas yang berbeda dengan aplikasi yang gratis.


Memang kamu mau Hp kamu selalu menjadi kelinci percobaan aplikasi yang belum sempurna ??


Tapi banyak juga aplikasi dengan versi gratis tetapi memiliki kualitas yang bagus. Tergantung dari kebijakan yang developer gunakan.

Pakai Memori Tambahan agar hp android tidak cepat lemot

Pakai Memori Tambahan agar hp android tidak cepat lemot
Dan yang terakhir, jika hp android kamu tetap lemot. Kamu bisa mencoba dengan memakai memori eksternal untuk menambah ruang dalam ponsel kamu.

Gunakan kartu memori untuk menyimpan file penting yang kamu miliki. Jika perlu, gunakan dengan kapasitas yang cukup besar sesuai dengan kebutuhan kamu.


Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalkan komentar kamu untuk melengkapi postingan ini. 



Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.