Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal sepele yang Menyebabkan Akun gojek Kena Suspend dan ini sering driver lakukan

Buat teman-teman yang sampai ke artikel tentang penyebab akun gojek suspend ini, mungkin akun teman-teman sedang kena suspend dan ingin mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan akun gojek suspend.

Teman-teman sudah tepat mampir ke blog ini karena diartikel singkat saya kali ini akan membahas beberapa hal yang pernah kita lakukan dan dapat menyebabkan akun kena auto suspend ataupun manual suspend.

Auto suspend terjadi jika kita melanggar peraturan gojek yang sudah menjadi list hal-hal yang tidak di perbolehkan driver gojek lakukan dan ini bersifat baku kecuali di ubah listnya di server gojek.

Manual suspend adalah suspend yang terjadi karena customer menelepon atau email pihak kantor gojek tentang perlakuan driver kepada customer dan dianggap merugikan customer ataupun pihak gojek itu sendiri.

Sebenarnya sudah ada di aplikasi driver tentang hal-hal yang menyebabkan driver kena suspend, tapi disini saya mencoba menguraikan satu persatu dan memberikan contoh agar lebih jelas apa saja yang menyebabkan akun gojek yang kita miliki menjadi suspend.

Apa saja yang membuat driver sering kena suspend ? Berikut ini kita coba pelajari bersama tentang penyebab akun driver kena suspend.

Gambar penyebab akun gojek menjadi suspend
Suspend

Akun Suspend karena melakukan transaksi dengan jarak terlalu jauh


Gojek memang sulit di tebak, percaya atau tidak, jika driver menjalankan orderan dengan jarak yang jauh terlalu banyak dengan estimasi waktu yang singkat dapat menyebabkan suspend.

Hal ini terjadi karena orderan jarak jauh dengan waktu yang singkat dapat terindikasi orderan fiktif.

Sebenarnya banyak mengambil orderan jarak jauh tidak menjadi masalah selagi itu orderan masih masuk logika dan waktu yang sesuai dengan jarak perjalanan.

Jika waktu tempuh perjalanan sudah terlalu cepat dan kurang dari estimasi waktu, hal inilah yang dapat menyebabkan akun menjadi suspend.


Sebagai contoh : Saya mendapatkan orderan dari stasiun Bekasi dengan tujuan cibitung, sebelum setengah perjalanan, ternyata customer mengurungkan niat ke cibitung dan minta turun di tengah jalan.

misalnya cuma sampai Bekasi timur. Saya selesaikan orderan tersebut di tengah jalan. Saat baru menyelesaikan orderan saya mendapatkan orderan gosend dari Bekasi timur ke tanah abang.

Setalah pengambilan barang dan pick up, ternyata customer salah dalam penulisan alamat.

Ternyata pengiriman barang cuma ke daerah jatinegara. Saat sampai di jatinegara saya menyelesaikan orderan tersebut.

Dari kedua orderan ini tentunya estimasi pengantaran pasti sangat berbeda jauh dengan aktualnya.

Sebaiknya hindari kejadian seperti ini.jika memang customer minta turun di tengah jalan, jangan buru-buru menyelesaikan orderan tersebut.

Sebaiknya lihat estimasi waktu sampai ke tempat tujuan berapa lama. Kita bisa menggunakan maps untuk melihat waktu tempuhnya.

Jika kejadian penyelesaian orderan jarak jauh dengan waktu lebih singkat yang terlalu banyak dapat menyebabkan server membaca kita menjalankan orderan secara tidak wajar. Hal inilah yang menyebabkan akun gojek terkena auto suspend.

Transaksi yang diselesaikan driver terlalu banyak dapat menyebabkan akun auto suspend


Server dan aturan gojek terkadang sangat membingungkan. Sudah jelas kita selalu diminta untuk mengambil orderan sebanyak mungkin.

Tapi kenapa saat menyelesaikan orderan terlalu banyak malah menyebabkan akun kena suspend.

Transaksi yang di selesaikan driver terlalu banyak dengan jangka waktu tertentu dapat menyebabkan suspend.

Hal ini sudah bukan rahasia umum lagi dan sering terjadi pada driver yang akunnya sedang gacor. Apalagi jika orderan yang masuk jarak pendek semua.

Di sini saya contohkan misalnya saya ngebid di stasiun Bekasi. Dalam satu jam saya menjalankan order sebanyak 6 kali dari stasiun tersebut karena jarak pengantarannya sangat dekat.

Misalnya paling jauh cuma ke Metropolitan Mall. Sisanya cuma di seputaran stasiun.

Hal ini tentu dapat menyebabkan suspend karena dinilai kita menyelesaikan orderan secara tidak wajar.

Secara logika dan estimasi waktu memang hal tersebut di luar nalar. “Mengapa ?”

Saat mendapatkan orderan kita memerlukan waktu konfirmasi dengan customer, berangkat menuju lokasi penjemputan dan berusaha menemukan customer.

Waktu saat mendapatkan orderan sampai menemukan customer pun kadang bisa mencapai 10 menit. Belum lagi jika customenya lama.

Mengantar customer dan kemudian kembali lagi ke stasiun katakanlah 5 menit juga. Jadi bisa di bilang kita menjalankan 1 orderan memakan waktu sebanyak 15 menit.

Jika estimasi menjalankan orderan jarak dekat memerlukan waktu sekitar 15 menit, berarti kita hanya bisa menyelesaikan orderan dalam satu jam sebanyak 4 kali.

Jadi hati-hati jika teman-teman yang sedang gacor akunnya, jangan melebihi 4 orderan selama satu jam.

Jika pemain gofood tentunya akan lebih lama dari ini, paling cuma 3 orderan dalam satu jam.

Menyelesaikan banyak orderan dalam satu jam misalnya 5 atau 6 orderan sangat berisiko, karena bisa terbaca menjalankan orderan secara tidak wajar dan bisa terkena auto suspend.

Jika memang akun sedang gacor, sebaiknya perhatikan jumlah order yang di selesaikan dengan waktu persatu jamnya.

Jangan sampai akun kita di anggap menyelesaikan orderan secara tidak wajar karena terlalu banyak menyelesaikan orderan.Ini merupakan salah satu penyebab akun terkena auto suspend dari gojek.


Transaksi mencurigakan karena driver melakukan banyak transaksi pada pelanggan yang sama salah satu penyebab akun suspend


Penyebab suspend berikutnya uang sering terjadi pada driver gojek adalah terlalu banyak menjalankan atau bertransaksi dengan pelanggan yang sama.

Hal ini di anggap mencurigakan jika kita melakukan banyak transaksi ke pelanggan yang sama. Apalagi terjadi di hari yang sama.

Jika cuma sekali mungkin tidak apa-apa tapi jangan sampai berkali-kali.

Kejadian menjalankan pelanggan yang sama biasanya banyak terjadi pada driver yang fokus di gofood dan driver yang ngebid hanya di satu tempat.

Sebaiknya hindari ngebid di satu tempat saja untuk menghindari mendapatkan pelanggan yang sama dengan jarak order yang berdekatan.

Mendapatkan pelanggan yang sama sebenarnya sah-sah saja dan merupakan bukan suatu pelanggaran jika jarak order di aplikasi customer tersebut sudah beberapa kali melakukan transaksi dengan driver lain dan akun customer tersebut merupakan akun yang aktif atau sering melakukan transaksi.

Yang bahaya adalah akun customer jarang melakukan order tetapi sering kita yang mendapatkan orderannya dengan jarak antar order yg berdekatan.

Misalnya order pertama kita yang bawa, terus beberapa hari kemudian dia order di bawa driver lain. terus hari berikutnya kita lagi yang dapat orderannya.

Bila kejadian seperti ini maka sangat membahayakan akun gojek yang kita miliki, jika sering terjadi maka dapat menyebabkan akun gojek menjadi suspend ataupun akun gojek mulai berkurang intensitas ordernya.


Menjalankan order dengan nomer telpon darurat driver menjadi salah satu penyebab akun gojek kena suspend


Penyebab suspend berikutnya adalah nomer Hp customer sama dengan nomer driver atau nomer customer merupakan nomor darurat yang driver daftarkan dikantor gojek.

Kadang kita mendaftarkan akun gojek customer memakai nomer yang terdaftar sebagai driver untuk di pakai seseorang misalnya istri.

Jika istri tadi secara tidak sengaja atau lupa sedang melakukan order dan kita yang mendapatkan orderannya dan di jalankan, maka akun kita akan kena auto suspend dan besar kemungkinan tidak bisa di buka lagi alias PUTUS MITRA (PM).

Nomor darurat yang kita daftarkan ke kantor gojek juga sering menjadi malapetaka buat driver. Karena lupa dan sebagainya, kadang nomer darurat tersebut didaftarkan menjadi akun customer.

Saat nomer tersebut melakukan order dan kebetulan kita yang dapat dan di jalankan, ya udah.... wassalam, akun kita akan segera tamat karena ini auto suspend dan cenderung tidak di maafkan.

Sudah banyak kejadian seperti ini dan driver akan kehilangan pekerjaannya. Jadi hati-hati terhadap nomer telpon darurat yang kita daftarkan di kantor gojek. Jangan sampai kita lupa dan menjalankan orderan dengan nomer tersebut.

Transaksi tetap dilakukan driver dengan pelanggan yang terdeteksi mencurigakan menjadi penyebab suspend


Penyebab akun suspend berikutnya adalah melakukan transaksi dengan akun customer yang terdeteksi mencurigakan.

Akun customer yang mencurigakan disini adalah akun yang terlalu banyak cancel driver atau akun yang belum pernah melakukan order.

Terlalu banyak transaksi dengan akun baru dan masih sedikit riwayat ordernya akan beresiko suspend terhadap akun gojek.

Misalnya hampir 15 orderan per hari dengan bertransaksi dengan akun baru, ini tentunya akan mencurigakan.

Driver terlalu banyak melakukan cancel order, saat ini bisa kena suspend lho


Penyebab suspend akun gojek berikutnya adalah terlalu banyak melakukan pembatalan atau cancel orderan.Ini merupakan kasus yang lumayan baru.

Jika terlalu banyak cancel orderan, saat ini kadang langsung ada notif. Bingung dengan peraturan gojek saat ini. Tapi mau gimana lagi, kita hanya mitra. Suka silahkan jalani. Klo ga suka ya tinggal pergi.

Akun suspend karena Terjadi transaksi mencurigakan pada layanan GoFood, Goshop serta GoMart


Penyebab akun kena suspend berikutnya adalah terjadi transaksi mencurigakan pada layanan GoFood, GoMart ataupun goshop.

Misalnya transaksi cuma di satu resto dalam jangka yang cukup lama. Secara logika, masa iya kita cuma dapat orderan di satu resto itu-itu saja. Hal ini tentunya menjadi kecurigaan karena melakukan transaksi berulang-ulang hanya di satu resto saja apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Pengisian gopay kepada customer juga dapat menjadi penyebab akun gojek menjadi suspend dan pernah saya alami sendiri. Saya Ngalong dan dapat 8 orderan gofood sampai pagi dan semua orderannya semuanya isi gopay.

Karena poin udah lumayan banyak, saya pulang dan akan melanjutkan ngebid sore hari. Pas sore ngebid, malah ga masuk-masuk orderan. Saat cek WD malah tidak bisa. Telp call Center malah di suruh datang ke kantor. Beruntung masih bisa di buka lagi karena pelanggan yang saya isi gopay benar-benar customer sungguhan.

Belajar dan mengamati hal-hal yang menyebabkan akun gojek suspend dan hal-hal yang pernah saya alami, sepertinya penyebab suspend itu sangat banyak. Terutama hal-hal yang di nilai terlalu berlebihan dan tidak masuk akal.

Seperti kejadian diatas yang saya alami, secara logika kan agak kurang masuk akal, karena ke 8 customer yang melakukan pemesanan gofood yang saya jalankan semuanya kok bisa isi gopay semua.

Tapi ini benar terjadi dan akhirnya saya malah suspend dan gagal tupo karena harus urus akun ke kantor gojek dahulu ke esok harinya.

Memang sulit untuk membaca sistem yang ada pada gojek walau telah di berikan pilar-pilar pelanggaran yang harus di hindari. Namanya juga bekerja pada mesin, segala sesuatu bisa terjadi.Misalnya error atau server down.

Memanipulasi ponsel untuk pemakaian Fake GPS adalah penyebab suspend akun gojek yang banyak terjadi


Salah satu penyebab akun gojek suspend adalah melalukan manipulasi ponsel untuk menggunakan fake gps. Ponsel yang telah melakukan rooting tentunya akan lebih mudah untuk menggunakan fake gps.

Aktivitas root ponsel dan penggunaan fake gps serta MOD gojek merupakan penyebab suspend yang paling banyak terjadi dan tak jarang berakhir dengan PUTUS MITRA.

Jadi hati-hatilah jika akan berniat melakukan hal ini. Lebih baik di pikir-pikir lagi. Jika sudah mantap, lakukanlah dengan orang yang profesional dan sudah bisa melakukan rooting ponsel untuk driver online. Saya tidak menyarankan, tapi cuma mengingatkan saja.
Pilihan tetap ada pada diri teman-teman sendiri.

Tidak menjemput atau tidak mengantarkan penumpang menyebabkan auto suspend


Penyebab suspend berikutnya adalah tidak melakukan penjemputan dan tidak mengantarkan penumpang tetapi menyelesaikan orderan tersebut.

Hal ini tentunya akan langsung menyebabkan akun driver gojek langsung kena suspend jika customer memberikan rating buruk dan komentar melalui aplikasi atau memberikan laporan via email dan telpon ke kantor gojek.


Pelanggan merasa tidak puas terhadap layanan driver, hati-hati dengan cs seperti ini.



Hal yang paling banyak menyebabkan driver gojek suspend adalah Pelanggan atau customer merasa tidak puas dengan layanan driver. Suspend di sebabkan oleh customer inipun bisa terjadi dengan cara manual suspend ataupun auto suspend.

Manual suspend dapat terjadi jika customer mengadukan via email atau telp ke kantor gojek karena ketidakpuasan mereka terhadap layanan driver. Misalnya driver bawa motornya tidak nyaman, drivernya berbeda dengan aplikasi ataupun penyebab sepele lainnya.

Ketidakpuasan pelanggan disini sangat luas dapat berupa pelayanan, sikap, kondisi kendaraan, penampilan atau hal lainnya yang terjadi saat sedang menjalankan orderan. Saya tidak bisa sebutkan satu persatu karena sangat banyak tergantung pelayanan yang kita berikan.

Sebagai bagian akhir dari artikel ini saya ingin mengajak buat para driver agar memberikan layanan terbaik kepada customer agar kita tidak mendapatkan rating buruk dari mereka.

Tetap selalu berikan layanan terbaik teman-teman untuk menjaga agar customer tetap nyaman dan terus memakai layanan ojek online sebagai pilihan transportasi mereka.

Untuk Pelanggan dan pengguna ojek online yang sempat mampir ke blog driver online ini, semoga kita semua dapat lebih bijak dalam melakukan penilaian terhadap driver.

Jika ada hal-hal yang kurang berkenan dari driver lebih baik di sampaikan langsung. Jangan memberikan peringatan dengan memberikan komentar dan rating buruk terhadap driver langsung di aplikasi.

Komentar customer sangat menentukan kelancaran driver untuk bisa selalu mencari nafkah di dunia perojekan. Sedikit komentar dan rating kalian dapat menghilangkan pekerjaan mereka.

Bagaimana nasib mereka jika penghasilan mereka cuma sebagai ojek online dan pekerjaan mereka hilang cuma karena komentar kalian.

Terima kasih sudah mampir ke blog ini dan jangan lupa share artikel ini untuk membantu agar blog ini dapat berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Silahkan tinggalkan komentar untuk melengkapi kekurangan dari artikel ini agar artikel ini semakin kaya akan informasi.

Terima kasih, wassalam

Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.