Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi titik gps tidak akurat atau loncat-loncat | Trik Android

Cara Mengatasi titik Gps tidak Akurat - Versi Blog Driver Online
Menjadi driver online pasti sering berhubungan dengan aplikasi Maps dan sejenisnya sebagai navigasi untuk menjemput dan mengantar penumpang. Titik gps yang akurat menjadi hal yang penting agar memudahkan dalam menjalankan orderan. 
cara mengatsi titik gps tidak akurat



Selain sebagai navigasi, titik gps mempengaruhi orderan yang didapatkan. Sistem membaca keberadaan driver melalui titik gps yang ada pada ponsel driver. Untuk itulah dibutuhkan signal gps yang kuat agar lokasi driver terbaca dengan baik.

Titik gps yang tidak akurat membuat titik penjemputan jadi jauh karena server membaca keberadaan driver menjadi tidak tepat. Bukan itu saja, jika titik gps tidak akurat akan membuat penumpang tidak tepat membuat titik penjemputan.

Sebenarnya titik gps tidak akurat bisa saja disebabkan beberapa faktor seperti sinyal ponsel lemah, berada ditempat yang memiliki kualitas jaringan yang jelek, kondisi ponsel dan masih banyak lagi yang dapat menyebabkan titik gps menjadi tidak akurat.

Apa itu Gps ?

GPS adalah kependekan dari Global Position System, merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika yang didukung oleh 27 jaringan satelit.

Ciri-ciri sinyal GPS lemah diantaranya : 
  • Tampilan titik GPS abu-abu (seharusnya berwarna biru)
  • GPS loncat-loncat atau berpindah dengan sendirinya dan posisi tidak sesuai dengan keberadaan kita
  • titik gps tidak berpindah
  • Sangat lambat jika membuka Maps
Dalam kondisi seperti ini, apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki  titik gps yang tidak akurat ?  Berikut ini beberapa tips untuk memperbaiki titik gps yang tidak akurat atau loncat-loncat. Yuk kita bahas bareng biar kamu bisa memperbaiki jika titik gps sedang tidak akurat.

Perbaiki Titik Gps Tidak Akurat Dengan Aktifkan Mode Pesawat

Salah satu teknik yang sering pakai adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Cara ini bertujuan untuk memaksa ponsel untuk mencari jaringan yang paling kuat. Dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa menit kemudian dinonaktifkan kembali biasanya mampu mengatasi titik gps yang tidak akurat.

Cara memperbaiki titik gps ini tergolong ampuh. Bahkan dengan cara ini sekaligus memperbaiki jaringan internet yang tadinya kurang stabil.

Pada prinsipnya, mengaktifkan mode pesawat akan memutus semua jaringan yang terhubung dengan ponsel. Kemudian mencari jaringan baru yang lebih baik. Trik sederhana mengatasi titik gps yang tidak akurat ini merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan. Karena cara ini tergolong mudah dan dapat kita lakukan dengan cepat. 

Jika cara ini belum berhasil memperbaiki titik gps yang tidak akurat, kita coba lanjutkan dengan cara berikutnya.

Matikan Akses Gps Kemudian Hidupkan Kembali Secara Berulang

cara mengatsi titik gps tidak akurat

Jika titik gps tidak akurat dan abu-abu, cobalah matikan akses lokasinya. Kemudian nyalakan kembali untuk mengatasinya. Lakukan berulang kali. Kemudian cek kembali mapnya. Apakah masih abu-abu.
Sama seperti cara mengatasi titik gps tidak akurat yang pertama. 

Cara ini dimaksudkan untuk memutus akses sinyal gps. Kemudian kita sambungkan kembali dengan tujuan agar ponsel mencari jaringan gps yang lebih akurat. Misalnya dengan mencari akses tower yang paling dekat dengan posisi kita. 

Caranya Mengatasi titik gps tidak akurat dengan mematikan akses lokasi secara berulang dapat kita lakukan seperti berikut ini : Masuk ke pengaturan lalu scroll ke bawah dan cari lokasi lalu klik. Matikan lokasi kemudian hidup kan kembali. Lakukan secara berulang sampai 3 kali atau lebih. Cara seperti ini sering saya pakai untuk mengatasi titik gps yang abu-abu.

Setelah selesai silahkan cek kembali Google map. Apakah titik gps sudah normal atau masih belum berhasil. Jika belum ada perubahan dan titik gps masih saja loncat-loncat, kita bisa lanjutkan dengan cara berikutnya. 

Reboot Ponsel Agar Titik Gps Normal Kembali

Cara memperbaiki sinyal gps tidak akurat

Salah satu metode yang hampir rata-rata berhasil mengatasi titik gps yang abu-abu adalah dengan cara restart ponsel. 

cara ini saya lakukan bila cara-cara mengatasi titik gps yang saya sebutkan diatas tidak berhasil. Biasanya dengan mereboot Hp rata-rata berhasil memperbaiki titik GPS yang abu-abu atau lemah.
Dengan restart Hp tentunya akan menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan. Biarkan hp dalam kondisi mati sampai suhu Hp menjadi lebih dingin, Baru kemudian nyalakan kembali.

Hapus Cache Atau Hapus data Aplikasi

Banyaknya cache di aplikasi map dan google play service dapat membuat ponsel bekerja tidak maksimal sehingga bisa menyebabkan titik gps tidak akurat dan abu-abu

Hapus cache dan Hapus data aplikasi berikut ini : google play service dan google maps. Selesai hapus data, langsung reboot Hp.

Caranya : Masuk ke menu pengaturan lalu scroll ke bawah dan cari APL atau aplikasi kemudian klik google play service lalu klik hapus cache,bila diperlukan lakukan juga hapus data sekalian.

Lakukan hal yang sama pada aplikasi google maps, google play lalu reboot Hp.

Setelah selesai cek kembali google mapsnya. Apakah cara yang kita pakai tadi sudah benar-benar berhasil mengatasi titik gps yang tidak akurat. Jika masih belum berhasil juga, jangan cepat menyerah. Kita harus bisa mengatasi masalah titik gps yang tidak akurat ini. Lanjut ke langkah berikutnya ya……...

Gunakan WIFI buat Ngebid

Banyak driver yang menggunakan WIFI buat ngebid karena banyak kelebihan yang didapatkan.

Sinyal lebih stabil dan memperingan kinerja hp. Sehingga ponsel terasa lebih adem dan ringan. Dan cara ini  sangat membantu untuk mendapatkan sinyal gps yang lebih stabil dan akurat. 
Jika cara ini tidak ingin kamu lakukan, bisa lanjut ke cara berikutnya untuk mengatasi titik gps yang tidak akurat.

Hapus akun google

Untuk mengatasi signal gps tidak akurat berikutnya adalah dengan cara menghapus akun google di ponsel kemudian reboot kembali.
Setelah selesai baru ditambahkan kembali akun googlenya.biasanya dengan cara ini sinyal gps kembali normal.

Uninstall Google Maps

Cara ini memperbaiki titik GPS yang tidak akurat berikutnya tergolong ekstrim dan jarang dilakukan. Untuk handphone yang sudah di root,kita bisa menghapus atau Uninstall google maps.

cara ini tergolong jitu.saya sering melakukan hal ini jika beberapa cara di atas tidak berhasil. Jadi saya ngebid tanpa google maps.

Penghapusan google maps menurut saya tidak mempengaruhi kinerja aplikasi gojek, jadi sah-sah saja jika kita ingin melakukan hal ini.
Jika diperlukan, kita bisa menginstall kembali google maps atau mengganti versinya yang sesuai dengan tipe handphone atau ram yang dimiliki.

Pakai Penguat Sinyal GPS

Setiap Hp yang saya pakai buat ngebid,pasti akan saya install aplikasi penguat sinyal GPS.
Aplikasi yang saya pakai diantaranya GPS status, active GPS,GPS LOCKER dan masih banyak aplikasi yang lainnya.

Untuk penguat GPS, saya saat ini lebih suka memakai GPS status.Banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi GPS status.

Pakai GPS status Untuk Mengatasi Titik Gps Yang Tidak Akurat

Kadang-kadang perangkat terjebak pada satelit GPS tertentu , bahkan jika mereka tidak berada dalam jangkauan dan hasilnya menyebabkan tidak berfungsi dengan benar.
Untuk mengatasinya ,dapat menggunakan aplikasi seperti GPS Status untuk menghapus data GPS dan untuk mulai menghubungkan ke satelit dari awal

Cara memperbaiki sinyal gps yang lemah pakai GPS status :
  1. Buka aplikasi GPS status dan ketuk di mana saja pada layar, lalu ketuk ikon menu dan tekan Manage A-GPS State.
  2. Tekan Reset, maka ketika itu selesai kembali ke Manage A-GPS State menu dan tekan Download. Data GPS Sobat sekarang sudah menjadi “Refreshed” atau tersebarkan
Dari berbagai cara mengatasi titik gps yang tidak akurat diatas, mana yang berhasil memperbaiki sinyal gps kamu Silahkan tinggalkan di kolom komentar jika kamu berhasil memakai beberapa cara memperbaiki sinyal gps diatas.