Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendapatkan uang tip dari customer yang wajib kamu terapkan

Mendapatkan uang TIP dari customer merupakan hal yang sangat menyenangkan.Ada rasa kepuasan atas apa yang telah didapatkan.

Uang TIP adalah uang tambahan di luar upah untuk mengapresiasi hasil kinerja seseorang.

Sebagai driver online,uang tip merupakan sesuatu yang berharga dan memiliki rasa senang dan merasa terbantukan apabila mendapatkan uang tip.

Uang tip yang kita dapatkan terkadang memiliki berbagai alasan tersendiri dari customer.Ada customer yang merasa iba terhadap driver online,ada yang merasakan terbantu dengan adanya driver online,ada yang merasa puas dengan layanan driver online tersebut dan masih banyak lagi alasan lainnya.
Cara paling jitu nemberikan krpuasan kepada pelanggan ojek online

Sebagai driver online,kita tentunya memiliki trik sendiri untuk bisa mendapatkan TIP dari customer tersebut.

Walau TIP bukanlah sesuatu yang wajib,tapi uang tip kita anggap sebagai apresiasi terhadap kinerja yang kita lakukan.anggaplah uang tip merupakan kepuasan layanan yang kita berikan ke pelanggan tersebut.

Bagaimana cara agar kita agar dapat selalu mendapatkan uang TIP dari customer

Berikut ini sudah saya rangkum cara-cara yang dapat kita lakukan agar customer merasa puas dengan layanan ojek online dan kita pun dapat mendapatkan uang tip sebagai bentuk kepuasan pelanggan ojek online.

Bersikap ramah dan sopan
Saat pertama kali bertemu dengan calon customer,sebaiknya berikanlah senyuman dan ucapkan salam. Berikanlah pelayanan yang terbaik dengan memberikan senyuman dan sikap sopan santun.

Ingatlah kata pepatah jaman dulu "pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda"

Tawarkan Masker dan haircap kepada calon customer

Sebelum berangkat ngebid,periksa kelengkapan ngebid.Mulai dari masker sampai haircap. Tawarkan kepada setiap calon penumpang, karena di sanalah nilai lebih dari layanan gojek agar setiap customer merasa puas.

Jika customer merasa puas dengan layanan yang kita berikan, maka disitulah kesempatan buat Anda diberikan uang TIP.

Customer suka driver yang berpakaian Bersih

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi dimanapun kita, mau kemanapun, kita harus tetap menjaga kebersihan.

Saat sedang ngojek,jaga kebersihan pakaian.Jacket harus selalu bersih. Dan yang paling penting adalah kebersihan helm. Karena helm merupakan alat kelengkapan berkendara yang harus kita siapkan buat customer.

Konfirmasi Alamat penjemputan atau pesanan gofood dengan singkat dan jelas

Konfirmasi alamat penjemputan dan alamat pengantaran merupakan hal yang penting agar kita mudah dalam menemukan alamatnya.

Konfirmasi alamat jangan terlalu bertele-tele.Cukup singkat, padat dan jelas.Yang penting sudah kita dapatkan patokan alamat penjemputan dan pengantarannya.

Berkendara dengan nyaman

Saat menjalankan orderan go ride,tentunya kenyamanan penumpang merupakan bagian yang paling penting karena ojol mengutamakan kenyamanan pelanggannya agar pemakai ojol selalu setia dan nyaman.

Hindari berkendara secara ugal-ugalan karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang.

Tanyakan rute yang diinginkan customer atau tawarkan rute tercepat yang teman-teman ketahui.
Terkadang pelanggan ojek online sudah mengetahui jalan tercepat yang biasa mereka tempuh untuk sampai ke tempat tujuannya.

Jika teman-teman mengetahui rute yang lebih baik, sebaiknya tawarkan kepada customer.

Hampir sebagian besar pemakai ojek online menginginkan cepat sampai ke tujuan dengan estimasi waktu tertentu.Sebaiknya berikan rute tercepat agar customer merasa puas dengan layanan ojek online.

Jangan Biarkan Customer menunggu terlalu lama

Saat menerima orderan, berarti kita sudah siap untuk melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.Jangan biarkan pelanggan teman-teman menunggu terlalu lama atau melebihi estimasi waktu melakukan penjemputan.

Jika rute yang akan ditempuh lumayan macet, sebaiknya lakukan konfirmasi terlebih dahulu agar customer tidak merasa kecewa.

Jaga kesehatan dan kebersihan Kendaraan

Seperti yang saya telah saya sebutkan diatas,kenyamanan customer merupakan hal yang sangat penting.Kendaraan yang nyaman dan bersih menjadi nilai lebih terhadap diri anda dan memungkinkan untuk mendapatkan uang TIP dari sang penumpang.

Pemahaman situasi

Sebagai aplikasi penyedia jasa,tentunya kita harus mampu membaca situasi agar customer selalu nyaman saat sedang bersama kita.

Ngobrol dengan customer juga merupakan bentuk keramahan yang bisa kita suguhkan.Tapi jangan asal ngobrol,mulailah dengan basa basi ringan.Misalnya : "kakak baru pulang kerja ?"  Atau berikan pertanyaan basa basi lainnya.

Tunggu jawaban customer,baca situasi atau cara customer menjawab. Jika customer menjawab dengan nada senang atau bersahabat, kita bisa melanjutkan obrolan lainnya.Jika kondisi tidak memungkinkan, lebih baik kita diam.

Ucapkan terima kasih saat menerima helm ataupun saat memberikan makanan atau paket kepada customer.


Jangan terlalu kaku dan berharap di berikan uang TIP baru mengucapkan terima kasih. Selalu ucapkan terima kasih dan bersikaplah seramah mungkin.

Baik kepada customer yang akan memberikan uang tip ataupun kepada customer judes sekalipun.

Jadilah Sahabat mereka saat dalam perjalanan

Ojek online saat ini merupakan transportasi yang serba Bisa. Tak jarang driver di jadikan sebagai tempat berkeluh kesah dan menceritakan kejadian yang customer alami.

Jadilah sahabat bagi mereka yang selalu siap mendengarkan keluh kesah mereka.Jadikan waktu dalam perjalanan sebagai waktu yang berharga untuk melewati kebersamaan.

Saya rasa sampai disini saja dulu artikel ini, semoga bermanfaat.

Berikan komentar teman-teman untuk membangun dan memperbaiki blog ini.

Terima kasih sudah mau berkunjung ke blogdriveronline
Wassalam


Salam Satu Aspal