Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Anterin lebih menjanjikan untuk driver online ? Berikut analisanya

Driveronline.com – Berita terbaru dari dunia ojek online. Yaitu dicaploknya Aplikasi Ojol Anterin besutan PT Anterin Digital Nusantara oleh Grup MNC, PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk (IATA).
Pesaing baru untuk gojek dan grab, akankah anterin bisa menjadi aplikator terbaik

Driveronline.com melihat ini sesuatu yang menarik. Anterin bisa menjadi saingan dua aplikator yang menguasai pasar ojek online di Indonesia, yaitu Gojek dan Grab.

Seperti kita ketahui sebelumnya, ada perbedaan Aplikasi Anterin dalam menerapkan sistem pembagian hasil antara driver dan pihak aplikator.

Jika kedua aplikator memberi kebijakan dengan potongan 20% dari pendapatan, Anterin tidak akan menerapkan kebijakan yang sama. Namun Anterin akan menerapkan sistem langganan perbulan.

Dengan sistem biaya perbulan, akankah lebih menguntungkan driver ? Atau sebaliknya malah memberatkan driver ?

Driveronline.com akan memberikan analisa kemungkinan yang akan terjadi. Yaitu lebih menguntungkan atau malah memberatkan kita sebagai driver online.

Sistem Anterin jauh lebih menguntungkan

Belum diketahui dengan pasti sistem kebijakan biaya perbulan yang akan diterapkan Anterin nantinya. Semoga saja bisa menerapkan sistem yang lebih menguntungkan driver.

Jika sistem dengan biaya perbulan ini akan dianggap lebih menguntungkan untuk driver online yang full time berprofesi sebagai ojek online dan hanya fokus di Anterin.

Jika kita fokus hanya Narik Anterin dan menyelesaikan banyak orderan setiap bulannya, tentu sistem Anterin ini sangat menguntungkan driver karena kita hanya membayar biaya yang telah ditentukan setiap bulannya.

Anterin kurang menguntungkan untuk driver paruh waktu.


Versi yang kedua adalah Anterin kurang menguntungkan. Dengan sistem pembayaran bulanan ini akan kurang menguntungkan untuk driver online yang tidak fokus sebagai ojek online. Misalnya sebagai sampingan saat pulang kerja atau driver paruh waktu.

Dengan biaya bulanan dan kita tidak fokus narik, maka sistem ini akan memberatkan sebagian driver yang hanya bekerja di saat waktu tertentu saja. Misalnya saat pulang kerja atau pas hari libur di Sabtu dan minggu.

Kedua Analisa diatas akan menjadi pertimbangan para driver online untuk berpindah aplikasi. Ini seharusnya hal yang menjadi pertimbangan untuk Anterin agar mampu meraih hati para driver mereka.

Dengan sistem memberlakukan biaya bulanan ini akan terasa berat untuk driver merek nantinya jika biayanya dipotong setiap awal bulan atau saat driver baru memulai bekerja sebagai driver online.

Misalnya harus mengisi saldo (TOP UP) dahulu senilai biaya bulanan baru mendapatkan orderan. Ini tidak akan baik untuk driver online, karena mereka belum tentu sudah memiliki uang sebanyak itu.

Anterin harus memberikan solusi buat driver agar mereka lebih terbantu. Misalnya biaya bulanan bisa dilakukan TOP Up setiap hari. Jika biaya bulan 300 ribu, maka driver bisa TOP UP 10 ribu rupiah setiap harinya.

Mungkin ini akan lebih meringankan beban driver daripada harus TOP UP langsung 300 ribu sekaligus.

Atau diberikan keringanan free selama satu minggu saat baru bergabung dan akan dikenakan biaya setelah satu minggu berikutnya. Ini juga akan sangat membantu driver yang baru ingin menjadi driver Anterin.

Entahlah.... Bagaimana kebijakan yang akan diterapkan Anterin nantinya. Semoga Anterin bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk driver online yang sudah begah dengan perilaku kedua aplikator ojek online.

Semoga artikel singkat ini sampai dan menembus ke pihak Anterin dan memberikan Solusi terbaik untuk driver mereka. Karena driver merupakan ujung tombak dari setiap aplikasi ojek online.

Artikel ini Cuma sekedar sudut pandang saya sebagai driver. Tentulah memiliki harapan agar Aplikator baru ini memberikan kenyamanan untuk kita semua.

Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.