Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memperbaiki error aplikasi pada Grab agar orderan lancar kembali

Driveronline.com - Kendala pada aplikasi Grab driver

Menjadi driver online bukan sekedar menyalakan aplikasi dan kita langsung mendapatkan orderan. Sering terjadi beberapa kendala yang menyebabkan kita sulit mendapatkan orderan.
Saat aplikasi grab error, jangan panik. Atasi dengan cara ini


Sebagai driver online kita harus bisa memperbaiki kondisi tersebut agar orderan masuk kembali. Salah satu contohnya, titik gps kita tidak akurat. Maka orderan akan sulit di dapatkan atau malah dapat orderan yang jarak jemputnya terlalu jauh. Hal seperti ini bisa saja di sebabkan karena titik gps tidak akurat.

Beberapa kendala teknis bisa terjadi pada aplikasi Grab driver , seperti:

  • GPS tidak akurat.
  • Aplikasi tidak dapat dibuka, muncul kode error ataupun tiba-tiba aplikasi tertutup.
  • Notifikasi (pop-up) tidak muncul ketika pekerjaan masuk


GPS tidak akurat

Server Grab membaca posisi driver yang akan di berikan orderan berdasarkan titik gps. Oleh sebab itulah titik gps pada Hp yang di pakai ngebid harus akurat dan stabil. Jangan biarkan signal gps hilang sehingga menyebabkan server kesulitan membaca posisi kalian ngebid.

Jadi titik gps saat mencari orderan harus selalu akurat. Untuk melakukan pengecekan titik gps, kalian bisa cek di google map. Jika posisi titik biru sudah sesuai dengan lokasi kalian, berarti titik gps kalian sudah akurat.

Bila di google maps, lokasi kalian melenceng dari posisi sebenarnya, maka dapat di pastikan gps kalian sedang tidak akurat. Selain itu , sering juga di temukan titik gps pada google map tidak berwarna biru, malah abu-abu. Itu salah satu tanda titik gps kalian tidak akurat atau aplikasi kalian bermasalah.

Cara memperbaiki titik gps yang tidak akurat atau abu-abu cukup mudah. 

Apabila GPS Anda tidak akurat, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Setting lokasi dalam mode akurasi tinggi
Buka Google Map dan periksa apakah lokasi kalian sudah sesuai. Jika lokasi kalian sudah sesuai, maka tidak ada kendala pada GPS kalian. 

Jika lokasi tidak sesuai, periksa pengaturan pada ponsel kalian, lihat settingannya. Jangan-jangan di setel ke mode “akurasi rendah” atau “hanya ponsel”. Ganti settingannya menjadi pilih "Akurasi Tinggi".

Jika setelan lokasinya sudah dalam mode “Akurasi tinggi”, berarti setelannya sudah benar. Biarkan seperti itu.

Perbaharui versi google map
Langkah selanjutnya, cek aplikasi google maps kalian di playstore atau Appstore. Apakah sudah memakai versi terbaru atau masih versi lama. Jika masih dalam versi lama, Perbarui aplikasi Map kalian. 

Buka Google Playstore atau App Store. Temukan aplikasi Map, jika tersedia pembaruan, silakan perbarui aplikasi Map kalian.

Mode pesawat ( airplant mode)
Hidupkan mode pesawat sekitar 5 menit, kemudian matikan kembali agar dapat tersambung ke internet lagi. 

Ini bertujuan untuk memperbaiki signal internet dan signal gps agar kembali mencari posisi Tower terdekat agar jaringan internet menjadi stabil.

Cara Penggunaan mode pesawat sesuai model ponsel yang di gunakan :

Android
Masuk ke menu "Pengaturan", dalam pilihan "Nirkabel & Jaringan," tekan "Lainnya". Pilih "Mode Pesawat" untuk menghidupkan atau mematikan.

iOS
Dari bagian bawah layar Beranda, geser ke atas untuk membuka "Pusat Kontrol," kemudian tekan logo pesawat agar berubah warna menjadi orange.

Matikan "Mode Pesawat" dan coba lagi. Jika kalian masih mengalami kendala, ada kemungkinan masalah pada ponsel kalian. Coba buka aplikasi GrabDriver melalui ponsel lain, dan pilih login melalui Google.


Aplikasi tidak dapat dibuka, muncul kode error ataupun tiba-tiba aplikasi tertutup.

Jika Aplikasi Grab kalian tidak dapat dibuka, muncul kode error atau aplikasi tiba-tiba tertutup, ada dua kemungkinan yang menjadi penyebabnya.
  • Kuota paket internet kalian sudah habis.
  • Aplikasi Grab driver belum di perbaharui

Periksa konektivitas ponsel kalian.
Buka browser internet kalian, ketik www.google.com dan tekan "Go". 

Jika halaman gagal dimuat, kalian mungkin memiliki masalah dengan koneksi internet atau kouta sudah mau habis. Periksa penyedia layanan internet untuk memulihkan konektivitas sebelum mencoba kembali.

Periksa Pembaruan Aplikasi Grab driver di Playstore atau Appstore. Jangan sampai aplikasi yang kalian pakai adalah aplikasi versi yang belum di perbaharui. Silahkan perbaharui aplikasi kalian kemudian coba kembali gunakan aplikasi Grab drivernya.

Cara memperbaharui aplikasi Grab driver :

Android

Masuk ke menu "Pengaturan," temukan "Pembaharuan Perangkat" lalu tekan "Perbarui Manual". Hal ini akan memperbarui versi aplikasi terbaru yang tersedia, dan sistem operasi Android. Buka Google Play dan pilih "Aplikasi & Permainan Saya". Jika pembaruan aplikasi Grab tersedia, tekan "Perbarui".

iOS

Masuk ke "Pengaturan," cari "Umum" lalu tekan "Pembaruan Perangkat Lunak". Perbarui iOS kalian sesuai kebutuhan. Buka App Store dan tekan "Update." Jika pembaruan Grab tersedia, tekan "Update".

Buka ulang Aplikasi Grab kalian, apa sudah bisa ? Jika masih terjadi error, silahkan reboot ponsel teman-teman.

Notifikasi (pop-up) tidak muncul ketika pekerjaan masuk

Jika notifikasi tidak muncul ketika pekerjaan masuk, sebaiknya kalian install ulang aplikasi Grab driver kalian. Bisa jadi aplikasi tersebut sudah usang dan perlu mengistall ulang aplikasinya.

Tata cara Install ulang aplikasi Grab driver

Android

Buka Google Play, cari aplikasi Grab, pilih Uninstall dan tunggu sampai selesai. Tekan Install atau "Memasang" lalu buka kembali aplikasi Grab kalian.

iOS

Tekan dan tahan ikon Grab hingga muncul tanda "X" di pojok kiri atas ikon untuk menghapus aplikasi. Kemudian buka Appstore, cari aplikasi Grab, kemudian Install atau "Memasang". Setelah itu bukan kembali aplikasi Grab kalian.

Setelah selesai install ulang aplikasi, reboot ponsel kalian. Setelah ponsel hidup kembali, kalian buka “menu pengaturan ponsel” kemudian cari “Aplikasi”. Selanjutnya kalian cari aplikasi Grab driver. Lihat perizinannya. “Berikan izin” atau izinkan semua akses yang di minta. Kemudian kalian buka aplikasi GRAB seperti biasa.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke media sosial teman-teman jika informasi ini bermanfaat. “Salam Satu Aspal”