Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 alasan driver online minta cancel orderan, nomer 5 kamu ya ??

Ojek online sudah menjadi alat transportasi pilihan masyarakat perkotaan khususnya Jakarta dan sekitarnya. Transportasi cepat, murah dan banyak tersedia armada sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan driver.

Di balik mudahnya mendapatkan driver, ada kendala yang sering terjadi di lapangan. 
“Driver minta cancel”  “Mengapa mereka minta cancel ?”

Berbagai alasan yang mereka utarakan. Misalnya kendala kendaraan lagi pecah ban, penjemputan yang terlalu jauh dan alasan-alasan lainnya. Dari sekian banyak alasan, hanya sebagian yang benar-benar terjadi, sisanya ada alasan lain yang tidak mungkin diberitahukan.

Di artikel kali ini, saya mencoba menggambarkan dan menjelaskan apa saja yang menjadi penyebabnya, sehingga driver online minta cancel orderan yang telah mereka terima. 


Berikut ini adalah alasan driver online yang minta cancel orderan


Apa saja kemungkinan yang menjadi alasan driver gojek minta cancel orderan yang telah mereka terima ? Mungkin hal-hal berikut dapat menjadi bahan pertimbangan kenapa driver gojek minta cancel.

Driver Online minta cancel karena ada keadaan
Dalam keadaan tertentu sering membuat driver online meminta pesanan dibatalkan. Keadaan driver yang sedang mengalami suatu kejadian yang tidak diinginkan sehingga mereka minta pesanannya dibatalkan. 

Misalnya : kendaraan mogok, ban bocor, tidak membawa jas hujan, ada keperluan keluarga yang mendadak, cuaca buruk, banjir, rute yang macet dan alasan kesehatan. Contohnya tiba-tiba sakit perut atau masuk angin.

Selain keadaan yang saya sebutkan diatas beberapa hal lain yang menyebabkan driver online minta cancel di poin berikutnya. Dan mungkin kalian belum mengetahuinya.


Berat Badan berlebih memicu driver meminta pembatalan order

Penyebab driver online minta cancel
Ups..... Jangan tersinggung. Bukan diskriminasi buat kalian yang gemuk. Tapi inilah yang terjadi untuk driver dengan motor matic kecil seperti Mio atau Beat. Jika berat badan kamu di atas 80 KG, lebih aman jika kamu order Gocar atau Grabcar.

Driver online minta cancel karena Zona Merah Ojek Online


Zona merah ojek online adalah zona atau area tertentu yang tidak memperbolehkan ojek online untuk mengambil penumpang. Biasanya area tersebut merupakan area kekuasaan ojek pangkalan.

Jika kalian order di area larangan ojek online untuk mengambil orderan, maka kemungkinan besar driver minta cancel. Atau kalian akan disuruh menjauhi zona merah tersebut.


Driver akan minta cancel jika mendapat penumpang dengan rating yang rendah


Bukan hanya customer saja yang memberikan penilaian kepada driver atas pengalaman perjalanan menggunakan ojek online. Driver gojek juga akan memberikan penilaian kepada penumpangnya. Jika kamu sering mendapatkan rating jelek dari driver, maka rating akun kamu akan menurun.

Rating yang jelek akan terlihat di aplikasi gojek driver saat kamu melakukan order ojek online ataupun order layanan lainnya di aplikasi ojek online. Rating di bawah 4 akan menyebabkan driver berpikir dua kali untuk menjalankan orderan yang mereka terima. Biasanya rating yang jelek sudah di anggap bahwa penumpang tersebut sering berperilaku tidak baik terhadap ojol.

Bagaimana rating kalian ? Jika ingin mengetahuinya, tanyakan pada driver yang menerima order kamu. Mereka pasti mengetahuinya, karena rating Cuma bisa dilihat saat kamu melakukan order ojek online.

Orderan jarak jauh menjadi salah satu penyebab driver online minta cancel


Jarak menjadi alasan driver online tidak ingin menjalankan orderannya. Orderan jarak yang jauh bukanlah orderan primadona ojek online. Mereka sering mengeluh jika mendapatkan orderan seperti ini. Walau tidak semua driver seperti ini. Tapi sebagian besar kurang menyukai orderan dengan jarak lebih dari 5 KM apalagi jika rutenya macet.

“Lah kok bisa gitu ?”

Orderan jarak jauh kurang menguntungkan bagi driver karena memakan waktu yang lama dan menguras tenaga serta bensin. Di tambah macet, lengkap sudah alasan buat mereka agar minta cancel.

Sebaliknya, orderan jarak dekat adalah jenis orderan yang menjadi primadona ojek online. Waktu lebih singkat sehingga lebih besar kesempatan untuk mendapatkan orderan berikutnya. Sehingga proses pengumpulan poin lebih mudah. Pengumpulan poin yang banyak menjadi prioritas sebagian driver. Semakin banyak poin, semakin besar bonus yang didapatkan driver. Sampai saat artikel di terbitkan, poin maksimal gojek untuk area Jakarta adalah 30 poin dengan bonus 180 ribu rupiah.

Terlalu banyak permintaan akan membuat driver keberatan dan berujung cancel orderan

Penyebab driver online minta cancel
Sebagai pengguna ojek online, kita juga harus menyadari hak dan kewajiban. Jangan terlalu banyak menuntut atau titip ini itu sehingga merepotkan abang ojol.

Berikan note secukupnya, jika masih dalam batas wajar, driver online tidak akan menolak. 

Driver minta cancel karena tidak menginginkan orderan kamu


Percaya atau tidak, ada driver yang pilih-pilih orderan. Tidak semua driver mau menjalankan orderan yang mereka terima. Ada driver yang Cuma mengambil satu jenis orderan, misalnya orderan gofood. Jika masuk orderan lainnya, maka mereka akan meminta pembatalan orderan dengan berbagai alasan. Tapi tidak semua driver berperilaku seperti ini.

“Jika diminta membatalkan orderan, tinggal batalin aja kemudian order lagi. Iyakan.... driver online itu banyak, jadi tidak usah khawatir tidak dapat driver”

Terlalu banyak barang bawaan sehingga driver langsung minta cancel


“Baru habis mudik atau borong belanjaan ? Atau pindahan kontrakan ?”
“Banyak Bener bawaannya”
Ojek online banyak yang minta di batalkan orderan karena kamu terlalu banyak bawaan. Penumpang yang membawa banyak barang itu sangat merepotkan. Belum lagi risiko di jalan. Keamanan saat berkendara itu penting. Jika terlalu banyak bawaan, bahaya mengintai jika kamu nekat naik ojek online. Namanya juga naik motor, tidak bisa membawa barang yang banyak.

Jika kamu membawa banyak barang bawaan, sebaiknya kamu pilih naik gocar aja. Jadi lebih aman dan nyaman. Ongkosnya tidak jauh berbeda, apalagi jika dibayar rame-rame.

Nama akun yang mencurigakan menjadi penyebab driver minta cancel


Khusus anak Ngalong ( ngojek malam hari), nama akun yang mencurigakan sering menjadi penyebab driver minta pembatalan order. Misalnya : Nama akun cewek, tapi pas di telpon malah cowok. Apalagi dengan rute yang lumayan sepi, biasanya driver tidak mau menjalankan orderan. 

Hal ini menurut saya wajar, keselamatan lebih penting dari segalanya. Sangat beresiko jika mengantarkan penumpang seperti kriteria diatas.

Penumpang minta buru-buru sering membuat driver lebih memilih meminta pesanan dibatalkan


Customer yang minta buru-buru biasanya menjadi salah satu penyebab driver gojek minta cancel. Keselamatan berkendara sangat penting, tingkat kecelakaan sangat tinggi karena pengguna jalan yang banyak mengejar waktu.

Selain alasan keselamatan, penumpang yang minta buru-buru sering menyalahkan driver jika mereka terlambat. Orderan seperti ini beresiko mendapatkan rating jelek. Oleh sebab itulah, driver online sering meminta pembatalan orderan jika kamu minta buru-buru

Kamu sudah ditandai driver sebagai customer rese akan membuat driver sering minta pesanan dibatalkan


Jika kamu rutin menggunakan ojek online setiap hari. Maka kamu akan dikenali oleh para ojek online. Termasuk tingkah laku kamu akan mereka kenali. Misalnya kamu cenderung cerewet, maka akun kamu akan mereka tandain. Jika kamu order, mereka sering minta untuk di batalkan.


Lamban Dalam Memberikan Respons membuat driver tidak mau menjalankan orderan, malah minta di cancel


Komunikasi itu penting untuk driver ojek online. Customer yang sulit dihubungi akan menghambat pekerjaan mereka. Waktu jemput dan mengantarkan penumpang sangat penting buat mereka agar bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan orderan berikutnya. 

Jadi jika kamu sudah order ojek online, sebaiknya kamu standby dekat Hp. Infokan secara detail alamat dan posisi penjemputan atau pengantaran makanan dan barang. Jika kamu lamban memberikan respons, jangan salahkan driver jika mereka meminta kamu membatalkan orderannya.

Kita saling membutuhkan. Driver memerlukan penumpang dan kamu juga membutuhkan driver. Sebaiknya berkomunikasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Lokasi tujuan merupakan area yang rawan kemacetan


Destinasi merupakan hal yang penting bagi sebagian driver. Tujuan pengantaran ke area yang rawan kemacetan akan membuat sebagian driver minta cancel. Area yang macet dapat menghabiskan banyak waktu untuk para driver. Selain waktu yang banyak terbuang, area yang macet banyak memakan energi dan kesabaran. 

“Tau sendirilah bagaimana situasi di area kemacetan”

Selain area yang macet, tujuan ke area pelosok atau sepi juga dapat menyebabkan driver minta cancel.

 Area pelosok biasanya dihindari oleh driver karena setelah menurunkan penumpang di area tersebut, maka driver akan sulit untuk mendapatkan penumpang kembali. Jadi istilahnya tidak ada tiktokannya. Jadi driver akan keluar dari area tersebut dalam keadaan kosong atau tanpa penumpang.

Metode Pembayaran bukan yang diharapkan akan membuat driver minta cancel


Metode pembayaran dapat menjadi salah satu kenapa driver minta cancel atau membatalkan orderan. Ada sebagian driver tidak mau menerima orderan dengan pembayaran non tunai (ovo ataupun gopay).Tapi sebaliknya ada driver yang tidak mau membawa orderan karena customer membayar cash.

Driver yang sedang membutuhkan uang cash, cenderung mencari orderan dengan pembayaran cash. Atau driver yang ATM-nya terblokir, biasanya mereka akan cari orderan cash.

Saya rasa, cukup sampai disini saja artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian. Terima kasih sudah berkunjung dan share ke Medsos kalian jika informasi ini bermanfaat.