Cerita Blogger | Adsense dan Uang yang di hasilkan

Hai... Blogger.....
Update kali ini, aku Cuma ingin bercerita dan berbagi pengalamanku saat ngeblog.

"Apa tujuan sobat ngeblog ?"

"Ingin menghasilkan uang ?"

"Mau membagikan ilmu atau pengalaman ?"

"Atau karena sobat hobby menulis ?"

Apapun tujuan sobat ngeblog, lama-lama tentu akan berubah seiring waktu. Yang tadi Cuma sekedar mengisi waktu kosong, lama-lama pasti akan berubah menjadi ingin menghasilkan uang. Manusiawi banget.

Sama seperti aku, awalnya hanya iseng dan tanpa tujuan membuat blog. Berjalan waktu lama-lama ingin menghasilkan uang. Yang awalnya enjoy nulis apa aja sesuai keinginan, kini kok kayanya kurang seru bila nulis tidak menghasilkan uang.

"Kita mulai ceritanya"

Kisal Blogger dalam usaha menghasilkan uang dari adsense


Berawal dari keisengan, blog pertamaku di buat. Awalnya blog saya berisi apa aja. Kebanyakan masalah Curhat. Karena sering baca-baca blog lain dan ternyata bisa menghasilkan uang. Aku mulai berpikir bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog.

Blog langsung berubah haluan, yang tadi berisi Curhatan kini berganti ke bidang pekerjaan. Semangat buat artikel setiap hari demi tujuan menghasilkan uang. Baru beberapa artikel saja sudah mulai bosan. Paling 10an artikel.

Kenapa bosan ?

Terlalu memaksa diri untuk membuat artikel setiap hari. Cape tenaga dan pikiran. Tapi hasilnya sangat mengecewakan. Cape-cape bikin artikel, tapi yang baca hanya beberapa orang setiap harinya.

Karena sepi pengunjung, merasa kecewa akhirnya berhenti ngeblog. Bahkan blog tersebut sudah di hapus. Dan satu blog berhasil di jual untuk sekedar uang rokok. Alhamdullilah...

Tahun 2016, aku menjadi driver gojek. Karena banyak waktu luang saat menunggu orderan, terlintas untuk membuatku ngeblog kembali.

Dengan niat untuk mengisi waktu luang, dan akhirnya membuat blog kembali. Maka terciptalah blog driveronline.com yang sobat baca ini.

Blog ini hanya berisi tutorial seputar ojek online yang aku buat saat masih ngojek. Lama kelamaan pengunjungnya jadi lumayan. Mulai otak berpikir uang kembali. He he

Karena sudah berpikir untuk menghasilkan uang, akhirnya aku mulai berencana mendaftar adsense. Karena obsesi ini, saya akhirnya membeli domain TLD. Biar terlihat lebih profesional dan memudahkan dalam mendaftar adsense. Dan ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Aku membeli domain TLD di Niaga Hoster karena harga lumayan terjangkau selain itu ada diskon jika mendaftar melalui blog-blog tertentu.
Domain-TLD-yang-bagus
Domain TLD Niaga Hoster

"Kamu mau juga domain TLD ?"

Kamu bisa membeli domain TLD dengan cara klik pada link berikut : Niaga Hoster
Jika sobat mau beli melalui link di atas, Sobat komentar di blog ini dulu ya, lumayan ada “kode diskon” buat sobat.

Hanya dengan proses beberapa menit, aku sudah mendapatkan alamat domain yang di pakai sekarang ini. Dan ternyata, setelah di pakai beberapa bulan, aku sedikit timbul penyesalan.

Kenapa alamat domainnya aku bikin sepanjang ini. Harusnya kan bisa yang lebih singkat. Tapi ya sudahlah....

Belajar dari pembelian yang di lakukan tanpa berpikir panjang tadi, jadi aku punya tips singkat buat sobat.

  • Pikirkan alamat domain yang ingin sobat beli. Jangan pakai kata-kata yang panjang. Cari yang sesingkat mungkin agar mudah di ingat
  • Buat alamat domain yang berhubungan dengan niche blog sobat jika nantinya blog akan fokus satu niche. Biar SEOnya lebih mantap.
  • Jika mau membangun blog gado-gado sebaiknya sobat membeli domain sesuai nama sobat saja. Yang penting tidak terlalu panjang. Usahakan satu kata.


Kembali ke blog yang tadi aku buat. Dengan domain sudah berubah jadi dotcom, aku lebih semangat membuat artikel. He he

Dan sampailah artikelnya menjadi 20 artikel. Sangat lumayanlah untuk seorang yang baru belajar ngeblog. Aku mulai mendaftar ke adsense.

Dengan semangat 45, aku langsung daftar  adsense. Dengan mengikuti panduan daftar adsense, akhirnya aku langsung berhasil daftar. Ingat... Cuma berhasil daftar.

Beberapa hari berikutnya, aku menerima email dari adsense. Dan ternyata di tolak, dengan alasan aku punya akun adsense yang lain. Cek email satu-satu, dan aku batalkan setiap email yang sudah pernah aku pakai daftar. Setelah yakin semua sudah di perbaiki. Aku daftar kembali....

Taraaaaam...... Pendaftaranku berhasil
Dan... Aku tetap di tolak oleh adsense. Alasannya beda lagi sobat. Navigasi blog susah untuk dibaca dan bla....bla.....

Aku perbaiki blongku dengan membuat navigasi secara lengkap. Mulai dari SITEMAP, Disclamer, Contact Us dan Privacy Police. Kemudian aku mendaftar adsense kembali.

Entah berapa kali aku di tolak adsense dengan alasan yang berbeda-beda setiap mendaftar. Kadang malah kembali lagi ke alasan yang sudah aku perbaiki. Tapi aku tidak putus asa, sambil mencari-cari tutorial tentang cara agar di terima adsense, akhirnya aku menemukan sesuatu yang menarik perhatian.

Template Premium mempengaruhi dan bisa membantu agar bisa di terima adsense.

“Masa iya “ “Jangan-jangan karena mereka jualan template” he he

Oh... iya.... Melihat dari berbagai penolakan saat aku mendaftar adsense, ternyata salah satu yang harus di penuhi agar mudah di terima adsense adalah navigasi blog yang lengkap dan sederhana.

Sebaiknya Sobat buat empat navigasi berikut sebelum mendaftar adsense : Disclamer, Privacy Police, Contact Us dan About. Untuk panduan pembuatannya, sobat bisa baca disini.

Balik lagi ke template premium yang konon katanya mempermudah dalam proses pendaftaran, akhirnya aku putuskan untuk mencobanya. Dari sekian banyak pilihan template premium, akhirnya aku jatuhkan pilihan ke template Viomagz milik mas Sugeng. Cieeee.....

“Kenapa Viomagz ?”
Tampilan simple dan sederhana, loading cepat, sudah terpercaya karena di rekomendasikan oleh banyak blogger dan sudah di pakai banyak orang.

Sobat mau coba juga ??? Silahkan sobat meluncur ke mas Sugeng melalui link berikut : Viomagz By mas Sugeng.
Viomagz-mas-Sugeng
VIOMAGZ by Mas Sugeng

Untuk cerita kemudahan dalam mendaftar adsense setelah membeli template mas Sugeng, kamu bisa baca di sini :


Lanjuuuut... kembali ke cerita ngeblog
Domain udah TLD, template keren pake yang Premium dan sudah punya akun Adsense. Langsung semangat untuk segera mendapatkan uang. He he

Langsung genjot bikin artikel untuk mendapatkan visitor yang banyak agar segera mendapatkan uang dari adsense.
Satu... dua.... tiga... empat....dan seterusnya, artikel meluncur ke blog.
“Terus mas dapat uang banyak dong ???”

Tidak Sob.... Ternyata menghasilkan uang dari adsense tidak semudah itu. Dengan visitor yang masih minim, ternyata adsense bukanlah hal yang indah. Kadang dapat 200 perak, 1000 dan paling banyak 15.000. Itu pun tidak stabil. Kadang pernah dapat 0,90 perak. Hadeeeeuh....

Melihat kisah di atas, mendapatkan uang di adsense bukan perkara yang mudah. Di butuhkan minimal visitor sekitar 4.000 pengunjung setiap hari biar bisa PO setiap bulan. Itu pun kadang ga dapat. Menurut kisah para Mastah blog....

Selain terkendala visitor, saat sudah di terima adsense, tidak bisa langsung menghasilkan uang. Masih ada tahapan selanjutnya. Apa itu ?

Verifikasi PIN
Verifikasi Akun bank

Pengiriman PIN dari google membutuhkan waktu yang lumayan lama. Blog ini sudah di kirim dari tanggal 30 Desember 2019 dan sampai artikel ini di terbitkan belum sampai itu PIN.  Saya sudah pernah tanya ke kantor pos, tapi tetap belum ada. Sing penting SABAR.....

Sambil menunggu PIN dari google, aku berusaha meningkatkan visitor blog ku.
“Bagaimana cara meningkatkan visitor blog ?”
Salah satu caranya adalah dengan membuat artikel yang banyak di cari orang dan menempatkannya pada halaman satu mesin pencarian, terutama Google. “Bagaimana caranya ?”

Kita belajar SEO. Dengan penerapan SEO artikel bisa nangkring di halaman satu Google.

Cara penerapan Seo pada blog dengan mudahSobat bisa baca artikelnya dan langsung bisa sobat terapkan pada blog sobat.

Sampai disini saja dulu ya Bro... semoga sobat bro juga cepat di terima adsense setelah membaca blog ini. Dan jangan lupa tinggalkan komentar sobat untuk melengkapi kekurangan postingan ini

Semangat Ngeblog





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cerita Blogger | Adsense dan Uang yang di hasilkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel