Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik membangun blog untuk pemula sampai bisa menghasilkan uang

Ngeblog merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk sebagian orang. Melalui tulisannya dapat berbagi informasi dan pengalaman yang di miliki. Tapi tak jarang, Hobby menulis ini malah menghasilkan uang. Dan tidak sedikit yang sukses meraup uang jutaan rupiah setiap bulannya.

“Sobat mau mencoba ngeblog dan mau jadi blogger sukses ?”

Blog untuk pemula

Jika iya, Sobat berada di tempat yang tepat karena disini kita akan bersama-sama belajar untuk membangun sebuah blog dari awal. Termasuk blog ini.

Tips sederhana membuat blog untuk pemula sampai menghasilkan uang

“Bagai mana cara menghasilkan uang di blog ?” Artikel ini menjawab satu pertanyaan sederhana di atas. Pertanyaan yang sederhana namun menguras tenaga untuk menjawabnya. Karena tidak semua orang bisa menghasilkan uang dari blog.

Menghasilkan uang dari blog dapat di lakukan dengan berbagai cara. Misalnya berjualan suatu produk di blog, menayangkan iklan, dan menjual blog itu sendiri.

“Sobat mau mencoba yang mana ?”
Di artikel ini, saya ingin berbagi cara menghasilkan uang dengan cara menampilkan iklan dalam sebuah blog dengan cara menjadi Publisher Adsense. Sebenarnya tidak Cuma Adsense yang bisa menghasilkan uang, masih banyak penyedia iklan lainnya yang bersedia membayar. Namun disini kita hanya fokus hanya ke Adsense.

Adsense saat ini masih cukup popular dan di minati oleh hampir sebagian besar blogger. Adsense masih menjadi impian yang ingin di capai saat ini karena sudah terbukti banyak blogger yang menghasilkan uang jutaan setiap bulannya hanya dengan menampilkan iklan di blog yang mereka kelolah.

Tentukan niche blog sobat

Langkah yang kedua ini cukup mudah. Sobat Cuma harus memikirkan niche apa yang sobat akan kelola. Tentukan dari sekarang sebelum sobat menulis artikel pertama sobat. Karena penentuan niche ini akan mempengaruhi perkembangan blog sobat selanjutnya.

Penentuan niche blog sobat sangat penting. Karena niche blog sangat menentukan kelanjutan blog sobat. Pilih niche yang paling di kuasai dan sobat suka. Karena materi artikel akan lebih mudah di buat jika sobat menguasai materinya dan sesuatu yang di sukai akan mudah di tuangkan dalam bentuk tulisan.

Jika sobat sedikit sulit atau bingung menemukan niche yang tepat, sobat bisa menulis beberapa materi yang sobat kuasai. Misalnya : olahraga, kesehatan, teknologi, bidang pekerjaan atau traveling.

Setelah di buat daftar bidang yang di kuasi, mulai pikirkan apa yang sobat sukai. Jika sudah ketemu antara yang di sukai terus bidang tersebut sobat kuasai, maka sudah dapat di tentukan bahwa niche tersebut tepat buat sobat.

Bagaimana ? Sudah ketemu niche yang akan kamu jadikan topik utama blog sobat ?

Sabar dan pikirkan secara matang, jangan sampai salah pilih niche. Nanti bisa merubah arah blog sobat. Kan sayang jika sobat buat blog tentang kesehatan dan di tengah jalan sobat berubah pikiran kemudian. Mengganti niche dengan niche lain.

Membuat blog

Saya disini tidak akan membuat tutorial cara membuat blog lagi. Karena sudah saya buatkan artikel sebelumnya. Silahkan sobat klik disini untuk membacanya.

Saya anggap sobat sudah memiliki blog semua sehingga kita bisa memulai untuk menerapkan trik membangun blog agar mudah di terima Adsense.

Membeli Domain TLD
“Harus ya mas ? “
Membeli domain TLD bukanlah sebuah keharusan, bisa saja dengan hanya menggunakan alamat blog asli dari blogger yang masih blogspot.

Kenapa saya menyarankan untuk membeli domain TLD ?

Domain TLD lebih terlihat profesional dan serius dalam mengelola blog. Oleh sebab itulah, biasanya domain TLD lebih mudah di terima saat mendaftar adsense. Walau banyak juga yang di terima adsense tanpa domain TLD.

“Masih bingung apa itu domain TLD ?”

TLD atau Top Level Domain. Dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Domain Tingkat Atas. Bentuk dari TLD itu ialah sebuah ekstensi dari sebuah nama domain. Dan penulisannya diawali oleh karakter titik (.) dab dibaca dot. Contoh dari TLD yang popular adalah:
  • .com (dot com)
  • .net (dot net)
  • Dan Lain-lain
Jika sobat ingin memahami lebih lanjut tentang domain TLD, sobat cari di Google atau baca disini.

Atau sobat mau beli hosting atau Domain murah ?
Sobat bisa minta kode diskon khusus ke Admin blog ini

Hosting Unlimited Indonesia

Beli template Premium"
“Penting pakai template Premium ?”
Menurut saya penting banget. Dengan pemakaian template blog premium, mempermudah di terima saat mendaftar adsense.

Berbeda dengan template bawaan blogger, template premium lebih enteng loadingnya. Sehingga blog lebih cepat saat di buka oleh pengunjung. Biasanya template premium sudah di buat Mobile Frendly dan tampilan lebih bagus. Selain itu bagus untuk SEO.

Sedikit cerita kenapa saya memakai template premium.

Dulu saya Cuma pakai template bawaan dari blogger untuk blog yang saya daftarkan adsense. Saya sudah pakai template premium, setting sitemap, buat contact Us, disclamer dan Privacy Police. Tapi tetap saja di tolak sama google saat mendaftar adsense. Dengan berbagai alasan yang membingungkan.

Setelah puluhan kali di tolak adsense, secara tak sengaja saya membaca sebuah artikel jika template mempengaruhi di terima atau tidaknya saat mendaftar adsense. Template premium biasanya lebih sederhana dan mudah di pahami oleh google.

Dengan setengah hati, saya cari informasi di Google. Dan akhirnya saya menemukan template Viomagz milik mas Sugeng. Saya pun iseng membeli template tersebut dan langsung di terapkan ke blog.

Saya masih ingat banget, abis pasang template dan pasang semua sitemap dan kawan-kawan, saya langsung daftar google adsense kembali sekitar jam 11 siang. Sebenarnya daftar juga setengah hati, karena sudah puluhan kali di tolak.

Jam 4 sore saya dapat email dari google. Saya liat di notifikasi, tapi saya males buat buka. Udah tau isinya, pasti email penolakan dari adsense lagi. Awalnya saya diamkan, tapi setelah beberapa menit, timbul juga rasa ingin tau.

“Apalagi alasan Google ?” Dalam hatiku

Langsung cus buka email, dan ALHAMDULILLAH impianku selama ini. Selama saya ngeblog, inilah cita-cita dari awal. Pengen punya akun adsense.

Entah kebetulan atau bagaimana, tapi itulah kenyataan. Belum sampai satu hari pakai template Viomagz, saya langsung di terima di adsense.

Buat sobat yang mau mencoba membeli template tersebut, dapat langsung klik disini.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Buat Sitemap, Disclamer, Contact Us dan Privacy Police
Jangan langsung buru-buru daftar adsense. Santai aja. Buat sitemap, contact Us, disclamer dan Privacy Police terlebih dahulu. Ke empat navigasi yang di sebutkan tadi sangat penting untuk sebuah blog yang ingin di daftarkan ke adsense.

Cara pembuatan semua navigasi yang saya sebutkan di atas, sobat bisa membacanya disini

Mengisi Blog dengan tulisan

Saat sobat sudah menentukan niche, saatnya sobat menulis artikel. Sebelum menulis artikel, sebaiknya sobat mengetahui beberapa trik menulis artikel agar banyak di baca pengguna internet.

“Bagaimana cara membuat artikel yang di sukai orang ?”

Artikel yang banyak di sukai adalah artikel yang banyak memberikan informasi secara detail. Tidak bertele-tele dan mudah di pahami.

Selain itu, artikel yang banyak di sukai adalah artikel yang mampu memberikan manfaat kepada pembacanya. Baik dari segi informasi ataupun sekedar hiburan. Tergantung jenis artikelnya.

Jadi buatlah artikel yang informatif, menghibur, bermanfaat dan bisa banyak di cari orang.
“Jika sobat mampu melakukan ini, apa artikel langsung banyak di baca orang terus blog langsung banyak pengunjungnya ?”

“Tidak juga, tidak semudah itu perguso”
Artikel yang sobat tulis perlu tampil di halaman Google agar banyak di baca orang. Selain tampil di halaman Google, artikel juga perlu di share ke media sosial agar banyak yang membacanya.

Agar artikel tampil di halaman Google apalagi halaman satu Google, di perlukan trik penulisan agar artikel di sukai oleh google. Untuk mendapatkan artikel yang di tempatkan google di halaman satu, sobat perlu sedikit belajar tentang SEO.

Apa itu SEO
Bagaimana cara kerjanya ? Apa bisa di pelajari oleh orang yang gaptek seperti saya ?”

SEO bisa di pelajari oleh siapa pun asalkan mau berusaha dan belajar. Sebagai blogger, sedikit banyaknya kita perlu mengetahu tentang SEO agar artikel yang kita buat mampu bertengger di halaman atas google.

“Wah... ribet neh jadi blogger klo harus jago SEO”

Jangan purus asa, sobat tidak perlu sampai jago dan mengusai teknik SEO sampai mendalam. Sobat cukup mengetahui sepintas tentang teknik tersebut dan mengetahui dasar-dasar SEO. Tapi lebih bagus jika sobat bisa mendalaminya.

Saya sendiri masih dalam tahap belajar dan masih jauh agar saya bisa menerapkan SEO ke dalam artikel. Tapi setidaknya saya sudah belajar sedikit-sedikit dengan membaca tentang SEO di internet.

Untuk membaca artikel tentang SEO, sobat bisa baca disini

Mempromosikan Artikel

Setelah selesai menerbitkan artikel, langkah selanjutnya adalah mempromosikan artikel. Baik itu ke media sosial, berkomentar di blog lain ataupun sekedar memberitahukan kepada orang sekitar atau teman dan keluarga.

Sangat penting di perhatikan dalam berpromosi, jangan sampai dianggap tukang SPAM. Promosikan artikel dengan target yang sesuai dengan isi artikel. Jangan sampai menyebarkan link blog secara brutal dan bisa di anggap tukang SPAM.

Jika berpromosi di group media sosial, harus di lihat jenis groupnya, siapa saja anggotanya dan gunakan cara memberikan link sesuai dengan tema yang sedang di bahas pada group tersebut. Jika di perlukan, bangun kepercayaan anggota group dengan sering memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang di bahas. Jangan Cuma hadir saat akan menyebar link.

Konsisten menulis Artikel"
Poin paling penting menurut saya. Konsisten dalam menulis artikel. Dan tahapan ini adalah tahapan paling susah.

Terus buat artikel yang bermanfaat. Di usahakan bisa konsisten setiap hari. Apalagi saat sedang mendaftar adsense. Harus lebih aktif dalam membuat postingan agar mudah di terima.

Saat mendaftar adsense, tidak ada persyaratan khusus dari google. Tetapi alangkah baiknya kita memberikan nilai lebih pada blog yang di ajukan ke adsense agar lebih mudah di terima.

Apa saja yang menjadi poin yang mendukung blog dalam mendaftar adsense ? Berikut ini nilai tambah yang bisa kita suguhkan agar blog lebih mudah di terima adsense.
  • Jumlah artikel
  • Pengunjung yang stabil atau cenderung meningkat
  • Navigasi blog yang jelas
  • Template premium
  • Domain TLD
  • Aktif menerbitkan artikel
  • Artikel unique
  • Satu Niche

Wah.... banyak juga ya sobat. Tenang, itu bukan syarat wajib. Tapi sebaiknya lebih baik di buat seperti itu. Selain sebagai pendukung untuk mendaftar adsense, poin-poin di atas akan membuat blog lebih bagus dan cenderung pengunjung blog lamban laun akan meningkat.

Sebenarnya tidak ada kepastian khusus jumlah artikel saat mendaftar adsense. Tapi sebaiknya lebih baik di siapkan artikel sebanyak mungkin, karena kita berniat menjadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilan. Maka di perlukan pengunjung blog yang banyak agar bisa menghasilkan uang.

Navigasi blog harus jelas agar memudahkan pengunjung melihat isi seluruh bagian blog. Buatkan Sitemap, contact Us, Privacy police dan disclamer. Klik disini untuk tutorial cara membuatnya.

Gunakan template yang loadingnya cepat dan sudah di optimasi SEO untuk membantu memperbesar kemungkinan di terima saat mendaftar adsense. Gunakan juga domain TLD agar terlihat profesional dan lebih serius dalam mengelola blog.

Dalam masa penilaian blog oleh google, selalu aktif terbitkan artikel yang unique dan usahakan blog fokus dalam satu pembahasan dulu sampai di terima adsense. Blog gado-gado biasanya lebih sulit dalam masalah pendaftaran adsense. Tapi tidak sedikit blog yang berhasil mendapatkan akun adsense.

Intinya, tidak ada kriteria khusus yang dapat menjamin blog langsung di terima adsense. Tapi kita harus memiliki artikel yang berkualitas agar pengunjung blog semakin meningkat setiap harinya. Karena kita berusaha menghasilkan uang dari blog, maka Visitor adalah hal yang utama.

Percuma punya akun adsense jika pengunjung blog masih ratusan, tidak akan menghasilkan uang secara maksimal. Semakin banyak pengunjung blog, semakin besar kemungkinan menghasilkan uang dari blog.

Meningkatkan Pengunjung Blog
Dari sekian banyak tahapan dalam membangun blog agar mampu menghasilkan uang, ini adalah salah satu bagian terpenting dalam mengelolah blog.

Meningkatkan visitor blog agar pengunjung semakin bertambah. Banyak cara meningkatkan pengunjung blog.
Cara mendapatkan pengunjung blog antara lain dengan belajar SEO agar artikel muncul di halaman satu Google, share artikel ke media sosial, berkomentar di blog lain, menulis artikel di blog, mengikuti forum dan group blogger dan cara lainnya yang mungkin admin belum sebutkan.

Apapun caranya, visitor blog merupakan hal yang penting agar blog dapat menghasilkan uang.

Sampai juga di akhir artikel, semoga ke depannya kita semua dapat memanfaatkan blog sebagai sumber penghasilan dan yang lebih utama adalah mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dari blog. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar sobat untuk memberikan saran dan kritik terhadap blog ini.