Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan SEO pada blog untuk pemula dengan mudah dan tepat

Penerapan SEO pada blog untuk pemula dengan mudah dan tepat, inilah yang akan kita bahas kali ini. Sangat cocok untuk sobat yang sedang mengembangkan blog dan sedang beusaha meningkatkan jumlah pengunjung.

Berkeinginan meningkatkan pengunjung blog terkadang mewajibkan kita untuk belajar Teknik SEO. Tapi sedikit bingung harus mulai dari mana ? Apa saja yang harus kita lakukan untuk belajar seo blogger untuk pemula ? Pertanyaan seperti ini sering terlintas untuk orang yang sedang mencoba mengembangkan blog.

Langkah awal penggunaan SEO dapat kita mulai dari blogspot ataupun blog dengan domain berbayar. Lingkup optimasi untuk sebuah blog atau wesite sangat luas. Lalu bagaimana saya harus memulai untuk belajar SEO sebagai pemula atau orang yang tidak begitu paham tentang dunia blogging ?

Mendengar kata SEO bukanlah hal yang aneh buat sobat yang sudah lama bergelut dalam dunia blogging. Tetapi menjadi hal yang terlihat sulit untuk blogger pemula seperti admin ini. Admin tidak begitu paham tentang hal seperti ini, tapi bukan hal yang tidak bisa. Kita harus belajar untuk hal ini. Berbekal kouta internet admin mulai belajar apa itu SEO dan bagaimana cara menerapkannya dalam sebuah blog.

Nah… Hasil dari searching , admin rangkai dalam satu bentuk artikel ini. Yang menjadi catatan untuk diri sendiri jika sedang belajar menerapkan seo.
Penerapan SEO pada blog untuk pemula

Sebelum melanjutkan pembahasan, ada baiknya sobat mengenali istilah-istilah berikut ini :
  • Keywords : kata kunci
  • SERP : Halaman hasil pencarian
  • Anchor Text : teks yang terhubung dengan link
  • Tittle tag : Halaman judul
  • Meta Description : Tulisan yang tampil di bawah judul SERP

Kita mulai....... Enjooooyz !!!!

SEO adalah suatu proses optimasi untuk menempatkan sebuah konten website pada halaman satu mesin pencarian. Baik itu Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Dengan tujuan mendapatkan pengunjung atau traffic. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan Pengunjung.

“Melihat pengertian diatas, sepertinya ini sangat penting”

Cara kerja SEO

Mesin pencari bekerja dengan algoritma tertentu untuk mendapatkan website yang layak untuk menempati halaman satu pencarian.

Website atau blog yang memenuhi kreteria akan berada pada halaman depan mesin pencari. Hal ini berlaku pada google, Yahoo, Bing maupun yang lainnya.

Tugas Untuk kita sebagai pemilik blog atau website adalah membuat konten yang sesuai dengan kreteria mesin pencari tersebut. Harapannya website kita miliki memiliki kedudukan yang baik. Untuk berada pada halaman satu mesin pencari, kita harus menyajikan konten seperti apa yang mereka inginkan. Konten yang ramah mesin pencari sekaligus ramah terhadap pembaca. Memiliki konten seperti ini yang tidak mudah.

Untuk menempatkan konten pada halaman satu mesin pencari, kita harus menerapakan teknik seo pada setiap tulisan. Tapi... SEO bukanlah segalanya. Tanpa SEOpun, konten bisa saja menempati posisi yang baik. Tergantung kualitas dan isi konten. Tanpa belajar SEO, konten bisa pada halaman satu asalkan isinya benar-benar berkualitas dan berbobot. Karena tanpa sadar, proses pembuatan konten yang berkualitas akan memasukkan teknik seo secara alami dan tanpa kita sadari. Semoga saja keberuntungan itu kita miliki.

“Bagaimana ?”
“Tertarik untuk belajar SEO ?” Jika iya, kita lanjutkan membaca

Penerapan SEO pada Blog untuk pemula

Pada proses penerapannya, ada beberapa aturan yang perlu kita pelajari. Salah satunya metode penerapan keyword pada sebuah artikel. Jika berlebihan dapat membuat artikel tidak mendapatkan posisi yang baik pada halaman google.

Jadi optimasi SEO untuk blog memerlukan teknik yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam penerapannya, maka perlu memperhatikan berapa persen keyword yang harus ada dalam artikel, bagaimana cara penempatannya dan maasih banyak lagi yang harus kita ketahui.

Mengenal Jenis SEO pada blog

Melihat cara optimasi sebuah blog, Seo dapat tebagi dalam dua jenis yaitu optimasi seo dari dalam website dan yang kedua optimasi dari luar blog. Berikut ini penjelasannya :
'Seo on page
Seo on page adalah cara optimasi dari dalam website itu sendiri. Cara optimasinya pun sangat beragam. Mulai dari optimasi judul, meta tag, url artikel, gambar dan link antar artikel.

Optimasi Judul Konten

Penerapan SEO pada judul artikel termasuk pilihan yang tepat. Caranya cukup mudah, tinggal cantumkan Keywords yang di bidik ke dalam judul konten. Buat sesingkat mungkin tapi bisa mewakili keseluruhan isi konten.
Cara optimasi judul konten tidak terlalu sulit. Cukup memasukkan keyword target ke dalam judul. Kemudian rangkai sedemikian rupa agar mengundang klik calon pengunjung. Baik dengan cara memberika rasa penasaran, mengajak pembaca atau memberitahukan sesuatu yang sangat menarik. Cara ini membutuhkan kreativitas bagaimana caranya judul artikel terlihat menarik dan mengundang klik dengan ada unsur kata kunci.

Penggunaan SEO pada Deskripsi meta tag pada blog
Deskripsi meta tag adalah bagian tulisan yang tampil pada bagian bawah judul halaman pencarian. Tulisan ini bisa tampil otomatis mengambil darik kalimat dalam artikel. Selain teks otomatis, kita bisa menoptimasinya dengan menyertakan kata kunci pada bagian ini. Buat semenarik mungin untuk menarik perhatian calon pengujung.

Isi Artikel yang menarik dan jangan lupa terapkan keyword
Isi website atau artikel juga kita optimasi agar mendapatkan peringkat dalam mesin pencarian. Bagian ini adalah teknik optimasi yang paling penting. Karena merupakan penjabaran secara rinci tentang suatu topik. Untuk cara penerapannya kita bahas pada poin “Cara penerapan SEO dalam artikel” yang ada di bagian bawah postingan ini.

Penggunaan template premium

Pemakaian Template premium keren atau berbayar merupakan salah satu cara optimasi SEO. Kecepatan loading website mempengaruhi peringkat pada halaman mesin pencari.

Template yang Mobile freendly merupakan satu pilihan. Seperti blog yang sobat baca ini. Saya menggunakan template Viomagz dari mas Sugeng.

“Kenapa saya pilih Template Viomagz ?”

Tampilannya simple, sudah Mobile frendly, kecepatan loadingnya dan sudah teroptimasi oleh pemiliknya. Jadi saya tinggal pakai.
Mau coba template Premium Mas Sugeng ini ?Sobat bisa klik disini untuk memilikinya.

Permalink antar artikel atau Anchor text merupakan salah satu penerapan seo pada blog

Gunakan anchor text untuk navigasi ke artikel lainnya dalam satu blog untuk mempermudah pengunjung blog membaca artikel yang berkaitan.
Selain memperkuat SEO, teknik ini membuat pengunjung blog menjadi betah karena tidak perlu keluar website untuk mendapatkan informasi lainnya

Optimasi Photo atau Gambar
Penerapan Seo pada gambar postingan tidak kalah penting. Manfaatkan Text Alt dalam untuk menempatkan keywords. Sebaiknya optimasi dulu agar gambar sebelum publish. Isikan alt tex sesaui dengan target keyword.

Caranya : Pada pembuatan artikel, klik gambar kemudian Pilih properti lalu isi seperti gambar berikut :
Optimasi GambarKeywords-dalam-gambar

  1. Title text di isi dengan judul postingan
  2. Alt text di isi dengan kata kunci atau KW

Gunakan tanda hubung (-) untuk menggantikan spasi. Google tidak bisa melihat spasi pada optimasi photo, sebaliknya tanda hubung tadi terbaca sebagai spasi.

“Bagaimana ?”
“Seru kan ?”
“Atau malah pusing ?”

Jika mulai pusing, sebaiknya sobat bikin kopi dulu terus ngerokok dulu deh. Tapi buat yang suka aja ya, buat sobat yang tidak merokok. “jangan coba-coba”

Seo off page
Adalah serangkaian optimasi dari luar website dengan tujuan mendapatkan pengunjung. Jenis penerapan SEO ini lebih terkenal dengan sebutan Backlink.

Saya tidak akan membahas tentang "SEO off Page secara detail karena saya yakin sobat sudah terbiasa melakukannya. Tapi harus dengan cara yang benar, jangan sampai sobat anggap tukang SPAM. Atau sobat tetarik untuk membeli backlink ? Silahkan coba satu perasatu seperti berikut ini jika tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan backlink.
  • Media sosial
  • Website lain
  • Forum
  • Komentar blog
  • Guest post

Artikel yang telah di buat langsung Share ke media sosial untuk mendatangkan pengunjung. Tapi ingat, jangan spam ya.

Artikel yang berkualitas biasanya sering mendapatkan Backlink dari website lain. Atau sobat dapat menyelipkan link dengan berkomentar di blog lain. Sekali lagi, jangan spam. Liat situasi dan kondisi.

Masuk ke Forum-forum yang sesuai topik blog agar bisa membagikan informasi blog untuk anggota forum. Dan lagi-lagi jangan spam.

Guest Post adalah menulis artikel secara suka rela pada blog lain atau media masa. Saat penulisan artikel inilah kita bisa memasukkan link menuju blog.

Cara penggunaan SEO dalam artikel pada sebuah blog

Cara penerapan Keywords kedalam artikel merupakan bagian paling penting dalam artikel. Karena bagian ini sebagai faktor utama untuk menempatkan artikel sobat agar bisa tampil pada halaman depan mesin pencari. Baik itu Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Judul artikel mengandung keywords

Letakkan Keywords sasaran pada judul artikel. Gunakan semaksimal mungkin dan judul artikel semenarik mungkin. Dan judul mewakili isi seluruh isi artikel. Jangan terlalu berlebihan dalam penerapan keyword. Usahakan tidak melakukan pengulangan kata kunci pada judul artikel

Penggunaan meta tag pada blog yang mengundang klik

Meta tag adalah kalimat yang muncul di bagian bawah saat kita mengetikkan kata kunci di menu pencarian google. Saat ini sudah tidak terlalu berpengaruh, tapi masih bisa di manfaatkan untuk menarik minat pengunjung.

Meta tag akan muncul otomatis. Jika ingin membuatnya, lakukan sebelum posting artikel. Isi meta tag dengan kata-kata yang mengundang klik. Untuk melihat contoh meta tag, silahkan lihat gambar contoh Keywords yang ada pada bagian sebelumnya.

Maksimalkan Struktur URL artikel dengan memasukkan kata kunci utama

Setiap artikel memiliki alamat URL yang berbeda-beda setiap postingan. URL secara otomatis, tapi sobat bisa mengeditnya sebelum posting artikelnya. Postingan yang sudah jadi juga masih untuk edit urlnya.
Biasakan edit URL artikel sebelum upload agar bisa menyisipkan Keywords sesuai keinginan. URL standart adalah alamat web + judul artikel. Sobat bisa mengeditnya menjadi lebih singkat dan fokus ke keywords sasaran.

Penerapan SEO pada isi artikel blog

Ini adalah bagian utama penerapan SEO pada artikel. Tata cara penyisipan keywords pada artikel sangat penting agar artikel isi artikel ramah mesin pencari, terutama Google.

Metode peletakan kata kunci ini sangat penting untuk mencegah pengulangan fokus keywords. Bila terjadi pengulangan kata kunci yang terlalu banyak dapat berakibat buruk terhadap SEO. Ini sangat bahaya, karena artikel akan terbaikan pada halaman pencarian.

Cara penerapan Keywords cukup menggunakan metode sederhana. Yaitu metode H1 sampai H6.
Keterangan :

  • H1 = judul artikel (Heading)
  • H2 = Sub Heading
  • H3 dan seterusnya termasuk Sub Heading

Penerapan keywords pada isi artikel cukup mudah. Tinggal meletakkan keyword setiap Heading dan Sub Heading. Karena H1 dianggap sebagai judul artikel, maka kita tinggal menyisipkan kata kunci (keywords) pada setiap sub heading (H2 – H6).

Selain cara penerapan H1 – H6 ini, pastikan keywords muncul pada paragraf awal artikel. Maksimalkan pemakaian kata kunci paragraf awal artikel ini.

Permalink antar artikel

Penggunaan link antar artikel sangat menguntungkan dari segi SEO asalkan link setiap artikel tersebut berkesinambungan atau ada hubungannya. Hindari membuat link ke artikel yang tidak ada hubungannya sama sekali.

Penerapan link antar artikel ini bertujuan untuk menguatkan antara satu artikel dengan artikel lainnya. Dan dapat menjadi navigasi untuk pengunjung blog agar mudah untuk melihat artikel pendukung.

Penerapan Alt text pada Photo dengan menyisipkan keywords

Penerapan keywords pada gambar dalam postingan ini sudah saya bahas pada bagian sebelumnya. Silahkan sobat lihat pada bagian bawah ini
Cara-penggunaan-seo-pada-url-artikel

Inti dari penerapan KEYWORDS pada artikel adalah sebagai berikut :
Pastikan keywords muncul di tag title (judul konten yang muncul di halaman browsing) , tag heading, paragraf awal artikel dan alamat URL serta usahakan keywords juga muncul di sub heading (H2 dan seterusnya)

Order Domain disini
Penerapan-Seo-pada-url-website


Konsep penerapan SEO pada blog untuk pemula

Yang Sobat Baca tadi Adalah konsep SEO yang sudah ketinggalan Zaman. Saat ini Google sudah menerapkan algoritma terbaru. Konsep Seo seperti di atas tadi masih bisa di manfaatkan. Ambil bagian yang pentingnya saja.

“Apa saja yang masih berlaku dan masih bisa di terapkan saat ini ?”

Konsep SEO tahun 2020 di pengaruhi oleh beberapa hal berikut :
  • Kualitas konten
  • Template blog
  • Konsisten dalam membuat artikel
  • Cara penempatan keywords
  • Kualitas Backlink
  • tulis konten untuk manusia

Dari ke enam poin di atas, kita bahas kembali 2 poin saja. Karena 4 poin sudah di bahas pada bagian atas. Perbedaan konsep SEO saat ini dengan sebelumnya ada di penerapan kedua poin ini.
  • Penempatan Keywords
  • Tulis konten untuk Manusia

Langsung kita bahas satu-satu

Penempatan Keywords pada artikel blog

Teknik SEO terbaru sudah tidak ribet seperti bagian atas artikel ini. Harus menempatkan kata kunci dari di berbagai tempat yang membosankan.

Saat ini cukup mudah, cukup sisipkan kata kunci utama pada URL artikel, dalam alt text gambar dan bisa penerapan meta tag yang mengandung klik.

Cukup mudah kan sob.... sangat simple dan berbeda dengan cara sebelumnya.

Sobat hanya meletakkan kata kunci target pada URL artikel. Jangan ada pengulangan keyword dan usahakan sesingkat mungkin tapi mengandung kata kunci utama.

Yang kedua, pengaturan gambar pendukung konten. Gunakan gambar untuk menjelaskan bagian yang sulit di jelaskan dengan kata-kata.

Optimasi gambarnya dengan penerapan Alt text pada gambar tersebut. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya
Optimasi GambarPenerapan-seo-pada-blog

Setelah optimasi gambar, sobat tinggal optimasi bagian meta tag. Bagian meta tag sebenarnya tidak harus mengandung kata kunci.

Tapi...... Buat meta tag yang mengundang KLIK. Buat meta tag semenarik mungkin. Bisa dengan membuat penasaran, rasa ingin tahu atau sesuatu yang sedikit berbeda tapi tetap yang berkaitan dengan isi artikel.

Selesai...... Penerapan keywords pada artikel sudah selesai. Paling Cuma memakan waktu sekitar 2 atau 3 menit.

Sekarang lanjut pada tahap berikutnya

Buat artikel untuk Manusia

Ya.... iyalah mas.... buat artikel pasti buat manusia. Emang buat siapa lagi klo bukan manusia.

Saat ini algoritma google sudah tidak seperti itu. Google sudah bisa bertingkah seperti manusia. Google akan memperhatikan berapa lama waktu orang berkunjung ke sebuah blog dan kemudian pergi.

Semakin betah pengunjung, semakin bagus penilaian google.

Jadi inti Konsep SEO saat ini adalah bagaimana membuat pengunjung betah membaca artikel yang kita buat. Betah berlama-lama dalam website tersebut.

Bagaimana caranya ?

Buat artikel semenarik mungkin. Dengan bahasa yang mudah. Jangan membuat paragraf yang terlalu panjang, karna itu akan membosankan.

Buat tampilan artikel sebagus mungkin. Hindari menggunakan gaya huruf yang sulit terbaca. Jangan membuat tulisan terlalu kecil karena akan menyiksa pembaca blog.

Terus..... apa lagi mas ?

Jangan terapkan ajaran guru bahasa Indonesia waktu kita sekolah dulu ke dalam artikel.

Neh.... pelajaran bahasa Indonesia dahulu
Satu paragraf terdiri atas 5-7 kalimat dengan setiap kalimat terdiri dari lebih dari 6 kata Dan mengandung ide pokok.

Jika metode ini sobat terapkan pada sebuah artikel, maka pengunjung blog akan merasa lelah.

Pembaca internet berbeda dengan pembaca buku. Pengguna internet akan dengan mudah scroll ke atas dan ke bawah mencari bagian penting yang mereka inginkan. Jika tidak menemukan apa yang mereka cari, mereka akan dengan mudah pindah website.

Dengan metode SEO saat ini, kita tidak perlu pusing harus memikirkan penempatan keyword. Terus Fokus menulis sesuatu yang bermanfaat. Maka lamban laun pengunjung blog akan bertambah.

Penutup
Setelah sobat selesai membuat artikel terus publish ke blog sobat. Maka tugas sobat sudah selesai dan pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Tidak....

Bukan seperti itu. Sobat harus mempromosikan konten agar terbaca oleh banyak orang. Setelah terbaca banyak orang, baru Google bisa memberikan penilaian terhadap artikel sobat.

Promosikan artikel sobat ke media sosial yang sobat punya dan ke forum-forum. Tapi ingat ya... Jangan SPAM.

Berikan link artikel kepada orang yang membutuhkan saja. Misalnya saat seseorang sedang menanyakan sesuatu dan jawabannya ada pada blog sobat, maka orang tersebut dapat kita berikan link artikel yang bersangkutan agar mereka bisa membacanya sendiri.

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar sobat untuk memperbaiki artikel ini. Terima kasih



Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.