Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghasilkan uang dari blog dengan modal adsense

Menjadi seorang blogger sukses merupakan impian sebagian orang. Terutama bagi pengelola suatu blog. Seperti blog yang sobat sedang baca ini.

Saya pun seperti itu, berharap bisa mengumpulkan uang dari blog ini dan bisa PO setiap bulannya. Oleh sebab itulah, blog ini saya daftarkan adsense dengan harapan bisa menghasilkan uang.

Saya sangat bersyukur blog ini sudah bisa saya pasang iklan adsense. Sedangkan di luaran sana masih banyak yang masih berjuang untuk bisa di terima oleh google agar bisa menerbitkan iklan di blog mereka.

Melihat tingginya minat untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, maka saya buatlah artikel ini.

Menghasilkan Uang Dari AdSense
Cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Ini bukan tutorial agar mudah dalam mendapatkan uang di blog karena saya juga masih belajar dan berusaha agar blog ini menghasilkan uang sesuai harapan.

“Lah... kok masih belajar ?” “Bukannya blog mas sudah ada iklannya”

Betul sekali, blog ini sudah ada iklannya. Tapi saya belum merasakan hasil yang maksimal dari blog ini. Karena blog ini belum pernah PO.

Bahkan blog ini masih dalam proses menunggu PIN yang sudah di kirim sekitar akhir Desember. Sampai postingan ini di terbitkan, saya belum menerima PIN tersebut. Sudah beberapa kali menyambangi kantor pos terdekat, tapi PIN belum ada di kantor pos.


Cara mengelola blog agar mendapatkan uang dari adsense

OK, kita lupakan saja masalah PIN adsense yang belum saya terima. Kita fokus saja tentang cara menghasilkan uang dari blog yang kita kelola.

Belajar dari cerita saya di atas, menghasilkan uang dari blog itu tidak mudah. Walau blog sudah berhasil di daftarkan dan memiliki akun adsense. Apalagi jika belum di terima di adsense.

Bukan saya mematahkan semangat, tapi saya sekedar memberitahukan bahwa menghasilkan uang dari blog itu tidak mudah. Tapi tidak sedikit yang meraup uang puluhan juta bahkan ratusan juta setiap bulan dari hasil menulis di blog mereka.

“Jadi bagaimana ?” “Apakah bisa menghasilkan uang dari blog ?”

Sangat bisa, bahkan blog saat ini masih sangat menjanjikan. Tapi sobat harus berusaha keras dan konsisten dalam mengisi blog sobat dengan artikel yang bermanfaat dan banyak di cari oleh pengguna internet.

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan mendaftar menjadi Publisher Adsense. Tapi ini bukan satu-satunya cara menghasilkan uang dari blog.

Masih banyak cara lain yang bisa sobat terapkan. Misalnya menjadi Publisher adnow dan jaringan iklan lainnya. Sobat bisa cari di google, karena sangat banyak, saya jadi bingung untuk menyebutkannya.

“Apa saja yang pernah saya coba dan menghasilkan uang dari blog ?”

Untuk nominal yang besar, sebenarnya saya belum pernah menghasilkan uang dari blog. Tapi secara sekala kecil, saya pernah merasakannya walau tidak secara langsung.

Dulu blog ini pernah saya pasang iklan adnow, hanya beberapa dolar saja. Akhirnya saya copot iklannya, karena nominalnya sangat kecil dan saya fokus berusaha mendaftar adsense.

Alhamdullilah.... seperti yang sobat lihat, akhirnya saya berhasil mendapatkan akun adsense. Walau sampai saat ini belum bisa PO. Tapi saya sangat menikmatinya.

“Yang pernah benar-benar menghasilkan uang, ada ga mas ?”
Ada.....
Tapi bukan blog ini, blog saya sebelumnya. Tapi bukan dari hasil iklan. Saya berjualan suatu barang kebutuhan proyek dan saya beberapa kali mendapatkan penjualan dari blog tersebut. Dan lumayan untuk biaya kebutuhanku.

Selain menjual Produk, blog tersebut memberikan pekerjaan kepada saya. Saya sering mendapatkan proyek kecil dari blog tersebut.

Saat ini blog tersebut sudah bukan milikku lagi, blognya saya jual karena saya membutuhkan uang dalam waktu yang singkat saat itu. Walau tinggal kenangan, setidaknya saya pernah mendapatkan uang dari blog, walau belum mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jadi bagaimana ?”  “Masih semangat buat menghasilkan uang dari blog ?”

Jika sobat ingin menghasilkan uang dari blog, tetaplah semangat membuat sebuah artikel yang bermanfaat. Saya yakin kita bisa menjadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilan.

Jika sobat ingin menjadikan blog sebagai salah satu sumber untuk menghasilkan uang, sebaiknya sobat perlu membaca tentang SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Saya sudah membuat artikelnya
Cara penerapan SEO pada blog dengan mudah

Sekedar saran, jangan terlalu ambisi untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Jadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilan.

Artinya “ Sobat tetap harus memiliki sumber penghasilan lain, bukan hanya mengharapkan blog”.
“Mengapa demikian ?” Karena blog butuh proses yang panjang agar menghasilkan uang yang cukup.

Saat di terima sebagai Publisher Adsense, bukan berarti langsung menghasilkan uang
Di tolak berulang kali saat ingin mendaftar adsense, bukanlah suatu musibah.

Kita tetap punya kesempatan dengan cara memperbaiki blog agar bisa di terima oleh google adsense. Yakinlah, suatu saat sobat pasti bisa di terima.

Jika sobat suatu saat di terima akun adsense, berarti langsung bisa menghasilkan uang ?

Tidak... tidak bisa langsung menghasilkan uang. Sobat harus melewati beberapa tahap lagi. Seperti blog ini, sobat harus verifikasi akun menggunakan PIN yang di kirim google dan mendaftarkan akun bank sebagai alat untuk menerima pembayaran.

Jika kedua langkah diatas sudah selesai, bisa dong langsung dapat uang.

“Belum tentu” ini merupakan tahap awal untuk sobat mulai berjuang mendapatkan penghasilan. Karena menghasilkan uang dari blog bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk kita yang berada di wilayah Indonesia yang memiliki nilai pembayaran perklik sangat kecil.

Kadang Cuma dapat 1.000 rupiah seharinya dan kadang agak lumayanlah. Blog ini belum pernah menghasilkan uang di atas 50.000 perhariannya.

“Terus bagaimana agar blog bisa menghasilkan uang setiap bulan ?”

"Ayo kita mulai belajar bersama"


Meningkatkan jumlah pengunjung blog agar mampu menghasilkan uang dari adsense

Visitor adalah hal yang utama untuk sebuah blog. Dengan pengunjung yang banyak, besar kemungkinan menghasilkan uang lebih banyak. Bagaimana caranya agar Visitor semakin banyak ?

Buat konten yang banyak di cari di internet. Kemas semenarik mungkin dan unik. Dan jangan lupa, kualitas konten yang paling utama untuk menarik pengunjung. Kualitas konten adalah hal yang mutlak harus di miliki. Jika konten di tulis asal jadi, besar kemungkinan Cuma menjadi sebuah pajangan di blog.

Seperti blog ini, banyak artikel yang di terbitkan begitu saja. Alhasil jarang yang baca. Mau di hapus sayang, ya udah di biarkan jadi pajangan. Sebaliknya, konten yang di buat dengan sabar, memiliki pembaca yang lumayan karena di tempatkan di halaman satu oleh mbah Google.

Kembali ke konten blog lagi. Konten blog yang memiliki kualitas bagus adalah konten yang membahas sesuatu sampai detail dan menyeluruh. Jika pembahasan topik secara detail, secara otomatis artikel akan menjadi panjang.

Jadi konten yang panjang belum tentu berkualitas. Bisa saja isinya Cuma basa basi dan link yang begitu banyak.

Jika punya target ingin membuat artikel yang panjang, maka sebaiknya pembahasan di lakukan secara detail dan tambahkan pembahasan topik tambahan agar isi artikelnya panjang.

Misalnya sobat membahas tentang Ayam bakar, Maka dapat sobat tambahkan Jenis ayam yang bisa di bakar, di bakar pakai bumbu kecap, ayam bakar khas daerah Jawa, sunda atau hal-hal lain yang bersangkutan dengan ayam bakar.

Atau di tambahkan trik memilih bumbu ayam bakar yang baik, cara pemotongan ayam sebelum di bakar. Intinya semakin detail pembahasan, maka konten akan semakin panjang.

Sudah jelas ya sobat ? Konten yang berkualitas sudah pasti panjang karena membahas secara detail, sedangkan konten yang panjang belum tentu berkualitas.

Selain membuat konten yang yahut, Sobat juga bisa membagikan setiap artikel ke media sosial agar pengunjung blok semakin bertambah. Tapi ingat, bukan di bagikan seperti spam.

Bagaimana caranya ?
Yang banyak terjadi :
Masuk sebuah komunitas baik di group FB, WA ataupun forum. Bergabung, setelah beberapa jam langsung share link artikel. Boro-boro mendapatkan visitor, di cuekin sudah pasti. Salah dikit bisa di buly.

Cara yang tepat :
Bergabung dalam suatu komunitas baik itu FB, Forum atau WA. Diam dan perhatikan, topik apa saja yang sering di bahas. Berkomentarlah jika di rasa komentar sobat akan memberikan manfaat atau arahan. Berikan solusi yang baik, dalam kehidupan sehari-hari, sobat cari nama dulu. Kenalan dan mulai berdiskusi. Jika sobat sudah di hargai, baru sesekali bisa menyisipkan link artikel sesuai topik pembicaraan.

Media sosial juga merupakan sumber traffic blog yang menjanjikan asalkan tau cara berpromosinya. Yang saya sebutkan tadi cara saya saat ingin membagikan link, bagaimana dengan cara sobat ? Silahkan share di komentar.


Konsisten dalam membuat artikel blog

Google sangat menyukai sebuah websitte yang konsisten dalam menerbitkan konten. Apalagi setiap hari. Jelas akan di lirik oleh mbah google. Walaupun konsisten membuat artikel setiap hari, tetap harus jaga kualitas ya sob....

Jika berat untuk memuat konten setiap hari, jangan di paksakan. Nanti malah membuat sobat jadi puyeng.

Konsisten tidak harus setiap hari. Bisa saja seminggu sekali atau 3 hari sekali. Sesuaikan dengan kemampuan. Tapi ingat, harus konsisten. Jika di atur seminggu sekali, ya udah, sobat terbitkan artikel seminggu sekali. Walau lagi banyak ide, simpan saja dulu untuk minggu berikutnya.

Saya juga pernah, saking semangatnya karena lagi ada ide, malah saya posting semua langsung 3 buah artikel dalam satu hari. Besoknya malah pusing lagi nyari topik pembahasan. Kan sayang banget. Dari situlah saya mulai belajar agar konsisten.


Fokus membuat artikel blog dalam satu topik agar menghasikan uang

Saya lagi berusaha seperti ini. Fokus dalam satu topik. Biar kita bisa membangun kepercayaan mbah google karena fokus dalam membahas sesuatu.

“Bagaimana dengan blog yang gado-gado ?”

Blog gado-gado bukan alasan untuk tidak membuat konten secara fokus. Blog gado-gado juga bisa fokus.

Ini caranya : Saya contohkan blog saya membahas banyak topik, hampir semua topik saya bahas. Tapi kita tetap bisa fokus dalam pembahasan. Misalnya : hari ini membahas tentang android, terus bahas tentang android saja dahulu sampai beberapa artikel. Misalnya sampai 5 atau lebih, atau sampai ide benar-benar habis. Baru pindah ke pembahasan tentang blogging. Bahas sampai habis atau 5 artikel ke atas, baru pindah topik lagi.

Mengapa harus seperti itu ? Pembahasan topik seperti ini bertujuan memikat google agar mempercayai dan mengetahui topik yang kita bahas, biarkan google memberikan kepercayaan dulu, baru pindah ke topik lain.

Cara ini di lakukan dengan harapan pengunjung tidak langsung pergi meninggalkan websitte setelah membaca artikel pertama. Diharapkan pengunjung tersebut membaca artikel lain yang berkaitan dengan artikel pertama.

Jika pengunjung betah dan membaca semua topik tersebut, maka google akan menyukai blog tersebut dan di menganggap konten kita berkualitas. Dan di berikan kedudukan pada halaman 1 di menu pencarian google.


Mulai belajar SEO untuk menempatkan artikel blog di halaman 1 pencarian Google dan uang dari adsense mulai mengalir

Salah satu syarat mutlak menghasilkan uang dari blog adalah jumlah pengunjung blog yang banyak. Salah satu cara mendapatkan visitor blog adalah dengan menempatkan artikel di halaman 1 di menu pencarian google.

“Bagaimana caranya agar artikel yang kita buat di muncul di halaman 1 google ?”
“Sobat harus mulai belajar SEO, tidak usah menjadi ahli SEO, setidaknya mengerti konsep dasar SEO”

Apa itu “SEO” ?

“SEO” adalah sebuah optimasi dimana kita berusaha membuat Mesin telusur untuk menyukai konten yang kita buat agar konten tersebut di munculkan pada halaman depan pada menu pencarian, baik itu Google, Bing, Yahoo dan mesin penelusuran lainnya. Sehingga konten yang kita buat banyak di lihat oleh pengguna internet.

Untuk membaca cara menerapkan seo, sobat bisa baca di artikel saya sebelumnya. Cara penerapan SEO pada sebuah blog dengan mudah

Mengapa saya tidak membahas langsung tenyang SEO langsung di artikel ini ?

"Artikelnya jadi kepanjangan, nanti sobat malah jenuh dan bosan"


Hosting Unlimited Indonesia


Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan kritik dan saran agar blog ini menjadi lebih baik lagi. Terima kasih