Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa depan ojek online, mau bertahan atau mencoba hal-hal baru

Hai... sobat ojol.... apa kabarnya hari ini ? Masih jadi driver online ? Atau udah pindah profesi ? Apapun itu, kita harus tetap bersyukur.

Beda dengan biasanya, update kali ini bukan tentang tutorial gojek, bukan bahas tentang akun gagu ataupun cara agar akun gojek jadi gacor. Update kali ini lebih santai dan rileks biar blog kesayangan sobat ini tetap update.

“Mengapa masih betah jadi driver online ?”

Pertanyaan di atas mengusik pemikiranku saat ini.
Walau katanya anyep, gagu, ga dapat orderan, Cuma 3 kali dapat orderan dan pulang ga bawa duit. Tapi mengapa profesi ini masih di gemari, malah setiap hari ada saja yang bertanya tentang kapan penerimaan ojek online di buka ? Terutama di gojek. Padahal banyak yang mengeluh.

Masa depan ojek online

Baiklah.... kita bahas satu persatu yang menjadi penyebab mengapa driver ojol masih betah mengaspal sampai saat ini. Sebelum langsung membahas, saya minta maaf jika nantinya ada kata yang kurang berkenan. Ini hanya pemikiran saya dan sebagian melihat dari keadaan yang terjadi di lapangan.

Menjadi ojol itu bebas

Saat menjadi driver ojek online, saat itulah aku merasakan kebebasan yang sesungguhnya. Kerja kapan aja sesuai keinginan. Jika mau bangun siang, ya terserah lu aja bro. Ga ada yang ngelarang kecuali bini yang minta di beliin beras. Atau tukang kreditan bokin udah nongol depan pintu minta jatah.

Bebas sebebas-bebasnya, tanpa ada yang ngatur kecuali bokin ama kebutuhan. Hidup santai bagai di pantai, tanpa harus takut telat datang ke kantor.

Tapi ingat kawan, di depan sana masih terbentang jalan yang panjang. Apakah kalian akan berdiam diri membiarkan orang di belakangmu mendahului mencapai garis finish kesuksesan.

Jadi driver ojek online itu banyak teman

Yoi.... bro.... Dimanapun kalian berada, selama banyak yang pake jaket ijo-ijo, itu teman kalian. Ucapkan salam dan berjabat tangan. Kalian langsung bisa ngopi bareng sekalian setel Hp miring langsung teriak ayo kita “WAR”

Pergaulan tanpa batas, luas dimana-mana ada teman, kadang sampai lupa nanya nama. Saking banyaknya Duo ijo di jalanan.

Belum mendapat pekerjaan yang lebih baik untuk alasan berhenti jadi ojek online
Di tengah wabah anyep orderan, banyak yang ingin keluar dari dunia ojek online. Tapi apalah daya, belum ada pekerjaan lain sebagai penggantinya. Terpaksa jalani dulu menjadi ojek online.

Tidak sedikit yang seperti ini. Kadang sudah merasa jenuh dan ingin mencoba hal lain untuk merubah keadaan saat ini. Apalagi saat ini, menjadi ojek online tidak seindah dulu lagi. Masa jaya jadi ojek online sudah mulai surut seiring banyaknya driver dan murahnya tarif ojek online.

Umur udah tidak pantas untuk melamar kerja
Alasan seperti ini sering saya temui di jalan. Karena sudah berumur dan sudah sulit untuk mendapatkan pekerjaan, terpaksa menjalani apa yang ada demi menghidupi keluarga.

Banyak bapak-bapak yang mengeluh sudah cape menjadi ojol tapi beliau belum punya solusi agar bisa keluar dari dunia perojekan.

Bosen jadi ojek online, muali coba hal-hal baru aja

Melihat dari beberapa alasan menjadi driver online diatas, Driveronline.com mencoba merangkum beberapa trik yang bisa di coba untuk langkah sedikit demi sedikit beranjak mencari jalan alternatif untuk meninggalkan dunia ojol secara perlahan. Siapa tau berhasil dan kita bisa berubah profesi.

Mulai berjualan online

Sebagai driver online, Hp sudah pasti selalu terkoneksi dengan internet. Kenapa tidak di manfaatkan untuk kepentingan lain saat sedang menunggu orderan.

Berjualan online adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan saat menjadi driver online. Cari barang yang harganya terjangkau agar bisa kita beli dan kemudian di jual lagi. Butuh waktu untuk belajar mengenal dunia bisnis online. Tapi seiring waktu sobat pasyi terbiasa melakukannya.

Untuk ajang coba-coba berjualan online, sobat bisa mencoba dengan menjadi drohship / reseller atau menjual barang orang lain. Banyak kok di media sosial yang mencari user untuk membantu mereka memasarkan suatu barang. Ajang coba-coba, siapa tau berhasil dan bisa menghasilkan uang tambahan sambil ngojek.

Jadi kurir 

Bosen jadi ojol ? Coba deh tanya-tanya atau cari di internet. Saat ini banyak ojol yang berubah profesi menjadi kurir biar ada penghasilan pasti. Dengan bekal sebagai driver online, melamar jadi kurir lebih mudah di terima. Banyak teman satu profesiku yang sudah mencobanya.

Sehabis jam kerja dan setelah selesai tugas antar barang, masih bisa pulangnya mencari tambahan sebagai ojek online. Jika kamu masih punya tenaga yang cukup.

Mencoba menjadi Blogger atau Youtuber

Hobby nulis ? Kenapa ga bikin blog aja selagi tunggu orderan. Sambil iseng menunggu orderan, lebih baik luangkan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Seperti blog yang sobat baca ini, dulu aku isi saat aku sedang nunggu orderan. Tidak di paksakan, hanya sebatas iseng. Walau tidak banyak, sedikitnya ada harapan agar blog ini bisa menghasilkan uang.

Males ngetik, sobat bisa bikin video yang menarik seputar dunia perojekan. Baik saat dapat order atau lainnya, bisa sobat rekam dengan ponsel yang di pakai ngebid kemudian di upload ke Youtube. Jika video yang bermanfaat atau menghibur, siapa tau bisa berpenghasilan dari Youtube. Sudah banyak kok driver yang menggeluti dunia seperti ini. Menjadi Youtuber ataupun Blogger sambil ngebid.

Aku sudah mencoba keduanya, tapi kayanya aku teruskan menulis blog ini untuk sementara waktu.

Memang cara ini tidak mudah, banyak tantangannya. Tap kan buat sekedar iseng sambil tunggu orderan.

Tawarkan ke pemakai ojol untuk berlangganan

“Sambil berenang, sambil bakar sate” siapa tau dapat 1 atau dua langganan antar jemput kerja atau sekolah. Kan lumayan jadi penghasilan pasti. Bisa sebagai tambahan saat bayar cicilan andong he he

Banyak jalan menuju roma, itu kata engkong. Siapa tau dengan beberapa pelanggan offline dapat menunjang perekonomian saat akun ojek online sedang anyep.

Mulai buka warung atau jualan di rumah yang bisa di handle istri

Jika sudah ada tabungan, ada baiknya buka warung kecil-kecilan di rumah. Bisa kerja sama bareng istri. Pas ngojek, istri yang handle. Atau ngojek seputaran tempat tinggal aja.

Capa ya bro ngetik.... tambahkan di komentar ya jika ada saran lain sebagai langkah awal untuk di coba. Jadi hal yang bisa di lakukan sambil ngojek.

Terima kasih sudah mampir ke blog ini dan jangan lupa share ke media sosial sobat untuk membantu blog ini agar bisa menjadi lebih baik lagi. Wassalm