Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Utama mengelolah blog untuk Pemula

Membangun-Blog-untuk-pemula

Membangun blog untuk pemula agar ramai pengunjung bukanlah hal yang mudah. Memerlukan sikap dan ketekunan terhadap dunia blogging agar mampu membangun blog agar banyak di baca serta di kenal orang.

Blogger yang baru mulai membangun blog biasanya sering kebingungan bagaimana cara agar blog ramai pengunjung. Bahkan banyak yang menyerah karena traffic blog tidak kunjung bertambah. Berikut ini Admin hadirkan Tips membangun blog untuk pemula agar blog yang di kelola menjadi ramai pengunjung.


Tips membangun blog Untuk Pemula


Baru mau bikin blog ?
Atau udah punya blog tapi masih bingung ?

Sobat berada di tempat yang tepat, karena disini akan berbagi tips cara membangun blog untuk pemula sampai mahir. Buat yang sudah jadi mastah juga boleh baca, tapi kasih tips di kolom komentar untuk melengkapi postingan ini.

Panduan ini membangun blog ini tidak dapat memastikan keberhasilan blog sobat....

Tapi......

Setidaknya bisa menjadi sebagai motivasi agar sobat tetap bisa semangat untuk selalu menghasilkan karya yang bermanfaat untuk orang lain, khususnya buat diri sendiri dan pembaca blog yang sobat.

Jadikan menulis sebagai hobby

Saat sobat memutuskan untuk membuat blog, apa yang sobat pikirkan ?
“Mencari uang dari blog ?”

“Hanya iseng” “Menyalurkan hobby” “hanya ikut-ikutan” atau “malah tidak tahu”

Apapun tujuannya, tetaplah berkarya dan menghasilkan tulisan yang bermanfaat. Jadikan blog sebagai tempat menuliskan sesuatu yang sobat sukai. Lamban laun, proses menulis ini menjadi rutinitas yang selalu di lakukan. Siapa tau menulis akan menjadi daftar hobby baru buat sobat.

Jika menulis sudah menjadi Hobby, maka sobat pasti akan menelurkan banyak tulisan yang di gemari orang. Dari sinilah yang akan menjadi titik awal untuk menjadi Blogger sukses.

Walau awalnya sobat membuat blog dengan tujuan menghasilkan uang, itu bukanlah suatu masalah. Justru bagus, jadi punya tujuan yang jelas.

Yang sedikit membuat heran adalah sobat tidak mengetahui mengapa sobat tiba-tiba membuat blog. Ini cukup mengherankan. Tapi ini bukanlah suatu masalah. Jadikan menulis menjadi sebuah hobby, maka sobat akan berhasil menjadi seorang blogger yang sukses.

“Yaaaah..... mas..... gimana mau jadi hobby, saya Cuma iseng dong”

Tenang sobat.... Berawal dari iseng inilah banyak orang yang sukses. Baik itu di bidang Blogging ataupun lainnya.

Banyak orang yang sukses berawal dari keisengan. Asal isengnya hal yang positif. Salah satunya membuat Blog. Siapa tau tulisan sobat banyak di sukai orang dan Blognya menjadi Populer.

Asal sobat sabar dan konsisten mengisi blog dengan tulisan yang bermanfaat, maka kesempatan akan terbuka lebar.

Perbanyak belajar

Saya sendiri menjadikan blog sebagai tempat belajar. Belajar banyak hal. Mulai dari menulis, pengaturan menu blog dan terutama saya terus ingin belajar SEO. Karena dengan SEO, blog akan mudah berkembang. Dengan SEO kita bisa menempatkan setiap artikel tampil di halaman Google. Walau penuh dengan tantangan.

Setiap saya habis membaca artikel tentang SEO, saya selalu mencatatnya. Hasil dari catatan tersebut saya Publish dalam satu artikel.

Sobat bisa membacanya di sini :
Cara penerapan Seo pada blog dengan mudah, silahkan klik di tulisan biru jika sobat mau membacanya.

Memiliki blog membuat motivasi sendiri untuk belajar lebih banyak hal. Hasil belajar tersebut dapat di bagikan untuk mengisi blog.

Selain blog terisi artikel, dengan menulis kembali hal yang tadi di pelajari, akan membuat lebih melekat dalam ingatan. Jadi tidak mudah lupa. Walaupun lupa, kita bisa membacanya kembali dalam blog sendiri.

Enak kan Sob, sambil belajar juga bisa langsung berkarya. Masalah hasilnya, jangan terlalu di pikirkan dulu. Yang penting proses belajar membangun blog dapat kita nikmati sambil belajar memperbaikinya.


Semangat dan konsisten sebagai pemula

Komponen paling penting dari sebuah blog adalah isi atau kontennya. Blog dengan artikel yang berguna dan bermanfaat, lamban laun akan banyak pengunjungnya. Dan siapa tau tulisan sobat di sukai pembaca dan memiliki pengunjung setia.

Selalu semangat dan konsisten dalam mengisi blog adalah hal yang penting. Blog yang selalu menyajikan konten yang bermanfaat setiap hari cenderung akan lebih banyak pengunjungnya dari pada blog yang Cuma update seminggu sekali. Dengan catatan kualitas artikelnya sama.

“Banyak kok blog yang Cuma update seminggu sekali, namun pengunjungnya banyak”

Betul sekali, banyak juga yang seperti itu. Tapi lihat kontennya, sekali keluar artikel udah kaya ebook yang panjang dan isinya di atas rata-rata. Untuk kita yang masih belajar, mungkin belum bisa seperti ini.

“Banyak blogger yang berprinsip bahwa kualitas konten lebih utama daripada kuantitas”
“Kualitas” “bukan kuantitas”
Ini prinsip yang sangat benar. Tapi kita harus bisa menjamin bahwa konten yang kita terbitkan benar-benar bermanfaat dan memberikan nilai lebih. Prinsip seperti ini adalah prinsip para Mastah, belum cocok untuk kita yang masih belajar.

“Terus bagaimana untuk kita yang masih belajar, seperti saya dan sobat yang masih dalam tahap belajar ?”

Konsisten terus menulis, buatlah artikel setiap hari untuk melatih kemampuan menulis . Ini yang paling penting untuk blogger pemula seperti saya. Menulis....menulis....dan menulis lagi....

Anggaplah ini sebuah latihan sampai kita terbiasa dan menjadi sebuah kebiasaan. Karena sudah menjadi kebiasaan, topik apapun yang ingin di tulis akan menjadi hal yang menarik untuk kita. Saya yakin suatu saat blog saya dan sobat akan menjadi besar jika mampu melakukan hal ini.


Jangan terobsesi uang saat Mengelolah blog
Saya punya prinsip bertolak belakang dari orang lain. Banyak blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog. Menurut saya, uang bukanlah tujuan utama.

“Lah kok bisa ?” “Bukannya ngeblog buat cari uang ?”

Tidak ada yang salah dengan pertanyaan diatas. Saya pun sangat ingin menghasilkan uang dari blog. Tanpa harus keluar rumah, cukup hanya menulis dan uang akan datang dengan sendirinya.

“STOP” hentikan khayalan sobat. Itu bukanlah hal yang mudah. Tapi bisa kita lakukan.

Semua itu butuh proses. Nikmatilah proses itu jika ingin berhasil. Jika terlalu berambisi, maka sobat akan kecewa.

Hosting Unlimited Indonesia

Bangun blog dari awal dengan santai dan nikmati saja perjalanan ini. Hal seperti ini akan membuat sobat kuat dan bertahan menjadi blogger.

Membangun blog dengan Menjadi Diri sendiri

Ini adalah bagian yang paling menarik dari aktivitas menjadi Blogger. Saya ingin menjadi diri sendiri. Saya ingin menulis apa yang saya suka atau sesuatu yang ingin saya tulis.

Dengan blog, saya bisa dengan sesuka hati menyampaikan sesuatu. Dengan blog saya bisa beropini sesuka hati. Blog adalah bagian dari diri saya.

Jadikan blog seperti apa yang saya utarakan di atas tadi. Biar blog mengekspresikan siapa diri kita. Jangan membuat blog dengan meniru seseorang, karena itu akan menyiksa.

Saya pun awalnya seperti itu, menulis bukan dengan gaya yang saya sukai. Akhirnya banyak postingan yang terpaksa saya hapus dan membuat blog ini kehilangan pengunjung. Semoga nanti bisa naik lagi trafficnya.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan mohon maaf jika masih banyak kekurangannya. Silahkan sobat tambahkan di kolom komentar untuk melengkapi isi artikel ini.

Terima kasih sudah berkunjung


Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.