Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara unik meningkatkan pengunjung Blog untuk pemula

Memiliki sebuah blog, rasanya kurang puas jika belum banyak pengunjungnya. Rasa cape dan lelah saat menulis akan langsung terbayar jika langsung banyak yang membacanya.

Ada rasa bahagia tersendiri saat melihat tulisan di baca banyak orang.

Apalagi secara tidak langsung dapat menghasilkan uang. Lengkap sudah kepuasan saat menjadi seorang Blogger.

Tapi.....
Tidak semua blog mampu mendatangkan pengunjung. Masih banyak blog yang bagus tapi sepi pembacanya.

Bagaimana dengan blog sobat ? Berapa banyak pengunjung yang datang setiap harinya ?
Apakah sobat sudah merasa puas dengan jumlah pengunjung saat ini ?

Jika belum, mari kita belajar bersama. Kita analisa bersama apa yang menjadi kemungkinan dapat mendatangkan pengunjung ke blog yang kita miliki.

Cara meningkatkan jumlah pengunjung Blog untuk Pemula

Seperti yang saya katakan tadi, kita pelajari bersama. Apa saja yang harus kita lakukan untuk mendatangkan pengunjung ke blog yang kita kelola. Saya pun, sampai saat ini masih belajar dan terus berusaha agar blog ini ramai pengunjungnya.

Meningkatkan-Traffic-blog

Apakah sobat tertarik dengan topik pembahasan ini ?
Jika iya, mari kita lanjutkan.....

Membuat artikel yang berkualitas

“Mau memiliki blog yang pengunjungnya banyak ? “
Jika iya, tidak ada pilihan lain. Sobat harus membuat konten yang bermanfaat, berkualitas dan menarik untuk di baca. Komponen utama blog yang harus di miliki adalah konten yang berkualitas agar dapat mendatangkan pengunjung.

“Konten berkualitas itu seperti apa ?”

Konten yang berkualitas adalah konten yang mampu menjawab semua pertanyaan pengunjung tanpa harus membuka website lain lagi.
Isi dari konten menjelaskan semua apa yang di cari pengunjung, tampilan menarik dan mudah di pahami.

“Bagaimana caranya agar bisa membuat konten yang berkualitas”

Kumpulkan informasi tentang topik yang akan di bahas sebanyak mungkin. Poin-poin yang terkumpul dapat di jadikan kerangka tulisan yang akan di kembangkan.

Pengumpulan informasi dapat di lakukan dengan banyak membaca di blog lain, buku atau apa saja yang berhubungan dengan topik yang akan di bahas.

Setelah kerangka tulisan di buat, kembangkan sesuai kemampuan sambil di tambah informasi pendukung lainnya agar lebih menarik. Tulis sesuai kemampuan.

Teruslah menulis apa yang sobat ketahui. Lamban laun sobat akan terbiasa menulis dan mampu menyajikan tulisan dengan baik.

Intinya, kita terus belajar untuk menjadi penulis yang baik. Sama seperti saya, saya masih belajar untuk menjadi penulis yang bagus.

“Semoga kita bisa ya sobat”

Mulai Belajar SEO

Membuat konten dan menerbitkannya sebanyak mungkin. Kemudian pengunjung akan datang.

Prosesnya tidak semudah itu. Konten yang berkualitas saja tidak cukup untuk mendatangkan pengunjung. Kita harus mampu menempatkan konten tersebut di halaman depan menu pencarian Google.

Konten yang berada di halaman depan google memiliki kesempatan untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Konten atau artikel tidak begitu saja bisa menduduki halaman depan Google. Harus di lakukan optimasi pada bagian artikel tersebut agar bisa muncul di Google.

Cara optimasi artikel harus dengan menerapkan SEO ke dalamnya.
Cara penerapan Seo pada blog dengan mudah
Ini artikel saya sebelumnya, silahkan sobat baca untuk mempelajari tentang SEO

Promosi artikel ke Media Sosial
Di era seperti sekarang ini, penggunaan media sosial seperti hal yang wajib. Hampir semua orang memiliki media sosial untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat.

Tingginya tingkat penggunaan media sosial dapat kita manfaatkan untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Promosikan artikel sobat di media sosial untuk memperkenalkan blog kepada semua orang.

Tapi ingat..... Promosikan dengan benar. Jangan mempromosikan Blog dengan cara Spam. Ini tidak akan membuat blog sobat semakin terkenal, malah akun media sosial sobat yang menjadi terkenal. Terkenal sebagai tukang SPAM. Hindari hal seperti ini.

Jadi bagaimana cara mempromosikan konten di media sosial agar tidak di anggap SPAM ?

Intinya sobat memberikan link ke orang yang membutuhkan. Jangan asal krim link ke semua pengguna media sosial. Caranya sobat harus melakukan pendekatan terlebih dahulu.

Saya contohkan : Sobat memiliki blog tentang kontraktor. Untuk mempromosikannya, sobat bisa masuk ke group atau forum tersebut. Setelah menjadi anggota, sobat harus mulai aktif memberikan solusi atau menjawab pertanyaan setiap anggota.

Lakukan secara perlahan dan terus berkomunikasi dalam group atau forum tersebut. Tujuannya, sobat cari nama dahulu.

Seiring berjalannya waktu, nama sobat mulai di kenal dalam group tersebut. Setelah itu sobat mulai bisa memberikan link. Tapi saat ada anggota yang bertanya dalam bidang blog sobat, dan jawaban dari anggota tersebut ada dalam blog yang sobat kelola.

Terlihat sedikit ribet, tapi percayalah metode ini lebih efektif daripada langsung menebar link. Walau butuh proses, tapi pengunjungnya pasti.

Selain itu, jika yang datang puas dengan jawaban blog sobat tadi, ada kemungkinan mereka akan share ke media sosial.

Selain masuk ke group dan forum, sobat bisa membaut Fanspage sendiri dengan tema blog yang sobat kelola. Promosikan Fanspage tersebut secara rutin, baik di group ataupun status sobat.

Berikan tips melalui fanspage dan sesekali share link blog melalui fanspage.

“Bagaimana ?” Sobat tertarik mencobanya ?

Atau sobat bisa mempromosikan blog melalui FB ads, tapi promosi ini berbayar. Sebaiknya gunakan metode gratis terlebih dahulu. Kecuali sobat yakin bisa memanfaatkan promosi berbayar dengan baik.

Menulis di blog lain
Salah satu cara mendatangkan pengunjung ke blog adalah dengan cara menulis artikel di blog lain. Banyak kok blog yang mau menerima tulisan sobat jika mau menulis secara sukarela. Walau tanpa bayaran, metode ini sangat efektif untuk mendatangkan pengunjung ke blog.

Menulis artikel di blog lain ini sangat sering di gunakan oleh para Blogger. Dan biasanya, blog tempat menulis artikel ini memperbolehkan kita untuk menyelipkan link pada artikel tersebut. Link inilah yang nantinya akan menjadi salah satu sumber traffic blog yang kita miliki.

Selain mendatangkan pengunjung, penulisan artikel pada blog lain ini juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dengan pemilik blog.

Berkomentar Di Blog lain
Salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog adalah dengan berkunjung ke blog lain dan berkomentar di sana.

Tapi..... sekali lagi bukan SPAM. Komentar spam biasanya tidak akan di loloskan oleh pemilik blog.

“Terus caranya gimana mas ?”

Berkomentar di blog lain harus memenuhi persyaratan dari blog tersebut. Misalnya harus berkomentar sesuai topik yang sedang di bahas.

Jadi, kita harus berkomentar sesuai topik dari pembahasan blog. Berkomentar secara natural dan alami. Bila perlu ajukan pertanyaan atau saran dari blog tersebut terkait topik yang di bahas.

Tujuannya adalah mendapatkan balasan. Semakin sering di balas, kemungkinan besar blog sobat di kunjungi oleh pemilik blog ataupun pengunjung lainnya.

Biasanya, pengunjung blog tertarik kepada komentar yang di balas Admin dan melihat profil google yang kita miliki. Dari situlah kita akan mendapatkan pengunjung.

Untuk menambahkan informasi artikel dari blog yang di kunjungi, kita bisa saja memasukkan link artikel yang kita miliki jika memang blog kita mampu melengkapi topik pembahasan tersebut. Siapa tau di loloskan oleh Admin blognya karena sesuai topik pembahasan.

Menjawab pertanyaan di Qoura
Salah satu media sosial yang berpotensi mendatangkan pengunjung ke blog saat ini adalah Qoura. Aplikasi ini banyak di gunakan oleh pengguna internet yang hobby membaca.

Sebagai media sosial tanya jawab, Qoura sangat penting kita miliki. Sobat bisa menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan disana sekaligus membaca setiap jawaban yang ada.

Selain itu, kita bisa menyisipkan link menuju blog untuk mendatangkan pengunjung. Tetap pegang prinsip ya, saat menyertakan link harus sesuai dengan topik yang kita bahas.

Selain Qoura, sobat bisa mencoba Questionhub dari Google. Layanan ini di gunakan untuk menjawab setiap pertanyaan dari pengguna Google dan Google sendiri belum memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Uniknya, kita bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan link ke blog yang kita miliki. Saya sendiri belum mencoba metode ini.

Optimasi ulang dan Perbaiki Artikel
Artikel yang sudah sobat buat perlu di cek. Apakah memiliki pengunjung atau tidak. Jika di rasa kurang pengunjungnya, sebaiknya di lakukan pengeditan kembali.

Cara pengeditan dapat di lakukan dengan penambahan isi konten, penempatan keywords dan memperbaiki strukture artikel agar lebih menarik.

Untuk penambahan keywords, saya biasanya melihat dari Google web master. Apa kata kunci yang di gunakan oleh calon pengunjung namun belum mendapatkan klik. Dengan data tersebut, kita bisa menempatkan kata kunci sesuai data ke dalam blog.

Membuat Artikel berpotensi Viral

Pengguna internet saat ini begitu antusias dengan sesuatu yang sedang Viral. Sobat manfaatkan kesempatan ini.

Bila ada sebuah berita atau suatu kejadian sesuai tema blog, jangan lupa untuk ikut meramaikannya. Kejadian atau berita yang berpotensi Viral sangat perlu di adakan dalam blog untuk memancing pengunjung blog. Siapa tau artikel yang kita buat menjadi Viral benaran dan pasti menghasilkan pengunjung yang banyak.

Judul Blog mengundang KLIK

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi sebuah website, kita akan melihat judul postingan terlebih dahulu. Menarik atau tidak.

Judul postingan yang mengundang klik tentu sangat menguntungkan. Tapi jangan lupa, harus sesuai dengan isi artikelnya ya Sob. Jangan sampai judul terlalu bombastis dan isinya sangat tidak mendukung judul.

“Apa contohnya mas ?”

Judul yang mengundang klik sangat banyak caranya, misalnya judul yang mengajak, membuat penasaran atau memaksa pengunjung untuk berkunjung.

Saya contohkan :

  • 7 cara yang wajib di ketahui sebelum.... bla...bla....
  • Kamu harus tau... bla.. bla...
  • Bla... bla.... sebelum menyesal
  • Dan masih banyak lagi lainnya


Manfaatkan Youtube

Jika blog sobat membuat tentang tutorial atau hal bermanfaat lainnya, sobat bisa memanfaatkan Youtube untuk mencari traffic.

Caranya cukup mudah, sobat membuat video yang berhubungan dengan postingan dan di upload ke Youtube. Pada deskripsi Video tersebut, selipkan link menuju artikel sobat. Sebaliknya, artikel juga bisa di arahkan ke Youtube.

Saya juga melakukan trik ini, dan hasilnya lumayan. Ada saja pengunjung yang datang dari Youtube.

Optimasi Gambar

Gambar merupakan elemen penting dalam suatu blog. Selain untuk mempercantik tampilan artikel, gambar merupakan salah satu sumber traffic blog.

Optimasi gambar dapat di lakukan dengan membuat ukuran gambar agar lebih kecil sehingga tidak memperlambat loading blog. Ganti nama file sesuai dengan kata kunci yang di bidik agar mudah muncul di pencarian SERP. Selain itu, manfaatkan Alt text pada saat upload gambar ke dalam blog. Untuk optimasi gambar agar lebih SEO dapat sobat baca pada artikel : 4 langkah optimasi SEO pada gambar untuk meningkatkan peringkat artikel

Meminta Bantuan Kerabat dekat

Beritahukan blog sobat kepada orang di sekitar. Misalnya teman atau keluarga. Sekalian sobat minta bantuan untuk membagikan postingan blog sobat di media sosial mereka.

Lumayan loooh..... Hasilnya..... Apalagi jika mereka memiliki media sosial yang aktif bersosialisasi.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang sobat dapat terapkan. Atau sobat bisa tambahkan trik sobat di kolom komentar blog ini.

Sampai disini aja artikel ini, semoga bermanfaat buat sobat yang sedang mengembangkan blognya agar traffic blog semakin meningkat.

Silahkan sobat tinggalkan komentar untuk membagikan trik yang sobat pakai untuk mendatangkan pengunjung ke blog yang sobat miliki.

Terima kasih sudah berkunjung......