Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa Perbaikan Beton Retak, bocor dan keropos | CV INDONITRO

Beton retak sering menjadi masalah tersendiri buat pemilik bangunan. Retak pada beton dapat menjadi penyebab bangunan menjadi bocor. Air yang meresap melalui celah retak dapat merusak strukture beton karena besi tulangan berkarat.

Bangunan dalam kondisi retak sangat berbahaya bagi penghuni. Jika kerusakan tidak di perbaiki, besar kemungkinan akan bertambah luas dan semakin parah.

Jasa-perbaikan-beton-bocor

Berangkat dari masalah beton retak di atas, Kami menyediakan jasa perbaikan kerusakan beton. Baik itu beton retak, retak bocor, keropos dan masalah beton lainnya. Silahkan hubungi kami melalui website kami di www.indonitro.com untuk informasi seputar jasa perbaikan beton retak, keropos ataupun bocor.

Sebelum membahas tentang cara perbaikan beton retak, sebaiknya kita mempelajari dahulu penyebab beton retak sehingga dapat mencegah agar tidak terjadi.

Penyebab Utama beton retak

Ada beberapa penyebab beton retak, baik di sebabkan oleh kesalahan dalam pengerjaan, material ataupun tindakan manusia.
Berikut ini beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab beton retak :
  • Beban terlalu berat saat beton belum cukup umur. Sebaiknya jangan meletakkan material beban berat di atas beton yang belum mencapai 14 hari
  • Penguapan tinggi pada saat proses setting beton dan tidak di lakukan pencegahan
  • Penambahan air pada saat proses pengecoran
  • Kurangnya pemadatan dan pemakaian vibrator tidak merata
  • Kualitas beton tidak terjaga
  • Kesalahan struktur
Pemakaian beton yang belum cukup umur dan di berikan beban yang berlebihan menjadi salah satu penyebab beton retak. Sebaiknya beton yang belum berumur 14 hari tidak di berikan beban apapun untuk menghindari masalah retak.

Begitupun dalam masa perawatan, beton cenderung tetap melakukan penguapan. Dalam masa ini, sebaiknya beton selalu di jaga kelembapannya. Baik dengan melakukan curing ataupun penyiraman beton secara berkala.

Begitupun pada saat proses pengerjaan beton, sebaiknya di jaga mutu dan kualitasnya. Jangan sampai melakukan penambahan air walaupun dengan tujuan mempermudah pengaplikasian beton di lapangan. Penambahan air akan merubah kualitas beton.

Langkah Pencegahan beton retak

Pada proses pengerjaan beton, dapat di lakukan pencegahan agar beton tidak mengalami keretakan. Beberapa hal berikut ini dapat di lakukan untuk mencegah beyon retak di kemudian hari.
  • Menjaga kualitas beton
  • Melakukan pemadatan beton secara merata
  • Pengadaan beton saat sedang proses pengecoran
  • Tidak meletakkan material pada beton baru
  • Perawatan beton baru
Saat sedang melakukan pengecoran, sebaiknya selalu di adakan team yang selalu stanby mengecek kualitas beton agar selalu sesuai dengan slump yang di inginkan. Hindari penambahan air walaupun bertujuan untuk mempermudah pengaplikasian beton.

Saya sangat sering melihat pekerja yang dengan sengaja menambahkan air ke dalam beton dengan tujuan agar beton lebih encer dan mudah di tuangkan. Ini sangat tidak benar, karena penambahan air akan merubah kualitas dan mutu beton.

Lakukan pemadatan dengan vibrator secara merata untuk mencegah beton keropos dan retak. Begitupun dengan pengadaan beton, Harus selalu continue. Beton yang datang terlambat dapat menyebabkan terdapat sambungan beton pada area yang tidak di inginkan dan dapat menjadi penyebab keretakan beton.

Setelah selesai melakukan pengecoran dan beton sudah kering, lakukan perawatan beton. Misalnya dengan melakukan curing dan pelembaban untuk mencegah beton melakukan penguapan yang terlalu tinggi.

Pada beton yang belum cukup umur, sebaiknya di biarkan kosong. Jangan meletakkan material apapun di atasnya untuk mencegah beton menjadi retak.

Jenis-Jenis Retak pada beton dan cara memperbaikinya

Retak pada beton sangat beragam. Ada beberapa jenis retak beton yang sangat sering terjadi. Jenis retak beton antara lain : Retak strukture dan crazy crack atau retak pecah telor

Crazy crack biasanya hanya retak di bagian permukaan saja dengan kedalaman sekitar 2-5 cm. Metode perbaikan crazy crack dapat di lakukan dengan melakukan pengecoran bagian permukaannya saja atau melakukan penebalan lantai kembali.

Sedangkan retak strukture, sebaiknya di lakukan dengan metode injeksi beton retak dengan bahan epoxy atau sering di sebut injeksi epoxy.

Material injeksi epoxy mampu mengikat kedua beton yang telah terpisah dan mengisi rongga kosong dalam beton. Dengan partikel yang sangat kecil, material ini mampu masuk ke dalam retak dalam ukuran kecil.

Penutup

Dari berbagai cara perbaikan kerusakan beton, harus tepat cara penanganannya sesuai dengan tife kerusakan. Ketidaktahuan sering menyebabkan masalah datang kembali di kemudian hari. Sebaiknya diskusikan dengan tenaga ahli dalam bidang perbaikan beton sebelum menentukan metode perbaikan yang akan di pakai.

Kami melayani semua jenis Perbaikan beton yang mengalami kerusakan dengan tenaga ahli dalam bidangnya. Silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini :
Nama perusahaan : CV INDONITRO
Website                    : www.indonitro.com
ALAMAT                  : Jalan jatiwaringun raya no.234
Phone/Whatsapp   : 0812 9719 5903