Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Gambar Blog Muncul di Pencarian Google

Hai blogger....
Masih melanjutkan pembahasan tentang SEO. Kali ini saya ingin membahas tentang gambar agar Mudah muncul di Google Search.

Mengapa gambar pada blog atau website harus di optimasi ?
Optimasi-Seo-pada-gambar


Sebelum sebuah artikel menduduki peringkat yang baik di SERP, Google selalu lebih dulu memunculkan gambar pada halaman SERP. Jadi google seolah-olah mempromosikan suatu konten dengan memunculkan gambar yang teroptimasi dengan baik. Melalui gambar inilah, pengunjung mulai berdatangan ke blog . Dari sini google mulai menilai kualitas konten.

Kayanya ribet di jelasin ya, intinya gambar itu penting di optimasi untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Untuk membuktikannya, kamu bisa ketik kata kunci yang kamu bidik si SERP, lalu pilih gambar. Nah... di sana kan banyak di tampilkan gambar. Tujuan optimasi ini, agar gambar kita mampu tampil disana untuk mendapatkan pengunjung.

Langsung saja kita mulai...

Edit dan kompres Gambar

Langkah pertama untuk optimasi gambar adalah membuat gambar yang menarik agar calon pengunjung mengeklik dan mengunjungi blog yang kita miliki. Sebagai blogger ponsel, saya Cuma menggunakan aplikasi PixelLab untuk mengedit siap gambar blog agar terlihat menarik. Aplikasinya simple dan mudah di gunakan. Kamu bisa download di playstore secara gratis untuk menggunakan aplikasi ini.

Setelah selesai membuat gambar, jangan lupa edit lagi menggunakan aplikasi Rounded Corner Untuk menghilangkan sudut photo agar tidak berbentuk oval.
Optimasi-seo-pada-gambar


Selanjutnya kompres photo untuk merubah ukuran photo agar menjadi lebih kecil, sehingga tidak memberatkan loading blog. Saya mempercayakan hal ini ke aplikasi LitPhoto. Selain merubah ukuran, saya juga mengganti format photo agar menjadi WEBP. Jadi photo lebih ringan dan jelas.

Ubah nama file sebelum di Upload ke Blog

Setelah pengeditan gambar selesai, jangan langsung di upload ke blog. Lakukan pengeditan nama file dahulu agar teroptimasi SEO. Masukkan keyword utama ke dalam nama file gambar. Gunakan keyword utama yang berhubungan dengan gambar.

Upload gambar dan manfaatkan Properties untuk optimasi SEOnya

Setelah nama file kamu sisipi keyword, langkah selanjutnya adalah upload gambar ke blog. Setelah gambar selesai di upload, jangan lupa kamu optimasi gambar tersebut.

Caranya : klik gambar dalam blog kemudian pilih Properties. Manfaatkan Title text dan alt text untuk menyisipkan kata kunci. Saat pengisian pada kedua tempat optimasi tersebut, ganti space dengan tanda hubung ( - ) karena google tidak bisa membaca space. Sebaliknya tanda hubung akan di anggap sebagai space.

Sampai di sini optimasi gambar untuk blog sudah selesai. Semoga artikel ini bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Cara Agar Gambar Blog Muncul di Pencarian Google"