Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara penerapan SEO pada Gambar postingan blog | Kamu WAJIB coba

Update kali ini tentang penerapan SEO pada gambar. Karena pada setiap artikel pasti memuat sebuah photo untuk mempercantik tampilan artikel ataupun sebagai informasi tambahan. Google sendiri sering memunculkan gambar yang baru masuk pada halaman satu. Nah… kita akan memanfaatkan kesempatan ini untuk membantu agar artikel yang kita buat dapat menduduki posisi yang bagus dalam mesin pencarian.

Dan postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya. Silahkan sobat baca : Penerapan SEO pada blog dengan mudah dan cepat

Selain itu, dengan gambar yang telah teroptimasi dapat mendatangkan pengunjung ke Blog. Ketika seseorang sedang mencari photo sesuatu dengan kata kunci yang bertepatan dengan keyword yang sobat bidik, maka gambar dari blog akan muncul jika teroptimasi dengan baik.

Google juga mempromosikan suatu artikel melalui gambar untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Admin sendiri sering mengalami, pengunjung artikel yang tidak masuk halaman depan SERP tapi kok kliknya lumayan tinggi. Dari mana pengunjung tersebut ?

Setelah admin cari tahu asal-usulnya, ternyata pengunjung berasal dari gambar blog yang berada pada halaman depan SERP dengan keyword yang admin bidik. Lumayankan…. Walau trafficnya tidak terlalu banyak

Dari cerita tadi, gambar atau photo pada blog sangat admin sarankan untuk teroptimasi sebelum posting artikel.
Yuk simak yang admin sering lakukan saat memasukkan gambar dalam sebuah postingan.

Penerapan SEO pada gambar postingan blog

Gambar atau photo sangat penting untuk sebagai penunjang artikel yang sobat buat. Dengan Photo yang menarik dapat mendatangkan pengunjung ke blog. Untuk Menjadikan gambar sebagai sumber traffic blog, maka optimasi dulu sebelum upload postingan.

Cara optimasi gambar terbagi dalam dua cara yaitu saat gambar belum masuk postingan dan setelah gambar terupload dalam artikel.
Seberapa Penting Optimasi gambar untuk blog ? yuk simak sampai habis…

penerapan SEO pada Gambar

Ubah Ukuran gambar sebelum upload ke blog

Seperti admin tuliskan sebelumnya, optimasi gambar dapat sobat lakukan sebelum upload ke dalam blog. Caranya merubah ukuran photo. Buat ukuran gambar sekecil mungkin asalkan tidak mengurangi kualitas gambar. Semakin kecil maka akan semakin baik.

Memanfaatkan ukuran gambar yang kecil namun masih berkualitas. Tujuan penggunaan gambar dengan ukuran kecil agar tidak memperlambat loading blog. Blog yang lamban akan kehilangan pengunjung karena mereka akan meninggalkan blog sobat yang loadingnya lama.
Oleh sebab itulah, kompres dulu photo atau gambar sebelum upload ke dalam blog. Admin Cuma menggunakan aplikasi android yang simple untuk menjalankan tugas ini. Admin Cuma menggunakan aplikasi LIT photo untuk melakukan kompres gambar dan merubah ukuran photo.

Silahkan sobat download. Aplikasi ini terdapat dua versi, gratis dan berbayar. Untuk pemula seperti admin, cukup menggunakan vers gratis walau ada iklannya.

Seo pada gambar dengan cara merubah nama file

Apalah arti sebuah nama. Tidak terlalu penting. Tapi........
Berbeda dengan nama file gambar yang akan kita pakai pada blog. Namanya file sangat berarti. Kenapa..... ?

Nama file gambar atau video yang terdapat pada sebuah blog berperan penting untuk meningkatkan peringkat artikel blog. Gambar yang teroptimasi dengan baik akan menjadi salah satu sumber traffic blog sobat. Apalagi jika gambar tersebut memiliki tampilan yang menarik dengan kualitas bagus.

penerapan SEO pada Gambar

Salah satu cara Google mengenali gambar yaitu dengan membaca nama filenya. Gunakan format file yang familiar adalah jpg, png, ataupun Webp. Selain itu, google akan membaca nama filenya. Inilah yang menjadi peluang untuk kita mendapatkan traffic. Sisipkan fokus keyword pada setiap gambar untuk mencari traffic sekaligus membantu menempatkan artikel pada halaman depan SERP.

Manfaatkan Properties gambar saat menulis artikel

Berbeda dengan kedua cara optimasi gambar pada point sebelumnya. Kali ini kita memanfaatkan Properties pada saat gambar telah terupload dalam blog. Tujuannya sama seperti optimasi gambar sebelumnya, yaitu untuk mendapatkan pengunjung blog.
Caranya cukup mudah, dengan memanfaatkan tombol Properties dan mengisi Title text dan alt text. Masukkan keyword pada kedua format tersebut. Setelah selesai menyisipkan keyword, jangan lupa langsung simpan agar kedua format text tersebut tidak berubah kembali.
Untuk lebih jelasnya, dapat melihat gambar berikut :

Penggunaan-title-text-dan-alt-text-untuk-meningkatkan-SEO

Untuk Artikel tentang SEO secara lengkap sudah admin buat artikelnya : Penerapan SEO pada blog dengan Mudah

Bagaimana ? cukup mudah bukan ? lakukan optimasi seperti ini setiap kali menyisipkan gambar pada sebuah artikel untuk mendapatkan pengunjung. Selamat mencoba……