12 Penyebab blog sepi pengunjung yang harus kamu ketahui

“Sobat punya blog ?”
“Dan Blog sepi pengunjung ?”

Tidak usah khawatir dengan masalah di atas. Namanya juga ngeblog, kadang blog sepi pengunjung dan juga ramai. Itu hal yang biasa terjadi di dunia Blogging.

Pengunjung blog masih sepi aja ?
Penyebab-utama-blog-sepi-pengunjung
Tapi tidak ada salahnya sobat mencari apa yang menjadi penyebab blog sobat sepi pengunjung.

Dan.... Kebetulan topik kita kali ini akan membahas hal-hal yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung serta cara mengatasinya. Jangan-jangan blog sobat sepi pengunjung Cuma gara-gara hal yang akan kita bahas berikut ini.

Blog sepi Pengunjung dan Cara mengatasinya


Suatu blog akan berkembang seiring waktu berjalan. Lamban laun pengunjung blog akan meningkat dengan sendirinya. Tapi peningkatan pengunjung blog tidak akan sama. Setiap blog akan berkembang sesuai dengan cara kita mengelolahnya.

Topik Pembahasan tidak menarik dan sudah Basi membuat blog sepi pengunjung

Topik pembahasan blog akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang. Jika blog sobat tetap sepi dan tak kunjung bertambah trafficnya, jangan-jangan topik yang sobat bahas sudah basi dan tidak di minati lagi.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kita melakukan riset terlebih dahulu. Apakah topik tersebut masih banyak peminatnya atau sudah tidak menarik lagi.

Jangan sampai cape-cape membuat artikel, tapi tidak ada pengunjungnya Cuma karena topik sudah kurang menarik untuk di bahas atau bisa jadi sudah ketinggalan jaman.

“Apa contohnya mas ? “

“sobat membahas tentang ponsel. Sobat membuat artikel tentang Review ponsel yang sudah ketinggalan jaman, tentu akan sedikit yang membacanya. Bisa jadi malah tidak ada”

Disinilah pentingnya riset kata kunci yang sedang populer. Apa saja yang sedang menarik untuk di bahas saat ini.

Sobat bisa menggunakan banyak tools yang tersedia saat ini untuk melakukan riset. Salah satunya Ubersuggest. Sobat bisa gunakan untuk melihat berapa banyak pencarian terhadap artikel yang akan sobat buat.

Blog sepi pengunjung karena Isi Konten tidak memadai

Membuat konten sebuah blog itu tidaklah mudah. Butuh pemikiran, riset dan juga keahlian.

Jangan-jangan sobat Cuma nulis dan kemudian langsung Publish. Tanpa memperhatikan apa isi konten, tujuan pembuatan dan manfaat yang di dapat pembaca setelah membaca artikel sobat. Jika iya, hal yang wajar blog akan sepi pengunjungnya.

Siapa yang mau baca sebuah blog yang di buat asal-asalan, salah ketik yang sangat banyak, isi tidak ada manfaatnya, tidak juga menghibur apalagi menarik. Siap-siap blog akan menjadi pajangan tanpa ada yang mengunjungi.

Jadi apa solusinya ?

Sebelum memutuskan untuk menulis suatu topik, sebaiknya sobat tanya pada diri sendiri. Apakah topik tersebut sobat kuasai atau tidak.

Jika tidak menguasai topik tersebut, sebaiknya cari informasi dulu dengan membaca di internet atau sumber lainnya. Pelajari dulu baru kemudian sobat buat tulisannya. Tapi ingat, pelajari topiknya, bukan copy paste pembahasannya.

Jika sobat sudah merasa menguasai topik tersebut, tetap sobat harus membaca dulu di internet. Agar sobat bisa memprediksi seberapa banyak dan bagaimana kualitas konten yang akan menjadi saingan.

Tujuan mempelajari topik yang akan di bahas adalah untuk di jadikan acuan dalam membuat konten yang lebih baik. Minimal mendekati isi konten yang sudah ada. Tapi harus tidak sama dalam penyajiannya atau lebih menarik.

Saya dulu seperti itu, malas untuk mempelajari dahulu topik yang akan di bahas Tapi saya belajar pelan-pelan untuk berusaha menyajikan apa yang saya bahas selengkap mungkin. Walau artikel saya belum selengkap blog-blog lain, tapi setidaknya saya berusaha menyajikan sebanyak mungkin informasi yang saya ketahui.

Sekali lagi, Kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum menulis artikel agar isinya lebih berbobot, bermanfaat dan kaya akan informasi. Jika sobat bisa melakukan ini, niscaya blog sobat akan banyak pengunjungnya.

Artikel Hasil Copas bisa membuat blog sepi pengunjung

Kehabisan ide buat tulisan atau malas ngetik, akhirnya copas aja milik blog lain. Ya udah.... selamat menikmati. Bukannya pengunjung bertambah, malah semakin sepi. Masih syukur tidak di aduin ama yang punya blog.

Jadi blogger itu tidak mudah. Harus bisa membuat tulisan sendiri, bukan asal jiplak aja terus bisa Ngetop.

Saya juga pernah mengalami, artikel yang tadi udah ke index di google, jadi malah tidak terindex. Semua terjadi demi menambah informasi, saya edit sedikit dengan tulisan hasil copas. Bukannya malah bagus, malah hilang dari menu pencarian google.

Kan sayang banget”

Tidak Peduli dengan SEO atau penerapan yang berlebihan malah menyebabkan traffic blog sepi

Sebagai blogger, sobat wajib belajar SEO. Tidak usah sampai ahli. Setidaknya mengetahui konsep dasarnya dan dampak SEO terhadap Blog sobat.

Atau.....

Sobat udah terlalu banyak belajar SEO, sehingga penerapannya menjadi berlebihan. Sehingga artikel yang di buat sudah tidak enak untuk di baca. Jadi artikelnya Cuma bagus buat mesin aja. Ini juga bisa menyebabkan blog sobat menjadi kehilangan pengunjung.

Jadi bagaimana yang bagus ?

Sobat tetap harus belajar SEO dan menerapkannya pada sebuah blog. Jangan terlalu over, tetap fokus menulis untuk di baca manusia. Gunakan teknik SEO hanya untuk mempertegas isi konten dan untuk mempermudah pengunjung memahami bagian penting dari sebuah artikel.

Jika sobat ingin membaca sedikit tentang SEO, dapat di baca di artikel ini :


Tampilan blog dan artikel yang melelahkan mata menyebabkan blog sepi pengunjung

Saat berkunjung ke sebuah blog, baik sengaja ataupun tidak. Tampilan blog mempengaruhi minat baca. Blog yang tampilan rapi dan bersih akan membuat mata lebih betah memandang.

Satu lagi, tampilan artikelnya juga harus menarik. Minimal tidak menyakitkan mata.

Buat artikel yang tidak menyakiti mata pembaca. Satu paragraf 2 sampai tiga kalimat sudah cukup. Jadi sudah tidak berlaku lagi pelajaran yang dulu di ajarkan di sekolah.

Jika sobat menerapkan seperti pelajaran waktu sekolah, maka mata pembaca blog sobat akan cepat lelah membaca paragraf yang sangat panjang. Dan tampilan blog sobat juga kurang menarik jika memiliki paragraf yang panjang.

Jarang Membuat artikel akan membuat blog sepi pengunjung

Mau jadi blogger sukses ? Sobat udah siap belum untuk konsisten update blog. Karena Blogger sukses akan berusaha memuaskan kebutuhan pembaca blog yang mereka kelolah.

Update tidak harus setiap hari, tapi harus rutin. Misalnya satu minggu sekali.

Rutin update artikel dengan jadwal yang jelas, membuat pembaca blog memahami waktu kita update artikel. Dan pembaca blog akan bosan jika blog isinya tidak pernah bertambah.

Dan.... yang terpenting. Google akan sangat menyukai blog yang selalu melakukan pembaharuan. Jika sobat sedang sibuk tidak punya cukup waktu untuk membuat artikel baru, sobat cukup memperbaiki artikel yang sudah ada agar google tetap membaca ada pembaharuan di blog sobat.

Terobsesi dengan penghasilan malah membuat blog sepi

Menjadi blogger hanya sebagai hobby itu bagus, tapi lebih bagus lagi jika mendapatkan penghasilan. Tapi jangan terlalu memaksakan diri. Jangan karena mengejar target untuk menghasilkan uang dan akhirnya tidak menjaga kualitas konten. Malah mengejar kuantitas.

“Rajin update blog itu sangat di sarankan. Tapi tetap kualitas nomer satu”

Tidak sedikit blogger akhirnya menyerah dan gagal karena terobsesi dengan uang. Jangan terlalu memaksakan jika tidak ingin kecewa.

Sebaiknya nikmati saja proses, terus berkarya tanpa tekanan. Tapi kita juga tetap harus bekerja keras untuk menghasilkan tulisan yang bermanfaat untuk semua orang.

Loading Blog lamban membuat pengunjung blog kabur

Kok bisa ?”
Loading blog sangat perlu di perhatikan. Blog dengan loading yang lamban akan cenderung kehilangan pengunjung.

Sebagai contoh, saat akan membaca sebuah blog dan tiba-tiba loadingnya lama. Saya akan closed tab dan mencari blog lain. Begitupun dengan pengunjung blog sobat.

Jika banyak orang yang melakukan seperti yang saya contohkan di atas, google akan membaca perilaku di atas dan membuat peringkat blog sobat semakin turun di menu pencarian google.

Untuk itulah, perhatikan loading blog sobat. Gunakan template yang memiliki kecepatan cukup. Misalnya template Viomagz.
Baca artikel saya sebelumnya.
Males Promosi Konten sehingga blog tidak di kenal
Jangan Cuma konten aja yang di pikirin. Sayang jika konten bagus tapi sobat tidak promosikan. Kadang ada rasa malas buat promosi. Tapi jangan Spam juga ya....

Media sosial masih menarik untuk di jadikan sebagai tempat promosi. Cari group sesuai dengan tema pembahasan di blog. Bergabung dengan mereka untuk mempromosikan setiap artikel. Selain itu bergabung juga dengan forum-forum yang ada hubungannya dengan blog.

Banyak sih cara buat promosi, silahkan sobat pilih sesuai dengan kebutuhan sobat. Misalnya berkomentar di Blog lain yang ada hubungannya dengan blog sobat.

Terlalu sering ganti Template membuat blog tidak di kenali
Sering coba-coba setiap template gratis yang bertebaran, atau sobat rela keluarkan uang buat membeli template yang sangat banyak bertebaran.

Hati-hati Sob... gonta-ganti template itu kurang bagus. Membingungkan buat pengunjung. Setiap hari ganti tampilan.

Selain itu, tidak bagus juga buat Google. Sama seperti pembaca, google akan sedikit bingung dengan strukture blog yang sering banget berubah. Setiap template kan beda strukturnya.

Pilih salah satu template yang sudah jelas dari segi loading, tampilan dan optimasinya. Jangan terlalu sering ganti template sobat.

Blog Masih Baru biasanya sepi pengunjung
Buat sobat yang baru mulai ngeblog, sabar ya jika pengunjungnya masih sedikit. Nanti pasti akan bertambah seiring umur blog dan jumlah artikel yang sobat buat.

Blog yang masih baru cenderung lebih sulit untuk menduduki halaman depan menu pencarian. Misalnya di google.

Hal ini sangat wajar terjadi karena jumlah artikel masih sedikit. .asih kalah dengan blog pendahulunya yang sudah menerbitkan ratusan artikel. Terus saja menulis, jika tulisan sobat berkualitas, maka jumlah pengunjung akan bertambah seiring umur blog.

Judul Blog tidak mengundang klik sehingga blog jarang di kunjungi
Saya memiliki artikel yang berada di halaman depan google malah peringkat satu. Tapi sedikit mendapatkan klik. Melihat di webmaster, rasanya ini mustahil. Artikel saya kan paling atas.

Setelah googling dan menemukan jawabannya. Ternyata judul artikel saya sangat standart. Beda dengan artikel lainnya.

Akhirnya saja edit dikit judulnya agar sedikit manis. Dan ternyata langsung meningkat jumlah kliknya. Ternyata judul juga mempengaruhi jumlah pengunjung.

Sebaiknya perlu di perhatikan setiap judul artikel yang kita buat. Apakah menarik minat pengunjung atau cenderung biasa saja.

Mau tau cara membuat judul artikel yang menarik ?
PanduanIM secara rinci menulis satu artikel buat sobat yang ingin mempelajari cara menentukan judul artikel yang menarik, silahkan sobat baca di blog mastah kita satu ini

Tidak Serius Ngeblog dan membuat blog sepi pengunjung
Penyebab blog sepi pengunjung yang terakhir, sobat belum serius dalam membuat blog. Sobat Cuma iseng untuk mengisi waktu luang.

Jika sobat belum serius membuat blog, maka sobat pasti akan jarang bikin artikel, tidak konsisten mengisi blog, bahas seadanya saja dan masih banyak hal lainnya.

Dan parahnya lagi, error pada blog tidak pernah di perbaiki. Link-link yang sudah tidak berfungsi akan di biarkan begitu saja. ini tandanya, sobat belum serius untuk membangun blog. Otomatis pengunjung yang di dapat pun seadanya saja.

Terima kasih sudah mampir ke blog yang sederhana ini, mohon maaf jika masih banyak ke kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan ataupun isi artikel yang belum mampu menjawab semua pertanyaan sobat.

Silahkan tinggalkan komentar sobat untuk menambahkan penyebab blog sepi pengunjung lainnya. Terima kasih.....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Penyebab blog sepi pengunjung yang harus kamu ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel