Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waterproofing atap dak beton terbaik untuk mencegah bangunan bocor | 100 % berhasil

Waterproofing atap dak beton dapat dilakukan dengan berbagai jenis waterproofing, Salah satunya adalah membrane bakar. Jenis pelapis anti bocor ini sangat banyak di pakai karena tingkat keberhasilannya yang tinggi.
waterproofing atap dak beton

Salah satu bagian bangunan yang sering mengalami masalah bocor adalah bagian atap dak karena bagian ini menjadi sebagai area pelindung bangunan saat musim hujan. Selain itu, biasanya area atap dak dijadikan sebagai tempat jemuran, kolam renang ataupun taman. Keadaan seperti ini membuat atap dak beton membutuhkan lapisan waterproofing yang lebih kuat. Untuk itulah artikel ini saya buat agar anda dapat menentukan jenis waterproofing atap dak beton yang terbaik untuk melindungi bangunan dari masalah bocor.

Mengingat pentingnya perlindungan bangunan dari masalah bocor terutama di bagian atap dak, maka saya akan membahas Solusi terbaik untuk atap dak beton dengan jenis pelapis anti bocor yang teapt. Perlu diingat, salah dalam menentukan jenis waterproof dapat membuat material tidak bekerja dengan maksimal karena diaplikasikan bukan pada area yang tepat.

Sebelum menentukan material yang tepat untuk di aplikasikan pada atap dak beton, sebaiknya kita mempelajari dahulu tahap persiapan area atap dak beeton sebelum di pasang pelapis anti bocor agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan metode aplikasi yang baik dan pemilihan jenis material yang tepat akan menghasilkan bangunan bebas dari masalah bocor bahkan di saat musim hujan sekalipun.

Dari berbagai merk dan jenis waterproofing yang banyak tersedia di pasaran, saya akan membahas dua jenis waterproofing untuk di aplikasikan pada atap dak beton.

Persiapan Lokasi Sebelum aplikasi waterproofing

Sebelum membahas waterproofing terbaik untuk atap dak, ada baiknya kita mengetahui dahulu cara persiapan lokasi sebelum aplikasi waterproofing.


Tahapan mempersiapkan area yang akan di aplikasi waterproofing merupakan bagian pekerjaan waterproofing yang sangat penting. Sebaik apapun kualitas material, akan tetap mengalami bocor jika pada tahap persiapan lokasi tidak di kerjakan dengan baik.


waterproofing atap dak beton

“Seperti apa persiapan lokasi waterproofing sebelum aplikasi ?”

Langkah persiapan lokasi sebelum melakukan pekerjaan waterproofing adalah sebagai berikut :
  • Pasang Police Line pada area yang akan di aplikasi agar tidak ada pekerja lain yang melintas.
  • Perbaiki area beton yang retak, keropos dan bolong-bolong. Cara perbaikan beton yang keropos dan bolong-bolong dapat di lakukan dengan penambalan. Sedangkan untuk area yang retak strukture dapat di lakukan dengan metode injeksi epoxy.

Untuk pembahasan tentang injeksi beton, dapat di baca pada artikel saya sebelumnya : METODE PERBAIKAN BETON DENGAN CARA INJEKSI

  • Tutup setiap sudut pertemuan lantai dan dinding menggunakan adukan semen dan pasir agar waterproofing tidak terlalu menekuk pada area tersebut.
  • Bersihkan lokasi kerja agar terbebas dari debu, sisa-sisa beton atau adukan, air, minyak dan sampah. Lokasi pekerjaan harus di siapkan dengan maksimal agar tidak mengganggu saat aplikasi. Persiapan lokasi yang baik dapat mencegah kegagalan hasil aplikasi waterproofing.

Jenis waterproofing atap dak beton

Dari berbagai jenis waterprofing yang ada, admin mencoba membahas dua jenis lapisan waterproof terbaik untuk di aplikasikan pada atap dak beton. Bukan berarti jenis waterprooof yang lain tidak bagus, tetapi di sini akan membahas jenis waterproofing yang paling di rekomendasikan untuk atap dak beton.

Waterproofing Membrane bakar sangat cocok untuk atap dak beton

Membrane adalah lembaran waterproof yang berbahan dasar Aspalt polimer dengan tambahan serat untuk menambah kekuatan material. Membrane di bagi menjadi 3 jenis yaitu Membrane cair, Membrane bakar biasa dan granule.

Aplikasi Membrane Bakar

Aplikasi-membrane-bakar

Namun yang akan kita bahas dan di rekomendasikan untuk di pasang pada area ayap dak beton adalah jenis Membrane biasa dan granule. Perbedaan kedua jenis ini adalah dari segi fungsi dan ketahanan terhadap sinar matahari ( UV ) serta tampilan materialnya.

Membrane granule bisa di aplikasi tanpa harus membuat lapisan proteksi di atasnya. Karena Membrane bakar jenis ini sudah di rancang untuk tahan terhadap sinar matahari.

Jadi bisa di biarkan terbuka tanpa harus melakukan screeding. Selain itu, tampilan jenis Membrane granule terdapat beberapa pilihan warna yang dapat di sesuaikan dengan keinginan.

Sedangkan Membrane biasa yang saya maksud disini adalah Membrane bakar yang harus di buatkan lapisan proteksi di atasnya agar material tidak terpapar sinar matahari.

“Makin bingung mau pakai membran yang mana ?”

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, jika membran granule memiliki kelebihan tahan terhadap sinar matahari. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan screed. Walau lebih sedikit mahal dari membran bakar biasa, tapi biaya lebih hemat karena tidak ada pekerjaan screed.

Tapi tidak sampai di situ saja, ada kekurangannya. Karena membran granule tidak di screed, tentu resiko material tergores oleh benda lain lebih besar. Misalnya tergores oleh riang jemuran pakaian atau benda keras lainnya.

Sedangkan membran biasa lebih murah dari harga granule, tapi perlu mengeluarkan biaya screed yang lebih besar dari biaya material membran.

Dan proses pekerjaannya menjadi lebih lama. Keuntungannya, waterproofing membran lebih terproteksi oleh screed. Jadi sangat aman untuk di jadikan tempat beraktivitas. Misalnya di jadikan tempat menjemur pakaian.

Dari segi tampilan, membran granule lebih unggul. Sedangkan dari segi keamanan, membran biasa akan lebih terproteksi karena ada lapisan screed sebagai pelindungnya.

Saya rasa cukup jelas, bisa di pilih sesuai kebutuhan yang di inginkan.

Waterproofing Coating dengan Kain Kassa pada atap dak beton

Saya tidak akan membahas lagi apa itu waterproofing coating. Karena sudah saya bahas pada artikel sebelumnya dengan judul WATERPROOFING COATING. Silahkan klik untuk membacanya.

Sikalastic 560

Aplikasi-sikalastic-560

Pelapis anti bocor terbaik untuk atap dak berikutnya adalah waterproofing coating satu komponen dengan keunggulan anti sinar UV. Kelebihannya anda tidak perlu melakukan screeding. Dan satu lagi, perbaikan waterproofing jenis ini sangat mudah karena material dalam bentuk coating. Jika suatu saat ada area beton yang retak menyebabkan masalah bocor, akan terlihat bentuk keretakan atau area yang terkelupas di bagian atasnya.

SIKALASTIC 560 adalah material yang paling banyak di gunakan untuk tife material dengan spesifikasi yang sama.

“Kenapa sikalastic 560 ?”
SIKALASTIC 560 memiliki keunggulan tersendiri dari material lainnya. Dan kekuatan yang lebih unggul. Berikut ini keunggulan sikalastic 560 :

  1. Material satu komponen sehingga sangat mudah di aplikasikan
  2. Dapat di kombinasikan dengan material tambahan, misalnya kain kassa atau serat fiber
  3. Garansi bebas bocor selama satu tahun apa bila menggunakan aplikator yang kami rekomendasikan yaitu : CV INDONITRO silahkan hubungi melalui tautan yang telah tersedia.
  4. Tahan terhadap sinar matahari sehingga tidak perlu di lakukan screed
  5. Memiliki elastisitas yang tinggi sehingga tahan terhadap retak rambut
  6. Dapat di Aplikasikan tanpa sambungan sehingga mengurangi resiko kegagalan aplikasi pada sambungan material waterproof.
  7. Material anti jamur, sehingga lebih awet dan tahan lama
  8. Daya rekat yang baik sehingga menempel sempurna pada permukaan beton yang berpori ataupun tidak.
  9. Material bisa menutup area retak rambut
  10. Material tidak beracun, jadi sangat aman untuk tenaga kerja
  11. Dapat di aplikasikan menggunakan kuas, Roller ataupun spray
  12. Dan lain-lain


Metode aplikasi sangat mudah dan aman serta dapat di aplikasikan pada berbagai permukaan, baik beton ataupun baja dan kayu.

Kesimpulan 

Keberhasilan aplikasi waterproofing sangat tergantung dari bagaimana cara aplikator melakukan pemasangan lapisan waterproof dan persiapan lokasi kerja sangat berpengaruh. Banyak kegagalan aplikasi yang menyebabkan bangunan mengalami bocor kembali setelah di aplikasi waterproofing karena tidak memperhatikan persiapan lokasi pekerjaan waterproofing.

Terima kasih sudah bersedia mampir ke blog kami dan jangan lupa berkomentar sesuai dengan topik pembahasan.