Waterproofing integral untuk mencegah bangunan dari masalah bocor

Anda sedang mencari solusi terbaik tentang pelapis anti bocor ?
Atau ingin melindungi bangunan dengan material waterproof tapi belum bisa menentukan material waterproofing yang pas dengan kondisi bangunan ?

Anda berada di website yang tepat, karena kami membahas berbagai jenis pelapis anti bocor yang akan kami rekomendasikan untuk setiap sudut bangunan.

Dari harga waterproofing yang paling ekonomis sampai dengan material super mahal sesuai dengan kebutuhan bangunan yang anda miliki.

Waterproofing adalah suatu proses untuk mencegah bangunan agar terhindar dari masalah bocor. Baik dengan membuat lapisan waterproof ataupun membuat beton menjadi kedap air atau tahan terhadap air.

Contoh waterproofing dengan membuat lapisan waterproof agar beton tidak terhubung langsung dengan air adalah waterproofing coating dan Membrane bakar.

Sedangkan contoh proses pembuatan beton kedap air adalah integral waterproofing yang akan di bahas pada artikel ini.

Pengertian

Waterproofing integral adalah suatu proses pembuatan beton yang bersifat waterproof serta meningkatkan mutu beton menjadi lebih baik. Proses pekerjaan jenis waterproofing ini di lakukan pada saat beton masih basah. Pencampuran dalam volume besar biasanya di lakukan dalam truck mixer saat mobil sudah tiba di lokasi proyek.

Waterproofing IntegralProses-penuangan-beton-waterproofing-integral

Waterproofing integral ada yang mempengaruhi slump beton dan ada juga yang tidak berpengaruh. Tergantung merk dan jenis yang di pakai. Salah satu contoh material waterproofing yang mempengaruhi slump beton adalah Conplast WP 421 ex Fosroc.

Merk Produk Integral Waterproofing

Saat ini sudah sangat banyak perusahaan yang memproduksi material integral yang dapat di gunakan pada semua jenis proyek. Semua produk memiliki keunggulan dan sifat material yang berbeda dan harga yang saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan.

Berikut ini beberapa perusahaan yang mengeluarkan produk integral waterproofing berikut namanya :

  1. Fosroc : Conplast WP 421
  2. SIKA : Sika : ViscoCrete-3115N dan Sika WT-110 P-id
  3. Basf : Master Life WP 3760
  4. Cormix : H2O Stop
  5. ULtrachem : ULTRACHEM INTEGRAL KRISTALIN
  6. DLL

Masih banyak perusahaan lain yang memproduksi jenis material ini. Tak jarang dalam satu perusahaan memproduksi beberapa jenis material integral waterproofing untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka.

Area yang di rekomendasikan waterproofing integral

Semua area yang berhubungan dengan air sebenarnya boleh saja di aplikasikan jenis material ini. Untuk menghemat biaya anggaran proyek, biasanya pihak pengelola gedung memilih beberapa bagian saja untuk di aplikasikan waterproofing jenis ini.

Berikut area rekomendasi untuk di aplikasikan waterproofing integral :

  • Lantai dan dinding Basement
  • Lantai dan dinding area pengolahan air limbah dan air bersih ( GWT, STP dan sejenisnya )
  • Kolam Renang
  • Terowongan
  • Dan Lain-lain area yang terhubung langsung dengan tanah dan air.


Pekerjaan Terkait Dengan Waterproofing Integral

Pekerjaan waterproofing integral sangat berkaitan dengan pekerjaan lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah dengan pekerja konstruksi. Kebersihan lokasi kerja dan pemadatan beton saat melakukan pengecoran juga merupakan hal yang harus di perhatikan.

Selain tenaga kerja yang saling berhubungan, integral waterproofing juga berkaitan degan pemasangan material lainnya. Salah satunya adalah waterstop. Waterstop selalu di sandingkan dengan pekerjaan waterproofing integral. Seperti sudah satu paket.

Waterstop adalah material yang berfungsi menjadi penghalang rembesan air yang terjadi pada setiap sambungan beton. Material ini sebagai waterproof yang mampu menahan rembesan air di antara kedua sambungan beton.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang waterstop, bisa di baca pada artikel ini : Mengenal Manfaat dan jenis waterproofing

Metode Aplikasi waterproofing integral

Ini adalah waterproofing yang paling mudah di aplikasikan namun memiliki dampak yang besar terhadap perlindungan bangunan dari masalah bocor. Metode aplikasi cukup mudah, namun harus memperhatikan slump beton sesuai dengan kesepakatan awal mengikuti jenis material waterproofing yang di pakai.

Waterproofing IntegralCek-slump-beton-sebelum-di tambah-material-waterproofing-integral

Metode Aplikasi pekerjaan waterproofing integral secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Pencampuran material di lakukan di lokasi Pengecoran dan di lakukan saat semua pekerja cor sudah siap bekerja.
  2. Cek Slump beton saat truck mixer tiba. Slump beton harus sesuai dengan kesepakatan.
  3. Setelah cek Slump sudah selesai, Lakukan pencampuran material waterproofing integral dengan beton.
  4. Aduk beton dengan kecepatan maksimal pada truck beton. Pastikan Beton dan material integral tercampur sempurna dalam truck beton.
  5. Cek Slump kembali jika material waterproofing mempengaruhi slump agar dapat memastikan slump beton yang di inginkan. Jika material integral tidak mempengaruhi slump, lewati langlah ini
  6. Setelah Material sudah di campur dalam truck beton, beton sudah siap di tuangkan ke lokasi pengecoran.
  7. Pastikan pemadatan beton di lakukan dengan baik oleh pekerja cor untuk mencegah beton keropos.
  8. Selesai


Langkah Pencegahan Kegagalan aplikasi

Keberhasilan Pekerjaan Waterproofing integral sangat tergantung bagaimana kerja sama semua pekerja proyek. Pengawas pekerjaan harus benar-benar memperhatikan proses pekerjaan penuangan beton ke lokasi sampai dengan pemadatan beton.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat di ambil untuk mengurangi resiko kegagalan aplikasi waterproofing integral :

  • Pastikan Semua lokasi pengecoran bebas dari sampah dah kotoran lainnya.
  • Selalu pastikan pemadatan beton menggunakan vibrator dapat berjalan dengan baik untuk mencegah beton keropos.
  • Perhatikan kualitas dan tingkat kekentalan beton saat melakukan pengecoran. Hindari penambahan air pada beton.
  • Penuangan beton ke lokasi pengecoran harus di lakukan dengan continue. Atur kedatangan beton sedemikian rupa agar beton selalu tepat waktu.

Pengawasan pekerjaan cor harus selalu di lakukan untuk mencegah hal-hal di atas. Kerja sama antar semua team sangat di perlukan untuk selalu menjaga prosedur pekerjaan agar sesuai dengan kesepakatan dengan pihak pemberi pekerjaan.

Repair Akibat kegagalan Aplikasi

Kegagalan aplikasi waterproofing integral menyebabkan adanya bagian bangunan yang mengalami kebocoran atau rembes. Untuk memperbaiki semua masalah bocor ini dapat di lakukan dengan metode injeksi. Saya sudah membahas cara perbaikan beton pada artikel sebelumnya. Silahkan baca pada artikel berikut ini : Cara memperbaiki beton bocor dengan metode Injeksi Beton

Penutup

Pekerjaan waterproofing ataupun pekerjaan lainnya membutuhkan kerja sama antar semua team pekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Waterproofing integral mampu membuat beton tahan terhadap air, namun material ini tidak akan bekerja pada beton retak atau keropos. Oleh sebab itulah, pengawas pekerjaan ini harus bekerja extra untuk memastikan semua aspek pekerjaan sudah sesuai dengan prosedur kerja.

Sebagai bonus artikel, kami merekomendasikan untuk memakai tenaga ahli dalam melakukan pekerjaan ini. Salah satunya adalah CV. INDONITRO yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak tenaga profesional.

Silahkan hubungi melalui banner berikut ini untuk melihat detail informasi perusahaan yang bergerak di bidang waterproofing selama lebih dari 5 tahun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waterproofing integral untuk mencegah bangunan dari masalah bocor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel