Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak menghapus artikel blog yang harus di ketahui

Halloo... Sobat blogger

Kali ini saya mau share pengalaman tentang menghapus artikel di blog. Apa saja yang akan terjadi jika kita menghapus salah satu atau beberapa postingan di blog.

Ini saya alami sendiri beberapa bulan yang lalu saat saya menghapus artikel karena saya nilai artikel tersebut sudah tidak relevan lagi informasinya. Dan beberapa dampak kurang baik di blog ini setelah saya hapus artikelnya.

Jika sobat blog D B O .com berniat menghapus artikel di blognya, sebaiknya baca dahulu pengalaman yang pernah terjadi di blog ini. Dampak dari menghapus ataupun mengganti link artikel.

Banyak Link yang Mati

Broken link sudah pasti ada, apalagi bila menghapus banyak artikel. Jika menghapus 1 atau 2 artikel saja, mungkin masih bisa di cek satu persatu link yang sudah error.

Jika menghapus banyak artikel, ya lumayan cape. Seperti blog ini, saya menghapus hampir 40 artikel. Sampai cape periksa link mana aja yang sudah error dan tidak berfungsi. Ini membutuhkan tenaga yang ekstra banyak bro.

Jadi bagi sobat blog B D O .com yang mau mencoba menghapus artikel yang di nilai kurang bagus, sebaiknya pikirkan ulang. Sobat harus memeriksa banyak artikel yang mungkin terkait dengan artikel yang akan di hapus. Lebih baik sobat perbaharui saja artikelnya menjadi lebih baik daripada menghapus artikelnya.

Pengunjung Blog berkurang

Saya menghapus 40 artikel sekaligus dan artikel tersebut tidak memiliki peringkat yang baik di SERP. Informasinya juga sudah sangat basi dan ngawur. Dan yang membacapun sangat sedikit. Saya kira penghapusan ini tidak akan terlalu banyak pengaruhnya.

Dampak-menghapus-artikel-blogKehilangan Pengunjung Blog setelah menghapus beberapa artikel blog


Setelah mendekati 2 minggu berlalu, ternyata anggapan di atas sangat salah. Blog ini langsung kehilangan lebih dari 50 ℅ pengunjung dan semakin turun di minggu berikutnya. Saya sendiri sampai bingung. Saya membuat artikel hampur setiap hari setelah melakukan penghapusan, dan itu tetap tidak mampu mempertahankan jumlah pengunjung blog agar tidak anjlok.

Nasi sudah menjadi bubur, saya harus rela dan menyerah. Setelah kejadian ini, saya kapok untuk menghapus artikel. Karena banyak dampak buruk yang di terima blog ini.

Setelah tahap kehilangan pengunjung, saya perlahan mencoba bangkit kembali dengan membuat artikel secara rutin. Dan itu belum cukup, sampai saat ini saya belum bisa mengembalikan jumlah pengunjung seperti sedia kala.

Jadi buat sobat B D O .com yang berniat menghapus artikel dengan alasan apapun, sebaiknya di pikirkan ulang. Lebih baik mengedit saja artikelnya menjadi lebih fresh dan lebih baik dari sebelumnya. Jangan pernah menghapus artikel walau artikel tersebut di nilai kurang baik di mata kalian.

Pengurangan jumlah index di webmaster tools

Kalau ini sudah pasti, soalnya menghapus banyak artikel. Jadi akan mengurangi jumlah artikel yang terindex di webmaster. Sayang banget kan, jika harus menghapus artikelnya. Jika di nilai sudah kurang relevan informasinya, lebih baik sobat mengedit dan menambahkan informasi baru lagi tanpa harus di hapus.

Saya rasa cukup sampai disini dulu, penghapusan artikel ini cukup membuat saya lelah dan menyesal. Sebaiknya jangan pernah lakukan hal ini dengan alasan apapun. Lebih baik di biarkan saja atau perbaharui artikelnya agar menjadi sesuai harapan.

Terima kasih sudah mampir.....