Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 kesalahan Blogger Pemula yang paling sering terjadi | Wajib kamu ketahui

Hallo.... Blogger
Sebagai blogger pemula, saya pernah melakukan kesalahan dan mungkin sering terjadi di luaran sana. Kesalahan blogger pemula ini merupakan pengalaman saya sendiri dan saya bagikan dalam artikel ini agar sobat pembaca BDO.com tidak melakukannya.

Terlalu Fokus Dengan Statistik

Setiap membuka blog, hal pertama yang dilakukan adalah melihat statistik blog. Berapa banyak pengunjung hari ini dan sudah berapa kali artikel yang baru di buat di lihat orang. Memang tidak ada yang salah dengan hal ini. Tapi jika dilakukan berulang kali, bahkan sampai puluhan kali dalam satu hari. Bahkan bisa setiap jam di lihat statistiknya.

Kesalahan-blogger-pemulaCek Terus Statistik, itu akan membuang waktu dengan percuma

Pekerjaan buang-buang waktu ini pernah saya lakukan. Dan itu berlangsung lumayan lama. Sampai saya menyadari bahwa itu adalah pekerjaan yang sia-sia. Statistik tidak akan meningkat dengan cara dilihat berulang kali.

Lebih baik waktunya digunakan dengan hal yang bermanfaat. Misalnya mencari ide tulisan baru atau sekedar membaca blog lain untuk menambah pengetahuan dan siapa tau bisa dijadikan untuk menjadi materi untuk memperkaya isi blog.

Sesekali bolehlah cek statistik dengan tujuan melihat perkembangan artikel kemudian di cek kembali kekurangannya. Cari tau kenapa artikel tidak banyak dibaca kemudian perbaiki. Jangan Cuma cek jumlah pengunjungnya saja.

Gonta-Ganti tema Blog

Merasa kurang puas dengan blog yang di miliki. Kurang inilah....itulah... Dan sibuk edit tampilan blog dan bahayanya lagi. Gonta ganti template blog dengan harapan menemukan template yang cocok.

Gonta-ganti template itu tidak baik untuk blog. Struktur SEOnya juga akan berubah. Google akan bingung membaca struktur dan kodenya. Setiap template, memiliki struktur dan kelebihan masing-masing sesuai settingan pembuatnya.

Apalagi saat ini begitu banyak template premium yang menggiurkan. Dengan kelebihan yang ditawarkan. Parahnya lagi, ada beberapa template premium yang sudah di rename dan di bagikan secara gratis.

Miris lihatnya, kalian tidak menghargai karya orang lain. Membuat template itu tidak mudah, membutuhkan tenaga dan pikiran. Dengan mudahnya di rename dan di bagikan secara gratis. Kalian tidak menghargai karya orang lain.

Coba bayangkan, jika posisi sobat berada sebagai penyedia template yang berharap mendapatkan uang dengan menjual template yang sobat buat. Dan kemudian dibagikan secara gratis oleh orang lain dan parahnya sudah di rename. Pasti sesak dan kecewa....
Semoga pembaca blog ini tidak ada yang seperti itu. Jika sebaiknya segeralah sadar dan hargai karya orang lain.

Fokus Edit Tampilan Blog

Hampir sama dengan gonta-ganti template. Tapi ini lebih fokus dengan mengedit tampilan blog. Hari ini berwarna kuning, besok bilu, lusa ijo dan terus berganti-ganti.

Sayang banget waktunya, lebih baik digunakan untuk membuat artikel atau mencari ide tulisan.

Dengan sering mengganti tampilan blog akan membuat blog menjadi tidak memiliki identitas. Malah nanti tidak di kenali oleh pembaca, karena setiap mereka berkunjung tampilannya selalu berubah.

Tampilan blog memang perlu diperhatikan untuk kenyamanan pengunjung dan jadikan tampilan blog sebagai identitas blog sobat. Sebenarnya tampilan tidak perlu terlalu berlebihan. Yang lebih utama, blog terlihat clean dan loading yang cepat sudah cukup.

Pengunjung Pun memiliki selera yang berbeda, tidak akan sama dengan apa yang kita sukai. Jadi buat apa terlalu banyak setting tampilan blog, malah membuat blog terlihat aneh. Setiap waktu berganti warna kaya bunglon.

Terlalu Banyak Baca Tutorial SEO dan minim Praktek

Berhari-hari membaca blog tutorial SEO sampai bingung cara menerapkannya. Bahkan sampai lupa ilmunya.
Bagus juga belajar SEO dengan harapan artikel bisa muncul di halaman satu SERP, tapi perlu dipraktekkan. Setiap selesai membaca dan menemukan intinya, langsung saja di praktekkan. Jangan abis baca di tinggal tidur, malah nanti lupa.

Apalagi saat ini, SEO bukanlah segalanya. Tapi tetap perlu dipelajari. Tidak perlu terlalu sampai mendalam, cukup dasar-dasarnya saja. Terlalu banyak belajar SEO akan membuat kita brutal. Optimasi sana sini pada setiap artikel dan malah membuat artikel tidak terlihat natural.

Jika sobat tertarik untuk belajar SEO, dapat membaca artikel yang saya buat sebelumnya.
Baca juga : Cara penerpan SEO pada sebuah blog

Menghapus Artikel Blog

Ini pengalaman yang saya kurang bagus yang pernah saya lakukan. Bahkan ini pernah saya lakukan beberapa kali. Karena sebelumnya saya menghapus artikel tidak terlalu banyak, jadi tidak terlalu berasa dampaknya. Berbeda dengan yang baru-baru ini terjadi, saya menghapus artikel dalam jumlah lumayan banyak. Sekitar 40 artikel.

Dan dampaknya, pengunjung blog langsung anjlok. Hilang lebih dari 50 persen. Jadi hati-hati saat ingin menghapus artikel atau mengganti link artikel. Sebaiknya hindari melakukan kedua hal ini untuk menjaga kestabilan pengunjung blog sobat.

Pengalaman saya menghapus artikel ini juga sudah saya buat artikelnya untuk berbagi pengalaman kepada pembaca blog ini.
Baca juga : Dampak Menghapus artikel pada sebuah blog

Share Ke Media Sosial secara Brutal

Setiap selesai menerbitkan atau membuat artikel, kita perlu mempromosikannya ke media sosial agar orang mengetahui tentang tulisan yang kita buat. Tapi hati-hati saat share ke media sosial. Jangan membabi buta dan lihat kondisinya.

Kesalahan blogger pemula yang sangat sering terjadi adalah membagikan artikel ke media sosial secara brutal. Tidak pandang tempat atau waktu. Hati-hati, Sobat bisa dianggap tukang SPAM. Bukannya pengunjung yang di dapat, malah bisa di bully dan bahkan dianggap tukang SPAM.

Apalagi share artikel di group blogger. Hati-hati aja, karena tidak sedikit oknum blogger yang suka iseng dan melakukan jingling pada blog sobat. Ini sangat berbahaya untuk blog sobat. Apalagi jika blog sudah di pasang iklan adsense. Akun adsense sobat akan menjadi taruhannya.

Jika belum ada iklannya, aman aja sih. Tapi tetap tidak bagus buat kesehatan blog. Karena google akan mendeteksi kunjungan blog yang tidak normal ini dan berpengaruh pada posisi artikel sobat si SERP. Jangan sampai blog kita dianggap blog spam oleh google.

Menulis ulang Artikel Orang Lain
Alih-alih mencari ide, sobat mengunjungi blog lain dan menulis ulang artikelnya tanpa memberikan nilai tambah. Ini tidak akan membuat blog sobat akan banyak pengunjung, artikelnya akan kalah oleh artikel yang sobat contek.

Yang lebih bahaya, sobat langsung meng-Copas isi artikelnya secara utuh maupun sebagian. Sangat tidak disarankan, malah blog sobat akan makin terpuruk dan di anggap blog plagiat oleh google. Dan yang terburuk, blog sobat bisa di adukan ke google oleh pemilik konten. Jika ini terjadi, blog sobat bisa terhapus atau diberikan peringatan oleh google.

Lebih baik belajar menulis artikel secara manual dan natural, walau kurang bagus. Tapi itulah kemampuan kita. Seiring waktu dan sering menulis artikel, kemampuan menulis akan terbentuk dengan sendirinya. Asalkan kita tetap konsisten selalu menulis dan terus belajar.

Membuat Artikel Tanpa Membacanya lagi
Sampai saat ini, saya masih sering melakukan hal ini. Habis membuat artikel dan langsung Publish tanpa membaca ulang.

Dampaknya, banyak kesalahan dalam penulisan, typo dimana-mana dan bahkan isinya sering berulang-ulang.

Sebaiknya, baca ulang artikel sebelum di publish dan perbaiki kesalahan dalam penulisan dan jika perlu, edit sebagian isinya agar sesuai harapan. Kemudian baca kembali sampai benar-benar yakin sudah bagus baru kita terbitkan.

Rasa malas membaca tulisan sendiri memang sudah menjadi penyakit umum blogger pemula seperti saya. Kadang saya enggan untuk membaca ulang. Karena isinya sudah kita ketahui.

Semoga kedepannya, saya bisa belajar untuk lebih baik lagi.

Minta saling kunjungi ( BW )
Share link artikel ke grup blogger dan meminta saling kunjungi. Ini sangat sering terjadi, bahkan sampai saat ini. Saya masih sering menemui hal ini. Bahkan kadang saling memberikan komentar dan komentarnya pun tidak sesuai topik pembahasan.

Kesalahan-blogger-pemulaKunjungi Blogku, Nanti aku kunjungi balik sekalian komentar, Masih ada aja yang kaya gini

Saya sendiri pernah melakukan hal ini, dan saya tidak menemukan manfaatnya. Malah membuat blog terlihat tidak profesional. Banyak komentar yang tidak sesuai topik. Akhirnya terpaksa hapus satu persatu komentar seperti ini.

Dan saat ini, berkomentar sesuai topik adalah hal yang wajib dalam blog ini. Komentar sekedar minta BW akan saya hapus. Jadi jika ingin berkomentar, harus sesuai topik pembahasan.

Cukup segitu dulu, lain kali kita sambung lagi. Saya ucapkan banyak terima kasih buat sobat yang telah bersedia membaca artikel ini sampai akhir.

Hallo.... Blogger
Sebagai blogger pemula, saya pernah melakukan kesalahan dan mungkin sering terjadi di luaran sana. Kesalahan blogger pemula ini merupakan pengalaman saya sendiri dan saya bagikan dalam artikel ini agar sobat pembaca BDO.com tidak melakukannya.

Terlalu Fokus Dengan Statistik

Setiap membuka blog, hal pertama yang dilakukan adalah melihat statistik blog. Berapa banyak pengunjung hari ini dan sudah berapa kali artikel yang baru di buat di lihat orang. Memang tidak ada yang salah dengan hal ini. Tapi jika dilakukan berulang kali, bahkan sampai puluhan kali dalam satu hari. Bahkan bisa setiap jam di lihat statistiknya.

Kesalahan-blogger-pemulaCek Terus Statistik, itu akan membuang waktu dengan percuma

Pekerjaan buang-buang waktu ini pernah saya lakukan. Dan itu berlangsung lumayan lama. Sampai saya menyadari bahwa itu adalah pekerjaan yang sia-sia. Statistik tidak akan meningkat dengan cara dilihat berulang kali.

Lebih baik waktunya digunakan dengan hal yang bermanfaat. Misalnya mencari ide tulisan baru atau sekedar membaca blog lain untuk menambah pengetahuan dan siapa tau bisa dijadikan untuk menjadi materi untuk memperkaya isi blog.

Sesekali bolehlah cek statistik dengan tujuan melihat perkembangan artikel kemudian di cek kembali kekurangannya. Cari tau kenapa artikel tidak banyak dibaca kemudian perbaiki. Jangan Cuma cek jumlah pengunjungnya saja.

Gonta-Ganti tema Blog

Merasa kurang puas dengan blog yang di miliki. Kurang inilah....itulah... Dan sibuk edit tampilan blog dan bahayanya lagi. Gonta ganti template blog dengan harapan menemukan template yang cocok.

Gonta-ganti template itu tidak baik untuk blog. Struktur SEOnya juga akan berubah. Google akan bingung membaca struktur dan kodenya. Setiap template, memiliki struktur dan kelebihan masing-masing sesuai settingan pembuatnya.

Apalagi saat ini begitu banyak template premium yang menggiurkan. Dengan kelebihan yang ditawarkan. Parahnya lagi, ada beberapa template premium yang sudah di rename dan di bagikan secara gratis.

Miris lihatnya, kalian tidak menghargai karya orang lain. Membuat template itu tidak mudah, membutuhkan tenaga dan pikiran. Dengan mudahnya di rename dan di bagikan secara gratis. Kalian tidak menghargai karya orang lain.

Coba bayangkan, jika posisi sobat berada sebagai penyedia template yang berharap mendapatkan uang dengan menjual template yang sobat buat. Dan kemudian dibagikan secara gratis oleh orang lain dan parahnya sudah di rename. Pasti sesak dan kecewa....
Semoga pembaca blog ini tidak ada yang seperti itu.Jika, sebaiknya segeralah sadar dan hargai karya orang lain.

Fokus Edit Tampilan Blog

Hampir sama dengan gonta-ganti template. Tapi ini lebih fokus dengan mengedit tampilan blog. Hari ini berwarna kuning, besok bilu, lusa ijo dan terus berganti-ganti.

Sayang banget waktunya, lebih baik digunakan untuk membuat artikel atau mencari ide tulisan.

Dengan sering mengganti tampilan blog akan membuat blog menjadi tidak memiliki identitas. Malah nanti tidak di kenali oleh pembaca, karena setiap mereka berkunjung tampilannya selalu berubah.

Tampilan blog memang perlu diperhatikan untuk kenyamanan pengunjung dan jadikan tampilan blog sebagai identitas blog sobat. Sebenarnya tampilan tidak perlu terlalu berlebihan. Yang lebih utama, blog terlihat clean dan loading yang cepat sudah cukup.

Pengunjung Pun memiliki selera yang berbeda, tidak akan sama dengan apa yang kita sukai. Jadi buat apa terlalu banyak setting tampilan blog, malah membuat blog terlihat aneh. Setiap waktu berganti warna kaya bunglon.

Terlalu Banyak Baca Tutorial SEO dan minim Praktek

Berhari-hari membaca blog tutorial SEO sampai bingung cara menerapkannya. Bahkan sampai lupa ilmunya.
Bagus juga belajar SEO dengan harapan artikel bisa muncul di halaman satu SERP, tapi perlu dipraktekkan. Setiap selesai membaca dan menemukan intinya, langsung saja di praktekkan. Jangan abis baca di tinggal tidur, malah nanti lupa.

Apalagi saat ini, SEO bukanlah segalanya. Tapi tetap perlu dipelajari. Tidak perlu terlalu sampai mendalam, cukup dasar-dasarnya saja. Terlalu banyak belajar SEO akan membuat kita brutal. Optimasi sana sini pada setiap artikel dan malah membuat artikel tidak terlihat natural.

Jika sobat tertarik untuk belajar SEO, dapat membaca artikel yang saya buat sebelumnya.
Baca juga : Cara penerpan SEO pada sebuah blog

Menghapus Artikel Blog

Ini pengalaman yang saya kurang bagus yang pernah saya lakukan. Bahkan ini pernah saya lakukan beberapa kali. Karena sebelumnya saya menghapus artikel tidak terlalu banyak, jadi tidak terlalu berasa dampaknya. Berbeda dengan yang baru-baru ini terjadi, saya menghapus artikel dalam jumlah lumayan banyak. Sekitar 40 artikel.

Dan dampaknya, pengunjung blog langsung anjlok. Hilang lebih dari 50 persen. Jadi hati-hati saat ingin menghapus artikel atau mengganti link artikel. Sebaiknya hindari melakukan kedua hal ini untuk menjaga kestabilan pengunjung blog sobat.

Pengalaman saya menghapus artikel ini juga sudah saya buat artikelnya untuk berbagi pengalaman kepada pembaca blog ini.
Baca juga : Dampak Menghapus artikel pada sebuah blog

Share Ke Media Sosial secara Brutal

Setiap selesai menerbitkan atau membuat artikel, kita perlu mempromosikannya ke media sosial agar orang mengetahui tentang tulisan yang kita buat. Tapi hati-hati saat share ke media sosial. Jangan membabi buta dan lihat kondisinya.

Kesalahan blogger pemula yang sangat sering terjadi adalah membagikan artikel ke media sosial secara brutal. Tidak pandang tempat atau waktu. Hati-hati, Sobat bisa dianggap tukang SPAM. Bukannya pengunjung yang di dapat, malah bisa di bully dan bahkan dianggap tukang SPAM.

Apalagi share artikel di group blogger. Hati-hati aja, karena tidak sedikit oknum blogger yang suka iseng dan melakukan jingling pada blog sobat. Ini sangat berbahaya untuk blog sobat. Apalagi jika blog sudah di pasang iklan adsense. Akun adsense sobat akan menjadi taruhannya.

Jika belum ada iklannya, aman aja sih. Tapi tetap tidak bagus buat kesehatan blog. Karena google akan mendeteksi kunjungan blog yang tidak normal ini dan berpengaruh pada posisi artikel sobat si SERP. Jangan sampai blog kita dianggap blog spam oleh google.

Menulis ulang Artikel Orang Lain
Alih-alih mencari ide, sobat mengunjungi blog lain dan menulis ulang artikelnya tanpa memberikan nilai tambah. Ini tidak akan membuat blog sobat akan banyak pengunjung, artikelnya akan kalah oleh artikel yang sobat contek.

Yang lebih bahaya, sobat langsung meng-Copas isi artikelnya secara utuh maupun sebagian. Sangat tidak disarankan, malah blog sobat akan makin terpuruk dan di anggap blog plagiat oleh google. Dan yang terburuk, blog sobat bisa di adukan ke google oleh pemilik konten. Jika ini terjadi, blog sobat bisa terhapus atau diberikan peringatan oleh google.

Lebih baik belajar menulis artikel secara manual dan natural, walau kurang bagus. Tapi itulah kemampuan kita. Seiring waktu dan sering menulis artikel, kemampuan menulis akan terbentuk dengan sendirinya. Asalkan kita tetap konsisten selalu menulis dan terus belajar.

Membuat Artikel Tanpa Membacanya lagi
Sampai saat ini, saya masih sering melakukan hal ini. Habis membuat artikel dan langsung Publish tanpa membaca ulang.

Dampaknya, banyak kesalahan dalam penulisan, typo dimana-mana dan bahkan isinya sering berulang-ulang.

Sebaiknya, baca ulang artikel sebelum di publish dan perbaiki kesalahan dalam penulisan dan jika perlu, edit sebagian isinya agar sesuai harapan. Kemudian baca kembali sampai benar-benar yakin sudah bagus baru kita terbitkan.

Rasa malas membaca tulisan sendiri memang sudah menjadi penyakit umum blogger pemula seperti saya. Kadang saya enggan untuk membaca ulang. Karena isinya sudah kita ketahui.

Semoga kedepannya, saya bisa belajar untuk lebih baik lagi.

Minta saling kunjungi ( BW )
Share link artikel ke grup blogger dan meminta saling kunjungi. Ini sangat sering terjadi, bahkan sampai saat ini. Saya masih sering menemui hal ini. Bahkan kadang saling memberikan komentar dan komentarnya pun tidak sesuai topik pembahasan.

Kesalahan-blogger-pemulaKunjungi Blogku, Nanti aku kunjungi balik sekalian komentar, Masih ada aja yang kaya gini

Saya sendiri pernah melakukan hal ini, dan saya tidak menemukan manfaatnya. Malah membuat blog terlihat tidak profesional. Banyak komentar yang tidak sesuai topik. Akhirnya terpaksa hapus satu persatu komentar seperti ini.

Dan saat ini, berkomentar sesuai topik adalah hal yang wajib dalam blog ini. Komentar sekedar minta BW akan saya hapus. Jadi jika ingin berkomentar, harus sesuai topik pembahasan.

Cukup segitu dulu, lain kali kita sambung lagi. Saya ucapkan banyak terima kasih buat sobat yang telah bersedia membaca artikel ini sampai akhir.