Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips ngojek di musim Corona

Hallo sobat B D O .COM.....
Sebagai driver online yang tidak memiliki tabungan yang cukup untuk kebutuhan keluarga untuk menjalankan WFH, saya terpaksa harus keluar rumah untuk mengumpulkan receh untuk keluarga kecilku.

Di tengah situasi yang darurat corona, saya tetap harus mengais rejeki demi keluarga kecilku. Untuk tetap berusaha agar terhindar dari COVID-19, saya harus tetap hati-hati dan waspada.

Tips-ngojek-coronaPakai Masker Saat keluar rumah

Bagi sobat yang senasib dengan saya yang tetap ngebid, saya bagikan sedikit tips dan pengetahuan tentang virus corona yang sangat di takuti.

Virus CORONA memerlukan media untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Mereka bertahan jika ada media untuk tempat tinggal mereka. Media tempat mereka hidup antara lain : dahak, air ludah dan ingus. Jika media tersebut menempel di tempat lain, ada kemungkinan mereka akan bertahan hidup. Jika bekas batuk atau bersin pengedap covid menempel pada besi, maka virus tersebut akan bertahan pada area tersebut.

Peularan COVID-19 masuk melalui hidung, mata dan mulut bukan melalui udara. Jika berpedoman dengan cara penyebaran ini, ada beberapa tips ringan untuk mencegah agar kita tidak tertular virus COVID-19.

Jaga Jarak dengan orang di sekitar

Anjuran pemerintah untuk jaga jarak dengan orang lain adalah langkah yang tepat. Tujuan jaga jarak ini adalah agar kita di luar jangkauan saat penderita COVID-19 sedang bersin atau batuk.

Jadi segera jaga jarak jika ada orang yang sedang batuk atau bersin, ini untuk mencegah kita dari percikan bersin atau batuk dari orang tersebut.

Pakai Masker Saat Keluar rumah

Saat sedang keluar rumah, pakai masker untuk mencegah tertular virus corona. Jangan terlalu ambil resiko dengan tidak memakai masker. Kita tidak mengetahui siapa saja yang sudah tertular virus ini, tempat dan benda apa saja yang sudah tertempel virus ini. Sebaiknya selalu gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Cuci tangan dan pakai Disinfektan

Cuci tangan setiap menemukan tempat yang tersedia untuk mencuci tangan. Gunakan disinfektan yang di sediakan oleh setiap resto. Jadi saat mau masuk resto, gunakan disispektan yang di sediakan dan selalu cuci tangan di dalam resto tersebut.

Buat sobat yang ngbid dari rumah, langsung cuci tangan saat sampai di rumah setelah menjalankan order. Ini yang saya selalu lakukan. Saya ngebid dari kontrakan, saat dapat orderan baru keluar. Jika selesai menjalankan orderan, saya kembali lagi ke kontrakan. Hal pertama yang saya lakukan saat tiba di kontrakan adalah langsung cuci tangan pakai sabun.

Kita tidak bisa memastikan kebersihan tangan setelah dari luar, langkah yang terbaik adalah langsung cuci tangan untuk membersihkan tangan.

Hindari Mengucek mata, pegang-pegang area bibir atau mulut dan hidung

Saat sedang beraktivitas di luar rumah, apalagi saat habis memegang uang, kantong makanan dan buka pintu resto, jangan sesekali pegang area mara, mulut atau hidung. Takutnya tangan sobat terdapat virus. Dengan tidak menyentuh ke tiga area di atas, virus sulit untuk masuk ke dalam tubuh kita.

Buka pintu resto dengan lengan atau dorong pakai bahu

Saat masuk ke resto, alfamart, indomaret atau area yang mengharuskan kita memvuka pintu, jangan gunakan tangan sobat untuk membukanya untuk menghindari tangan menyentuh virus. Jika di buka dengan dorong pakai bahu akan kebih aman, seandainya ada virus, Cuma akan menempel pada bahu, tidak di tangan. Tangan harus di jaga karena bagian ini yang selalu menyentuh mulut, hidung atau mata. Sebaiknya langsung cuci tangan jika sudah menyentuh benda di tempat umum.

Saat ini harus rela menjadi single figther. Kemana-mana sendiri. Hindari berkumpul dengan teman sesama ojol. Bukan tidak mau berteman, tapi ini kita lakukan untuk kebaikan semua orang.

Tau sendiri kondisi driver, bertemu dengan berbagai macam orang bahkan sampai bersentuhan. Utamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan menjaga jarak kepada semua orang.

Minum Vitamin atau penbah daya tahan tubuh lainnya

Ada uang lebih sedikit, sebaiknya beli vitamin atau penambah tenaga lainnya untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam keadaan Fit.

Yang utama adalah jaga kondisi badan, kesehatan, kebersihan dan selalu waspada. Namanya juga hidup dalam cengkraman virus, kapan saja kita bisa terpapar dan tertular. Kondisi badan yang selalu prima akan sangat membantu kita bertahan dalam situasi ini.

Jaga Kondisi Badan

Seperti yang di atas tadi telqh di sebutkan, kita harus menjaga kondisi badan agar tetap selalu dalam keadaan sehat.

Hindari ngebid seharian di luar, perbanyak istirahat. Tapi tetap ngebid untuk mendapatkan uang.

Jangan ngalong dulu ya sobat, Ngebid secukupnya aja dulu. Jangan memaksakan diri agar kita tetap bisa menjaga kesehatan.

Jaga kebersihan pakaian, kendaraan, helm dan barang yang di bawa ngebid

Dalam kondisi apapun, kebersihan tetap harus di jaga, apalagi musim wabah seperti saat ini. Jangan biarkan pakaiqn, helm, kendaraan dan barang lainnya menjadi sarang virus. Segera cuci atau jemur jika selesai di gunakan.

Banyak Berdoa

Senjata paling utama dari semua usaha yang telah saya sebutkan di poin sebelumnya. Berdoa sebelum ngebid, selalu berselawat setiap saat dalam kondisi apapun. Percayakan kehidupan sobat kepada ALLAH. Percayalah.... Semua kejadian dan peristiwa di muka bumi ini sudah di atur oleh yang maha kuasa, kita tinggal menjalani dan selalu bersabar dan tawakal dalam keadaan apapun.

Semoga Wabah Virus Corona cepat berlalu dan kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. Semoga kita semua di berikan kesehatan, kesabaran dan selalu di berikan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Terima kasih sudah membaca