Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ngojek Paling Sederhana Namun Sangat Penting | Ngebid Aman dan Nyaman

Tips Ngojek

Update kali ini cuma ingin berbagi tips ngebid. Dan tips ini bisa kita terapkan setiap hari. Baik untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga kendaraan dan bahkan saya akan membahas agar akun tetap sehat dan mudah mendapatkan orderan.

Dan postingan tips ngebid ini akan sedikit panjang. Sebaiknya siapkan kopi dan rokok sobat biar kita bisa menikmati tips ngebid ala Blog Driver Online. 

Dan jika ada tips yang mungkin tidak sependapat dengan sobat, sebaiknya skip ke poin berikutnya. Jangan langsung closed tab karena bisa saja poin selanjutnya bisa menjadi inspirasi. HA HA HA

Bersihkan Cache Aplikasi Sebelum Start Ngojek

Saya tipe orang yang sangat memperhatikan kondisi hp. Harus dijaga performanya. Jangan sampai lemot karena sampah aplikasi apalagi karena banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang ponsel.

“Hp aja saya perhatiin” “Apalagi kamu yang pipinya tembem” Hmz…

Balik lagi ke topik. Hp yang kita pakai ngebid harus kita bersihkan dari cache aplikasi bekas kita gunakan. Sebaiknya hapus data setiap aplikasi sebelum berangkat ngebid. Khusus aplikasi gojek driver, sobat logout sampai masuk dari hp lain sebelum melakukan penghapusan data.

“Kalau gojek hapus data, takutnya malah jadi gagu bang” 

Ada sih yang berpendapat seperti ini Tapi saya berbeda dengan mereka. Karena saya beranggapan bahwa Hp yang lebih enteng cenderung lebih membantu. Dengan hp yang ramnya lega akan membuat aplikasi gojek driver bekerja lebih baik. Berbeda pendapat juga boleh dong.

Bagi sobat yang takut gagu setelah hapus data aplikasi gojek, dapat melewatkan aplikasi tersebut. Tidak usah di hapus data dan cachenya. Untuk aplikasi yang lainnya saya sarankan hapus aja datanya agar hp tidak terlalu berat loadingnya.

Untuk hapus cache dan data aplikasi cukup mudah. Sobat bisa lakukan dengan mudah. Jika sobat kurang paham caranya, sobat bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Pada halaman depan ponsel, Cari pengaturan. Biasanya lambang gear yang bergerigi.
  2. Setelah masuk menu pengaturan, Cari Aplikasi kemudian buka
  3. Pada halaman berikutnya sobat akan menemukan banyak aplikasi yang terinstall. Pilih aplikasi yang ingin kita hapus cache dan datanya. Cukup klik saja pada aplikasi yang akan kita hapus data dan cachenya
  4. Halaman berikutnya akan ada pilihan untuk hapus cache dan hapus data. Klik hapus cache jika sobat mau menghapusnya. Kemudian sobat lanjutkan dengan klik hapus data jika sobat sekalian menghapus datanya. Setelah selesai, tekan tombol back. 
  5. Lakukan pada setiap aplikasi yang sobat ingin bersihkan cache dan datanya.

Mudah kan sob ? 

Jika merasa ada kesulitan untuk menerapkan langkah ini, sobat bisa tinggalkan keluhan pada kolom komentar.

Panaskan Motor Sebelum Mulai Menyalakan Aplikasi

Bukan hal yang yang istimewa dan tidak sulit untuk dilakukan. Tapi percayalah ini penting. Dengan menyalakan motor terlebih dahulu kemudian mempersiapkan semua peralatan ngebid yang akan dibawa. Jangan sampai ada yang ketinggalan.

Setelah motor panas, biasanya saya menyalakan rokok baru membuka aplikasi gojek. Syukur kalau ada orderan masuk. Saya tidak perlu buru-buru karena sudah saya siapkan semua sebelum menyalakan aplikasi. 

Ini penting banget untuk membentuk mental saat ngebid. Karena terbiasa mempersiapkan semuanya secara teliti. Begitu juga saat sudah ngebid, saya bisa jadi lebih fokus hanya memikirkan bagaimana agar bisa mendapatkan orderan.

Oh iya, mengenai pemanasan motor setiap mau berangkat ngebid itu sangat penting untuk menjaga performa mesin. Selain itu, saat motor sedang kita panaskan, kita bisa memperhatikan apa yang menjadi kekurangan motor kita. Karena setiap hari memperhatikan dan mendengarkan suara mesin, kita akan mengenali jika ada yang aneh dengan motor tersebut.

Rutin Ganti oli dan Service Motor

Menjadi driver online harus memperhatikan kondisi kendaraan. Karena motor adalah senjata utama kita. Jangan sampai proses ngebid menjadi terhambat karena kondisi motor yang kurang prima.

Kalau saya, yang paling utama diperhatikan adalah oli, rem dan ban. Ketiganya harus benar-benar diperhatikan. Jika ada uang lebih, baru untuk yang lainnya. Misalnya service berkala.

Walau penghasilan pas-pasan, saya sangat memperhatikan kondisi kendaraan. Jangan sampai keselamatan kita dan penumpang terabaikan karena kondisi kendaraan tidak layak untuk dipakai ngebid.

Tidak Berangkat Sebelum Mendapatkan Order

Saya termasuk orang yang malas keluar rumah tanpa tujuan pasti. Lebih suka berdiam diri, baca-baca blog, nonton youtube atau bermain dengan anak. Bahkan, saya lebih baik memilih tidur dibandingkan keluar rumah tanpa tujuan pasti.

Sama halnya dengan ngebid. Saya lebih baik menunggu sampai mendapatkan order baru keluar. Karena dulu saya lebih fokus main gofood, saya pakai fake gps agar bisa ngebid dan nunggu orderan dari rumah. Tapi jangan ditiru ya sob, saya pakai fake gps karena saya fokus main gofood.

Setelah dapat order satu kali, saya baru nongkrong bareng dengan teman ngebid. Jika belum ada orderan masuk, saya bisa pastikan belum akan keluar kecuali memang sudah janjian sama teman-teman lain buat ngumpul.

Kenapa saya harus dapat order baru keluar ?

Saya sudah memiliki keluarga kecil. Jika saya keluar rumah untuk cari nafkah, maka saya harus membawa uang saat pulang. Untuk itulah, biar pengeluaran rokok dan kopi menjadi lebih murah, saya pilih ngebid dari kontrakan. Kecuali sudah mendapatkan orderan pertama, bisa saya jadikan sebagai modal untuk ngopi. Saya tidak mau saat ngopi sama ngerokok saat ngebid malah memakai uang pribadi yang saya simpan. He he….

Memperhatikan Area Ngebid

Saya tipe orang yang suka memperhatikan hal-hal kecil dan iseng. Bukan itu saja, kadang saya suka menggunakan logika saat ngebid. Apakah area tersebut layak untuk dijadikan area menunggu orderan atau tidak.

Saya tidak asal nongkrong kemudian menunggu orderan. Biasanya saya mempertimbangkan area tersebut terlebih dahulu. Salah satu syaratnya adalah memiliki sinyal yang bagus.  

Dan menurut saya ini sangat penting, karena aplikasi gojek bekerja dengan baik apabila jaringan yang bagus. Jika jaringan kurang, biasanya agak sulit mendapatkan orderan. Tapi ini menurut pengalaman saya ya sob… bukan berarti kalau sinyal bagus langsung dapat orderan.

Yang kedua, biasanya saya nyari tempat yang adem dan ada kang kopinya. Biasalah… kita harus nyaman dan santai. Apalagi jika ada kopi, tentu akan membuat tetap semangat menunggu orderan tiba. Jika ada kang kopi, biasanya ada saja driver online yang mampir dan bisa dijadikan teman untuk ngobrol dan berbagi pengalaman.

Saya sering berpindah-pindah tempat ngebid. Dan kedua syarat di atas menjadi salah satu pilihan tempat yang sering membuat saya betah ngebid.

Jangan Pilih-pilih Orderan

Waktu dulu, saya ngebid masih bisa fokus hanya ambil orderan gofood doang. Sampai akhirnya akun saya benar-benar dominan ke orderan gofood.

Tapi saat ini, sepertinya sudah cukup sulit untuk hanya fokus ke satu jenis orderan. Kita harus hajar habis semua orderan yang masuk untuk menjaga performa akun. 

Sementara waktu dan entah sampai kapan, sebaiknya kita selalu mengambil semua jenis orderan yang masuk. Kecuali sistem akun prioritas kembali lagi.

Jangan cuma Ngebid, cari teman juga

Saat ngojek, memang tujuan utama adalah mencari nafkah untuk anak istri. Tapi saya juga tidak melupakan bahwa saya membutuhkan pergaulan. Saat saya ngojek, dimanapun itu. Saya tetap mencari teman sebanyak mungkin.

Baik untuk sekedar bercerita, berbagi pengalaman dan bahkan ada yang menjadi teman baik. Sehingga tetap menjalin komunikasi walau sudah jarang bertemu. Mereka yang saya kenal di jalanan, kini ada yang menjadi teman baik. 

Saling bantu, saling kasih kabar dan kadang-kadang kita ngumpul bareng. Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman driver gojek yang sampai saat ini masih mau menjadi teman baik.

Biar ga Bosen, Cobain Area Baru

Saat ngebid, kadang saya menghilang dari teman-teman dan mencari orderan kemana saja. Biasanya saya melakukan ini saat merasa bosan dan jenuh.

Sambil mencari uang, saya suka ngebid kemana saja untuk menghilangkan rasa jenuh. Dengan ngebid di tempat baru, kadang kita menemukan tempat-tempat yang bagus pemandangannya, menemukan suasana baru dan kadang merasa tertantang untuk bisa mendapatkan orderan pada daerah tersebut.

Dengan mendatangi tempat baru, kadang kita bisa mendapatkan teman baru dan kemudian menjadi teman baik. Intinya pergaulan itu penting, siapa tau suatu saat nanti kita bisa saling membantu.

Terima kasih sudah membaca artikel singkat tentang tips ngebid ini, semoga bermanfaat. Dan artikel ini bukan untuk menggurui, tapi hanya sekedar untuk berbagi kisah dan pengalaman yang pernah saya lakukan saat menjadi driver gojek.

Silahkan tinggalkan komentar sobat jika ingin berbagi pengalaman yang sobat pernah alami untuk melengkapi tips tentang dunia ojek online.


Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.