Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Favicon tidak muncul, ini pengalaman admin

Halloo blogger.....
Kali ini admin sedikit bercerita tentang pengalaman tentang favicon. Awalnya susah banget buat bikin favicon, akhirnya berhasil juga. Dan dari hasil ganti favicon tersebut, admin buat tutorialnya. Siapa tau ada blogger yang sedang mencari tutorial tersebut.
Silahkan baca artikelnya : Cara membuat Favicon Blog

Kali ini, berbeda dengan artikel sebelumnya. Jika artikel yang diatas adalah cara membuat favicon sampai memasangnya di blog.

Nah... Kali ini, admin memiliki kasus yang berbeda. Admin sudah berhasil membuat favicon dan di blog juga sudah muncul iconnya. Awalnya udah seneng banget dan membagikan pengalaman melalui artikel di atas.

Favicon tidak muncul di sebabkan ukuran favicon terlalu besar, mengganti template ataupun masih menunggu proses pergantian faviconFavicon-tidak-muncul

Beberapa hari yang lalu, secara tidak sengaja. Favicon blog ini hilang kembali. Sebenarnya admin sedikit kaget, tapi akhirnya menyadari penyebab dari hilangnya favicon tersebut.

Favicon blog ini secara tidak sengaja hilang karena admin ganti tema blog. Karena sebelumnya admin membuat favicon melalui edit tema blog melalui html sesuai dengan tutorial yang admin buat di atas.

Ya udahlah... Admin harus rela membuat favicon baru dan memasangnya kembali.

Sebagai pelajaran aja. Jika melihat dari kasus di atas, jika membuat favicon blog melalui html theme maka akan hilang secara otomatis saat kita ganti tema blog. Jadi bagi sobat yang ingin membuat favicon, sebaiknya jangan melalui edit tema html. Karena favicon akan hilang jika sobat suatu saat ganti template blog.

Admin lebih menyarankan untuk ganti favicon melalui menu tata letak aja, biar favicon tidak akan hilang saat sobat ganti template blog.

Terlihat sederhana, tapi ini akan membuat sedikit kecewa karena harus menunggu lagi jika ingin membuat favicon baru. Kita harus menunggu prosesnya. Dan sampai artikel ini diterbitkan, favicon blog ini masih belum muncul. Masih pakai lambang bawaan dari blogger yaitu gambar huruf B.

Dari beberapa kali ganti favicon, admin menyimpulkan bahwa ada beberapa hal yang membuat favicon tidak muncul padahal sudah diganti. Penyebab favicon tidak muncul bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
  • Ukuran Favicon
  • Ukuran favicon yang terlalu besar menjadi penyebab utama favicon tidak muncul. Sebaiknya ganti ukuran favicon menjadi 16 x 16 pixel atau 32 x 32 pixel agar favicon cepat muncul. Dengan ukuran kurang dari 100 kb. Jika sobat bingung untuk membuat ukuran favicon, sobat bisa membuatnya secara online. Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan untuk pembuatan favicon, salah satunya sobat bisa buat disini
  • Masih menunggu proses pergantian Favicon
  • Tidak ada yang bisa menjelaskan secara tepat waktu pergantian favicon. Kadang cima beberapa jam doang, favicon sudah muncul. Bahkan ada yang sampai berminggu-minggu, tapi favicon sudah muncul. Sebaiknya tunggu dengan sabar sampai favicon muncul. Tapi jika lebih dari 3 bulan belum muncul juga, sebaiknya cek kembali cara sobat membuat dan mengganti favicon tersebut. Siapa tau ada kesalahan sehingga favicon tidak kunjung muncul.

Sebagai penutup, admin hanya menegaskan bahwa ganti favicon membutuhkan waktu agar dapat muncul faviconnya. Mengganti favicon dengan cara edit html lebih cepat muncul daripada mengganti favicon melalui tata letak. Tetapi mengganti favicon melalui edit html memiliki kelemahan yaitu favicon akan terhapus saat mengganti template blog.

Dan satu lagi, ukuran favicon sangat mempengaruhi keberhasilan mengganti favicon. Ukuran yang disarankan adalah 16 x16 pixel atau 32 x 32 pixel dengan ukuran kurang dari 100 kb.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat
Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.