Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengubah media sosial untuk lahan bisnis | Kamu harus coba !

Jejaring sosial sudah mendunia. Hampir semua lapisan masyarakat menggunakannya. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan dan terutama pebisnis. Media sosial untuk bisnis menjadi topik yang harus kita bahas. Karena banyak yang menggunakan media ini sebagai tempat promosi.

Anda tertarik mencobanya ? Sebaiknya baca topik ini sampai habis sebelum memulainya.

Dengan memanfaatkan pengguna media sosial yang besar, pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menjaring calon pelanggan yang setiap hari wara-wiri pada media ini.

Bagi anda yang belum memulai memanfaatkan kesempatan ini, saatnya anda mulai berinteraksi dengan jutaan orang setiap hari untuk mengembangkan bisnis.

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Perkembangan zaman tidak lepas dari jejaring sosial. Saat ini berinteraksi pada dunia banyak manfaatnya terutama untuk memperkenalkan produk dan jasa dalam bidang usaha.

media-sosial-untuk-bisnis

Dengan luasnya jangkauan media sosial memungkinkan produk lebih cepat terkenal dan menemukan pelanggan yang menyukai produk yang anda.

Bahkan media sosial saat ini merupakan hal yang wajib untuk semua badang usaha agar dapat terkenal dan mudah menemukan calon pelanggan. Dengan adanya profil bisnis dalam media sosial akan menjadi tempat singgah para calon pelanggan sebelum memutuskan untuk memakai produk tersebut.

Dari berbagai manfaat media sosial yang ada, Admin sudah merangkumnya agar pembaca blog ini mengetahui secara rinci dan dapat di jadikan sebagai tujuan penggunaan media sosial.

Menjalankan iklan dengan Real time

Dengan bantuan Medsos, kita bisa beriklan dengan mudah dan tak kenal waktu. Bisa manfaatkannya sepanjang hari sesuai dengan kebutuhan untuk mengembangkan usaha anda.

Beriklan pada media sosial seakan semakin seru dan menyenangkan. Dengan metode iklan berbayar maupun gratis.

Saat ini banyak platform yang menyediakan ruang khusus untuk anda mempromosikan usaha. Sebut saja Facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda dapat memakai semua media tersebut secara gratis. Namun anda bisa memperbanyak fitur agar lebih lengkap dengan menggunakan fitur berbayar.

Memperoleh data pelanggan


Dengan aktif bermedia sosial dan terus berpromosi, secara tidak langsung kita bisa mendata siapa saja calon pelanggan dan pelanggan setia yang sudah memakai produk yang kita miliki. Dengan melihat profil mereka, kita bisa mengumpulkan data yang dapat kita jadikan list untuk melakukan promosi.

Nomor telepon dan alamat email biasanya terdapat akun media sosial. Apa saja kegiatan yang mereka sukai ataupun kebutuhan lainnya bisa kita gali dari kegiatan yang mereka posting. Data inilah yang akan kita jadikan acuan untuk memasarkan produk bisnis

Membangun Brand

Apa pun bisa terjadi dalam media sosial. Salah satunya membangun Brand. Dengan aktif berpromosi dan memasarkan produk secara online, kita bisa membangun komunitas dan membentuk Brand sendiri.

Dengan kekuatan media sosial, bisnis akan tumbuh dengan baik. Dengan banyaknya pelanggan yang menggunakan platform ini akan mampu membentuk bisnis lebih kokoh dan menjadi lebih baik.

Memberikan pelayanan 24 jam

Dengan menggunakan media sosial dapat memperluas layanan bisnis sampai full 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Kepuasan konsumen merupakan kunci sukses sebuah bisnis. Dengan memberikan layanan konsumen selama 24 jam penuh akan memberikan nilai lebih sebuah bisnis. Manfaatkan keberadaan media sosial untuk melayani semua keluhan dan kebutuhan pelanggan.

Meningkatkan Penjualan

Jangan remehkan keberadaan media sosial. Banyak pebisnis yang mampu meningkatkan jumlah penjualan hanya dengan promosi secara Online.

Jadikan kebiasaan konsumen yang bermain media sosial sebagai target promosi dan ajang memperkenalkan produk bisnis. Dengan semakin banyak promosi, produk akan semakin terkenal. Bayangkan penggunaan media sosial sampai jutaan dalam waktu yang bersamaan. Dan produk anda terlihat pada timeline mereka. Tidak mustahil mereka akan mencari informasi produk dengan melihat profil usaha anda.

Mengintip Kompetitor

Selain untuk media promosi produk, media sosial juga bisa menjadi untuk mengintip produk baru pesaing bisnis. Kita dengan mudah melihat produk apa saja yang mereka andalkan. Mulai dari mengintip harga, jenis produk dan strategi pemasaran mereka.

Dan anda tinggal membuat produk yang sama dengan kualitas lebih unggul tanpa harus melakukan survey pasar terlebih dahulu. Tentu hal seperti ini akan menghemat waktu, anda dapat menggunakannya untuk terus berpromosi dan mencari pelanggan.

Meningkatkan Traffic Website

Media sosial masih menjadi favorit dalam mempromosikan website perusahaan. Dengan membagikan konten website ke media sosial dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan jangkauan yang luas, website akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Ini merupakan cara yang paling mudah memperkenalkan website kepada khalayak umum.

Mempermudah membagikan konten

Konten promosi yang ada pada website akan lebih cepat terkenal jika anda membagikannya secara rutin pada media sosial. Dengan pengguna yang tak terbatas akan mempercepat produk menjangkau banyak orang.

Tips Menggunakan media sosial untuk bisnis

Mengembangkan bisnis melalui media sosial memerlukan trik untuk menarik konsumen agar tertarik dengan produk. Admin sudah merangkum beberapa trik untuk diterapkan agar promosi pada media sosial berjalan dengan lancar.

Buat perencanaan bisnis

Sebagai pemula ataupun sudah mahir dalam bisnis yang melibatkan Medsos, sebaiknya membuat perencanaan promo, budget sewa hosting atau domain, dan biaya Admin yang akan mengelola akun media sosial.

Buat skema perencanaan sesuai target dan biaya. Jangan sampai biaya tidak sesuai dengan hasil. Rencanakan dengan baik dan terperinci.

Yang harus benar-benar menjadi perhatian adalah jenis iklan dan media sosial yang akan anda gunakan untuk promosi produk. Kenali segmen dan kalangan pengguna media sosial target. Sesuaikan dengan jenis produk yang akan anda pasarkan.

Pendekatan pelanggan

Pendekatan dengan calon konsumen ataupun yang sudah menjadi pelanggan tentu sangat perlu untuk kelancaran setiap jenis bisnis. Komunikasi dua arah harus terjadi dengan sebaik mungkin.

Kenali siapa saja yang menyukai Postingan, membagikan pada timeline media sosial mereka ataupun sekedar berkomentar. Bisa jadi mereka adalah calon pelanggan yang potensial untuk produk anda.

Jadikan media sosial sebagai jembatan untuk membangun jaringan. Berkomunikasi dengan setiap pelanggan dan memahami apa yang mereka inginkan.

Buat konten kreatif

Salah satu cara menarik pelanggan di media sosial adalah menyajikan konten yang fresh, menarik dan menghibur.

Jangan terlalu ambisi untuk selalu promosi sehingga melupakan bahwa media sosial membutuhkan timbal balik. Pengguna media sosial akan cepat scoll ke bawah dan mencari konten lain yang mereka anggap menarik.

Sebagai tugas yang berat untuk kita menyajikan konten promosi agar banyak yang menyukainya. Pada tahap inilah yang menjadi tantangan untuk kita agar bisa se-kreatif mungkin. Semakin menarik konten, semakin banyak yang melihatnya. Jika konten sudah banyak yang menyukai, anda dapat sesekali menyelipkan produk agar terlihat oleh calon pelanggan.

Menggunakan Jasa selebgram ataupun artis

Banyak cara untuk meningkatkan penghasilan melalui media sosial. Salah satunya menggunakan jasa selebgram atau artis untuk melakukan promosi. Dengan bantuan orang yang memiliki follower banyak sangat membantu.

Berpromosi pada media sosial dengan menggunakan jasa selebriti ataupun selebgram harus hati-hati dan pilih sesuai dengan fasion selebrity yang akan di endorse. Pilih selebrity yang memiliki follower yang cukup banyak dan sesuaikan dengan budget. Semakin banyak jumlah pengikutnya, semakin mahal harga endorsenya.

Sebagai contoh : Bila kita ingin mempromosikan Kedai kopi yang biasa untuk nongkrong anak muda, maka pilih selebrity yang sering nongkrong atau menyukai tempat sejenis. Hal ini dapat melihatnya dari berbagai postingan mereka sebelumnya. Dengan memilih seleb dengan hobby yang sama, besar kemungkinan pengikut media sosialnya menyukai hal yang sama.

Metode endorsemen ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebaiknya perlu melakukannya dengan hati-hati agar biaya pengeluaran sesuai dengan penghasilan

Memilih Media Sosial Yang tepat

Sebelum membuat konten promosi, sebaiknya tentukan dahulu media sosial apa yang akan kita pakai buat promosi. Setelah menemukan media sosial yang tepat, baru kita pikirkan untuk mengemas cara promosinya.

Bagaimana cara menentukan media sosial yang tepat untuk promosi ?
Membutuhkan riset pengguna media sosial yang akan anda pakai, jenis produk yang kita promosikan, golongan status sosial, umur dan bahkan kita harus memiliki data yang akan menjadi acuan.

Sebagai contoh, Seandainya kita menjual hijab yang kekinian dan modis. Tentu kita akan memprediksi bahwa sebagian besar pemakainya adalah hijaber yang masih muda dan modis. Tentu kurang tepat jika kita berpromosi pada linkedin ataupun twitter. Akan lebih baik berpromosi pada IG ataupun Facebook. Tapi lebih tepat IG, karena instagram biasanya lebih banyak pengguna remaja ataupun anak muda.
Bukan berarti twitter dan linkedin tidak prosfek, tapi lebih meyakinkan instagram jika berhubungan dengan pakaian yang modis.

Ini Cuma sebagai contoh, sobat bisa tentukan sendiri sesuai dengan bisnis yang sobat kembangkan. Membutuhkan analisa dan data pengguna media sosial agar tepat sasaran.

Fokus dengan Tujuan Penggunaan Media Sosial

Yang terakhir dan sangat penting agar bisa terwujud sesuai dengan keinginan yaitu menjadikan media sosial untuk bisnis. Sehingga mampu meningkatkan penjualan, Brand dan kedudukan bisnis dalam posisi yang lebih baik.

Fokus dengan tujuan utama. Kita bermain media sosial untuk mencari pelanggan, memperkenalkan produk dan menjaga pelanggan setia agar selalu mengikuti update produk anda. Jadi.... selalu pikirkan Postingan anda agar sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jadikan media sosial anda menjadi hal yang menarik untuk selalu diikuti.

Selamat mencoba