Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerapan SEO pada judul artikel yang wajib di coba

Sebagai blogger pemula, Admin sendiri masih perlu banyak belajar tentang SEO. Dari berbagai sumber yang Admin baca, salah satu optimasi SEO yang harus di lakukan yaitu optimasi judul postingan untuk menempatkan artikel pada posisi yang baik pada menu pencarian baik itu google, Bing dan lainnya.

Saat sedang menggunakan Google untuk mencari sebuah informasi, apa yang paling dulu sobat lihat saat menggunakan mesin pencarian. Tentu sobat akan melihat judul konten terlebih dahulu. Judul yang sesuai dengan apa yang kita cari, maka konten tersebut yang akan kita buka. Berarti judul sangat penting. Oleh sebab itulah, Admin membuat postingan ini secara khusus.

Di postingan sebelumnya, Admin sudah membahas tentang cara penerapan seo pada blog, sebagai kelanjutannya agar lebih Afdol. Admin ingin membahas tentang Cara membuat judul artikel agar lebih teroptimasi seo dan mendapatkan banyak klik.

Cara membuat judul agar teroptimasi SEO


Judul-artikel-perlu-di-optimasi-agar-lebih-seoJudul Artikel perlu di optimasi, salah satunya dengan cara menyisipkan keywords pada judul postingan

Langsung saja ke pokok pembahasan agar artikel atau konten teroptimasi dengan baik. Tapi khusus pembahasan ini, Admin hanya membagikan apa yang Admin ketahui khususnya tentang cara membuat judul konten agar teroptimasi SEO.

Buat Draf judul artikel

Langkah pertama saat membuat judul artikel atau konten adalah membuat draf judul. Sobat bisa membuatnya di notes atau Word. Pikirkan judul yang tepat untuk konten sobat. Buat sebanyak mungkin dan kemudian nantinya akan kita pilih sesuai dengan isi konten.

Bagaimana cara menentukan judul yang pas buat konten atau artikel ?
Berikut ini beberapa hal yang kita bisa terapkan untuk membuat judul konten atau artikel blog.

Gunakan keywords sebagai judul

Menurut Admin, bagian paling penting dalam membuat judul artikel adalah judul harus mengandung keywords atau kata kunci.

Keywords utama harus berada dalam judul. Usahakan keywords berada pada bagian depan judul.

Menjadikan keywords utama sebagai judul adalah pilihan yang tepat agar isi konten sesuai dengan judul postingan. Selain itu, keywords yang berada dalam judul akan meningkatkan kualitas SEO sehingga memungkinkan artikel muncul pada menu pencarian.

Apa sih keywords ? Keywords atau kata kunci adalah sejumlah kata yang di ketik seseorang pada menu pencarian saat ingin mendapatkan sebuah informasi atau apa yang sedang mereka cari. Kata-kata yang di ketik inilah yang akan kita jadikan sebagai judul konten dengan harapan artikel muncul saat seseorang mengetik kata yang sedang kita bidik.

Bagaimana ? Mudahkan ?

Saya sudah menerapkan cara ini, tapi artikel tidak muncul pada menu pencarian.

Jika sobat sudah menerapkan cara ini, dan artikel belum di temukan. Bukan berarti cara ini tidak efektif. Bisa saja artikel sobat sebenarnya sudah ada pada menu pencarian, tapi posisinya masih berada di halaman belakang google. Misalnya artikel masih berada di urutan 100 ke atas karena persaingan kata kunci yang di pakai terlalu berat.

Jika blog sobat masih tergolong kecil atau baru, sebaiknya gunakan kata kunci atau keywords yang memiliki persaingan rendah. Sobat bisa menggunakan tools yang tersedia untuk melihat tingkat persaingan keywords. Misalnya sobat menggunakan Ubbersugest atau keywords planner. Gunakan sesuai dengan kemampuan sobat atau cari di google cara menggunakan tools tersebut.

Judul Konten Mengundang Klik

Seperti yang Admin utarakan sebelumnya. Saat seseorang mencari tentang informasi tertentu di google, hal utama yang muncul adalah judul konten atau judul artikel. Oleh sebab itulah, Admin menyarankan untuk membuat judul yang menarik minat mereka agar konten mendapatkan klik.

Judul konten atau artikel yang mengundang klik adalah judul yang menarik, mengundang rasa penasaran atau judul yang memberikan informasi tentang isi konten atau artikel.

Jadi buatlah judul semenarik mungkin untuk mendatangkan pengunjung ke dalam blog atau website yang sobat miliki.

Gunakan angka-angka pada judul konten

Penggunaan angka-angka pada judul postingan sebenarnya adalah trik untuk menarik calon pengunjung. Dengan angka yang lebih besar, cenderung memperlihatkan bahwa artikel mereka lebih lengkap. Dan ini cukup berhasil menarik calon pengunjung.

Misalnya :
Judul 1 : 5 trik jitu mendapatkan pengunjung blog dengan cepat
Judul 2 : 10 trik jitu mendapatkan pengunjung blog dengan cepat.

Dari kedua contoh judul di atas, sudah dapat di tebak jika artikel judul kedua lebih lengkap dari yang pertama. Tapi isinya harus sesuai dengan judul, jangan sampai menipu pembaca.

Judul berisi informasi yang tepat

Judul artikel yang bagus adalah judul yang mampu mewakili keseluruhan isi artikel agar calon pengunjung bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Sebaiknya luangkan waktu untuk membuat judul postingan dengan baik agar mampu mewakili keseluruhan isi pembahasan.

Buat judul untuk manusia

Ya.... Judul artikel di buat untuk calon pengunjung. Mengoptimasi judul terlalu berlebihan dengan memasukkan banyak keywords akan membuat judul artikel tampak aneh.

Memang benar judul sebaiknya di sisipkan keywords dan di buat semenarik mungkin untuk mengundang klik, tapi jangan terlalu over. Nanti malah membuat judul menjadi sedikit tidak umum.

Untuk memastikan judul di buat dengan benar, sobat bisa membaca judul yang di buat dan ucapkan dengan suara. Jika di rasa sedikit aneh, sebaiknya perbaiki lagi. Ingat.... Membaca judul dengan suara dan langsung di ucapkan, jika enak di dengar, berarti judul sudah di anggap benar.

Hindari Kesalahan dalam membuat judul

Kesalahan blogger dalam membuat judul masih banyak terjadi. Salah satunya menyisipkan kata kunci secara berulang pada judul artikel. Ini tidak bagus karena terlihat sedikit aneh dengan pengulangan kata.

Selain itu, judul yang terlalu panjang juga sering terjadi. Judul artikel yang terlalu panjang tidak tampil secara keseluruhan, otomatis terpotong. Sayang banget jika judul hanya tampil separuh, tidak secara utuh.

Kesimpulan

Apa pun judul yang sobat buat, sebagus apa pun judulnya, tetaplah isi kontennya yang menjadi raja. Jangan sampai kita menjebak pembaca dengan judul yang wah tapi isinya tidak sesuai dengan judul sebuah konten.

Selain optimasi seo pada judul artikel, masih banyak cara penerapan seo pada blog lainnya. Penerapan seo pada gambar juga sangat membantu untuk menempatkan artikel pada halaman depan google.

Penggunaan template premium keren juga sangat mendukung untuk membantu blog agar lebih cepat loadingnya sehinngga di sukai oleh pengunjung. Dan masih banyak cara lain yang akan kita bahas pada postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat dan tinggalkan komentar sobat untuk melengkapi postingan ini. Admin hanya berbagi apa yang Admin ketahui dan Admin sendiri masih belajar tentang SEO, mohon maaf jika postingan ini masih banyak kekurangannya. Terima kasih sudah berkunjung