Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Bangunan Bocor memakai Waterproofing

Kali ini admin membuat niche baru lagi untuk mengisi blog kesayangan kita semua. Yaitu tentang waterproofing untuk memberikan solusi bangunan bocor yang kerap menghantui saat musim hujan tiba.

Pengertian 

Waterproofing adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat sebuah objek menjadi tahan atau kedap terhadap air.

Waterproofing sangat banyak di gunakan oleh pemilik gedung, apartemen, area gedung perkantoran, Gudang dan pabrik serta rumah tinggal. Tujuannya adalah agar bangunan terbebas dari masalah bocor. Baik itu di musim hujan ataupun penyebab kobocoran lainnya.

Jenis-jenis waterproofing 

Waterproofing di bagi dalam beberapa jenis dan dapat di aplikasikan sesuai kebutuhan bangunan. Jenis waterproofing yang sering di gunakan adalah sebagai berikut : waterproofing coating, membrane, spray dan integral.

Solusi Bangunan bocor dengan Waterproofing Membrane

Waterproofing membrane di bagi ke dalam dua jenis yaitu membrane bakar dan membrane cair. Perbedaan keduanya di lihat dari jenis materialnya.


Membrane bakar

Waterproofing membrane bakar berupa lembaran yang berbahan dasar aspalt dan pasir silika. Sedangkan membrane cair berbahan dasar aspalt tetapi masih dalam bentuk cair.

Solusi Bangunan Bocor

Membrane bakar adalah waterproofing dalam bentuk lembaran dengan panjang 10 m¹ dan lebar 1 m¹ dan berbahan dasar aspalt. Cara aplikasinya pun sesuai dengan namanya, yaitu dengan cara di bakar memakai torching.

Membrane bakar memiliki ketebalan 3 mm dan 4 mm.

Membrane Cair

Membrane cair adalah salah satu jenis waterproofing yang di aplikasikan dengan kuas ataupun slubber karet. Membrane cair berbahan dasar aspalt.

Waterproofing Coating sebagai solusi bangunan bocor

Waterproofing coating adalah salah satu jenis pelapis anti bocor yang di aplikasikan dengan cara di kuas ataupun memakai roller. Waterproofing coating di bagi dalam 2 jenis yaitu coating exposed dan non exposed.

Coating exposed

Waterproofing coating exposed adalah waterproofing yang bisa di aplikasikan tanpa memerlukan lapisan proteksi untuk melindungi waterproofing dari sinar matahari. Dengan kata lain, waterproofing jenis ini sudah memiliki ketahanan terhadap sinar ultraviolet atau sinar matahari.

Coating Non exposed

Waterproofing coating non exposed adalah waterproofing coating yang memerlukan lapisan proteksi agar terhindar dari sinar matahari atau sinar ultraviolet. Waterproofing coating jenis ini harus di screed untuk melindungi lapisan waterproof dari sinar matahari.

Waterproofing Spray

Waterproofing Spray adalah waterproofing yang di aplikasikan dengan cara di semprot. Waterproofing jenis ini banyak di aplikasikan pada dinding basement.

Solusi bangunan tanpa bocor dengan Integral 

Integral adalah proses pembuatan beton kedap air dengan cara mencampurkan bahan kimia pada beton yang masih segar. Banyak ke utungan dari jenis waterproof ini.

Aplikasi yang tergolong mudah dan dapat meningkatkan mutu beton menjadi lebih baik. Bukan itu saja, ada beberapa jenis material dapat merubah slump beton sehingga dapat mempermudah pengaplikasian beton di lapangan.

Waterstop

Waterstop adalah salah satu jenis waterproofing yang di aplikasikan pada setiap sambungan beton dengan tujuan memberhentikan atau mengantisipasi air yang mengalir pada celah sambungan.

Pemasangan waterstop biasanya satu paket dengan pekerjaan integral waterproofing. Kedua jenis waterproof ini saling mendukung agar lebih maksimal.

Ada dua jenis waterstop yang banyak di pakai saat ini yaitu swalleble watersop dan waterstop PVC. Perbedaanya dari jenis material yang di pakai. Dari segi harga, swalleble waterstop lebih ekonomis dari waterstop PVC.

Cara Perbaikan Bangunan Bocor

Beton bocor adalah salah satu masalah bangunan yang banyak terjadi. Baik pada bangunan yang tidak di aplikasi waterproofing ataupun bangunan yang sudah di aplikasi waterproofing tetapi mengalami kegagalan saat aplikasi ataupun kerusakan waterproofing karena faktor usia.

Perbaikan beton juga banyak terjadi karena kerusakan bangunan yang di sebabkan kesalahan strukture ataupun di sebabkan kerusakan lainnya.

Adapun metode perbaikan kerusakan beton sangat beragam sesuai dengan kondisi beton. Berikut ini beberapa metode perbaikan kerusakan beton.

Injeksi Beton bocor

Injeksi beton atau suntik beton adalah metode perbaikan kerusakan beton dengan memasukkan sejumlah material melalui neple untuk mengisi rongga kosong pada beton. Metode ini banyak di gunakan untuk memperbaiki kerusakan pada beton yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan beton strukture.

Ada 3 jenis injeksi yang dapat di lakukan sesuai tife kerusakan beton.

Injeksi Semen

Injeksi semen adalah jenis perbaikan beton bocor dengan memasukkan campuran semen dan bahan pengeras dalam bentuk pasta ke dalam rongga beton yang menyebabkan masalah bocor. Injeksi jenis ini banyak di gunakan untuk memperbaiki kerusakan beton yang menyebabkan bocor dan biasanya terdapat rongga yang lumayan besar. Area beton yang keropos dan sambungan beton sangat cocok menggunakan metode ini.

Injeksi epoxy

Injeksi epoxy adalah injeksi yang berbahan dasar epoxy. Metode injeksi ini banyak di gunakan pada area beton retak strukture. Dengan bahan dasar yang kuat, injeksi ini mampu merekatkan kembali area beton yang retak dan material mampu masuk ke dalam celah beton yang kecil sekalipun.

Perbaikan-Beton-retak

Biasanya injeksi ini di lakukan pada area retak lantai pabrik, dinding basement, area balokan dan bagian strukture beton lainnya.

Injeksi PU

Injeksi PU merupakan injeksi yang berbahan dasar Polyurethane. Injeksi ini banyak di gunakan untuk memperbaiki area kebocoran. Dengan sistem pekerjaan yang simple, injeksi ini banyak di gunakan pada proyek yang di kejar scedule.

Keuntungan penggunaan injeksi ini adalah tidak memerlukan pembobokan pada area yang bocor. Cukup menggunakan bor untuk memasang neple dan tidak memerlukan bahan tambahan sebagai perekat neple karena neple sudah di rancang khusus untuk dapat di lakukan penyuntikan material langsung saat selesai memasang neple.

Grouting

Merupakan cara memperbaiki kerusakan beton dengan cara mengisi area kerusakan dengan material semen khusus sesuai kebutuhan. Grouting banyak di gunakan untuk memperbaiki beton keropos, perkuatan struktur dan penebalan beton.

Patcing

Adalah metode perbaikan beton dengan semen khusus pada area keropos yang tidak merusak strukture bangunan. Biasanya keropos yang di perbaiki dengan cara ini relatif kecil.

Penebalan Lantai

Adalah metode perbaikan lantai dengan cara menuangkan material semen khusus dan bermutu tinggi. Metode perbaikan ini banyak di lakukan pada area lantai basement dan area pergudangan.

Penebalan-lantai

Metode ini di gunakan untuk memperbaiki kerusakan lantai karena sudah berumur atau untuk memperbaiki level lantai agar menjadi lebih rata. Biasanya pekerjaan inj di lakukan pada area yang akan di aplikasi epoxy lantai.

Area Bangunan yang di rekomendasikan aplikasi Pelapis Anti bocor

Pekerjaan waterproofing dapat di lakukan pada area yang berhubungan dengan air. Misalnya area atap dak, basement, canopy, balkon, toilet, kolam renang dan dinding bangunan.

Penggunaan jenis waterproofing sesuai dengan kebutuhan dan area yang akan di pasang pelapis anti bocor. Sebaiknya konsultasikan dengan pihak yang ahli dalam bidang ini sebelum menetukan jenis material yang akan di pakai.

Pekerjaan pendukung solusi bangunan bocor

Selain waterproofing, ada baiknya kita mengetahui jenis pekerjaan yang biasanya berada dalam saru ruang lingkup dengan waterproofing. Jenis pekerjaan ini biasanya di lakukan oleh perusahaan dalam bidang waterproofing.

Berikut ini jenis pekerjaan yang sering masuk dalam cakupan perusahaan yang bergerak dalam bidang waterproofing.

Baca juag : Kenali jenis waterproofung sesuai dengan kondisi bangunan | Jangan salah pilih

Floorhardener Dan finishing lantai

Floorhardener adalah pekerjaan penambahan material pada permukaan beton dengan semen khusus yang bermutu tinggi dengan tujuan agar permukaan lantai menjadi lebih kuat dan rata. Pekerjaan ini di lakukan pada saat beton masih basah.

Aplikasi-floorhardener

Ada dua jenis floorhardener yaitu floorhardener naturan dan berwarna.

Floorhardener natural tidak merubah tampilan beton. Sedang yang berwarna akan merubah tampilan sesuai dengan warna yang di inginkan.

Epoxy Lantai

Epoxy lantai adalah pekerjaan pengecatan lantai dengan material cat khusus yang kuat dan di rancang sesuai dengan kebutuhan.

Epoxy-lantai

Epoxy lantai sangat beragam dan banyak di lakukan pada area pergudangan, kitchen, ruang produksi, mall, rumah sakit, dan area lainnya yang membutuhkan tingkat kebersihan tinggi. Kelebihan epoxy lantai adalah lantai tampak menjadi lebih rapi dan bersih tanpa sambungan.


Penutup


Sebagai akhir dari pembahasan ini, Admin merekomendasikan Aplikator waterproofing terbaik tahun 2020 dan sudah berpengalaman di bidangnya. Silahkan kunjungi CV Indonitro dengan cara KLIK DI SINI