Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Jenis Waterproofing Membrane Bakar dan Kelebihannya!

Untuk memastikan ketahanan konstruksi bangunan, khususnya di negara dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia, waterproofing dibutuhkan sebagai prosedur pelindung anti-bocor. Nah, karena jenis waterproofing sendiri cukup beragam, maka pada ulasan kali ini, kami akan fokus hanya membahas tentang jenis waterproofing membrane bakar dan apa saja keuntungan memakai pelapis anti-bocor tersebut.

Pengertian dan jenis Waterproofing Membrane Bakar

Membrane bakar adalah lembaran hitam berbahan dasar aspal yang digunakan sebagai pelapis anto bocor. Seperti namanya, pengaplikasian jenis waterproofing ini dilakukan dengan dibakar. Sementara untuk bahan dasarnya, membrane bakar dibuat dari bitumen, sejenis aspal yang telah dimodifikasi dengan ditambahkan polimer berkualitas.

Baca juga : Torching waterproofing | alat membrane bakar yang harus diketahui

waterproofing membrane granule

Agar hasil rekatnya lebih maksimal, pelapis anti-bocor jenis ini juga diberi lapisan serat poliester. Dengan komposisi material serta prosedur pengerjaan yang terbilang kompleks, pekerjaan waterproofing membrane bakar tentunya harus dilakukan oleh tenaga ahli.

Jenis Waterproofing Membrane Bakar

Adapun jenis membrane bakar yang umum dijumpai di pasaran, antara lain:

  1. Membrane Biasa
  2. Untuk membrane bakar jenis ini, Anda masih perlu menambahkan lapisan pelindung guna membuatnya lebih kebal terhadap sinar matahari. Karena itu, pada pemasangan membrane biasa, bagian atasnya biasanya dilapisi screed yang terbuat dari adonan beton.
  3. Membrane Granule
  4. Tidak seperti membrane biasa, granule mempunyai fitur lebih canggih. Untuk membrane bakar jenis ini, Anda tidak perlu lagi memberikan lapisan proteksi pada permukaannya.

Jadi setelah diaplikasikan pada bagian yang rentan dirembesi air, Anda bisa membiarkannya begitu saja.

Bagi anda yang ingin melihat cara pemasangan membrane bakar, dapat melihat video berikut ini


Lantas, bagaimana cara membedakan kedua jenis membrane bakar tersebut? Untuk jenis membrane bakar biasa, tampilan luarnya cenderung berwarna hitam dan memiliki permukaan yang terasa berpasir ketika disentuh.

Sementara untuk membrane bakar jenis granule, bagian atasnya terdapat lapisan batu dan biasanya ditawarkan dalam beberapa opsi warna, seperti abu-abu, merah, dan hijau.

Kelebihan Waterproofing Membrane Bakar

Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh waterproofing membrane bakar:

Dapat Menahan Gesekan hingga Benturan

Komposisi material pembentuk membrane bakar membuat pelindung kedap air ini memiliki daya tarik dan lentur yang cukup baik—di atas 40%. Jadi, ketika Anda tidak sengaja menjatuhkan barang ke permukaannya, pelapis anti-bocor ini tidak mudah rusak. Sifat elastisnya juga membuat jenis waterproofing ini lebih kuat menahan gesekan keras.

Membrane bakar Kuat Terhadap Perubahan Cuaca

Terbuat dari bitumen (aspal) yang diketahui memiliki sifat fleksibel, membrane bakar menjadi jenis pelapis anti-bocor yang mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca. Ketika curah hujan sedang tinggi, misalnya, lapisan aspal yang berpori rapat tidak mudah ditembus air sehingga risiko kebocoran pun terbilang rendah.

Sementara itu, saat cuaca sedang terik, lapisan aspal akan memuai, yang mana sifat tersebut akan membantu menurunkan risiko keretakan.

Waterpoofing membrane Tahan Terhadap Lembap

Permukaan beton perlu diberi pelapis ekstra karena sifatnya yang mudah menyerap air dan kelembapan di sekitarnya. Karena itu, dibutuhkan sistem pelindung anti-bocor yang baik untuk membuatnya lebih kedap air. Membrane bakar pun banyak dilirik karena terbilang kuat menahan kelembapan tinggi dan bisa tetap stabil di suhu rendah.

Membrane bakar Mudah Dipasang di Area Tertutup atau Terbuka

Membrane bakar umumnya diaplikasikan pada area terbuka seperti atap, konstruksi kolam renang, dan talang. Namun, pelapis kedap air ini juga cocok untuk pemakaian di area tertutup seperti pada dinding basement, area kamar mandi, atau sambungan antara lantai dan tembok beton.

Pemasangan membrane bakar Terbilang Cepat dan Praktis

Membrane bakar biasanya dijual dalam bentuk rol gulungan, atau lembaran per meter persegi untuk pemakaian yang lebih sedikit. Karena bentuknya seperti lembaran, pemasangannya pun jadi lebih cepat karena hanya perlu dibentangkan dan kemudian dibakar dengan welding torch.
Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan membrane bakar sebagai pelapis anti-bocor untuk bangunan Anda.

Bagaimana ? Setelah membaca jenis waterproofing membrane bakar, apakah anda berminat memakai jenis pelapis anyi bocor ini ?