Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Atap Rumah Bocor dengan Waterproofing | Bisa Dikerjakan Sendiri!

Mencegah Atap Rumah Bocor dengan Waterproofing


Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan daerah tropis dengan curah hujan yang besar di setiap musimnya. Musim kemarau yang panjang dan dilanjutkan dengan paparan air hujan terus menerus bisa membuat atap rumah bocor dan mengalami kerusakan, tidak terkecuali yang memiliki bahan yang kokoh seperti tembok atau beton.

Dinding rumah bisa menjadi lembab, retak, dan berlumut. Atap rumah tidak luput dari serangan musim hujan, sehingga lama-kelamaan muncul rembesan-rembesan kecil yang bisa menyebabkan kebocoran.

Supaya rumahmu tetap aman dan nyaman ditinggali saat musim hujan, kamu perlu melapisi atap dan dinding rumahmu dengan lapisan anti air atau waterproofing.

Mengenal Waterproofing sebagai Mencegah Atap rumah Anti bocor

Atap Rumah Bocor
Sumber : securewaterproofing.com

Kebocoran sering terjadi diawali dengan rembesan air yang berasal dari dinding, lantai, atap, maupun plafon rumah. Oleh karena itu diperlukan pelapis anti bocor yang kuat melekat, elastis, tahan cuaca, dan tentunya tidak mengandung racun sehingga aman untuk diaplikasikan sendiri. Pelapis anti bocor ini disebut waterproof. Jika teraplikasi dengan baik, metode ini sangat cocok untuk mencegah atap rumah bocor saat musim hujan.

Ada beberapa jenis pelapis anti bocor yang bisa dipilih, yaitu:

1. Pelapis Atap rumah Anti Bocor Jenis Integral

Pelapis anti bocor ini adalah jenis bahan yang penggunaannya harus dicampurkan dengan campuran beton. Jadi biasanya digunakan ketika pembangunan pondasi atau atap rumah sedang dikerjakan. Hasilnya beton akan lebih kuat, kokoh, dan tidak mudah keropos ketika terkena air.

2. Pelapis Atap Rumah Anti Bocon Jenis Lembaran

Pelapis anti bocor jenis ini juga sering ditemukan di toko bahan bangunan. Produk ini terbuat dari bahan plastik dengan permukaan yang dilapisi dengan pasir, batu, dan benang fiber untuk memperkuat strukturnya. Akan tetapi kelemahan produk ini adalah pemasangannya lebih rumit dibandingkan kedua jenis produk anti bocor lainnya, yaitu dengan dipanasi, dibakar (torching), dan dilaminasi menggunakan lem.

3. Pelapis Atp Rumah Anti Bocor Jenis Coating (Cat)

Pelapis anti bocor jenis coating paling mudah didapatkan dan paling mudah untuk diaplikasikan ke atap atau bagian bangunan yang mengalami kebocoran. Jenis waterproof ini berbentuk cat dan bisa diaplikasikan dengan kuas atau spray.

Tips dan Cara Mudah Memperbaiki Atap Rumah Bocor, Bisa Dikerjakan Sendiri!

Tips dan Cara Mudah Memperbaiki Atap Rumah Bocor
Sumber : winklerchimica.com

Jika terjadi kebocoran atau rembesan air, ada tips dan cara mudah untuk memperbaiki atapmu yang bocor. Berikut langkah-langkahnya.

1. Bersihkan saluran air

Jika musim hujan datang, ada baiknya kamu membersihkan saluran air secara berkala. Periksa jangan sampai ada sampah atau benda-benda di dalam pipa yang bisa menyumbat aliran air dan menyebabkan genangan. Genangan itu yang bisa menjadi penyebab awal terjadinya kebocoran dan rembesan air.

2. Cari dan temukan retakan-retakan yang menjadi penyebab kebocoran.

Jika atapmu berupa dak semen atau beton, periksa apakah ada retakan-retakan halus. Jangan biarkan! Tandai dan perbaiki. Jika atapmu berupa genteng, jika ada pecahan atau cacat ada baiknya langsung diganti.

3. Siapkan alat dan bahan

Gunakan waterproofing jenis coating sebagai solusi yang mudah untuk mencegah atap rumah mengalami masalah bocor. Kamu bisa membeli cat pelapis anti bocor, kuas, serta serat fiber. Serat fiber berfungsi untuk mengikat dan memperkuat lapisan waterproof.

4. Lapisi atap dengan waterproof

Selanjutnya kamu bisa melapisi atapmu dengan waterproof. Jika ada retakan-retakan di atap betonmu, pertama lapisi retakan tersebut menggunakan cat waterproof. Kemudian tanpa menunggu kering, lapisi cat waterproof menggunakan serat fiber mengikuti arah retakan. Pastikan serat fibernya menempel dengan baik.

Dan untuk lapisan ketiga, aplikasikan lagi cat waterproof diatas lapisan serat fiber. Cara ini walaupun sederhana, tapi cukup ampuh untuk menahan kebocoran dan rembesan akibat retakan.
Untuk atap berupa genteng, selain pada lapisan luar, aplikasikan waterproof pada lapisan dalam genteng. Pastinya membuat atapmu lebih awet dan tahan bocor.

Mudah, bukan? Selain pada atap, waterproof juga bisa kamu aplikasikan pada dinding, niscaya dinding rumah kamu akan bebas lembab. Karena lengket, jangan lupa melapisinya dengan cat tembok biasa, ya?

Dan rasanya, cara mencegah atap rumah bocor yang admin bahas sudah sangat cukup untuk mencegah masalah bangunan bocor saat musim hujan. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat.