Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beton Retak | perbaiki dengan injeksi epoxy aja

Injeksi epoxy adalah metode perbaikan beton retak strukture dengan cara memasukkan sejumlah material epoxy yang bermutu tinggi melalui neple untuk mengisi rongga kosong dalam beton sekaligus merekatkan kembali beton yang terpisah.

Metode perbaikan beton retak ini sangat banyak di gunakan pada proyek jembatan, gedung bertingkat ataupun area pergudangan.

beton retak

Perbaikan beton retak dengan metode injeksi epoxy banyak di gunakan karena sistem pekerjaan tergolong mudah dan material yang sangat baik untuk merekatkan kembali beton retak dan material mampu masuk dalam celah beton yang sangat kecil.

Walau pekerjaan ini tergolong mudah, di perlukan tenaga ahli yang teliti untuk melakukan pekerjaan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ketelitian dan ketekunan sangat di butuhkan agar material benar-benar mengisi penuh rongga beton retak yang kosong.

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan material khusus jenis ini antara lain PT SIKA dan PT FOSROC. Kedua jenis material yang di produksi kedua perusahaan ini sangat banyak di gunakan. Material kedua perusahaan ini sudah teruji dan sangat laku di pasaran dengan berbagai tenaga ahli atau aplikator yang menggunak kedua jenis material ini.

PT SIKA memproduksi matrial SIKADUR 752 Sebagai bahan untuk di suntikkan ke dalam beton dan SIKADUR 31 CF sebagai perekat neplenya.

Sedangkan PT FOSROC mengeluarkan material jenis ini dengan nama combextra EP 10 TG.

Dari kedua jenis material di atas, memiliki keunggulan yang sama. Tergantung pihak pemberi kerja mau memakai produk yang mereka sukai.

Alat Pendukung untuk melakukan pekerjaan injeksi beton retak

Persiapan sebelum melakukan pekerjaan sangat penting. Salah satunya mempersiapkan alat yang di butuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Adapun alat pendukung pekerjaan yang harus di siapkan adalah sebagai berikut :
  • Tabung Injeksi Epoxy
  • Kompressor
  • Gerinda Tangan
  • Kabel Listrik
  • Palu dan pahat
  • Sarung tangan Kain dan Karet
  • Kape Set dan Gagang
  • Selang Aquarium
  • APD
  • Vaccum Cleaner
  • Sikat Kawat

Metode Kerja

Pekerjaan injeksi epoxy harus di lakukan sesuai dengan prosedur pekerjaan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Memerlukan ketelitian dan kesabaran karena celah beton yang di injeksi relatif kecil. Kelalaian sedikit saja dapat menyebabkan material tidak bisa masuk ke dalam rongga beton.

Berikut ini tahapan pekerjaan injeksi epoxy untuk memperbaiki retak pada beton

  • Persiapan Lokasi Kerja
  • Pembersihan atau pembukaan area beton retak
  • Pemasangan neple
  • Penyuntikan Material
  • Finishing

Pembahasan :

Setelah melihat tahapan pekerjaan seperti di atas, Admin coba jelaskan sesingkat mungkin metode kerja injeksi epoxy diatas.

Tahapan persiapan lokasi pekerjaan perlu di lakukan. Misalnya pemasangan Police Line pada area kerja agar tidak ada pekerja lain yang memasuki area kerja. Ini penting di lakukan untuk menjaga neple injeksi menjadi rusak karena terinjak oleh pekerja proyek.

Setelah persiapan lokasi, sebaiknya cek kembali alat dan material yang akan di gunakan. Setelah semua persiapan selesai, kita memasuki tahapan berikutnya yaitu membersihkan area beton retak agar retakan terbuka sempurna.

Pada tahapan ini, kita akan membuka retakan agar retakan beton bersih dari debu yang dapat menghambat material masuk ke dalam beton.

Gunakan sikat kawat untuk membersihkan setiap area retakan kemudian di bersihkan menggunakan vaccum cleaner. Jangan ada debu atau kotoran lainnya yang tersisa pada permukaan beton retak.

Setelah area retak di bersihkan, kita bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu pemasangan neple.

Siapkan neple sesuai kebutuhan. Kemudian siapkan juga material perekat neple. Disini admin memakai material dari sika yaitu SIKADUR 31 CF.
Campurkan menggunakan Kape SIKADUR 31 CF sampai di dapatkan campuran yang di inginkan. Usahakan campuran material sedikit berwarna kehitaman dan homogen.

Oleskan campuran material 31 CF ke neple injeksi epoxy kemudian rekatkan pada beton yang akan di injeksi. Usahakan retakan tepat berada di tengah lobang neple untuk mempermudah penyuntikan material injeksi epoxy ke dalam beton.

Setelah pemasangan neple, diamkan selama 8 jam agar material perekat neple mengering sempurna. Dan jangan lupa, tutup semua area retakan menggunakan SIKADUR 31 CF untuk mencegah material keluar dari retakan saat melakukan penyuntikan material SIKADUR 752.

Setelah material perekat neple kering, kita dapat melakukan penyuntikan material epoxy. Persiapkan alat injeksi epoksy seperti tabung injeksi, kompressor, power listrik, selang aquarium dan material injeksi epoxy. Dalam hal ini, admin menggunakan SIKADUR 752 EKS SIKA.

Campurkan komponen A dan B sikadur 752 kemudian di aduk. Perbandingannya adalah 3 : 1 atau dapat di sesuaikan agar material tidak terlalu cepat setting. Sikadur 752 sedikit agak cepat setting dan mengeras.

Setelah material di campur, tuangkan ke dalam tabung injeksi kemudian di suntikkan ke dalam beton melalui neple yang telah di pasang sebelumnya dengan tekanan 1 – 2 Bar.

Pastikan setiap neple terisi penuh atau dengan tekanan maksimal 2 bar. Penyuntikan material sebaiknya di lakukan saru persatu pada setiap neple dan usahakan material keluar di neple sebelahnya untuk memastikan material benar-benar masuk ke dalam retakan beton atau sampai tekanan sampai 2 bar.

Lakukan dengan teliti dan sabar. Proses penyuntikan ini membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung kedalaman retakan pada beton.

Setelah material yang masuk ke dalam beton di anggap cukup, tutup kembali neple injeksi epoxy menggunakan neple yang telah di sediakan. Tanda material sudah penuh dapat di lihat material injeksi keluar dari neple yang bersebelahan atau tekanan pada kompressor menjadi sekitar 2 bar.

Setelah neple di tutup, biarkan material setting sempurna sekitar 8 jam. Langkah selanjutnya adalah melepaskan neple dan meratakan kembali bekas material perekat neple sampai rata dengan permukaan beton. Sampai di tahap ini pekerjaan injeksi epoxy di anggap selesai.

Untuk memastikan pekerjaan berhasil, buka kembali area retakan yang tertutup material SIKADUR 31 CF. Jika semua retakan terisi dengan material injeksi epoxy, pekerjaan ini di anggap berhasil.

Referensi Perusahaan yang berpengalaman dalam bidang pekerjaan injeksi epoxy


Pekerjaan injeksi epoxy adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan dan ketelitian untuk mendapatkan hasik yang maksimal. Untuk itulah, sebaiknya pekerjaan ini menggunakan tenaga yang profesional dalam bidangnya.

Kami sendiri memiliki team yang kompeten dalam bidang ini. Silahkan hubungi CV INDONITRO untuk informasi selengkapnya.
Webbsite : www.indonitro.com
Alamat : Jalan jati waringin no 234
Jakarta Timur

Kesimpulan

Pekerjaan injeksi epoxy merupakan cara perbaikan kerusakan beton dengan cata memasukkan sejumlah material ke dalam beton. Pekerjaan ini memerlukan tenaga ahli dalam bidangnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak semua pekerja mampu mengerjakan pekerjaan ini dengan baik.

Terima kasih sudah berkunjung