Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tepat Memilih Bahan Epoxy Lantai yang Berkualitas

tahapan pekerjaan epoxy lantai

Kini, banyak yang mulai beralih dari keramik atau granit ke epoxy lantai. Kelebihan yang dimiliki menjadi salah satu alasan. Selain itu, banyaknya warna yang bisa dipadupadankan sesuai imajinasi pemilik ruangan, menjadi alasan pendukung orang berpindah ke sistem epoksi.

Namun, di antara semua kelebihannya yang tahan lama dalam pemakaian dan mudah pemasangan, hasil yang diperoleh pun tergantung jenis bahan yang digunakan. Salah pilih bahan, maka lantai bisa mudah rusak atau terjadi penggelembungan di dalamnya.

Karena itu, sebelum memutuskan berganti ke sistem epoksi, ada baiknya mencari tahu dulu cara memilih bahan epoxy yang berkualitas.
Bagaimana caranya? Ikuti ulasan berikut.

Cara Memilih Epoxy Lantai Berkualitas

pinterest.com



  • Pilih yang water-based paint
  • Cat epoksi yang water-based paint lebih ekonomis dari segi harga karena termasuk dalam bahan dasar untuk epoksi. Meskipun tidak mempunyai dua bagian yang terpisah yaitu hardener atau resin seperti cat epoksi lainnya, tetapi tetap memiliki daya tahan yang kuat dan lama.

    Lebih mudah pula ketika diimplementasikan. Tidak membuat bahaya pengguna lantaran campuran kimia yang sedikit. Cat jenis ini cocok jika Anda memasang epoxy pada lantai di rumah. Berbeda bila ingin menerapkannya untuk industri, maka membutuhkan jenis lain yang lebih kuat agar tahan dari udara yang lembab.



  • Perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya
  • Bahan yang bagus, akan mampu menutup setiap celah lubang maupun keretakan yang ada pada permukaan lantai sebelum pemasangan inti epoksi. Bahan ini biasanya ada pada cat epoksi primer sebagai cat dasar. Karena itu, pastikan Anda epoxy grout yang berkualitas.



  • Mengandung 100% epoxy solids
  • Jika Anda menemukan cat epoksi yang memiliki material masing-masing 100% untuk resin dan hardener, maka gunakan itu. Pasalnya, cat ini mampu menjaga lantai ruangan lebih tahan lama dan kuat. Bahkan, beberapa ahli mengklaim jika daya tahannya bisa lima kali dari lantai beton.



  • Memperhatikan kandungan di dalamnya dan cari yang sehat
  • Beberapa merek epoksi yang beredar di pasaran, mengandung zat timbal yang berbahaya bagi tubuh. Menurut WHO atau Badan Kesehatan Dunia, jika manusia sering terpapar zat timbal, dapat mengalami gangguan pernapasan, kecerdasan otak mengalami penurunan, serta kerusakan pada bagian pembuluh darah. Bahkan, kanker dan alzheimer dapat menanti dalam antrean.

    Agar anak dan seluruh anggota keluarga tetap aman dan sehat meskipun menggunakan sistem epoksi, maka gunakanlah cat yang mengandung kadar VOC (Volatile Organic Compound) rendah. Pasalnya, bila cat epoxy memiliki kadar VOC yang tinggi, maka akan timbul bau menyengat yang mencemari udara setelah proses pengecatan selesai.



  • Pilih warna yang sesuai desain
  • Agar tampilan lebih menarik dan hasil sempurna, maka pilihlah warna yang sesuai dengan gambar referensi. Anda pun dapat mencampurkan antara satu cat epoksi dengan lainnya sesuai kadar yang dibutuhkan.

    Produk yang Sering Digunakan untuk Epoksi


    learncoatings.com

    Selain mengetahui cara memilih yang tepat, Anda pun perlu mengenali produk epoksi lantai agar dapat memilih sesuai kebutuhan. Di antara produk-produk tersebut ialah:



  • Cat epoxy lantai yang ekonomis
  • Jenis cat ini banyak digunakan untuk kebutuhan pembangunan tempat-tempat yang butuh cepat kering. Contohnya adalah trotoar atau lantai pabrik. Meskipun ekonomis, tetapi tetap memiliki kelebihan yaitu halus, daya tahan lama, serta menghasilkan warna yang cerah. Pun tahan terhadap air hujan yang mengenainya.



  • Cat epoksi jenis kedua
  • Cat jenis ini akan mengering setelah 12 jam pengaplikasian. Umumnya digunakan untuk area yang padat lalu lintas serta sering dilewati benda bermuatan berat, sebab rentan terhadap benturan.



  • Cat epoksi jenis ketiga
  • Jenis ketiga ini memiliki kelebihan mampu menahan muatan berat serta tahan terhadap cairan kimia. Mudah perawatannya dan daya tahan lebih lama.
    Itulah langkah yang tepat untuk mendapatkan cat epoxy lantai berkualitas terbaik. Semoga bermanfaat.