Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini, Lho Cara Membuat Epoxy Lantai 3D Agar Rumah Lebih Berseni

contoh epoxy lantai

Rumah yang modern dan artistik dengan unsur seni didalamnya, menjadi impian hampir semua orang. Desain interior memegang peranan penting untuk mewujudkannya. Selain harus pandai dalam menata ruang maupun memilih hiasan, Anda pun harus pintar menyeleksi bahan apa yang akan digunakan untuk lantai. Pasalnya, bagian ini akan sering bersentuhan dengan semua aktivitas anggota keluarga. Mulai dari bermain, tidur, hingga berjalan. Salah pilih, keamanan dan kenyamanan keluarga menjadi taruhan.
Untuk membantu memilih, Anda dapat menggunakan sistem epoxy lantai yang mulai dilirik banyak orang. Sifatnya yang tahan benturan, membuat lantai rumah berumur lebih panjang. Pun mudah dalam pemasangan sehingga tidak memerlukan biaya tinggi untuk implementasi.
Epoksi juga memiliki beragam bentuk yang bisa merealisasikan imajinasi Anda akan rumah impian. Mulai dari 2D hingga 3D. Desain yang tidak terbatas dengan bermacam-macam warna yang bisa dipadupadankan satu sama lain, membuat rumah Anda akan lebih berseni.
Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengaplikasikanya, mari cari tahu bahan apa saja yang dibutuhkan dan cara pembuatannya melalui ulasan berikut.

Bahan-bahan untuk membuat Epoxy Lantai 3D

pinterest.com

Untuk mendesain lantai sebuah ruangan dengan efek 3D, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan di antaranya:
  1. Epoksi primer atau cat bagian dasarnya yang berfungsi untuk melapisi bagian permukaan lantai setelah dibersihkan semua kotoran ataupun debu di atasnya.
  2. Hardener atau epoxy gloss yang memiliki fungsi untuk mengubah lantai menjadi lebih halus, bening, sehingga dapat terhindar dari goresan ketika pemasangannya.
  3. Resin clear yang berfungsi untuk melapisi lantai yang sudah selesai dilukis agar menghasilkan gambar yang lebih kuat dan tahan lebih lama.
  4. Gambar yang akan digunakan sebagai referensi desain. Pastikan gambarnya memiliki kualitas terbaik agar hasilnya pun sempurna.

Cara Membuat Epoxy Lantai 3D

pinterest.com

Usai mengetahui bahan-bahan apa saja yang wajib disiapkan, kini saatnya mulai menghias lantai ruangan dengan epoksi untuk menciptakan efek 3D. Inilah tahapannya:
  1. Siapkan terlebih dahulu permukaan lantai yang akan dipasang epoksi. Singkirkan debu dan kotoran yang ada sebelum pemasangan. Bisa juga mengamplasnya bila permukaan masih belum rata. Pastikan, Anda membersihkan ke setiap celah baik yang terlihat maupun tertutup barang lainnya.
  2. Bersihkan kembali lantai dari debu atau partikel kecil lainnya setelah pengamplasan. Anda bisa menyapu atau menggunakan vacuum cleaner. Fungsinya agar tidak meninggalkan adhesi yang bisa melemahkan fungsi epoksi lantai tersebut.
  3. Lakukan pengecekan dasar menggunakan epoksi primer. Fungsinya agar lantai lebih tahan lama serta proses adhesi ke substrat lebih sempurna. Untuk menghindari risiko adanya penggelembungan pada lantai setelah epoksi, maka lakukan pengecatan lagi untuk menutup substrat yang sudah terbentuk. Agar lebih cepat kering, pastikan ruangan yang akan diimplementasikan epoksi 3D memiliki ventilasi yang baik.
  4. Bila ada permukaan lantai yang tidak rata, maka ratakan dengan epoxy grout. Pun jika terdapat retak di beberapa bagian, pastikan Anda memotong bagian-bagian tersebut kemudian menutupnya dengan epoxy grout.
  5. Kemudian, mulailah melukis menggunakan epoxy gloss atau hardener. Lakukan berulang sesuai ketebalan yang diinginkan. Pastikan Anda memberikan warna yang persis dengan desain. Bila belum mahir dalam melukisnya, ada baiknya menggunakan jasa pemasangan epoksi yang sudah profesional agar mendapatkan hasil yang sempurna.
  6. Tahap akhir, bubuhkan resin clear untuk memperpanjang masa usia lantai serta menjadikan permukaannya lebih mengkilap dan tampak nyata.
Itulah bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara pembuatan epoxy lantai 3D. Anda tertarik untuk mengaplikasikannya?