Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Epoxy Lantai: Solusi Cerdas Atasi Kamar Mandi Sering Bermasalah


Lelah menghadapi kamar Mandi yang sering bermasalah? Baru beberapa minggu diperbaiki, tidak lama setelahnya rusak lagi. Berulang secara terus menerus?
Ruang mandi sering mengalami masalah bisa jadi karena pemilihan bahan yang salah atau cara pengerjaannya yang kurang tepat. Akibatnya, dinding mudah basah hingga meninggalkan bekas menguning. Buruknya, cat bisa mengelupas hingga menggelembung yang menjadi sarang para jamur dan lumut. Parahnya lagi, kamar sebelah bisa terkena imbas lantaran lantai yang tidak diproteksi dengan baik. Akhirnya, renovasi kamar mandi menjadi pilihan.
Namun, itu bukan pilihan terbaik. Pasalnya, membongkar ruang untuk mandi tidaklah mudah. Membutuhkan banyak biaya serta pemikiran yang matang.
Nah, daripada membongkar kemudian terkena masalah serupa lagi, alangkah lebih baik Anda menggantinya dengan sistem epoxy lantai. Dengan epoksi, lantai jadi terproteksi. Lebih tahan lama dan tidak akan menjadi sarang para jamur maupun lumut.

Mengapa Harus Epoxy Lantai?

flickr.com

Epoksi merupakan material cat khusus yang digunakan sebagai pelapis, terutama untuk lantai beton. Bentuknya yang serupa cat, menjadikan hasilnya pun rata tetapi lebih licin. Bahan utama yang paling banyak digunakan adalah resin dan hardener. Tetapi, ada bahan tambahan lainnya yaitu dempul agar permukaannya semakin rata.
Adanya resin yang berfungsi sebagai perekat dan pengikat antara semen dan mortar menjadikan lantai tidak mudah retak, sekalipun terkena lelehan bahan kimia. Alhasil, lantai lebih awet meskipun sudah terpakai dalam beberapa tahun.

Resin juga memiliki sifat menyusut yang rendah, tahan terhadap kelembaban udara serta memiliki umur simpan yang relatif panjang. Pun dengan hardener yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan beton terhadap benturan maupun pengikisan.
Maka, kombinasi keduanya mampu menjadi solusi cerdas untuk mengatasi permasalahan kamar mandi Anda.

Keuntungan Menggunakan Epoksi untuk Lantai Kamar Mandi

icoataustralia.com.au

Agar lebih meyakinkan Anda, berikut beberapa keuntungan bila menggunakan sistem epoksi untuk lantai ruang mandi:
  1. Terhindar dari noda menguning yang memberi kesan kamar mandi jorok seakan tidak pernah dibersihkan.
  2. Dasar kamar mandi jadi lebih kokoh. Umurnya pun relatif lebih panjang. Tidak mudah pula retak meskipun terkena beban berat atau cairan kimia.
  3. Dapat dimodifikasi dengan desain-desain unik nan lucu, menyesuaikan kesukaan anggota keluarga. Untuk anak-anak akan lebih nyaman ketika berada di kamar mandi lantaran motifnya yang sesuai imajinasi mereka.
  4. Lebih hemat biaya daripada melakukan pembongkaran secara total yang membutuhkan banyak persiapan.
  5. Lebih mudah dibersihkan daripada menggunakan keramik biasa. Untuk noda membandel, Anda cukup mengepelnya seperti biasa, maka kotoran akan hilang.
  6. Dengan bantuan jasa profesional, pemasangan epoksi relatif lebih cepat. Anda tidak perlu bertahan dalam ketidaknyamanan selama masa renovasi dan dapat segera kembali ke rutinitas harian. Suara bising pun lebih minim terdengar.
  7. Lebih ramah lingkungan. Pasalnya, setelah bahan pengeras diterapkan, maka epoksi dianggap bebas dari Volatile Organic Compound (VOC), sehingga keluarga aman dan terhindar dari pencemaran udara akibat bahan kimia yang biasa terkandung dalam cat.
  8. Memberikan keamanan dan kenyamanan bagi anggota keluarga yang memakai. Selain itu, epoksi memiliki daya tahan kuat terhadap abrasi maupun guncangan. Ketika terjadi benturan keras akibat gempa misalnya, lantai tetap kokoh bertahan.
  9. Terdapat berbagai macam pilihan warna maupun proses pengerjaannya. Di antaranya pilihannya:
    1. Solid : hanya terdiri dari satu warna, mulai dari lapisan dasar hingga teratas.
    2. Flaky: terdapat lapisan serpihan vinil yang dipasang sebelum pengeras.
    3. Metalik: menggunakan lapisan metalik sebelum pemasangan pengeras.
Masih ingin merombak total kamar mandi atau menggantinya dengan sistem epoxy lantai? Apa pun pilihannya, tetap utamakan kenyamanan dan keamanan anggota keluarga sebagai pengguna. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam membuat pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.