Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Rumah Lebih Terlihat Artistik? Gunakan Epoxy Lantai untuk Ruangan Tertentu

warna yang terang sebagai pilhan epoxy lantai

Memiliki rumah yang artistik tentu idaman semua orang. Terlebih jika desainnya dapat diganti sesuai yang diinginkan dan mengikuti selera anggota keluarga. Home sweet home, akan lebih terasa. Berkumpul bersama keluarga semakin menyenangkan.

Namun, bagaimana caranya? Pasti membutuhkan banyak biaya untuk mewujudkannya.
Dua hal tersebut pasti akan menjadi pertanyaan penting ketika ingin mendesain rumah lebih artistik lagi, terutama di bagian lantai. Banyak material yang dibutuhkan, belum jasa profesionalnya. Pasti pusing memikirkan budget yang harus dikeluarkan.

Namun, Anda tenang saja. Kini, ada cara lebih mudah dalam mewujudkan impian rumah artistik, yaitu menggunakan sistem epoxy lantai.

Apa itu Epoksi Lantai ?

duraamen.com

Epoksi merupakan sistem pengecatan yang menggunakan kombinasi beberapa bahan kimia yang aman untuk keluarga. Bahan yang dipakai dalam epoxy ialah resin, hardener, serta dempul. Ketiganya memiliki sifat yang saling mendukung untuk membuat lantai berumur lebih panjang dan tahan dari benturan maupun goncangan.

Jenis Sistem Lantai Epoksi

pinterest.com

Dalam pengaplikasiannya, ada beberapa jenis sistem lantai epoksi yang bisa jadi pilihan Anda sebelum mengaplikasikannya. Nah, apa saja itu? Yuk, simak ulasannya.

1.Self leveling epoxy
Self leveling merupakan salah satu sistem epoksi yang banyak diaplikasikan pada lantai beton, baik yang masih baru, sudah lama digunakan, mengalami keretakan, atau rusak parah. Tujuannya, untuk membuat permukaan lebih halus, rendah, serta tahan lama.
Manfaat self leveling sendiri yaitu:
  1. Mempunyai daya tahan yang lebih baik daripada yang lain seperti dari bahan-bahan kimia ataupun panas.
  2. Permukaan lebih mengkilap sehingga lebih cantik dari segi tampilan.
  3. Lebih mudah dibersihkan.

2.Mortar epoxy
Mortar merupakan pencampuran adonan yang bersifat keras serta padat untuk membantun lantai yang kokoh dan tahan terhadap berbagai benturan. Ditambah epoksi yang melapisi bagian atasnya, lantai akan memiliki usia yang lebih panjang. Mortar juga lebih banyak digunakan untuk jenis lantai yang sudah mulai keropos atau tidak rata.

Ruangan-ruangan yang Pas Untuk Mengaplikasikan Epoxy Lantai

pinterest.com

Penggunaan lantai epoksi yang paling umum adalah di garasi dan ruang komersial, tetapi bagaimana dengan ruang hunian lainnya? Ini tidak pernah terdengar, dan ketika dilakukan dengan baik dapat terlihat cukup gaya! Berikut adalah beberapa kamar yang perlu dipertimbangkan untuk lantai epoksi:
  • Kamar mandi
Ubin atau keramik merupakan hal yang biasa dipakai untuk menghiasi lantai kamar mandi. Tetapi, kini Anda dapat mengubahnya dengan epoksi yang dapat memberi perlindungan terhadap jamur dan lumut. Warna kekuningan yang membuatnya terlihat jorok, tidak akan lagi tampak.
  • Ruang bawah tanah atau basement 
Basement kadang dapat dapat digunakan untuk hal lainnya seperti rekreasi bersama keluarga atau garasi. Agar ruangan terlihat lebih luas, gunakan sistem epoksi. Basement pun akan lebih mudah dibersihkan.
  • Ruang tidur
Kamar tidur lebih sering menggunakan karpet atau alas berbahan kayu. Tetapi lantai epoksi dengan warna sempurna dapat mengubah kamar tidur menjadi ruang modern yang ramping. Pilih warna terang untuk menciptakan ilusi ruang, atau sesuatu yang sedikit lebih gelap untuk getaran yang lebih hangat dan romantis.
  • Dapur
Dapur menjadi tempat ideal berikutnya untuk pengaplikasian epoksi. Pasalnya, di dapur inilah segala hal berat terjadi. Contoh, panci dan wajan yang jatuh menimpa lantai, toples pecah, serta berbagai tumpahan makanan terjadi di tempat ini. Maka dari itu, dengan menggunakan epoksi, lantai akan lebih kuat dan mendapatkan banyak pencahayaan dari reflektifitasnya.

Itulah empat ruangan yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan epoxy lantai. Wujudkan imajinasi Anda untuk mengubah rumah menjadi lebih artistik dalam ruangan-ruangan tersebut. Selamat mencoba.