Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterproofing Membrane Bakar

Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterproofing Membrane Bakar


Masalah kebocoran tidak hanya terjadi pada rumah biasa. Gedung perkantoran pun kerap kali mengalami masalah yang satu ini, terlebih saat musim hujan tiba. Untuk mencegah hal ini, pemasangan waterproofing menjadi solusi yang tepat. Dan Admin ingin memberikan tips sebelum anda menetukan pilihan jenis pelapis anti bocor yang akan dipakai. Oleh sebab itulah, admin ingin membahas kelebihan waterproofing membrane bakar. Tentu bukan itu saja, admin juga akan mengulas kekurangannya.

Beberapa di antara Anda mungkin masih asing dengan istilah tersebut. Padahal, metode ini dianggap sebagai salah satu cara ampuh dalam mengatasi kebocoran, lho. Mari berkenalan dengan waterproofing membrane bakar disini, dan ketahui apa saja kelebihan serta kekurangannya.

Mengenal Metode Coating dengan Membrane Bakar

Waterproofing Membrane Bakar

Waterproofing membrane bakar merupakan proses pemasangan lapisan atap dengan cara dibakar. Lapisan yang digunakan tidak boleh sembarangan. Dalam metode ini, lapisan yang digunakan adalah lapisan berbahan dasar bitumen beserta non waven polyester.

Lembaran demi lembaran membran dipasang pada bagian atap, kemudian direkatkan menggunakan semprotan api. Dengan cara itu, lapisan akan melekat kuat pada atap dan tidak mudah lepas atau terkelupas akibat cuaca.

Metode waterproofing membran bakar ini kebanyakan diaplikasikan pada atap gedung ataupun atap basement yang notabene membutuhkan perlindungan kuat dari cuaca ekstrem.

Sedangkan untuk metode coating sudah saya buatkan artikel secara terpisah pada postingan sebelumnya, ini artikelnya : Waterproofing coating, Metode dan jenisnya yang wajib diketahui

Kelebihan Waterproofing Membrane Bakar

Kelebihan Waterproofing Membrane Bakar

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari waterproofing membrane bakar. Pertama, metode ini ampuh mencegah kebocoran atap. Bagaimana tidak? Ia betul-betul melekat kuat pada beton dan tidak dapat ditembus oleh air.

Dibandingkan coating jenis lain seperti cat misalnya, coating membran bakar waterproof ini memiliki durabilitas yang lebih baik. Pengelola gedung tentu akan sangat diuntungkan oleh keadaan ini, karena mereka tidak perlu melakukan renovasi berulang kali dalam jarak waktu yang dekat.

Selain itu, bahan waterproofing membran bakar juga memiliki kualitas yang baik dan kuat. Ia tahan terhadap cuaca dingin sekaligus panas matahari, tahan terhadap lumut, jamur, dan berbagai bahan kimia yang membuat atap mudah lapuk.

Gedung-gedung bertingkat cenderung memilih metode yang satu ini karena ia juga tahan terhadap benturan dan tekanan yang berat.

Kekurangan Metode Waterproofing Membrane Bakar

Kekurangan Metode Waterproofing Membrane Bakar

Meskipun menawarkan berbagai macam kelebihan, ada beberapa kekurangan dari metode ini yang layak untuk diwaspadai.

Pertama, metode pelapisan membrane bakar memakan waktu cukup lama. Setelah menggelar lapisan membran, proses pembakaran harus segera dilakukan supaya lapisan bisa melekat pada atap beton.

Proses pembakaran ini dilakukan oleh para profesional dengan menggunakan semprotan khusus. Anda tidak bisa melakukan proses ini sendirian karena risikonya sangat tinggi.

Kedua, proses ini memakan biaya yang cukup besar. Harga lapisan bitumen per meter persegi variatif, antara Rp80.000,00-Rp150.000,00. Maka dari itu, semakin luas atap yang akan dilapisi, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Biaya ini belum termasuk harga jasa pemasangan, yang notabene dikerjakan oleh lebih dari satu orang.

Ketiga, proses pemasangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kesalahan dalam mengukur luas membran untuk melapisi atap akan membuat beberapa bagian atap menjadi tidak kedap air. Namun, kecil kemungkinan penyedia jasa coating profesional akan melakukan kesalahan semacam ini.

Jadi, Apakah Anda Membutuhkan Metode Pelapisan Membran Bakar?

Metode Pelapisan Membran Bakar

Pada dasarnya, metode pelapisan yang satu ini sangat kuat dan tahan lama. Namun, Anda harus menyesuaikan pilihan metode coating dengan kebutuhan. Metode waterproofing membrane bakar terlalu berlebihan jika digunakan untuk rumah pribadi yang tidak terlalu besar. Ia lebih cocok dipakai untuk gedung perkantoran, hotel, atau penginapan.


Setiap metode coating memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk metode waterproofing membrane bakar. Sebelum memilih, pastikan Anda sudah menghitung bujet dan menganalisis jenis bangunan yang akan dilapisi.