Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunggulan Penggunaan Injeksi Epoxy untuk Menangani Kebocoran Bangunan

injeksi epoxy
jInjeksi epoxy merupakan salah satu solusi perbaikan beton bocor yang ada. Bentuk bahan resin epoxy ini memang cair, tetapi akhirnya akan mengering, mengeras, serta menguat. Faktanya, bahan epoxy juga difungsikan untuk keperluan lainnya seperti bahan untuk membuat permukaan lantai, serta tujuan artistik, seperti membuat lukisan, patung, dan lain sebagainya.
Sudah banyak orang yang tahu bahwa salah satu kelebihan dari solusi injeksi epoxy ialah kekuatan. Namun, sebenarnya masih ada sederet keunggulan lainnya yang Anda perlu ketahui. Ikuti ulasan menariknya di bawah ini.

Proses Kerja Injeksi Epoxy

well-maintanance.com

Seperti sudah banyak diketahui, injeksi epoxy ialah sebuah prosedur perbaikan kebocoran atau keretakan beton dengan mengisikan sejumlah bahan resin epoxy melalui nipple (sebuah alat berbentuk dot susu) dan peralatan lainnya untuk kemudian disuntikkan ke dalam rongga keretakan dalam beton.
Metode injeksi epoxy sering digunakan pada proyek pembangunan atau maintenance jembatan, pergudangan, serta gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan. Anda juga membutuhkan peralatan pendukung lainnya untuk melakukan prosedur ini, yakni kompresor, tabung injeksi, gerinda, sarung tangan karet, kabel listrik, selang akuarium, palu, pahat, dan lainnya.
Proses kerja injeksi epoxy sebaiknya dilakukan sesuai prosedur yang berlaku dan membutuhkan ketelitian, karena celah keretakan beton yang akan disuntikkan resin epoxy berukuran relatif kecil (maksimal berukuran hanya hingga 0,5cm). Bila lalai dapat berisiko kegagalan dalam penyuntikan bahan ke dalam rongga retakan beton. Untuk itu, dibutuhkan tenaga ahli dalam proses pengerjaan metode ini. 
Langkah-langkah dalam pengerjaan injeksi epoxy untuk perbaikan beton bocor ialah sebagai berikut:
  1. Mempersiapkan tempat pengerjaan prosedur.
  2. Membersihkan area keretakan beton pada bangunan atau lantai.
  3. Mencampurkan dan mengaduk rata komponen-komponen bahan resin epoxy.
  4. Memasangkan nipple pada tabung injeksi.
  5. Menyuntikkan bahan cairan resin epoxy ke dalam rongga/celah keretakan.
  6. Merapikan area beton yang telah disuntikkan resin epoxy dan membersihkan tabung serta selang dengan bahan pelarut.

Keunggulan Injeksi Epoxy untuk Menangani Kebocoran Bangunan

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan injeksi epoxy sebagai sebuah solusi kebocoran beton.

  • Pengerjaan yang Mudah & Praktis

rhinocarbonfiber.com

Proses pengaplikasian injeksi epoxy dikenal mudah dan praktis. Tidak diperlukan penggalian atau perombakan beton sama sekali, sehingga minim risiko kerusakan bagian beton lainnya.

  • Bahan dengan Ketahanan & Kekuatan Tinggi

Resin epoxy adalah bahan yang dapat diandalkan, dengan kata lain, injeksi epoxy dapat menjadi solusi permanen tepercaya. Anda dapat mengaplikasikannya pada semua jenis retakan berukuran kecil, baik horisontal maupun vertikal. Tak seperti bahan perekat lainnya, epoxy dapat mengikat kembali beton, sehingga meningkatkan kekuatan area keretakan.
Solusi ini juga mengubah beton Anda menjadi bersifat waterproof sekaligus mencegah masuknya partikel kimia, serangga, jamur, debu, dan lainnya.

  • Durasi Pengerjaan yang Tidak Memakan Banyak Waktu

intechanchoring.com

Seluruh proses pengerjaan injeksi epoxy hanya membutuhkan kurang lebih satu setengah jam. Ketika bahan resin epoxy disuntikkan ke dalam celah retakan, bahan tersebut akan langsung mengeras hanya dalam beberapa jam saja.

  • Bersifat Ekonomis

Jika Anda mencari solusi low-budget untuk perbaikan keretakan bangunan beton, tidak diragukan lagi, injeksi epoxy adalah salah satu pilihan yang hemat biaya. Metode ini praktis dan mudah dilakukan, sehingga tidak diperlukan biaya tambahan untuk pembongkaran serta perbaikan kembali area beton yang mengalami keretakan maupun area di sekitarnya.
Terlebih lagi, jika Anda menggunakan jasa tenaga ahli, biaya perbaikan sekaligus pengaplikasian injeksi epoxy dapat ditekan. Anda hanya harus meninjau saja, karena semuanya selesai dan rapi secara optimal.
Terakhir, perlu diingat, sebaiknya Anda menggunakan jasa tenaga profesional untuk mengaplikasikan injeksi epoxy. Bila Anda ingin melakukannya sendiri, pelajari dahulu prosedur dengan baik atau tanyakan saran dari tenaga ahli. Selamat bekerja!