Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips dalam Memilih Cat Pelapis Anti Kebocoran untuk Perbaikan Beton Bocor

cat pelapis anti bocorSumber image : wallmaxpaints.com

Sebagian bangunan, terutama gedung, dilengkapi dengan dak yang terletak pada bagian paling atas dan sering dimanfaatkan sebagai area ekstra untuk mencuci pakaian serta menjemurnya.

Meskipun dak beton populer sebagai salah satu bagian hunian di masyarakat karena ketahanan dan kemampuannya meredam panas terik sinar matahari, Anda tetap harus melapisinya dengan Cat pelapis untuk perbaikan beton bocor.

Terutama dengan iklim tropis negara kita yang bercurah hujan cukup tinggi, dak beton pada bangunan sangat memerlukan perhatian khusus. Itulah sebab ditemukannya cat pelapis anti bocor atau dalam istilah bahasa asingnya, waterproofing coating.

Namun, Anda tetap harus memilih cat pelapis yang tepat untuk mengatasi perbaikan beton bocor. Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Cat Pelapis Anti Bocor?

Cat pelapis anti bocor atau waterproofing coating merupakan suatu prosedur perbaikan beton bocor, terutama di area dak bangunan, kolam renang, dan bagian lainnya.

penggunaan cat pelapis anti bocorSumber Image : yunyanchina.com

Cara penerapan cat pelapis ini adalah dengan melapisi bagian permukaan beton yang retak atau bocor dengan selapis tipis cat anti bocor. Gunakan sebuah kuas cat biasa atau paint roller untuk menerapkan waterproofing coating pada permukaan beton.

Tips dalam Memilih Cat Pelapis Anti Bocor yang Tepat


Di Toko Bahan Bangunan , terdapat berbagai merek waterproofing coating, namun tak semuanya tepercaya. Oleh karena itu, sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih cat pelapis anti bocor berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Keretakan Beton dengan Saksama

seorang pria sedang mengecat atap betonSumber Image : nbmcw.com

Cek kebocoran permukaan beton sebelum menentukan cat pelapis anti bocor yang tepat. Bila kerusakannya relatif sangat besar, Anda dapat menambahkan bahan lainnya seperti semen berkemampuan rekat tinggi atau lapisan aditif bonding adhesive agent. Sebelum melakukan prosedur perbaikan beton bocor, jangan lupa untuk membobok kebocoran pada permukaan beton dahulu, sehingga hasilnya terlihat rapi. 

2. Pelajari Cara Penerapan Cat Pelapis Kebocoran dengan Teliti

Bacalah cara pemakaian cat pelapis anti bocor dengan teliti sebelum menggunakannya. Setiap produk mungkin saja menyarankan prosedur perbaikan beton bocor yang berbeda.

Hal yang terpenting lagi adalah membersihkan bagian beton yang hendak ditambal dari debu dan jamur agar waterproofing coating dapat bekerja secara optimal.

3. Pilih Produk yang Kuat Terpapar Panas Matahari

atap yang sudah dilapisi cat anti bocorSumber Image : winklerchimica.com

Jika dak bangunan Anda hanya terdiri atas selapis beton saja, pilihlah produk pelapis anti bocor dengan ketahanan tinggi terhadap paparan terik matahari.

Pemilihan produk waterproofing coating yang buruk akan membuat dak beton Anda cepat bocor lagi.

4. Tentukan Pilihan Anda Berdasarkan Jenis Cat Pelapis Anti Bocor

Kini, terdapat tiga macam waterproofing coating di pasar untuk melakukan perbaikan beton bocor, seperti berikut:
  • Pelapis Tipe Styrene Acrylic
Produk coating berdaya rekat serta ketahanan tinggi umumnya dibuat dari styrene acrylic. Hanya saja, harganya cukup jauh di atas jenis pelapis lainnya.

Namun, bila kekuatan adalah prioritas Anda, produk ini sangat layak digunakan. 
  • Pelapis Tipe Cementius
Bila ingin cat pelapis anti bocor yang lebih ekonomis, gunakan saja coating tipe cementius yang mengandung dua bahan aditif lain, yakni semen dan bonding adhesive agent. Agar hasilnya optimal, sapukan pelapis jenis ini pada permukaan beton yang bocor lebih dari sekali dengan arah sapuan yang berlawanan. 
  • Pelapis Tipe Membrane
Sebagai produk alternatif, cat pelapis anti bocor membrane yang mengandung minyak dan tampak seperti aspal ini juga lebih murah. Namun, bentuknya bukan cairan, melainkan lembaran yang mengandung zat perekat serta polyester.

5. Utamakan juga Produk Coating Anti Jamur


contoh cat pelapis anti bocor

Karena negara kita bercurah hujan tinggi, sebaiknya pilih produk pelapis anti bocor yang mengandung zat anti jamur pula.

Dengan demikian, dak beton Anda tak hanya anti bocor tapi juga mudah dibersihkan dari bakteri, jamur, dan debu, serta tak mudah lapuk.
Nah, sekarang saatnya lakukan perbaikan beton bocor pada bangunan Anda. Semoga berhasil!