Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Epoxy Lantai yang Penting untuk Diketahui

Memiliki hunian dengan lantai yang eksklusif dan cantik tentu menjadi impian semua orang. Kini ada cara mudah untuk mewujudkannya yaitu menggunakan epoxy lantai. Tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang epoxy lantai dan fungsinya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Epoxy Lantai?

exteriorcoatings.com

Epoxy lantai merupakan cara melapisi lantai agar lantai menjadi lebih mengkilap, halus, dan ekskusif. Bahan yang digunakan untuk melapisi lantai merupakan bahan kimia yang menggunakan bahan resin dan hardener. Ketika kedua bahan tersebut dicampurkan, maka terbentuklah suatu  lapisan kimia yang berbentuk plastik. Bahan epoxy lantai ini membuat lantai menjadi sangat kuat sehingga sering digunakan di berbagai gedung industri, rumah sakit, bandara, dan bangunan lain yang sering dipadati banyak orang.

Fungsi Penting Epoxy Lantai

Epoxy lantai tidak hanya mampu membuat lantai menjadi lebih bagus dan menarik. Ada beragam fungsi lain yang perlu diketahui, antara lain:

1. Melindungi Struktur Utama Lantai


Epoxy lantai mampu melindungi struktur utama lantai. Hal ini dikarenakan bahan epoxy yang digunakan pada lantai tidak mudah rusak akibat cairan kimia atau cuaca ekstrem.

2. Membuat Lantai Lebih Awet

Lantai yang berbahan keramik bisa saja mengalami keretakan atau pecah akibat tertimpa benda yang keras atau terpapar cuaca panas yang ekstrem. Namun, jika Anda menggunakan epoxy lantai untuk melindungi lantai Anda, maka hal ini tidak akan terjadi. Epoxy lantai memiliki ketahanan yang bagus terhadap benturan benda keras maupun paparan suhu yang ekstrem. Hal ini dikarenakan ikatan antar partikel epoxy lantai sangatlah kuat.

3. Membuat Lantai Lebih Bersih

armorpoxy.com

Lantai yang menggunakan epoxy lantai lebih mudah dibersihkan dibandingkan lantai yang tidak menggunakan pelapis epoxy. Bahan epoxy yang halus dan mudah dibersihkan membuat lantai yang menggunakan epoxy dapat dibersihkan secara maksimal sehingga lantai menjadi lebih bersih.

4. Membuat Lantai Anti Jamur

Epoxy lantai juga merupakan bahan yang bersifat anti jamur. Hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa epoxy lantai banyak digunakan pada lantai rumah sakit dan laboratorium.

5. Membuat Lantai Lebih Eksklusif Tanpa Sambungan

exteriorcoatings.com

Epoxy lantai juga memungkinkan lantai berwarna seragam dengan permukaan rata dan eksklusif, serta tanpa ada sambungan. Lantai tanpa sambungan ini merupakan keunggulan dari penggunaan epoxy lantai yang memudahkan perawatan lantai dan membuat ruangan lebih higienis.

6. Dapat Digunakan sebagai Anti Slip

Epoxy lantai juga memungkinkan lantai Anda menjadi anti slip dan tidak licin. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi hunian yang memiliki balita atau lansia agar tidak mudah terpeleset, maupun perkantoran agar kenyamanan karyawan lebih maksimal.
Selain beragam fungsi di atas, epoxy lantai juga memiliki banyak keunggulan lainnya yaitu:
  1. Epoxy lantai memiliki daya adesi yang sangat kuat
  2. Epoxy lantai memiliki daya porositas rendah, hal ini membuat noda atau cairan yang jatuh di lantai tidak mudah meresap ke dalam pori-pori lantai.
  3. Epoxy lantai mudah diaplikasikan. Anda bisa menggunakan roll, kuas, ataupun trowel.
  4. Epoxy lantai juga dapat digunakan sebagai anti korosif.
Demikian ulasan tentang epoxy lantai dan ragam fungsinya yang dapat meningkatkan eksklusifitas dan keawetan lantai Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber: