Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu untuk Perbaikan Beton Bocor, Simak Langkah-Langkahnya!


Pada masa kini, selain dimanfaatkan sebagai bahan pondasi, beton juga digunakan sebagai atap bangunan. Mengacu pada gaya arsitektur modern, atap beton dinilai lebih multifungsi. Selain bisa untuk pelindung rumah, atap beton yang kokoh dan kuat dipijak juga bisa difungsikan sebagai rooftop, area jemur laundry, dan taman terbuka.
Namun seperti atap pada umumnya, bahan beton walaupun kuat bukan berarti bebas dari bocor. Hujan deras dan genangan air yang merembes seringkali menyebabkan kebocoran. Tidak perlu khawatir, atap beton juga bisa diperbaiki dengan mudah. Berikut cara jitu untuk perbaikan beton bocor.

Cari Penyebabnya!

kryton.com

Yang pertama dilakukan adalah cek letak kebocorannya. Apakah areanya sempit atau lebar? Letaknya di tengah-tengah atau di tepi? Bisa dilihat dari letak rembesan di bagian bawah atap atau plafon. Jika sudah ketemu sebaiknya diberi tanda, bisa dengan cat warna atau spidol agar area perbaikan bisa lebih tepat. Kemudian analisa kebocorannya. Kebocoran atap bisa disebabkan karena retakan atau lapisannya yang mulai keropos.

Cari Metode yang Tepat

sakrete.com

Setelah diketahui penyebab dan letak kebocorannya, bisa ditentukan metode yang tepat untuk memperbaiki kerusakannya. Jika kebocoran atau rembesan terletak di atap, bisa dilakukan proses waterproofing. Jika kebocoran terletak di dinding atau pondasi, maka bisa dilakukan proses injeksi.
  • Injeksi Beton
Injeksi beton pada dasarnya memiliki fungsi untuk memperbaiki struktur beton yang rusak karena keropos atau retakan. Tidak hanya memperbaiki rumah, injeksi beton juga bisa mengatasi kebocoran lebih besar pada kolam renang, basemen, bak penampungan air, dan lain-lain. Injeksi beton juga dinilai unggul karena lebih tahan terhadap cuaca. Selain itu bisa dengan mudah dibersihkan dan selalu terlihat mengkilap. Namun proses injeksi harus dikerjakan oleh tenaga ahli, ya!
  • Waterproofing
Untuk proses waterproofing, bahan yang digunakan untuk menambal keretakan adalah campuran semen dengan cairan perekat seperti lem, dan pelapis anti bocor. Pada retakan yang lebih kecil, maka bagian yang retak bisa dijebol dan diperbesar sekitar 1 cm agar penambalan bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Jika retakan cukup besar maka cukup ditambal dengan campuran semen tadi.
Setelah kering dan menutup sempurna, gunakan pelapis anti bocor atau biasa disebut waterproof. Bahan ini terbuat dari serat fiber yang elastis sehingga bisa menutup lubang-lubang yang lebih kecil. Agar semakin kokoh, kamu bisa mencampurkan cairan waterproofing dengan semen. Gunakan lapisan waterproof tidak hanya pada area yang bocor, namun di seluruh permukaan agar proses pelapisan menutup dengan baik dan diharapkan tidak akan ada lagi kebocoran. Jika sudah kering, kamu bisa melapisi waterproof dengan cat tembok biasa agar tidak lengket saat diinjak. Sederhana bukan?

Tips Mencegah Agar Tidak Terjadi Kebocoran

epoxyproducts.com
 
Setelah diperbaiki, kita tidak ingin ada kebocoran lain di kemudian hari, bukan? Berikut ini tips mencegah agar tidak terjadi kebocoran.
1. Perhatikan saluran air
Saat musim hujan tiba, pastikan saluran air yang berada di atas atap berfungsi dengan baik, sehingga meminimalisir terjadinya genangan di atas atap yang bisa menyebabkan kebocoran. Jangan lupa membersihkannya juga secara berkala agar tidak ada benda-benda yang menyumbat sehingga air bisa mengalir dengan lancar. 
2. Gunakan waterproof tiap dua tahun sekali
Banyak yang mengira bahwa melapisi atap dengan waterproof cukup dilakukan sekali saja. Pada kenyataannya, lapisan waterproof akan berkurang fungsinya seiring waktu. Jadi, tetap ulangi pelapisan menggunakan waterproof maksimal dua tahun sekali agar rumahmu terhindar dari kebocoran.
3. Lakukan pemeriksaan rutin
Lakukan pemeriksaan rutin setiap dua sampai tiga bulan, terutama ketika musim hujan. Awasi jika muncul retakan-retakan halus yang bisa menjadi awal penyebab kebocoran.

Berikut ulasan tentang perbaikan beton bocor pada bangunan. Jika sudah melakukan langkah-langkahnya dengan benar, dijamin rumah dan bangunan akan bebas dari bocor.