Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara perbaikan Beton Bocor dan menentukan Jenis yang tepat sesuai kerusakan

Cara perbaikan beton bocor sangat beragam tergantung jenis kerusakan beton tersebut. Cara perbaikan beton rusak dapat di lakukan dengan cara injeksi beton, Grouting dan patching.

Pembahasan kali ini, admin menyajikan khusus perbaikan beton bocor ataupun retak menggunakan metode injeksi beton.

Injeksi beton bocor merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi bangunan bocor. Dengan metode suntik beton ini, material dapat masuk ke rongga beton kosong sehingga mampu mengisi celah beton kosong dengan material injeksi beton.

Solusi cara mengatasi beton bocor ini sangat di rekomendasikan sebelum melakukan pemasangan pelapis anti bocor atau waterproofing. Kedua jenis pekerjaan ini saling mendukung untuk menciptakan bangunan bebas dari masalah bocor.

Injeksi beton menjadi metode terbaik cara mengatasi beton bocor dengan cepat, sedangkan waterproofing adalah pekerjaan untuk mencegah bangunan mengalami kebocoran. Kedua perbedaan inilah yang malah menjadi keterkaitan antar keduanya. Tapi pembahasan kali ini, saya hanya fokus kepada cara perbaikan beton bocor dengan metode injeksi.

Injeksi beton adalah Cara perbaikan kerusakan pada beton dengan cara memasukkan sejumlah material melalui neple untuk mengisi celah kosong. Material pengisi dapat berupa pasta semen, material epoxy dan Polyurethane.

Berdasarkan jenis material yang di pakai, injeksi beton di bagi menjadi tiga jenis yaitu : Injeksi epoxy, injeksi PU dan injeksi semen.

Tempat Cari Solusi Beton Bocor Terbaik
perbaikan beton bocor

Ketiga jenis injeksi di atas dapat di gunakan sesuai dengan jenis kerusakan dan kondisi beton itu sendiri.

Kita akan bahas satu persatu agar dapat membedakan jenis injeksi yang tepat untuk di pakai untuk memperbaiki kerusakan beton pada bangunan.

Cara perbaikan beton Bocor dengan metode injeksi

Injeksi Semen adalah injeksi yang berbahan dasar semen dan di campur dengan bahan kimia untuk mempercepat waktu pengerasan dan menambah mutu atau kekuatannya.

Injeksi semen banyak di gunakan untuk memperbaiki beton bocor, keropos dan pada sambungan beton.

Injeksi SemenTahapan-pekerjaan-injeksi-semen

Dengan bahan dasar semen, injeksi jenis ini sangat bagus untuk memperbaiki beton yang keropos atau pada area sambungan ataupun sekedar mengisi celah beton retak dengan tingkat kerusakan tergolong parah.

Ada beberapa keunggulan dari penggunaan injeksi jenis ini. Diantaranya adalah bahan dasarnya terbuat dari semen sehingga mampu monolit dengan beton lama. Sangat di rekomendasikan untuk memperbaiki beton bocor karena keropos. Material semen ini akan mengisi rongga beton dengan baik.

Injeksi semen sangat baik di aplikasikan pada sambungan beton. Material mampu mengisi area celah beton untuk memperbaiki masalah bocor pada bagian sambungan antar beton.

Kekurangan dari injeksi semen adalah waktu pelaksaan pekerjaan cukup memakan waktu karena harus melakukan pembobokan atau ciping area beton yang bocor dan menambalnya kembali. Proses ini terkadang sangat merugikan jika proyek sedang di kejar Schedule untuk segera menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat.

Memperbaiki beton retak dengan metode Injeksi Epoxy

Sesuai dengan namanya, injeksi ini berbahan dasar epoxy dengan neple khusus. Injeksi epoxy lebih banyak di gunakan untuk memperbaiki retak pada beton.

Injeksi Epoxyperbaikan beton bocor

Material epoxy khusus ini mampu menjadi perekat yang baik untuk mengisi celah retak dan menjadi sebagai material yang merekatkan beton.

Material epoxy khusus ini memiliki partikel yang sangat halus dan kecil sehingga mampu masuk ke dalam celah beton yang kecil sekalipun. Dengan kekuatan dan tingkat kekerasan yang di buat sedemikian rupa. Tidak heran jika jenis injeksi ini sangat banyak di pakai pada lantai area pergudangan untuk memperbaiki area yang retak.

Proses pekerjaannya pun relatif cepat karena neple sudah di rancang untuk di pakai tanpa perlu melakukan ciping. Neple akan di rekatkan dengan lem khusus yang di sediakan oleh penerima pekerjaan ini.

Cara mengatasi beton bocor dengan Injeksi PU

Injeksi PU adalah injeksi beton bocor dengan bahan dasar Polyurethane. Material injeksi PU mampu bereaksi dalam hitungan detik jika terhubung dengan air atau angin. Material injeksi jenis ini mampu mengembang lebih dari 1000 % sehingga mampu mengisi celah beton yang kosong.

Tabung-injeksi-pu

Injeksi PU sangat di rekomendasikan pada beton yang bocor rembes, bocor pada sambungan ataupun kebocoran besar sekalipun.

Keunggulan dari injeksi PU adalah dari segi waktu melakukan pekerjaannya. Injeksi PU mampu di kerjakan dengan sangat cepat.

Neple yang di rancang khusus tanpa harus melakukan pengeleman, hanya dengan menggunakan bor, neple dapat di pasang dan mengunci kuat pada beton. Setelah selesai pemasangan neple, penyuntikan material langsung bisa di lakukan saat itu juga. Berbeda dengan kedua jenis injeksi sebelumnya.

Dari ke tiga jenis injeksi di atas, semua memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Lebih di rekomendasikan menggunakan metode injeksi yang sesuai dengan jenis kerusakan bangunan.

Untuk lebih detailnya dapat di tanyakan langsung ke tenaga ahlinya. Dalam hal ini, saya merekomendasikan sebuah perusahaan yang sudah berpengalaman di bidangnya.

CV INDONITRO
CV INDONITRO adalah perusahaan yang bergerak di bidang Chemical konstruksi yang sudah berpengalaman dan menangani berbagai jenis pekerjaan.

CV INDONITRO melayani berbagai pekerjaan sebagai berikut

  • Injeksi atau suntik Beton
  • Waterproofing
  • Floorhardener
  • Epoxy lantai
  • Concrete Repair
  • DLL

Dengan tenaga ahli yang berpengalaman, CV INDONITRO mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan mereka. Untuk informasi selengkapnya dapat langsung di lihat pada website mereka dengan mengikuti tautan berikut CV INDONITRO atau www.indonitro.com