Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek | Fitur dan fungsinya

Cara menggunakan Aplikasi gojek

Aplikasi gojek saat sudah menjadi seperti kebutuhan pokok, terutama pada kota-kota besar yang notabene sering mengalami kemacetan. Menggunakan ojek online merupakan salah satu solusi untuk menghindari macet atau sampai pada tujuan yang lebih cepat. 

Pada postingan ini saya ingin membahas cara menggunakan aplikasi gojek untuk membantu membantu menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara menggunakan aplikasi gojek sebenarnya sangat mudah. Tentu bagi yang sudah terbiasa dengan hal ini. Berbeda dengan orang yang baru mau menggunakan aplikasi ini. Untuk yang sudah terbiasa, bisa skip dan baca artikel lainnya dalam blog ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Untuk Pengguna Baru

Bagi yang baru berniat atau baru membutuhkan aplikasi ojek online, artikel ini merupakan tempat yang tepat untuk belajar menggunakan aplikasi tersebut. Artikel ini saya buat khusus untuk pengguna baru atau yang baru berniat mencoba menggunakan aplikasi ojek online terutama gojek.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin menggunakan ojek online adalah mendownload aplikasinya di Playstore ataupun Appstore. Siapkan juga nomor telepon yang aktif dan alamat email yang akan kita gunakan untuk mendaftar akun gojek.

Sebelum melanjutkan tutorial cara menggunakan aplikasi gojek ini, ada baiknya sobat mengetahui beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk keamanan saat menggunakan aplikasi gojek. 

Tips Aman Menggunakan Aplikasi :

  1. Jangan pernah memberikan kode OTP yang dikirim oleh gojek. Pihak gojek tidak pernah meminta kode OTP dalam kondisi apapun. Jadi, jangan pernah memberitahukan kode OTP yang kamu dapatkan dari gojek.
  2. Jangan pernah melakukan Dial atau panggilan telepon dengan kode apapun yang kamu tidak ketahui fungsinya. Bisa jadi kode tersebut kode pengalihan panggilan yang bisa dipakai untuk mencuri kode OTP
  3. Buat PIN gojek untuk menjaga keamanan saldo gopay. Jangan pernah memberi tahu PIN gopay kepada siapapun termasuk pihak Gojek
  4. Gunakan Aplikasi Original gojek. Jangan menggunakan aplikasi modifikasi untuk keperluan apapun.
  5. Hati-hati terhadap pihak yang mengaku dari kantor gojek. Jangan pernah mudah percaya terhadap pihak yang mengaku orang dalam gojek. Biasanya mereka bermaksud melakukan penipuan.

Beberapa poin diatas sangat penting untuk menghindari tindak penipuan yang sering terjadi mengatasnamakan PT GOJEK INDONESIA. 

Tahapan Cara Menggunakan Aplikasi Gojek

  1. Download Aplikasi Gojek Customer di Playstore maupun Appstore
  2. Setelah selesai download, buka Aplikasi gojek
  3. Pada Halaman depan gojek, kamu akan diberikan dua pilihan yaitu Masuk dan Daftar. Pilih masuk untuk yang sudah memiliki akun gojek dan pilih Daftar untuk yang belum memiliki akun. Disini saya menganggap kamu belum memiliki akun gojek. Silahkan klik saja Daftar
  4. Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta Mengisi data. Isi sesuai dengan nama lengkap kemudian alamat email dan nomor telepon. Isi sesuai dengan kolom yang disediakan. Jika ada kode referral, kamu bisa mengisinya. Jika tidak ada, kosongkan saja. Kemudian klik Tanda panah Kekanan yang ada pada sebelah kanan paling bawah.
  5. Pada halaman selanjutnya, kamu diminta kode OTP. Isi sesuai dengan kode otp yang kamu terima dari gojek. Jika nomor kamu berada pada ponsel yang sama, biasanya langsung terisi otomatis. Jika nomor berada pada ponsel lain, masukkan secara manual Kode OTP yang kamu terima.
  6. Selesai. 

Jika sudah berhasil masuk ke aplikasi gojek, berarti kamu langsung bisa untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sebelum menggunakan aplikasi gojek, sebaiknya verifikasi akun email terlebih dahulu. Agar jika suatu saat nanti ada masalah, kamu bisa menggunakan alamat email sebagai data pendukung. Selain itu, alamat email dapat kamu gunakan untuk pengecekan transaksi yang pernah kamu lakukan di aplikasi gojek.


Saya anggap kamu sudah melakukan verifikasi email. Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi gojek untuk memudahkan aktivitas kamu. 

Ada beberapa fitur yang dapat langsung kamu gunakan sesuai keinginan. Dan ada fitur tertentu yang belum bisa kamu gunakan dan harus melakukan upgrade akun menjadi Gopayplus terlebih dahulu. 

Fitur untuk gopayplus antara lain : 

  • Transfer Gopay antar sesama pengguna
  • Tarik tunai melalui ATM BCA
  • Pembayaran belanjaan pada minimarket yang bekerja sama dengan gojek
  • Tarik uang ke rekening Bank
  • Dan Masih banyak lagi
Jika ingin upgrade akun gojek menjadi gopayplus, kamu dapat melakukannya dengan mudah. Siapkan KTP sebagai syarat utama. Dan untuk pembahasan mengenai upgrade akun sudah saya buatkan artikel secara terpisah. Ini artikelnya : Cara Buat Pin GoPay dan Upgrade akun

Sebagai pengguna baru, kamu bisa menggunakan banyak fitur pada aplikasi gojek. Cara menggunakan aplikasi gojek tergolong mudah. Sebagai pengenalan, sebaiknya kamu mengetahui fungsi dan nama yang terdapat pada aplikasi gojek.

Fitur untuk bepergian dan pengiriman barang

  • GoCar
  • Go ride
  • GoBluebird
  • GoBox
  • Go send
Saat kamu ingin berpergian kamu bisa menggunakan GoCar dan Gobluebird untuk perjalanan menggunakan kendaraan roda empat. Dan Go ride untuk kendaraan roda dua. Sedangkan Go Box dan Go send merupakan fitur untuk pengiriman barang. Go Box digunakan untuk barang yang banyak dan melebihi kapasitas go send.

Fitur Untuk Belanja dan Pembelian Makanan

  • GoFood
  • GoShop
  • Gomart
  • GoMall
Fofood adalah layanan pesan dan beli makanan. Cocok banget untuk kamu yang masih menjadi anak kost atau pekerja yang sibuk dan tidak sempat untuk masak sendiri. Banyak promo dan diskon yang bisa kamu manfaatkan.

Goshop bisa kamu gunakan untuk belanja dan melakukan pembelian apa saja yang tidak terdaftar dalam aplikasi gojek. Misalnya kamu ingin membeli sesuatu yang berada di pasar tradisional atau toko yang tidak bekerja sama dengan gojek.

Sedangkan gomart dapat kamu gunakan untuk berbelanja di minimarket. Misalnya alfamart atau alfamidi. Sedangkan gomall, Bisa kamu gunakan untuk berbelanja online. Saat ini gomall langsung terhubung dengan JD ID. Kamu bisa belanja kebutuhan kamu sepuasnya disini.

Fitur Kesehatan dan kebutuhan sehari-hari

  • GoMed
  • GoFitness
Fitur Gomed bisa kamu gunakan untuk chat dengan dokter halodoc, Pembelian obat pada toko kesehatan dan bisa kamu gunakan untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit sesuai dengan lokasi kamu. Selain itu kamu bisa melakukan Rapid test di sejumlah rumah sakit yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Fitur untuk Gojek untuk Berita dan hiburan

  • Gotix
  • Goplay
  • GoNews
  • Gogames
Mau nonton atau pembelian tiket online lainnya, kamu bisa gunakan Gotix. Biasanya ada promo tertentu yang bisa kamu manfaatkan. Sedangkan GoPlay bisa kamu manfaatkan untuk pembelian aplikasi dan lainnya. Cuma kamu perlu menginstall aplikasi tersendiri yaitu GoPlay.

GoNews adalah situs berita yang bekerja sama dengan gojek. Jika kamu klik gonews, maka kamu akan dibawa ke situs berita kumparan. Cocok buat kamu yang suka membaca berita dan kabar terkini dalam negeri.

Dan GoGame adalah fitur untuk kamu bermain game. Silahkan kamu coba serunya maen game melalui gogame.

Fitur Gojek Untuk Pembayaran

  • GoNearby 
  • GoBills 
  • GoPulsa  
  • Gosure ( Kamu bisa Daftar dan menggunakan fitur asuransi disini)
  • GoInvestasi ( Sesuai namanya, kamu bisa berinvestasi dengan pihak yang sudah bekerja sama dengan gojek)
GoNearby dapat kamu gunakan untuk bertransaksi dengan berbagai jenis usaha yang sudah terdaftar di aplikasi gojek. Disini kamu bisa menemukan tempat makan, belanja dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

GoBills dan GoPulsa dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran dan pembelian pulsa, token listrik, PDAM, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan disini. Dan Cara beli pulsa lewat gojek ini yang paling sering saya gunakan. Token listrik juga saya sering beli melalui aplikasi gojek.

Saya rasa cukup sampai disini saja dulu artikel tentang cara menggunakan aplikasi gojek. Silahkan tinggalkan komentar jika ada cara penggunaan yang kurang dipahami.

Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.