Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Template Premium Bajakan | Masih mau Coba-coba ?

Dampak template premium bajakan

Jika kamu adalah blogger atau pemilik online Shop, tentu tidak asing lag dengan namanya template. Baik itu yang berbayar maupun gratis. Atau template premium bajakan yang sudah dimodifikasi dan tersebar secara gratis. 

Ada beberapa kekurangan dari penggunaan template premium bajakan ini. Dan tentu saja sangat merugikan pemilik website dan sekaligus pemilik template. Bahkan bisa saja merugikan pengunjung blog kamu. Penggunaan theme nulled memiliki sedikit keuntungan namun akan menimbulkan banyak masalah dikemudian hari.

Dampak Template Premium bajakan

Theme Nulled atau template bajakan saat ini sangat banyak bertebaran. Hal in semakin bekembang karena begitu banyak blogger atau penggiat dunia internet yang membutuhkan template bajakan agar dapat menghemat pengeluaran biaya website. 

Memang dari segi biaya sangat menggiurkan karena template bajakan dijual dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan template aslinya. Sebelum kamu mencoba menggunakan template premium bajakan, ada baiknya kamu mengetahui apa saja dampak dari penggunaan template premium bajakan.

Template Premium Bajakan Tidak mendapat Support dari Pemiliknya

Template Premium Bajakan Tidak mendapat Support

Saat saya memutuskan menggunakan template premium, support dari developer sangat saya butuhkan. Developer yang ramah dan mendengarkan keluhan pemakai templatenya tentu saja menjadi alasan banyak orang menyukai template tersebut. Karena tidak semua blogger atau pemilik website memahami struktur dan kode-kode yang digunakan dalam pengaturan tampilan website.

Blog ini sendiri menggunakan template Viomagz yang saya beli langsung dari mas Sugeng. Dan tentu saja mendapatkan support dari pemiliknya. 

Dan pengguna template bajakan tidak akan mendapatkan hal ini. Jika terjadi error atau kesalahan, siap-siap saja untuk bekerja keras dan pusing untuk memperbaikinya. Dan lebih parahnya, kamu tidak memiliki tempat konsultasi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kamu.

Ya….. Resiko kamu tanggung sendiri karena kamu berani menggunakan template bajakan.

Bisa Saja sudah disusupi Script Berbahaya atau Iklan

Seseorang memodifikasi template premium dan membagikannya secara gratis tentu saja memiliki tujuan tertentu. Dan kita bisa saja tidak menyadari hal ini. Hati-hati, bisa saja template bajakan yang kamu pakai memiliki script berbahaya, iklan atau pencurian data kamu.

Hmmmmz…. Serem juga kan, bisa-bisa website kamu pindah ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Atau kamu kehilangan pengunjung karena banyaknya iklan yang muncul  tiba-tiba dan kamu tidak menyadari hal ini.

Tidak ada yang bertanggung Jawab bila terjadi masalah

Penggunaan template premium bajakan tentu saja banyak kekurangannya. Salah satunya adalah tidak ada yang bertanggung jawab dan memberikan solusi atas error yang kamu alami. Kamu harus pintar dan mampu memperbaikinya sendiri. Karena template bajakan tidak mendapatkan support dari developer.

Bener sih, harga theme nulled lebih murah. Tapi buat apa murah jika membuat pusing. 

Iyakaaan ?!

Bahkan kamu akan kesulitan untuk berkonsultasi dengan siapa yang dapat membantu mengatasi masalah kamu. Jadi harus berpikir keras dan harus bisa mencari solusinya sendiri. Ujung-Ujungnya kamu harus mencari template yang baru.

Beban Moral Saat Menggunakan Template Bajakan

Anggap saja kamu berhasil mengelola website yang kamu miliki. Dengan traffic yang berlimpah dan bisa menghasilkan uang. Tapi website tersebut menggunakan template premium bajakan.

Dengan tampilan website yang menarik, tentu saja akan mengundang rasa penasaran orang yang mengunjungi website kamu. Salah satu yang sering menjadi pertanyaan adalah tentang template yang kamu pakai pada website tersebut. 

Baca juga : Template Blogger untuk Online Shop

Masa iya kamu jawab dengan jujur bahwa itu template sianu tapi versi bajakannya. hmzzz…. Apa iya rela berbohong untuk hal-hal sepele seperti ini. Atau kamu malah bangga dengan keberhasilan website kamu dengan memakai template bajakan ? Sungguh terlaluuu…..

Website Susah Berkembang Karena Template Bajakan

Template premium bajakan tentu saja sudah banyak yang diubah dan mempengaruhi kualitas website. MIsalnya loadingnya menjadi lambat, banyak error dan bisa aja ada iklan yang menyusupi website. Hal seperti ini tentu saja akan menghambat perkembangan website kamu.

Template nulled Tidak Dapat update Versi terbaru

Template premium akan terus dikembangkan oleh pemiliknya untuk menyesuaikan tampilan dan juga struktur website. Apalagi saat ini google sering melakukan update. Dan tentu saja kita harus menyesuaikan agar posisi website kita tetap bertahan di halaman satu google. 

Untuk pengguna template bajakan tentu saja tidak akan mendapatkan versi template terbaru dari developer. Namanya juga bajakan, syukur-syukur tidak diusulin oleh pemilik nya. Karena bisa saja pemilik template melakukan pengaduan terhadap pemakaian template yang tidak resmi.

Tentu saja ini merupakan alasan saya menggunakan template premium. Jika belum memiliki biaya yang cukup atau belum serius dalam mengelola website, sebaiknya gunakan saja template gratis. Karena ini akan lebih baik dan aman.

Atau kamu bisa saja menggunakan metode patungan untuk mendapatkan template premium yang keren. Tapi pastikan dulu bahwa developer memberikan izin tentang hal ini. Pastikan template tersebut dapat kamu install untuk banyak website.

Template Premium Bajakan Memperburuk SEO

Template Premium Bajakan Memperburuk SEO

Calon Pengunjung website yang paling potensial untuk penjualan adalah yang datang dari mesin pencari. Dan sebuah website akan begitu cepat populer jika sebagian besar pengunjungnya datang dari search engine. Yang berarti, seo sangat mempengaruhi hal ini.

Penggunaan template premium merupakan salah satu cara optimasi agar website ramah mesin pencari. Dan untuk kamu yang berani menggunakan template bajakan tidak akan mendapatkan hal ini. theme nulled atau template bajakan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa digunakan oleh banyak orang. Dan berarti strukturnya sudah berubah.

Baca juga : Review Template Viomagz

Dengan perubahan struktur ini tentu saja bisa mempengaruhi kualitas seo. Dan jangan sampai website kamu peringkatnya menurun karena dampak penggunaan template bajakan. Sangat sayang jika terjadi pada website kamu. Sebaiknya berpikir ulang saja jika ingin menggunakan theme nulled walaupun harganya cenderung lebih murah.

Penutup

Untuk kamu yang belum pernah menggunakan template premium bajakan, sebaiknya jangan pernah kamu lakukan. Karena kekurangan akan lebih banyak dari keuntungannya. Untuk apa harga yang murah namun akan membuat kamu menjadi pusing untuk melakukan perbaikan terhadap masalah website kamu.

Dan hal yang paling penting, kamu sudah menghargai karya orang lain dengan tidak menggunakan template premium bajakan.


Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.