Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Kirim Makanan Lewat Gojek | Bisa Antar Pulau

Cara mengirim makanan lewat gojek

Saking populernya, penggunaan gojek saat ini sudah menjadi seperti kebutuhan. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi tersebut Salah satunya mengirim makanan lewat gojek.

Pada postingan ini saya ingin berbagi tips cara mengirim makanan lewat gojek. Baik makanan yang kita buat sendiri kemudian mau di kirim kepada orang lain atau mengirim makanan yang kita pesan melalui fitur gofood ataupun goshop.

Langsung saja kita bahas beberapa cara mengirim makanan lewat aplikasi gojek. Baik dengan metode pembayaran memakai gopay ataupun uang cash. Saya hanya bisa menyarankan agar lebih baik menggunakan gopay. Jika gopay sobat masih kosong, topup gopay terlebih dahulu.

Jika ingin mengetahui beberapa cara isi gopay, sobat bisa membaca pada postingan saya sebelumnya. Silahkan sobat baca disini.

Cara TopUp GoPay dengan Mudah


Cara Mengirim Makanan Lewat Gojek

Buat sebagian orang, saling bertukar makanan atau saling berbagi makanan bisa dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Jika berdekatan, kita bisa langsung memberikannya langsung. Namun jika dalam keadaan dengan jarak yang cukup jauh, kita bisa mengirim makanan lewat gojek.

Dengan berbagai fitur yang ada di aplikasi gojek memungkinkan kita untuk mengirim makanan untuk orang yang kita sayangi meskipun sedang berjauhan. Bahkan kita bisa mengirim makanan antar pulau sekalipun menggunakan gojek. 

Ayo kita bahas satu persatu cara kirim makanan lewat aplikasi gojek


Kirim Makanan Lewat fitur Go Send

Go send merupakan fitur gojek untuk melakukan pengiriman paket. Dan paket itu bebas asalkan jangan terlalu besar karena pengiriman dilakukan menggunakan motor. Kalau sekedar mengirim makanan untuk orang yang kita sayangi, go send cocok banget untuk kita gunakan.

Cara mengirim makanan lewat gojek dengan memanfaatkan fitur gosend ini sangat mudah. Sama seperti menggunakan fitur gojek lainnya. Namun kita sebaiknya membuat kemasan agar aman untuk dibawa pakai motor. Jika makanan yang kamu kirim mudah rusak, sebaiknya beritahukan ke abang driver gojek agar hati-hati dalam membawanya.

Baiklah, buat kamu yang belum terbiasa mengirim makanan lewat gojek dan ingin mencobanya. Kamu tinggal ikuti tahapan kirim makanan lewat gojek berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Gojek
  2. Pada halaman depan aplikasi gojek, scroll ke bawah sampai menemukan fitur go send. Klik Lambang go send seperti gambar berikut ini
  3. Pilih Jenis pengiriman. Ada dua jenis yaitu dalam kota dan Luar Kota. Pilih sesuai kebutuhan. Misalnya pengiriman dalam kota, kamu tinggal klik Dalam Kota
  4. Masukkan alamat pengiriman dengan lengkap (alamat tujuan). Kamu bisa mengetik alamat secara manual atau kamu bisa cari alamat melalui peta.
  5. Setelah Menentukan alamat. Jangan lupa isi detail lokasi seperti patokan, nomor rumah ataupun bisa juga menambahkan keterangan lainnya.  Masukkan juga nama penerima paket dan juga nomor telepon penerima sesuai dengan kolom yang telah disediakan.
  6. Setelah mengisi data dengan benar, Klik Lanjut
  7. Kamu akan dibawa pada halaman berikutnya. Disini kamu mengisi alamat pengambilan barang. Isi sesuai dengan alamat pengambilan barangnya. Isi juga detail lokasinya. Dan jangan lupa cantumkan nomor telepon kamu. Setelah data terisi lengkap, klik lanjut.
  8. Halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi detail paket. Isi sesuai dengan nama barang yang mau kamu kirim. Misalnya ayam goreng dan sebagainya. Kalau bisa, cantumkan juga jumlahnya. Lalu Klik Lanjut.
  9. Langkah terakhir. Konfirmasi pesanan. Disini tertera ongkos yang kamu harus bayar untuk melakukan pengiriman. Kamu bisa pilih metode pembayaran. Baik itu menggunakan gopay ataupun cash
  10. Selesai dan kamu tinggal monitor perjalanan abang gojek. 

Setelah melihat tutorial di atas, apa kamu berminat melakukan cara mengirim makanan lewat gojek ini. Jika kamu berhasil mengikuti tutorial ini, jangan lupa tuliskan pengalaman kamu kirim makanan lewat gojek di kolom komentar.


Cara Mengirim makanan Lewat GoFood

Cara yang pertama tadi, sobat mengirim makanan jika sobat menyediakan atau sudah membuat makanan sendiri. Nah, cara kirim makanan lewat gojek yang kedua ini dapat sobat lakukan tanpa harus menyediakan makanan  terlebih dahulu. 

Sobat bisa mengirim makanan lewat gojek dengan cara memesan makanan dengan memanfaatkan gofood. Jadi cocok banget buat sobat yang tidak sempat menyiapkan makanan untuk orang tercinta. Atau untuk sekedar memberikan kejutan dengan mengirim makanan.

Dan cara mengirim makanan lewat gojek ini bisa sobat lakukan dimanapun dengan kondisi yang sangat jauh sekalipun. Misalnya antar pulau sekalipun. Selama lokasi orang yang sobat ingin kirim makanan masih tersedia layanan gojek. 

Untuk melakukannya tidak terlalu sulit. Hampir sama dengan cara memesan layanan go food seperti biasa. Hanya beda tahapannya saat awal melakukan pemesanannya saja. Jika sobat sedikit bingung, dapat mengikuti tahapan pesan go food seperti berikut ini :

  1. Buka aplikasi gojek
  2. Pilih layanan go food.
  3. Sebelum memilih restoran go food, sobat ganti alamat dan area pemesanan terlebih dahulu agar restoran satu area dengan orang yang sobat ingin dikirimi makanan. Disinilah letak perbedaan cara pemesanan go food nya. Klik Lokasi kamu yang berada pada bagian paling atas halaman gofood.  
  4. Ganti alamat dengan cara mengetik alamatnya secara manual atau kamu bisa menggantinya dengan cara memilih melalui peta,
  5. Setelah Mengganti alamat tadi, maka secara otomatis restoran yang  ditampilkan berada di area alamat yang baru. Kita bisa mulai untuk melakukan pemesanan gofood.
  6. Pilih restoran yang kamu inginkan.
  7. Pilih item makanan sesuai dengan yang ingin kamu pesan.
  8. Setelah selesai menentukan menu pesanan, klik item yang berwarna hijau pada bagian bawah menu pesanan
  9. Pada halaman selanjutnya, kamu tinggal ganti alamat pengantaran sesuai dengan alamat orang yang kamu ingin kirim makanan. Berikan note alamat sebagai patokan agar driver mudah menemukan alamatnya
  10. Ganti juga metode pembayaran sesuai dengan apa yang kamu inginkan
  11. Klik pesan pada bagian paling bawah. Kamu telah berhasil mengirim makanan dengan cara memesan melalui gofood
  12. Selanjutnya kamu tinggal tunggu chat driver dan jangan lupa kamu balas setiap chat driver. Jangan lupa kamu sampaikan bahwa penerima makanannya bukan kamu. Bila perlu berikan nomor penerima pesanan.
  13. Selesai dan kamu sudah berhasil mengikuti tutorial cara mengirim makanan melalui gojek


Cara Mengirim Makanan Lewat GoShop

Jika belum sempat untuk membuat makanan untuk orang tercinta, kamu bisa menggunakan go shop untuk membeli makanan. Biasanya cara ini digunakan jika restoran yang ingin kita beli makanan nya tidak terdaftar di gofood. Dan sebagai solusi, kamu bisa menggunakan go shop untuk dapat membeli makanan tersebut kemudian langsung mengirimnya ke orang tercinta.

Cara kirim makanan lewat gojek dengan memanfaatkan fitur go shop ini juga sangat mudah. Kamu tinggal buka aplikasi gojek dan tinggal pilih goshop dan ikuti langkahnya sampai selesai. Hampir sama persis dengan cara pesan makanan di menu gofood. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Gojek
  2. Buka GoShop dan pilih Pesan sekarang
  3. Masukkan alamat tempat pembelian makanan. Bisa ketik manual sesuai alamat yang diinginkan atau pilih lewat peta. Masukan juga detail lokasi. Misalnya nama toko dan patokannya.
  4. Klik tambah belanjaan
  5. Masukkan deskripsi barang dan isi juga perkiraan harganya. Pada halaman yang sama, tambahkan juga catatan buat driver. Misalnya kamu meminta tambahan coklat pada bagian atas kue yang kamu pesan. Setelah selesai. klik Simpan.
  6. Pada halaman berikutnya, klik lanjut
  7. Pada halaman berikutnya, kamu isi alamat pengantaran secara detail termasuk patokannya. Pada halaman yang sama, pilih juga metode pembayaran sesuai keinginan, misalnya mau bayar pakai gopay.
  8. Setelah semua terisi dengan benar, akan keluar estimasi harga ongkos kirim dan harga pembelian barang yang kamu pesan tadi.
  9. Klik Order goshop pada bagian paling bawah halaman.
  10. Saat sudah mendapatkan driver, konfirmasi semua pesanan yang kamu buat. Sudah sesuai pesanan atau ada yang perlu kamu tambahkan lagi. Jika semua sudah ok, kamu tinggal menunggu dan monitor Pesanan kamu. Jika penerimanya bukan kamu, jangan lupa memberikan informasi penerima kepada abangg driver dan sampaikan apa yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin memberikan kejutan.
  11. Selesai

Cara menggunakan Aplikasi gojek lainnya dapat sobat baca di artikel ini : Cara Menggunakan Aplikasi Gojek | fitur dan Kegunaannya

Bagaimana ? Kamu mau coba kirim makanan lewat gojek buat orang yang kamu sayangi ? Silahkan pilih sesuai dengan metode yang kamu inginkan. Jika ada kesulitan dalam menerapkan tutorial cara kirim makanan lewat gojek ini, kamu bisa tanyakan lewat kolom komentar. 

Atau memiliki cerita yang menarik dari cara kirim makanan dengan metode lain, kamu juga boleh ceritakan melalui kolom komentar. 


Fad
Fad Blogger "Jeme Kite". Menyukai blog dari 2018 dan belum bisa Fokus. Hanya membahas topik ringan dan seputar pekerjaan. Belum tergabung dengan komunitas blogger dengan baik. Semoga kedepannya menemukan teman baru.