Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Melaporkan Driver Gojek Yang Bermasalah

Cara Melaporkan Driver Gojek

Udah tau kan apa itu gojek. Dan setidaknya pernah menggunakan aplikasi ini. Baik itu untuk jalan-jalan, berangkat kerja, pesan makanan atau sekedar kirim paket.

Dan kali ini saya ingin membahas bagaimana cara melaporkan driver gojek. Baik itu karena etika driver yang kurang sopan ataupun tindakan yang mungkin telah merugikan. 

Yang pasti, kamu memiliki masalah dengan driver gojek sehingga kamu ingin melaporkannya dan menemukan artikel ini. Dan kamu berada di tempat yang tepat, karena saya akan membahas tentang cara melaporkan driver gojek.

Tapi, sebelum memutuskan untuk melaporkan driver gojek. Ada baiknya kamu mengetahui dahulu dampak dari pelaporan yang akan kamu lakukan. 

Saat kita melaporkan driver gojek, ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi. Dan hal ini sangat merugikan driver yang telah kita laporkan tadi. Ini dia dampaknya :

  1. Gagu
  2. Suspend
  3. Putus Mitra
  4. Masuk BUI

Mari kita bahas satu persatu.

Akun driver gojek yang kita laporkan bisa menjadi gagu atau anyep jika masalah yang kita laporkan tidak terlalu besar. Misalnya hanya kesalahan kecil. Dan laporan yang kita lakukan hanya memberikan rating satu atau bintang satu dengan komentar yang jelek. Kadang masalah seperti ini hanya membuat akun gojek jadi anyep.

Tapi, bisa saja akun gojek tersebut menjadi kena suspend. Walau masalah adalah masalah yang kecil. Biasanya driver sudah pernah melakukan kesalahan yang sama dan mendapatkan beberapa kali laporan.

Suspend sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu suspend karena pelanggaran ringan, sedang dan besar. Untuk suspend dengan pelanggaran ringan, mungkin hanya suspend beberapa hari dan kemudian bisa terbuka kembali jika waktu yang ditentukan telah selesai.

Baca juga : Cara Kirim Paket Melalui Gojek | Cepat dan Aman

Untuk kategori sedang, suspend hanya bisa terbuka kembali jika bersedia datang ke kantor gojek. Pihak gojek akan membukakan kembali suspend dan akun gojek bisa dipakai untuk ngebid kembali.

Kategori suspend yang berat adalah suspend yang sudah tidak bisa diampuni lagi. Efeknya driver gojek bisa kena Putus Mitra (PM) atau diberhentikan menjadi driver gojek. Biasanya kesalahan driver cukup besar atau sudah pernah melakukan kesalahan yang sama secara berulang.

Bukan hanya Putus mitra, Dampak melaporkan driver gojek juga bisa membuat driver masuk bui jika bersangkutan dengan tindak kriminal. Misalnya pemukulan ataupun penggelapan barang. 

Sekarang kita balik lagi ke topik pembahasan.

Cara Melaporkan Driver Gojek

Sebagai konsumen, kita berhak melaporkan driver gojek yang tidak mengikuti aturan. Misalnya sikap yang tidak menyenangkan, penggelapan barang, tindak kekerasan atau perilaku lainnya yang merugikan kita sebagai customer.

Untuk melaporkan driver gojek, kita bisa tempuh dalam beberapa cara. Sebaiknya pelaporan harus dengan bukti yang lengkap dan jangan sampai menimbulkan fitnah.

Melaporkan Driver gojek Melalui Rating

Saat orderan telah diselesaikan oleh driver, sebagai customer kita bisa memberikan penilaian terhadap driver. Kinerja dan pelayanan mereka. Cara ini bisa juga dianggap sebagai salah satu cara melaporkan driver gojek.

Tapi perlu diingat, bahwa cara ini hanya untuk melaporkan driver gojek. Bukan melaporkan restoran yang menjual makanan. Soalnya masih sering saya lihat ada kesalahan disini. Niatnya memberikan penilaian atas makanan resto malah dimasukkan dalam komentar untuk driver.

Dan laporan melalui rating untuk driver ini sangat berpengaruh terhadap pemilik akun. Jadi hati-hati memberikan komentar terhadap driver. Karena cara ini bisa menghilangkan pekerjaan mereka.

Cara melaporkan driver gojek melalui rating ini cukup mudah. Kita bisa memberikan bintang sekaligus komentar untuk driver. Bintang terbaik adalah 5, sedangkan satu bintang adalah nilai terburuk.

Buat Laporan Melalui Email

Salah satu cara dan yang paling sering langsung mendapat respons dari pihak gojek adalah saat melaporkan driver gojek melalui email. Cara ini dianggap paling cepat dan tepat karena kita bisa sekaligus melampirkan photo sebagai bukti pelanggaran.

Untuk melaporkan driver gojek melalui email dapat kamu lakukan dengan mengirim email keluhan tentang pelanggaran yang dilakukan driver. 

Kirim email pengaduan melalui : 

  • Email Gojek pengaduan konsumen : customerservice@go-jek.com
  • Email Gojek layanan Go-Food : gofood@go-jek.com

Telepon Call Center Gojek

Cara melaporkan driver gojek yang mungkin memiliki masalah atau merugikan konsumen dapat kita lakukan dengan menelpon call center gojek. Untuk melakukan pelaporan melalui call center, sebaiknya kita menyiapkan pulsa minimal 20.000 atau lebih. Karena pengaduan via call center ditanggung pihak penelpon.

Baca juga : Cara Daftar PayLater Gojek Mudah ACC

Yang mau mencoba melaporkan driver gojek melalui call center dapat kita lakukan melalui nomor berikut ini :

  1. Call center Gojek keluhan konsumen : 021-502 511 10
  2. Call center layanan Go-Box : 021-502 555 50

Sebelum menelpon call center gojek, sebaiknya siapkan data yang mungkin akan ditanyakan. Mulai dari nomor order, jenis order, tujuan pengantaran dan pelanggaran apa yang dilakukan oleh driver tersebut. 

Jangan sampai menghabiskan banyak pulsa namun laporan tidak ditanggapi karena kurang lengkap datanya.

Melaporkan Driver Gojek Melalui Media Sosial

Banyak cara yang dapat kita tempuh untuk melaporkan driver gojek. Dan salah satu cara yang gratis adalah dengan melaporkan pelanggaran media sosial gojek. Baik itu melalui facebook, instagram ataupun twitter.

Yang mau mencoba melaporkan driver gojek melalui media sosial dapat sobat lakukan melalui akun medsos berikut ini :

  1. Twitter : @gojekindonesia 
  2. Instagram : @gojekindonesia 
  3. Facebook : GojekIndonesia 

Sebaiknya sampaikan keluhan melalui DM, apalagi jika menyangkut data pribadi dan nomor order. Persiapkan data yang kira-kira dibutuhkan.

Saya rasa cukup dengan memilih salah satu cara melaporkan driver gojek diatas, maka pihak gojek akan memberi respons sesuai dengan tingkat pelanggaran yang telah driver mereka lakukan.

Jika memiliki cara yang lebih mudah, silahkan tinggalkan dikolom komentar untuk melengkapi postingan ini.

Posting Komentar untuk "4 Cara Melaporkan Driver Gojek Yang Bermasalah"