Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Gopay Manfaaat dan Cara Menggunakan Gopay

Apa Itu GoPay

Hallo sobat Gojek…. 
Kali ini Tahapan.ID ingin membahas tentang apa itu GoPay. Tentu sobat sudah banyak yang mengetahui tentang uang elektronik ini. Karena metode pembayaran ini sudah lumayan banyak digunakan, terutama untuk kota-kota besar yang ada di Negara kita. 

Tapi, bagi yang belum mengetahui apa itu GoPay tidak perlu bingung. Kita ulang kembali sedikit mengulang pembahasannya.

GoPay adalah uang elektronik. Dan Tentu saja uang ini dapat kita gunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan. Untuk menggunakannya kita harus menginstall aplikasi gojek terlebih dahulu. Karena saldonya akan tertera dalam aplikasi tersebut.

Bagi yang baru mendengar tentang gopay, tentulah pertanyaan berikut ini akan melintas dalam pikiran sobat. Dan untuk menjawabnya. Tahapan.ID akan menjelaskan secara rinci satu persatu.

  • Apa itu Gopay 
  • GoPay untuk apa saja?
  • Bagaimana cara pakai GoPay?
  • Isi Saldo GoPay dimana?
  • GoPay apa bisa dicairkan?

Pada poin pertama, sepertinya tidak perlu kita jelaskan lagi karena pada bagian pembukaan postingan ini sudah mewakili untuk penjelasan tentang apa itu gopay. Dan kita langsung lanjutkan saja pada poin berikutnya.

Manfaat dan Fungsi Gopay

Bagi pengguna setia aplikasi gojek, tentu sudah mengetahui manfaat dan fungsi gopay. Namun sedikit berbeda dengan pengguna baru. Mungkin masih ada yang belum mengenal secara keseluruhan manfaat dan fungsi gopay.

Secara umum, gopay berfungsi sebagai alat pembayaran yang dapat kita gunakan saat melakukan transaksi dalam aplikasi gojek. Baik itu pembayaran transaksi dalam aplikasi dan gopay bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran transaksi di luar aplikasi gojek. Tapi tetap harus memiliki dan menggunakan aplikasi gojek.

Dalam aplikasi gojek, kita bisa menggunakan gopay untuk pembayaran semua jenis layanan yang terdapat dalam aplikasi gojek. Misalnya saat order go ride, go food, go send dan layanan lainnya. Bahkan kita bisa melakukan pembelian pulsa semua jenis operator yang ada di Indonesia, Pembelian pulsa listrik, Bayar tagihan kartu, SPP, PDAM, Asuransi dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita.

Bukan itu saja, saat ini gopay sudah bisa kita gunakan sebagai alat pembayaran belanjaan di minimarket seperti alfamart, lawson, alfamidi, pegadaian dan semua merchant yang sudah bekerja sama dengan gojek. Bahkan kita bisa menggunakan gopay pada pasar tradisional yang penjualnya memiliki aplikasi gojek dan bersedia menerima pembayaran pakai metode ini.

Intinya, gopay bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran apapun selama pihak penjual memiliki akun gojek dan bersedia dibayar dengan gopay. Dan tenang saja, transaksi yang kita lakukan tergolong aman. Karena gojek sudah memiliki kode keamanan dan PIN saat melakukan transaksi pembayaran melalui gopay.

Saya rasa, begitu banyak fungsi dan manfaat dari gopay. Sudah sama seperti uang pada umumnya. Tapi gopay berbentuk uang elektronik dan harus memiliki akun gojek untuk bisa memanfaat semua fitur yang disediakan gopay.

Cara Menggunakan Gopay

Penggunaan gopay dalam kehidupan sehari-hari cukup mudah. Hanya memerlukan beberapa tahapan yang sangat mudah untuk dilakukan. Misalnya saat melakukan order pada aplikasi gojek, kita langsung bisa mengubah metode pembayaran dengan gopay jika kita memiliki saldo yang cukup sesuai nominal transaksi.

Jika gopay kita gunakan untuk membayar orderan seperti go send, goride , gofood dan fitur utama gojek, kita tidak membutuhkan PIN untuk melakukan pembayaran dengan gopay.

Namun berbeda jika kamu ingin menggunakan gopay untuk bertransaksi keluar aplikasi, kita membutuhkan PIN dan upgrade akun gojek terlebih dahulu. Misalnya mau transfer gopay antar sesama pengguna, pembayaran belanjaan pada minimarket ataupun pembelian pulsa. Kita harus menggunakan PIN gojek yang dapat kita buat dengan mudah.

Untuk pembuatan PIN gojek dan upgrade akun, saya telah membuat postingan secara terpisah. Silahkan kamu baca melalui artikel berikut ini : Cara Membuat PIN Gopay Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Top Up Saldo Gopay

Saat ingin melakukan transaksi pada aplikasi gojek, kita bisa menggunakan beberapa metode pembayaran. Misalnya cash, gopay, link dan metode lainnya. Khusus menggunakan gopay, kita harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu.

Cara Top Up Gopay dapat kita lakukan melalui driver gojek saat sedang melakukan order, alfamart, alfamidi, pegadaian, lawson dan minimarket yang sudah bekerja sama dengan gojek.

Selain kedua metode top up gopay diatas, kita bisa mengisi gopay melalui rekening bank yang ada di Indonesia. Dan hampir semua bank dapat melakukan pengisian saldo gopay. Baik melalui ATM, Mobile banking dan SMS Banking. Tinggal pilih sesuai rekening bank yang kamu miliki. 

Untuk cara Top Up Gopay, sudah saya buatkan juga artikel terpisah yang lebih lengkap. Kamu bisa mengunjungi artikel ini untuk mengetahui semua metode pengisian gopay. Berikut ini artikelnya : 6 Cara Top Up Gopay Dengan Mudah Bahkan Bisa Gratis

Selain cara pengisian gopay diatas, ada lagi cara top up gopay yang lebih seru dan kamu bisa mendapatkan saldo gopay secara gratis jika kamu mau. Dan cara ini cukup mudah dan sangat tidak merepotkan. Kamu tinggal bilang sama saudara atau pacar bahwa kamu sedang membutuhkan saldo gopay. Dan meminta mereka melakukan pengisian gopay. Siapa tau diantara mereka ada yang suka rela mengisi saldo gopay kamu dengan gratis.

Penarikan Saldo Gopay

Saya rasa artikel tentang gopay ini sudah cukup panjang. Tapi rasanya kurang lengkap jika belum membahas cara penarikan saldo gopay. Siapa tau kamu memiliki saldo gopay yang berlebih dan berniat untuk mencairkannya. Misalnya jika mendapatkan dana pencairan kartu pra kerja ataupun mendapatkan saldo gopay yang nyasar masuk ke akun kamu.

Untuk Penarikan saldo gopay, kamu dapat mencairkannya langsung ke ATM BCA. Caranya cukup mudah asalkan akun kamu sudah di upgrade menjadi gopay plus. Dan ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan akun gopay Plus. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukannya seperti tarik tunai tanpa kartu pada mobile banking BCA. Untuk lebih jelasnya, kamu kunjungi saja artikel ini agar lebih lengkap. Ini postingannya : Cara Tarik Tunai Gopay di ATM BCA

Selain tarik tunai melalui ATM BCA, Kamu bisa melakukan pencairan gopay melalui transfer bank. Hampir semua bank dapat kamu gunakan. Dan untuk tutorial lengkapnya, kamu dapat menonton video berikut ini : 


Saya rasa sudah cukup lengkap dan mata saya juga sudah cukup lelah untuk menyelesaikan postingan ini. Apabila masih ada kekurangan dalam penjelasan tentang gopay ini, kamu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar. Terima kasih sudah membaca…..


Posting Komentar untuk "Apa Itu Gopay Manfaaat dan Cara Menggunakan Gopay"