Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Untuk Pemula | Beres Dalam 2 Menit

cara Membuat blog

Dalam kehidupan sehari-hari, sobat pasti pernah membaca-baca informasi melalui internet. Nah, sebagian besar informasi yang sobat baca tersebut diterbitkan melalui blog ataupun website.

Banyak orang yang memanfaatkan blog untuk mendapatkan penghasilan. Tapi tidak sedikit juga yang membuat blog cuma karena iseng menyalurkan hobi menulis. Apapun tujuannya, selagi memberikan dampak yang positif, kita boleh saja melakukannya.

Apa Itu Blog

Saya yakin. untuk sobat yang menemukan postingan ini pasti sedang tertarik dengan blog. Sebelum kita melanjutkan ini postingan tentang cara membuat blog, ada baiknya sobat mengetahui dahulu apa itu blog.

Menurut wikipedia, blog merupakan salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Dan bukan hanya tulisan, blog juga dapat menerbitkan gambar dan video.

Dan saat ini, blog bukan hanya untuk menuangkan karya tulisan. Tapi kita juga dapat menggunakan blog sebagai salah satu sumber yang dapat menghasilkan uang. Baik dengan menerbitkan iklan dan berjualan produk.

Untuk menghasilkan uang dari blog melalui iklan, kita bisa menggunakan adsense, mgid dan lainnya. Sedangkan berjualan produk, kita bisa membuka toko online, berjualan produk orang lain dari blog, penyedia jasa review dan masih banyak lagi lainnya. 

Untuk lebih detailnya tentang cara menghasilkan uang dari blog, saya sudah membuat postingan secara terpisah. Jika sobat ingin membacanya, dapat mengikuti tautan berikut ini :

Persiapan Membuat Blog

Sebelum memutuskan membuat blog, banyak hal yang harus kita perhatikan. Dan ini nantinya akan sangat membantu untuk kita dapat mengembangkannya. Dan sebenarnya, cara membuat blog bukanlah perkara yang susah. Tidak memerlukan keterampilan khusus, asalkan ada kemauan untuk belajar dan pasti kita akan dengan mudah berhasil membuat blog.

Yang cukup sulit dan membutuhkan ketekunan adalah mengembangkan dan meningkatkan pengunjung blog agar banyak pengunjung dan menjadikan blog dikenal banyak orang. Tapi tenang saja, semua pasti bisa kita lakukan. Asalkan kita mau belajar dan mencobanya.

Karena blog bisa saja menjadi sumber penghasilan, sebaiknya sobat benar-benar serius dalam membuat blog. Siapa tau kita beruntung, blog yang kita kelolah disukai banyak orang dan banyak pengunjungnya. 

Untuk membuat blog yang menarik dan menghasilkan uang, sebaiknya sobat pertimbangkan beberapa hal yang harus sobat tentukan agar blog Lebih cepat maju dan tulisan banyak dibaca orang.

Tentukan Platform Blog

cara Membuat blog untuk pemula

Saat memutuskan untuk membuat blog, tentunya sobat sudah mengetahui akan platform yang akan sobat pakai. Saat ini ada dua jenis yang paling umum digunakan sebagai tempat membuat blog, yaitu blogger atau wordpress.

Tentukan platform yang akan sobat pilih. Jangan sampai salah, karena nantinya akan membuat kita menjadi tidak nyaman saat ngeblog. Saya sendiri pernah mengalaminya.

Saat pertama kali membuat blog, saya menggunakan blogger. Karena ingin belajar, akhirnya saya membuat blog baru menggunakan platform wordpress dengan self hosting. Karena tidak terbiasa, saya menemukan beberapa kesulitan dan beberapa kali mengalami error. Karena merasa ribet, akhirnya saya pindah lagi ke blogger. 

Sebagai pemula atau yang baru ingin memulai blog, saya lebih merekomendasikan blogger sebagai tempat membuat blog. Menurut saya pribadi, blogger lebih mudah digunakan. Dan tidak perlu direpotkan dengan pengelolaan hosting. Tapi yang menginginkan kebebasan, bisa memilih wordpress.

Mungkin suatu saat akan saya bahas secara terpisah, apa saja keunggulan masing-masing antara kedua platform pembuatan blog ini. Doain ya….

Tentukan Niche Blog

Sebelum membuat blog, tentunya kita ada angan-angan akan membuat blog seperti apa. Sebaiknya fokus dalam satu niche agar blog mudah dikembangkan dan mempermudah saat daftar adsense jika berencana akan monetisasi blog agar mendapat penghasilan tambahan saat ngeblog.

Jika kita sudah menentukan niche yang akan dibahas, maka akan mempermudah membuat alamat blog agar mengandung keyword atau kata kunci. Dan jangan sampai sobat salah pilih niche blog karena bisa membuat kita malas atau kehabisan ide untuk menulis postingan.

Pilih Alamat Blog

Setelah menentukan platform blog yang akan digunakan dan sekaligus memilih niche yang akan dibahas nanti, langkah selanjutnya adalah memikirkan alamat dan nama blog. Ini Penting kita lakukan. Nama blog dapat mempengaruhi seo sebuah blog. 

Walau tidak begitu besar, namun memiliki alamat blog yang mengandung keyword sangat menguntungkan.

Pilih nama blog yang sesuai dengan niche yang akan kita bahas. Misalnya kita akan membuat blog tentang makanan, ada baiknya membuat alamat blog yang mengandung kata kunci atau keyword. Lihat saja blog tentang resep makanan yang sudah populer, namanya mengandung keyword yang berhubungan dengan masak. Contohnya cokpad.com, craft.com dan lain sebagainya.

Cara Membuat Blog Melalui Blogger

Setelah menentukan platform yang akan dipakai untuk membuat blog, menentukan niche dan memilih alamat blog, saatnya kita mengeksekusi apa yang kita bayangkan tersebut. Yaitu dengan langsung membuat blog.

Dan cara membuat blog yang akan bahas ini tentunya menggunakan platform blogger. Karena saya sendiri ngeblog memakai blogger. Pernah sih mencoba memakai wordpress dan sampai membeli hosting sendiri. Tapi saya merasa kurang nyaman dan akhirnya kembali ke blogger lagi. 

Langsung saja, berikut ini tahapan membuat blog menggunakan Blogger :

Buat akun Google

  1. Syarat utama untuk membuat blog adalah memiliki akun google, karena akun ini akan kita jadikan sebagai alat untuk login blog. Jika sudah memiliki akun google dan email, langsung skip aja ke langkah yang kedua.
  2. Ketik Blogger.com pada Browser. Disini saya menggunakan Chrome dan kondisi akun google dalam keadaan login untuk mempermudah proses pembuatan blog. Jika belum login, sebaiknya login akun google terlebih dahulu
  3. Setelah masuk pada blogger. Kamu tidak akan menemukan blog apapun jika tidak pernah membuat blog pakai akun tersebut. Langkah selanjutnya tinggal klik “buat Blog”
    Klik buat blog

  4. Pada halaman selanjutnya, Isi Nama blog sesuai dengan nama blog yang diinginkan kemudian klik “berikutnya”
    Buat Nama Blog

  5. Pada halaman berikut, isi alamat blog sesuai dengan keinginan. Lihat keterangan pada bagian bawahnya. Jika keluar tulisan merah pada bagian bawahnya, kamu tidak bisa menggunakan alamat t=blog tersebut. Silahkan ganti dengan nama yang lain. Sampai muncul keterangan “blog ini tersedia” lalu klik “Simpan”
    MemBuat url blog

  6. Sampai disini, sobat sudah berhasil membuat blog. Selanjutnya sobat tinggal melanjutkan sedikit setting blognya agar tampilannya menarik.

Penggunaan Template Blog

Pada poin sebelumnya, sobat sudah berhasil membuat blog. Dan ini merupakan langkah awal. Selanjutnya sobat lihat tampilan blog sobat dengan cara klik “lihat blog” yang ada pada pojok kiri bawah. Begitulah tampilan awal blog sobat.

Untuk mempercantik blog sobat agar terlihat menarik, dapat merubah tampilannya melalui Tema. Klik saja “Tema dan sobat bisa klik “sesuaikan” untuk penyetelan warna blog, tulisan blog dan lain sebagainya. Jangan merasa sulit untuk merubah tampilan blog sobat. 

Coba saja satu-satu sampai menemukan tampilan yang sesuai dengan keinginan sobat.

Jika merasa tidak cocok dengan template atau tema blog. Sobat dapat menggantinya dengan template lainnya.Di bagian bawah sesuaikan, banyak template gratis yang sudah disediakan. Sobat bisa mencobanya satu persatu.

Hanya sebagai rekomendasi, sebaiknya sobat gunakan template premium. Sobat bisa membelinya. Sudah banyak tersedia di google, banyak orang atau developer yang menyediakan template premium untuk blogger.

Jika sobat berminat membeli template premium seperti blog Tahapan.ID, sobat bisa membelinya di mas sugeng. Blog ini menggunakan template viomagz. Silahkan kunjungi blog mas sugeng dengan mengikuti tautan yang saya sediakan. 

Silahkan KLIK DISINI untuk mengunjungi blog mas sugeng, sobat bisa menemukan beberapa pilihan template premium keren buatan mas sugeng. 

Jika sobat benar-benar baru mengenal blog, sabar dan belajar pelan-pelan. Saya juga tadinya tidak pernah mengetahui tentang blog, karena iseng membuat blog dan akhirnya keterusan sampai sekarang.

Saya malah tidak memahami script, kode html dan tidak tahu sama sekali tentang coding. Sedikit demi sedikit dan perlahan, saya mulai belajar. Bahkan sampai saat ini, saya masih bingung jika mengharuskan untuk menggunakan script untuk settingan blog. 

Beruntung saya menemukan template premium mas sugeng ini, jadi tidak banyak memerlukan perubahan atau settingan lainnya. Cukup mengganti warnanya saja dan blog langsung terlihat keren. Hmmzzzz…. Keren menurut saya ya…. HA HA HA

Target Pembaca Blog

Setelah selesai membuat blog. Langkah selanjutnya adalah mengisi blog dengan tulisan. Tapi… Sebelum mengisi blog dengan berbagai tulisan. Ada baiknya kita menentukan target pembaca blog terlebih dahulu. 

Misalnya umur yang kemungkinan akan membaca isi blog kita. Dengan sedikit mengetahui target pembaca blog, setidaknya kita bisa menentukan jenis bahasa yang tepat untuk pembaca blog kita.

Saya sendiri belum begitu bisa menerapkan metode ini. Saya belum begitu memahami jenis pembaca blog ini. Oleh sebab itulah, saya menggunakan bahasa yang umumnya digunakan. Bisa dibaca oleh anak muda bahkan cocok juga untuk yang sudah berumur.

Tadinya blog ini pakai bahasa keseharian yang saya pakai. Yaitu loe gua gitu. Tapi akhirnya saya ganti menjadi seperti sekarang ini agar bisa diterima oleh semua kalangan. Mau muda, tua ataupun sudah renta. Ha Ha

Bagi yang ingin mengisi blog dengan gaya bahasa apa adanya seperti keseharian, rasanya itu juga cukup seru. Selain itu, kita bisa menjadi diri sendiri. Tapi sayang, saya sendiri belum bisa menjadi diri sendiri. Masih campur-campur. Sesuai dengan kebutuhan tulisan aja.

Saya rasa cukup sampai disini saja dahulu postingan cara membuat blog ini. Semoga kedepannya saya bisa melanjutkan tulisan ini. Terima kasih sudah berkunjung


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Untuk Pemula | Beres Dalam 2 Menit"