Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Traffic Blog Untuk Pemula Tanpa Pake Ribet

Cara Meningkatkan Traffic Blog Untuk Pemula
 Cara Meningkatkan Traffic Blog Untuk Pemula 

Cara meningkatkan traffic blog dengan signifikan memang dibutuhkan suatu perjuangan dan kesabaran. Oleh karena itu, saya sendiri akan berbagi sedikit tips buat blogger pemula dengan coretan sederhana sesuai dengan pengalaman dan informasi di Google.

Meningkatkan traffic blog secara cepat dan instan saya rasa itu jarang bahkan mustahil. Tapi bisa saja terjadi karena sebagai blogger tentu memiliki trik sendiri dalam mendapatkan pengunjung blog. Dan disini, karena masih sama-sama belajar saya akan berbagi tentang apa yang telah saya lakukan.

Kita mesti membangun dari nol, ibaratnya jika kita bekerja pada sebuah perusahaan dan pada saat mendapatkan upah harus tunggu satu bulan masa kerja dulu.  kembali lagi kepada tujuan kita untuk membuat blog, secara umum tujuan awal kita untuk membuat dan membangun sebuah blog adalah untuk menuangkan suatu pemikiran dalam bentuk tulisan untuk dibaca oleh orang banyak. Dan dapat ditarik kesimpulan bila semakin banyak pengunjung membaca artikel yang kita buat maka semakin meningkat pula traffic blog kita.

Nah…. Hal-hal berikut ini pernah saya lakukan, dan lumayan membantu untuk mendapatkan pengunjung blog. Secara perlahan, blog kita mulai dikenal dan bisa jadi bisa mendapatkan trafik blog yang sangat besar.

Mencari Pengunjung Dari Media Sosial

Saat baru memulai blog atau umur blog masih baru, tentu saja sangat sulit untuk mendapatkan pengunjung organik dari SERP seperti Google, Bing dan lainnya. Jika kita kurang jeli memanfaatkan peluang, maka kemungkinan blog kita akan lama untuk berkembang dan memiliki banyak pengunjung.

Untuk blog yang masih unyu-unyu seperti yang kamu baca ini, kita bisa mendapatkan pengunjung dari media sosial. Dan boleh dikatakan bahwa media sosial merupakan tempat yang potensial untuk mendapatkan pengunjung blog.

Jangan dengarkan kicauan yang mengatakan pengunjung dari media sosial itu kurang bagus. Kita harus memiliki prinsip dalam mengembangkan blog. Walau banyak yang enggan untuk share link di media sosial karena takut dijahili, trafficnya kurang bagus dan banyak alasan lainnya. Sekali lagi jangan dengarkan mereka.

Prinsipnya kita ingin memperkenalkan dahulu blog kita kepada orang banyak, salah satunya media sosial. Tapi lakukan dengan cara yang benar, jangan share link semaunya setiap grup jika tidak ingin dianggap tukang Spam.

Google juga menilai artikel jika sudah ada pengunjungnya. Bagaimana tingkah laku pembaca blog kita, barulah Google akan mulai menilai tulisan dan blog kita. Jika tidak ada yang membaca sama sekali, bagaimana Google bisa menilai. Secara garis besar, google saat ini menilai blog dari perilaku pengunjung blog tersebut. Nanti akan saya bahas juga.

Dan media sosial yang paling menarik menurut saya saat ini adalah twitter. Siap saya share artikel kesana, langsung ada yang mengunjungi. Padahal follower saya sedikit. Berbeda dengan media sosial lainnya, yang teman atau followernya lumayan, tapi jarang sekali mendapatkan pengunjung.

Selain share artikel, jangan lupa pasang link blog kita pada setiap akun media sosial. Kadang ada saja yang melihat profil medsos kita kemudian penasaran dengan blog yang kita miliki. Dan cara ini bisa juga menjadi backlink profil untuk blog. Lumayan Nofollow juga, yang penting dapet. Ha Ha Ha

Kalau mau dijadikan backlink dofollow juga bisa, tapi harus dengan trik tertentu. Bagi yang ingin mencoba, bisa search di google caranya.

Cara meningkatkan traffic Blog dengan Blogwalking

Blogwalking atau istilah kerennya jalan – jalan blog saling sapa dan saling mengunjungi blog dengan media chatbox, namun perlu diperhatikan bila kita terlalu fokus pada blogwalking dan tidak pandai dalam mengatur waktu akan menimbulkan rasa kejenuhan dan berujung pada kemalasan untuk menulis artikel. Jadi blogwalkinglah sewajarnya.

Dan lakukan cara ini dengan benar. Jangan ngajak BW secara spam di media sosial. Lakukan secara alami saja. Kunjungi blog seseorang dan tinggalkan komentar yang menarik sesuai dengan topik bahasan. Kalau bisa, buat yang unik sehingga mengundang admin dan pengunjung lain untuk mengomentarinya.

Baca Juga : Dampak Ganti Domain Blog, Traffic Blog Terjun Bebas

Lumayanlah, minimal admin memiliki rasa penasaran dengan profil kita saat berkomentar. Dan bisa jadi si admin meluncur dan membaca blog kita. Jika diperlukan, ajukan pertanyaan yang menarik sehingga admin merasa perlu menjawabnya.

Ini adalah cara saya blogwalking secara alami. Membiasakan meninggalkan komentar saat selesai membaca suatu blog. Dan ingat, patuhi ketentuan yang ditetapkan oleh admin blog tersebut. Misalnya berkomentar sesuai topik dan tidak meninggalkan link. Jika kamu mencoba melanggar, sudah dipastikan komentar kita tidak akan muncul dan langsung di delete oleh pemilik blog.

Konsisten Mengurus Blog dan Sabar

Harusnya tips mendapatkan traffic blog ini ada pada bagian akhir artikel. Biasanya tips-tips blogger akan seperti itu, akan memberikan motivasi untuk selalu sabar dan tetap konsisten mengurus blog.

Saya disini tidak bilang konsisten menulis ya, hanya konsisten mengurus blog. Karena menulis tidak usah saya bahas lagi, karena tujuan membuat blog adalah untuk mempublikasikan karya tulisan kita.

Lalu bagaimana konsisten mengurus blog, apa yang harus kita lakukan ? Tenang saja, saya akan berbagi cara agar blog terlihat aktif di mata google. Karena kita memerlukan ini untuk memperlihatkan kepada mesin pencari bahwa blog kita selalu aktif dan sering update.

Salah satu yang sering saya lakukan adalah mengupdate artikel yang sudah publish. Sering banget saya lakukan jika saya sedang tidak ada ide untuk membuat tulisan. Editing yang saya lakukan tidak terlalu rumit, cukup memperbaiki kata-kata yang salah ketik, menambahkan gambar, tambah keyword atau jika perlu menambah link antar artikel.

Jadi saat bot google mengunjungi kembali blog kita, ada perubahan yang kita lakukan untuk blog tersebut. Dan tentu saja cara ini bukanlah cara mendapatkan traffic blog, tapi minimal kita berusaha untuk memperlihatkan bahwa blog kita tetap dikelola dengan baik.

Dan jangan lupa, SABAR…. SABAR… DAN SABAR…..

Membuat Artikel Yang Bermanfaat Untuk Mendatangkan Pengunjung

Saat memutuskan untuk membuat blog, tentunya tujuan utama adalah menerbitkan tulisan. Jangan lupa, buat tulisan yang bermanfaat. Untuk sementara waktu hanya itu yang bisa kita lakukan. Dan seiring berjalannya waktu dan kebiasaan menulis, perlahan kita tingkatkan tulisan agar tulisan menjadi menarik. Saya sendiri belum bisa melakukan ini, membuat tulisan yang menarik.

Sebenarnya ini yang menjadi tantangan kita sebagai blogger, saya lihat banyak yang berhasil di luaran sana. Blog yang membahas topik yang biasa saja dan menjadi sangat menarik sampai kita membaca artikelnya sampai habis. Karena kemampuan penulisnya yang sudah memiliki jam terbang tinggi, sehingga apapun yang dia bahas selalu menjadi menarik.

Kemampuan seperti ini perlu kita pelajari untuk bisa mendapatkan pengunjung blog yang banyak. Jika kamu berhasil, maka secara otomatis akan mendapatkan traffic blog yang tinggi.

Dan terus terang saja, saya juga belum bisa melakukannya dan masih selalu belajar.

Mulai Optimasi Blog Untuk mendapatkan Pengunjung Yang Berlimpah

Selain hal-hal diatas dan kemampuan menulis, kita perlu melakukan optimasi blog. Dan tahapan ini sedikit masalah teknis. Mulai dari belajar seo, memperhatikan loading blog, meningkatkan, membuat backlink dan branding Blog.

Sebagai pemula, kita tidak usah terlalu ribet untuk belajar seo sampai mendalam. Cukup dasarnya saja dahulu sebagai patokan untuk menulis dan optimasi blog. Dan pembuatan backlink juga perlu kita lakukan dalam rangkaian penerapan seo blog. 

Banyak cara untuk para blogger untuk mendapatkan backlink. Mulai dari menjadi penulis tamu pada blog lain agar bisa menyisipkan link atau bahkan kita bisa membuatnya. Banyak cara untuk mendapatkan backlink, silahkan cari di Google. 

Dan yang saya sering ikuti adalah Youtube milik bang indrak. Beliau banyak share tentang cara mendapatkan backlink. Cari saja di youtube dengan kata kunci “Blog Tips”, banyak ilmu yang dapat kita gali disana. Dan saya salah satu yang sering nonton channel tersebut.

Saya rasa cukup sampai disini dulu postingan tentang cara mendapatkan traffic blog untuk pemula ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian untuk membagikan trik yang sering kamu lakukan untuk mendapatkan pengunjung blog. Terima kasih sudah membaca…..

Posting Komentar untuk " Cara Meningkatkan Traffic Blog Untuk Pemula Tanpa Pake Ribet"