Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel Biar Mendapat Banyak Pengunjung | Trafik Melimpah

Cara Menulis Artikel

Saat kita menulis artikel atau mengisi blog, tentu saja kita ingin agar tulisan tersebut populer dan banyak orang yang membacanya. Dengan banyaknya orang pembaca artikel tersebut maka blog kita akan ikut menjadi populer. Sehingga kita bisa menghasilkan uang dari blog. Baik itu dengan ikutan program monetisasi atau bisa juga dengan berjualan produk sendiri.

Jika sudah membicarakan menghasilkan uang dari blog, maka kita harus mengetahui cara menulis artikel yang populer dan banyak yang menyukainya. Demi mewujudkan artikel yang populer, kita harus melakukan langkah optimasi agar artikel bisa muncul pada halaman depan pencarian google. 

Untuk mewujudkannya, Tahapan ID sudah merangkap beberapa tips cara menulis artikel agar cepat populer dan blog banyak mendapatkan pengunjung. Mari kita pelajari bersama dan siapa tau nantinya bisa kita terapkan dan pengunjung blog semakin meningkat.

Cara Menulis Judul artikel Yang Menarik Dan SEO

Judul artikel boleh dikatakan sebagai pintu gerbang promosi bagi suatu artikel. Judul yang menarik, unik, kadang bombastis, aneh, menjanjikan manfaat atau keuntungan banyak disukai orang. 

Jika anda menulis judul artikel “Jalan-Jalan ke Dufan” mungkin dianggap biasa-biasa saja. Tetapi jika judul tersebut anda ganti dengan kalimat” Tips Agar Tak Tersesat di Komplek Dufan” tentu jauh lebih menarik dari judul yang sebelumnya. Namun harus diingat bahwa judul harus tetap berkaitan dengan topik yang dibahas.

Bukan itu saja, tempatkan keyword utama dalam judul. Cara membuat judul artikel seperti ini adalah salah satu teknik optimasi seo yang bisa dengan mudah kita terapkan. Dan jangan pernah melupakannya, karena judul merupakan bagian utama yang tampil di halaman pencarian yang digunakan calon pengunjung.

Judul artikel yang menarik akan mengundang pengguna internet untuk melakukan klik. Keyword yang berada dalam judul merupakan sinyal yang kita berikan untuk mesin pencari. Jadi keduanya perlu kita lakukan dan luangkan sedikit waktu agar bisa mengoptimalkannya.

Keyword Juga Penting Saat Menulis Artikel

Salah satu yang menjadi faktor yang menjadi penyebab artikel populer adalah penggunaan keyword. Kata kunci memegang peran cukup penting dalam suatu artikel. Orang biasanya menuliskan kata kunci jika akan mencari suatu artikel melalui mesin pencari. 

Ketika mencari varian keyword yang tepat posisikan diri anda sebagai orang yang akan mencari artikel tertentu. Jika kita akan jalan-jalan ke Bali,maka kata apa yang akan kita tuliskan di browser, itulah yang disebut kata kunci. Kita bisa menuliskan kata ” Tempat Wisata Bali” atau Hotel Murah Bali”, ” Tempat Sewa Mobil “dan lain sebagainya.

Cara Menulis Artikel Biar Mendapat Banyak Pengunjung

Kata kunci dapat kita tempatkan pada awal paragraf, tengah dan bagian akhir artikel. Jangan lupa sisipkan keyword pada H1, H2, H3 dan seterusnya. Tapi usahakan untuk menggunakan varian kata kunci dan usahakan untuk tidak terlalu banyak demi menghindari artikel terindikasi spam.

Tapi belum ada yang mengatakan patokan pasti tentang berapa banyak persentase kata kunci dan jenis keyword yang digunakan. Saya sendiri tidak terlalu memusingkan hal ini, biasanya saya lebih mengusahakan agar tulisan mudah untuk dibaca dan pengunjung dapat memahami isinya, Tap keyword tetap digunakan.

Saya tidak ingin menggunakan keyword terlalu berlebihan. Tapi sering juga menggunakan kata kunci agak rapat untuk mencoba memposisikan artikel agar mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencari.

Saya lebih sering menggunakan google keyword planner atau ubersuggest untuk menentukan dan mendapatkan kata kunci. Saya lebih mengutamakan nilai klik yang tinggi dan persaingan rendah. Kalau ada, jika tidak ada, saya akan memilih sesuai dengan kemampuan menulis tentang artikel yang akan dibahas.

Dan satu lagi, mungkin bisa menjadi patokan saya dalam menerapkan cara menulis artikel biar mendapatkan trafik yaitu fokus keyword. Sebagai blogger anyaran, saya hanya bisa menerapkan fokus hanya satu kata kunci. Mungkin berbeda dengan para suhu yang sudah lama berkecimpung dalam hal menulis artikel. Bisa jadi mereka sudah bisa menerapkan banyak target keyword dalam satu artikel.

Paling sedikit memberikan variasi kata kunci agar tidak terlalu banyak pengulangan saja. Kadang ini juga masih susah untuk diterapkan. Masih dalam tahap belajar, namanya juga blogger baru.

Tapi kok memberikan tips menulis ? Hmmmmmmzzzz……

Ini hanya sebagai catatan untuk diri saya sendiri yang akan saya coba terapkan untuk mengisi blog ini. Agar tidak lupa, maka saya buat dalam satu postingan ini. Siapa tau ada juga yang ingin mencoba tips cara menulis artikel biar mendapatkan banyak pengunjung.

Mengisi Badan Artikel Blog Dengan Tulisan Yang Menarik

Badan artikel (body) tetap mengikuti asas “Content is the King” atau isi adalah raja. Sekali lagi, orang berkunjung ke blog pada umumnya ingin mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan. 

Oleh sebab itu, kita harus bisa menyiapkan dan menyuguhi mereka dengan artikel menarik dan bermanfaat. Memang ada juga orang berkunjung ke blog karena faktor-faktor lain tetapi sebagian besar dari pengunjung menginginkan artikel yang menarik dan bermanfaat.

Tapi bisa saja mereka yang datang hanya untuk mencari hiburan atau inspirasi. Yang jelas, sesuaikan isi artikel  untuk kebutuhan. Jika blognya memang untuk tempat bersenang-senang, silahkan tulis artikel yang lucu agar pengunjungnya terhibur.

Begitu juga dengan blog tutorial, sebaiknya menyajikan konten yang benar-benar bermanfaat dan memberikan solusi. Kalau yang sudah jago, bisa saja menulis artikel yang bermanfaat tanpa meninggalkan kesan lucu. Jadi makin semangat untuk belajar, karena saya sendiri masih sangat kaku dalam penulisan artikel. 

Tata Tulis Artikel BLog

Tata tulis merupakan salah satu penyebab artikel banyak pembacanya. Jika menulis sebuah tutorial atau tips hindari penggunaan huruf aneh, misalnya “4rtik3l b3r9un4″. Penggunaan bahasa populer tidak harus menghilangkan faktor keseriusan dalam hal isinya.

Penulisan artikel seyogyanya memenuhi beberapa kaidah berikut ini :

  1. Jelas, langsung kepada pokok permasalahan, tidak berbelit-belit.Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa yang berbunga-bunga sehingga mengaburkan tujuan yang sebenarnya.
  2. Mudah dimengerti. Jika menggunakan bahasa asing atau bahasa teknis berilah artinya dalam kurung. Karena pengunjung blog kita tidak akan memiliki jenis pengetahuan yang sama. Kadang tulisan dalam bahasa indonesia aja masih banyak yang kurang paham karena susunan kalimat yang berbeda.
  3. Singkat. Tak Jarang Pengunjung hanya memiliki waktu terbatas untuk membaca tulisan kita secara keseluruhan. Untuk itulah, kita kadang harus bisa menulis dengan lengkap namun tidak terlalu panjang. Hal seperti ini merupakan tantangan tersendiri.
  4. Sederhana. Banyak penulis menggunakan bahasa dan kalimat yang sulit dimengerti oleh pembacanya. Mereka sebenarnya hanya ingin menciptakan kesan dan bukan ingin memberikan penjelasan tentang suatu hal.

Jika dapat menerapkan 4 poin di atas dengan baik, berarti anda sudah menerapkan teknik menulis artikel agar pengunjung betah dan lanjut untuk membaca postingan. 

Mungkin mereka dapat menilai dengan baik tentang isi postingan yang bermanfaat untuk mereka. Jika pengunjung sudah menilai baik sebuah tulisan, maka tak jarang mereka akan sering mengunjungi blog kita sekedar untuk mengecek postingan terbaru.

Gambar Merupakan Bagian Dari Cara Menulis Artikel Yang Tidak Membosankan

Dengan membaca ribuan kata, kadang kita membutuhkan kesegaran untuk mata. Gambar yang menarik tentu saja bisa memuaskan pengunjung. Bukan itu saja, mungkin penjelasan kita akan lebih mudah dimengerti bila kita sisipkan gambar sebagai pelengkap. Ini dari sisi untuk pengunjung.

Jangan remehkan juga dari sisi mesin pencari. Kita bisa mengoptimasi gambar dengan menyisipkan keyword. Misalnya menambahkan kata kunci dalam alt text dan keterangan gambar. Lumayanlah, untuk memperjelas kata kunci sasaran.

Eh…. Denger-denger, google saat ini sudah mulai mengenali gambar. Misalnya lewat logo dan tulisan yang ada pada gambar tersebut. Bisa jadi kita bisa memanfaatkannya untuk optimasi konten. Ini baru denger-denger ya, saya belum membaca secara pastinya. Hmmmmmz….

Berikan bukti, Bukan janji

Pengunjung akan kembali berkunjung ke blog jika mereka menilai bahwa kita tidak ingkar janji. Jika anda berjanji untuk memberikan tip untuk mendapatkan uang dari blog maka berikan tip itu bagaimana caranya. 

Beberapa blogger menulis tentang cara mendapatkan uang besar tetapi setelah dibaca ternyata secara beriku-liku kita diarahkan untuk membeli buku atau e-book. Kan nyesek, cum diberikan harapan doang. Kalau mau kasih tips, jangan nanggung-nanggung. Tapi tidak bisa disalahkan juga, mungkin strategi pemasaran mereka. Apapun alasannya, ini bisa membuat pengunjung kapok untuk membaca kembali.

Kayaknya udah panjang banget ya…. Semoga nantinya bisa saya sambung lagi tentang cara menulis artikel biar mendapatkan banyak trafik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kembali lagi membaca postingan lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel Biar Mendapat Banyak Pengunjung | Trafik Melimpah"